Cara mengetahui Internal Link dan External Link di Blog Kita

|
Assalamu'alaikum.

Sebelumnya saya mohon maaf kepada kawan-kawan yang sudah menguasai Ilmu Seputar Teknik SEO, yang katanya untuk mengelola Blog Dofollow harus mempunyai Internal Link dan External Link. Disini saya bukannya "Keminter" atau "Gaya-gayaan"  menjelaskan Cara Mengetahui Internal Link dan External Link di Blog Kita, kebetulan ada salah satu kawan yang bertanya soal itu. Dan "Katanya" Master SEO yang pernah saya baca tutorial Seputar SEO nya, Blog yang bersifat Dofollow diharuskan lebih banyak Internal Link nya dari pada External Link nya.

Bener ndak nya saya juga ndak tau, kan sering saya jawab jika saya "Bodoh" dalam soal ginian. Saya cuma berbagi ilmu yang "sedikit" saya ketahui di dunia Blogger. Lanjut ....Yang dimaksud Internal Link dan External Link adalah sbb:

Internal Link
Internal link adalah link yang mengarah ke suatu Blog maupun postingan yang masih ada berada dalam satu lingkup Blog itu sendiri (Blog kita sendiri)

External Link
External link adalah link yang mengarah ke postingan atau Blog yang berada di luar web itu sendiri (Blog kita sendiri). Biasanya External Link ini kita dapatkan ketika Tukar Link dengan Blog orang lain.


(Hasil Check Up Blog saya)

Lalu Cara mengetahui Internal Link dan External Link di Blog Kita anda bisa langsung melakukan pengecekan di: http://rapid.searchmetrics.com/en/tools/ anda tinggal memasukkan alamat url Blog anda. Dan tunggu beberapa saat, maka anda segera ,mengetahui jumlah Internal Link dan External Link Blog anda

Blog ini juga mengalami kelebihan External link, makanya kenapa saya menutup sementara Tukar Link dengan kawan-kawan. (lihat gambar). Nanti jika Internal Link Blog ini lebih besar dari External Link nya, Tukar Link akan saya buka kembali.

Semoga bermanfaat.

** Oh iya, jika anda masih ragu dengan postingan ini silahkan mencari Tutorial Para Master SEO yang lebih lengkap penjabarannya.


Backlink here..

120 komentar:

  1. Balasan
    1. pas kesini tadi pakai pempers ndak?

      Hapus
    2. kayak'nya ndak pakai pempers deh.. balik kerumah dulu gih pakai pempers dulu.. :D

      Hapus
  2. oooh begitu *manggut-manggutsokpaham* :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. klw gitu teh nya diminum mas. mumpung masih anget

      Hapus
  3. gak paham lah mbakk.. =__________=
    yang penting aman dan blogging terjaga *hoho . saya masih setia dg bawaan blogger, jadi gak ngaku-ngaku dofollow atau nofolow, ribet bener ya..
    yg aku tau tuh dofollow linknya ya dofollow semua kalo dicek. gak ada yg merah , masih belajar nih saya :)
    .

    BalasHapus
    Balasan
    1. alesan ....km kan senior saya :))

      Hapus
    2. kura2 dalam perahu, sudah tahu bertanya pula.. sudah dapat tahu malah minta tempe.. :P

      Hapus
    3. Tia kan emang gitu, padahal dia jago SEO

      Hapus
  4. jujur saiia kurang paham en kurang nguasain lubernya eksternal atawa internal link :( emang pikirannya gag kesitu kali iia ;( hiks

    Belajar Photoshop

    BalasHapus
  5. Sipslah tapi klo nggak mau ribet instal aplikasi toolbar "Seoquake" di Mozilla dah ada juga internal dan eksternal link didalamnya biar bisa pantau terus tiap hari hehehe... moga makin top deh mbak blognya... salam super tengil dariku wekekeke..

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya ndak pakai mozilla mas, klw chrome ada toolbarnya ndak?

      Hapus
    2. ya tinggal pake aja seoquake for chrome mbak :D

      Hapus
    3. tadi udah install toolbar nya, tapi kok ndak nampak link external dan internal nya?

      Hapus
  6. Di mozilla ada add on yg bisa menampilkan semua informasi tentang jumlah link, rank, page index dan lainnya.. begitu juga di chrome.. tampilan blog atau website di mozilla lebih sempurna dari pada di chrome..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bener banget, ini juga yang mau tak tulis, berhubung kang bayu duluan ya udah lah.

      #pasang muka sotoy...hmmm

      Hapus
    2. mozilla berat loading nya mas...

      Hapus
    3. dua-duanya ringan ko saratnya OL nya tepat dibawah antene Wifi hihihi

      Hapus
  7. setelah saya coba ,ternyata banyak juga link-link di dalam template blog saya mbak.baik internal maupun externalnya.makasih infonya mba,nantui saya akan perbaiki.

    BalasHapus
  8. Wah., makasih master atas infonya., menambah info buat saya master., :-d

    BalasHapus
  9. wah tak coba ke tekapah dulu ah, sayah juga mau ngecek... :-? tengkyu jeng

    BalasHapus
  10. kalu blog ane masih kali ya...maklum blog baru.
    tpi ijin ke tekape dulu deh..coba2 ngecek. thx ya sis

    BalasHapus
  11. sama mba ane juga gak tau soal kaya gituan hehehehe :)

    BalasHapus
  12. ini yg dinamakan balance link?berarti semakin banyak link internal asal balance itu termasuk baik juga ya mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. makin banyak link internalnya makin bagus. artinya link yg mengarah ke postingngan lainnya di blog kita. Paham ndak sih ...? huhhh

      Hapus
    2. ongkosnya mahal Bro untuk jelasin lagi :d

      Hapus
    3. paham bu guru ..... hik hik hik

      Hapus
    4. terpaksa paham deh, galak amat

      Hapus
  13. Saya juga sudah menutup link exchange mba .. krn katanya gak bagus di SE. Cari link in yang wajar-wajar aja dah, biar gak disangka blog spam .. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah ini baru anak pinter SEO. ajarin dunk :))

      Hapus
  14. ow gitu ya baru saya tau, internal external, hmm thanks infonya mbak

    BalasHapus
  15. membaca huruf demi huruffff...perasaanku mbak haha..belum dicek punyaku udah kebanyakan external link nih kwkkwkwkw :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. tak balesi ah hahahha...balik di sini lagi mbak

      Hapus
    2. mesakne anak'e wong ora direken...hahahah :))

      Hapus
    3. hahahha dicuekin rekk kwkkw..udah tak cek mbak..external linknya kegemukan hihihiihhiih..asalnya nggak sampai obesitas lah ya

      Hapus
  16. alhamdulillah,, external link saya gak lebih besar dari internal link.. ibarat pasak gak lebih besar dari pada tiang.. thanks ya mbak indah atas info'nya.. baru tau saya.. hihihih.. :d

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu caranya gimana mas spy ext link kecil

      Hapus
  17. berkunjung mba indah mf telat sekarang di desa mulai kena macet hihihihi,,,, wah saya bisa coba ah cek inter dan exter link saya nih
    makasih infonya mba salam sukses

    BalasHapus
  18. wah, aku baru tau mba klo ada Link Internal dan Link Eksternal xixiiiii.... :)

    BalasHapus
  19. hmm.. diam diam juga ngerti seo juga ya..? hehehe berarti kemaren2 ngapusi donk kalau katanya nggak ngerti seo.. hahaha

    tapi mantaplah. tak cobain dech. filing saya sih, udah pasti banyak external linknya blog saya.. hahaha mator tank's ya mbakbroo.... hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah....piye toh. Saya ini diam2 menghanyutkan...terbukti kan skrg hanyut beneran? hahah :d

      Hapus
  20. link keluar saya 30, dan internal link 106 mbk...
    tapi pagerank masih saja 0 ... hiks :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. PR ndak penting mas, yg penting Nge Blog asik dan silaturrahim.
      Paham ndak sih? :d

      Hapus
    2. hehe..iya sih mbk, itu diutamakan :D

      wah itu avatarnya foto asli y mbak ?

      Hapus
  21. Di Mozilla and Chromo ada tapi saya gak pernah perhatiin mba Indah,tapi mulai sekarang saya mau perhatikan ach,Terimakasih untuk info yang satu ini,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas...di cek trs blognya. biar nambah2 kerjaan gitu lohh :d

      Hapus
  22. belum mudeng nih mbak.....sy baca sekali lagi deh :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. huh..alesan nih. pura2 ndak mudeng

      Hapus
    2. maksudnya alesan pura-pura baca mungkin, hehe
      piss mas budi

      Hapus
    3. hahaha...bener pak dhe. pura2 ajah dia. padahal emang ndak pernah mbaca postingan. hahahah

      Hapus
  23. Wah mbak indah bagus nih artikelnya, sangat begitu bermanaat. Terima kasih mbak....

    BalasHapus
  24. Eksternal link saya lebih kecil mbak dari internalnya dan setelah saya lihat perlu masih perbaikan ini, terima kasih Mbak untuk mengetahui internal dan eksternal linknya :)

    BalasHapus
  25. KY memang dari dulu tak pernah faham apa itu internal @ External link nanti KY baca lagi tentang itu thanks ya Indah

    BalasHapus
  26. kunjungan perdan,blogger pemula salam kenal
    nyimak panduannya.makasih
    di tunggu visit backnya

    BalasHapus
  27. datang lagi nih malem2 ke sini, mo pulang udah nggak ada mobil..hahaha

    wih poto profilnya ganti ya..? nah gitukan kelihatan sweet my heart nya.. (url blognya) hehehehe

    BalasHapus
  28. waduh mamang baca artikelnya jadi berdebar.... baca lagi ah sekali lagi tentang cara mengetahui internal link.... biar paham

    BalasHapus
  29. tutorial yang indah. lagi pinter banget nih pasti sampe rela bikin postingan beginian.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bukan pinter, tapi keminter. Hahaha
      asli saya ndak tau pak dhe :))

      Hapus
  30. saya pengen nyoba ngecek Nden.
    makasih tipsnya, salam

    BalasHapus
  31. Kak Indah,kalo buat artikel harus pede dong,yang penting adalah mau berbagi walaupun sesuatu itu baru diketahui.
    Terima kasih kakak saya sudah cek link ekternal dan link internal pada blog saya ternyata aman terkendali. (o)
    Ayooo semangka..eh semangat

    BalasHapus
    Balasan
    1. waduh, saya ndak bisa kalau gitu mas. Klw saya masih memahami ilmu cuma dikit pasti saya selipin kata2 pakai tanda kutip :d
      Ini ajah masalahnya ada yg tanya mas, klw ndak ada yg tanya mungkin saya ndak posting ginian. takut...senjata makan tuan :))

      Hapus
  32. Langsung ke tekape. Result :

    External Links 18 nofollow link portion 5 img link portion 3
    Internal Links 98 nofollow link portion 24 img link portion 18
    Total links 116 nofollow link portion 29 img link portion 21

    b-(

    BalasHapus
  33. trimakasih gan atas berbagi pengetahuanya tentang cara mengetahui intenal link dan external link nya di atas

    BalasHapus
  34. kalau terlalu banyak external dan intyernal link dampaknya apa memang.???
    saya belum tahu nh,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. katanya susah dapat PR dan bisa2 di banned. Tuh kyk blognya mas Ruly nakula21 dan king7online

      Hapus
  35. wah aku gak ngerti mba... bingung... :-s

    BalasHapus
  36. saya coba ya sob,saya bru tahu cara ini maklum newbie,makasih infonya sob.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama kang...saya jg masih newbie...dan imut :))

      Hapus
  37. Saya sudah meyadari hal ini, blog saya kebanyakan eksternal linknya makanya PRnya gak keluar2 walaupun page viewnya tergolong besar..

    Blog dofollow ato gak aku juga kurang ngerti.. jadi gak begitu ku perhatikan ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. ndak papa mas, yg penting silaturrahim dan enjoy nge blog :d

      Hapus
  38. Wah ok banget nih artikel nya. sora tempelat yg pernah kutemukan loading nya cukup handal menurut SIMPANGblogger sdh termasuk Propesional Design nya trik seonya juga sdh bagus ( KECEPATAN LOADING BLOG SDH TERMASUK MENDUKUNG SEO, INTI NYA YAH JENG INDAH )

    BalasHapus
  39. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  40. @Payz0 : Bingung Knp Pak??
    Maksut dari artikel ini mungkin untuk melihat :

    Technical

    Common SEO

    SEO Performance

    Social Media Entries

    SEO Statistics

    Internal Link dan

    External Link di Blog Kita.

    Cara nya tinggal kunjungi aja link ini pak :
    http://rapid.searchmetrics.com/en/searchmetrics-report,59.html,result#r

    Lalu masukkan Alamat blog bapak....

    Tunggu sampai semua hasil scan selesai ....dan itu adalah hasilnya.

    Salam Kenal Pak : ) cheer

    BalasHapus
  41. langsung ngetes ah (maklum newbie) hihihihi..

    BalasHapus
  42. @Indah P : Iya sama" Sesama Blogger Harus Saling Membatu dan Saling Berbagi Informasi Satu Sama Lain (c)

    BalasHapus
  43. Untuk semua paid link, saya menulis rel=external nofollow.

    Untuk semua link sahabat, saya lebih suka rel=external dofollow.

    Untuk semua artikel yang berhubungan dalam satu blog, saya lebih suka rel=internal dofollow.

    Tidak perlu pusing untuk urusan dofollow atau nofollow, hal ini lebih berguna untuk search engine memisahkan mana yang masuk index (dofollow) atau mana yang tidak perlu diindex (nofollow).

    Tetap menulis! Semoga bermanfaat!

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah keren, saya juga pakai ini...tapi kalau link saya di blog sahabat dipasang rel nofollow, saya juga buat nofollow..hahahaha

      Hapus
  44. berpa ya jumlah link internal dan extr bolgku saat ini. Meluncur kesana

    BalasHapus
  45. wah nice post mba indah...
    btw, saya udah follow, boleh follback yah... :)

    BalasHapus
  46. saya coba dulu mbak.. Internal link akan berpengaruh pada jumlah pageview kita, sdangkan external link setahu saya bisa berpengaruh pada pagerank. Smkin bnyak external link yg mengarah ke blog kita, bsar kemungkinan pula untuk mendapatkan pagerank.

    BalasHapus
  47. mantap ne blog ber-page rank 3. heee

    BalasHapus
  48. mo nanya nih...ketika ane cek di webmaster..outbound link ane kok tiba2 secara drastis hilang begitu banyak backlink...tadi malam aja aku lihat total tautan masih 754..trus domain yang paling banyak menaut jumlahnya 62..nah sekarang tiba2 turun. Total tautannya cuma 77 dan domain yang paling banyak menaut itu tinggal 15 saja..ini kenapa ya?..kok bisa serempak gitu ilangnya..?mohon jawabannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah..saya belum pernah mengalami kasus sprt itu mas. Mungkin juga bisa spam nempel tp sifatnya smntr.

      Hapus
  49. Menurut saya link luar itu semua link yang berasal dari situs atau blog orang lain. Link luar berasal dari tukar link di mana kita memasang link blog orang di blog kita dan juga berasal dari link referensi artikel yang kita buat misalnya kita menulis tentang IDM dan kita masukkan link atau url IDM berupa link hidup pada kata IDM atau artikel yang kita copy-paste dan kita sertakan link hidupnya artikel yang kita copy paste itu. Enatahlah pemahaman saya ini betul atau salah. Jika salah, tolong betulkan. Cuma satu yang benar-benar saya pahami bahwa link luar denganjumlah banyak membuat jelek nilai SEO suatu blog termasuk blog saya. Terima kasih.

    BalasHapus
  50. Mantap... saya sudah coba satu persatu tools yang ada di http://rapid.searchmetrics.com/en/tools/

    BalasHapus
  51. mas, saya mau nnya nih. Internal link itu bagus untuk SEO y? :-?

    BalasHapus
  52. mampir gan ke http://bolaries.blogspot.com

    BalasHapus

PERINGATAN !!!
1. Dilarang Nyepam Disini
2. Dilarang Pipis Disini
3. Dilarang Teriak Disini
4. Dilarang apalagi yah...?

Emoticon Centil Disini
:))
:((
:D
:(
=))
b-(
:)
:P
:-o
:*
:-s
[-(
@-)
=d>
b-)
:-?
:->
X-(

Top