Kumpulan Hadis Nabi Tentang Cinta

|
Hadis Nabi Tentang Cinta


Kumpulan Hadis Nabi Tentang Cinta
Hadits adalah perkataan dan perbuatan dari Nabi Muhammad SAW. Hadits sebagai sumber hukum dalam agama Islam memiliki kedudukan kedua pada tingkatan sumber hukum di bawah Al-Qur'an. Berikut ini adalah beberapa Kumpulan Hadis Nabi Tentang Cinta tentunya berkaitan dengan cinta yang dirangkum dari berbagai sumber. Semoga dengan mengetahui dan mengamalkan hadits-hadits tentang cinta ini, kita dapat mejadi orang yang lebih baik.

1. Rasulullah shallallahu'alaihi wa sallam bersabda:

"Barang siapa yang mencintai karena Allah, membenci karena Allah, memberi karena Allah, dan tidak memberi karena Allah. Maka ia sesungguhnya telah memperoleh kesempurnaan iman."

2. Rasulullah shallallahu'alaihi wa sallam bersabda:

"Sesungguhnya diantara hamba-hamba Allah itu ada beberapa orang yang bukan nabi dan syuhada menginginkan keadaan seperti mereka, karena kedudukannya disisi Allah."

Sahabat bertanya:
"Ya Rasulullah, tolong kami beritahu siapa mereka?"

Rasulullah shallallahu'alaihi wa sallam menjawab:

"Mereka adalah satu kaum yang cinta mencintai dengan ruh Allah tanpa ada hubungan sanak saudara, kerabat diantara mereka serta tidak ada hubungan harta benda yang ada pada mereka. Maka, demi Allah wajah-wajah mereka sungguh bercahaya, sedang mereka tidak takut apa-apa dikala orang lain takut, dan mereka tidak berduka cita dikala orang lain berduka cita." (H.R. Abu Daud)

3. Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman:

"Dan sebagian dari dari tanda-tanda kebesaran Nya adalah Dia menciptakan pasangan–pasangan bagi kalian dari jenis kalian, agar kalian merasa tenang pada pasangan kalian dan Dia menjadikan diantara kalian rasa kasih sayang dan cinta. Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda – tanda bagi orang-orang yang berfikir." (QS. Ar-Ruum: 21)

4. Rasulullah shallallahu'alaihi wa sallam bersabda:

"Hiduplah sesukamu maka sesungguhnya kamu akan mati. Cintailah sesuatu sesukamu maka sesungguhnya kamu akan berpisah. Berbuatlah sesukamu maka sesungguhnya kamu akan bertemu dengannya." (H.R. Hakim)

5. Rasulullah shallallahu'alaihi wa sallam bersabda yang artinya sebagai berikut:

"Syirik itu lebih halus dari perjalanan semut yang halus di atas batu licin, di malam gelap gulita dan serendah – rendahnya syirik adalah engkau mencintai seseorang karena kekurangannya dan membenci seseorang karena ke adilannya. Bukanlah agama itu, kecuali cinta dan benci."

6. Rasulullah shallallahu'alaihi wa sallam bersabda:

"Sesungguhnya Allah SWT pada hari kiamat berfirman : Dimanakah orang yang cinta mencintai karena keagungan-Ku? Pada hari ini Aku akan menaungi dengan menunggu-Ku dihari yang tiada naungan melainkan naungan-Ku." (H.R. Muslim)

7. Allah SWT. berfirman:

"Pasti akan mendapat cinta-Ku orang-orang yang cinta mencintai karena Aku, saling kunjung mengunjungi karena Aku dan saling memberi karena Aku." (Hadits Qudsi)

8.  Bahwa seseorang mengunjungi saudaranya di desa lain, lalu Allah mengutus malaikat untuk membuntutinya. Tatkala malaikat menemaninya malaikat berkata,

Kau mau kemana?

Ia menjawab, "Aku ingin mengujungi saudaraku di desa ini"
Malaikat terus bertanya, "Apakah kamu akan memberikan sesuatu pada saudaramu?"
Ia menjawab, "Tidak ada, melainkan hanya aku mencintainya karena Allah SWT"
Malaikat berkata, "Sesungguhnya aku diutus Allah kepadamu, bahwa Allah mencintaimu sebagaimana kamu mencintai orang tersebut karena-Nya". (H.R. Muslim)

9. Rasulullah shallallahu'alaihi wa sallam bersabda:

"Tiga perkara, yang barang siapa memilikinya, ia dapat merasakan manisnya iman, yaitu cinta kepada Allah dan Rasul melebihi cintanya kepada selain keduanya, cinta kepada seseorang karena Allah dan membenci kekafiran sebagaimana ia tidak mau dicampakan ke dalam api neraka." (H.R. Bukhari-Muslim)

10. Rasulullah shallallahu'alaihi wa sallam bersabda:

"Sesungguhnya seorang muslim apabila bertemu saudaranya yang muslim, lalu ia memegang tangannya (berjabat tangan) gugurlah dosa keduanya sebagaimana gugurnya daun dan pohon kering jika ditiup angin kencang. Sungguh diampuni dosa mereka berdua, meski sebanyak buih dilaut." (H.R. Tabrani)

11. Rasulullah shallallahu'alaihi wa sallam bersabda:

"Cintailah kekasihmu sewajarnya saja karena bisa saja suatu saat nanti ia akan menjadi orang yang kamu benci. Bencilah sewajarnya karena bisa saja suatu saat nanti ia akan menjadi kekasihmu." (HR. Al-Tirmidzi)

12. Rasulullah shallallahu'alaihi wa sallam bersabda:

"Demi Dzat yang jiwaku berada di dalam genggaman-Nya, kalian tidak akan masuk surga sebelum kalian beriman. Kalian tidak akan beriman sebelum kalian saling mencintai. Tidakkah aku tunjukkan kepada kalian mengenai sesuatu yang ketika kalian melakukannya, maka kalian akan saling mencintai? Sebarkanlah salam di antara kalian!." (HR. Muslim)

13. Rasulullah shallallahu'alaihi wa sallam bersabda:

"ya Allah, berilah aku rezeki cinta Mu dan cinta orang yang bermanfaat buat ku cintanya di sisiMu. Ya Allah segala yang Engkau rezekikan untukku diantara yang aku cintai, jadikanlah itu sebagai kekuatanku untuk mendapatkan yang Engkau cintai. Ya Allah, apa yang Engkau singkirkan diantara sesuatu yang aku cintai, jadikan itu kebebasan untuku dalam segala hal yang Engkau cintai." (H R. Al-Tirmidi)

14. Rasulullah shallallahu'alaihi wa sallam bersabda:

"Sesungguhnya orang-orang yang saling mencintai, kamar-kamarnya di surga nanti terlihat seperti bintang yang muncul dari timur atau bintang barat yang berpijar. Lalu ada yang bertanya, "siapa mereka itu?", "mereka itu adalah orang-orang yang mencintai karena Allah 'Azzawajalla." (HR. Ahmad)

Itulah beberapa Kumpulan Hadis Nabi Tentang Cinta, dimana kita bisa mengurai makna dari kata cinta. Mudah-mudahan bermanfaat. Aamiiin 

*** Hadits dirangkum dari berbagai sumber.

Backlink here..

59 komentar:

  1. kecup dulu pintu gerbangnya ah

    BalasHapus
    Balasan
    1. weh dimonopoli pertamax-nya kang...

      Hapus
    2. ternyata yg duduk di pintu gerbang mamang toh, kirain sapa

      Hapus
  2. sangat setuju apalagi sama point yang ke #11 perlu diperhatikan selagi usia muda :D
    ahahay

    BalasHapus
    Balasan
    1. jiahhh .... ini yg bikin cewek galau :d

      Hapus
  3. wah, super sekali hadits2nya,, ijin copy ya mba.. :d

    BalasHapus
  4. wah all about love yah..
    cinta yang tertinggi hanya kepada Allah

    BalasHapus
  5. subhanallah, tidak bisa berkata-kata saya mengomentari artikel bagus ini. lebih baik saya no komen buat kemajuan indonesia, artikel nya ini sempurna dan memberi manfaat bagi umat

    BalasHapus
    Balasan
    1. apa hubungannya sama indonesia mas? hahahha
      lucu ihh

      Hapus
    2. karena kita orang indonesia, satu saja orang berkata salah, dan tidak sesuai dengan fakta integritas akan merubah pandangan, sehingga timbul konflik internal antar bangsa, ya itulah yang banyak terjadi di indonesia, konflik antar sesama, karena salah paham.

      Hapus
  6. membuatku merenung sejenak...
    terima kasih telah mengingatkan..
    salam kenal mbak

    BalasHapus
  7. kirain ebook sis, ane dah siap2 mu donlot aja..bagus banget soalnya isinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. E Book sih ada, saya ada beberapa ebook. tp masih blm sempat upload. sabar yah

      Hapus
  8. pas moment nya malam jum'at butuh siraman rohani..

    b-(

    BalasHapus
  9. hadits Rasulullah dan Firman Allah... *itu diatas ada ayat-ayat Allah juga :)

    BalasHapus
  10. .: catatan kecil penuh cinta...(he...he...he).

    BalasHapus
  11. saya suka yg ini: Dan sebagian dari dari tanda-tanda kebesaran Nya adalah Dia menciptakan pasangan–pasangan bagi kalian dari jenis kalian, agar kalian merasa tenang pada pasangan kalian dan Dia menjadikan diantara kalian rasa kasih sayang dan cinta. Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda – tanda bagi orang- orang yang berfikir.

    BalasHapus
    Balasan
    1. haah...yg sering ada di undangan nikahan kan?

      Hapus
  12. saya menyimak saja hadistnya sob,biarlah yang komentar yang bisa dan mengetahuinya,saya belajar memahaminya saja.

    BalasHapus
  13. yaahh... tengkyu mbak, jadi semakin ngerti tentang cinta :>)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah jika bermanfaat

      Hapus
  14. mbak indah memang ahlinya saya percaya itu.
    tulisan kemarin tentang abegeh tua sukses mengerjai googel dan mengerjai para pemburu abegeh.selamat mbak trafic mengalir deras

    BalasHapus
    Balasan
    1. heheheh... mudah2an ajah ada lonjakan traffik :))

      Hapus
    2. pasti ada mbak, besok bisa diulang dengan judul yang lebih hot

      Hapus
    3. Tunggu ajah tanggal mainnya...sudah disipain kok :d

      Hapus
  15. makasih banyak mba untuk renungan nyaa :)

    BalasHapus
  16. Selalu saja kesini Mbak Indah selalu memberikan renungan dan nasihat yang indah :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah mas....doakan selalu saya selalu begitu

      Hapus
  17. Waw Renungan nya bagus nikh salam kenal saja yeah

    BalasHapus
  18. Thanks share hadistnya mbak... nambah pengetahuan nih...

    BalasHapus
  19. merah jambu nihhhh..ihiii jadi tambah betah nongkrong di sini hihihihiihii membaca tentang cinta,

    BalasHapus
  20. Saya merenung dulu deh....

    Salam kenal mbak

    BalasHapus
  21. Wah, tambah ilmu...
    ijin copas mbak... thanks

    BalasHapus
  22. wah nyimak aja mbak indah habis mau comment apa ya bingung jadinya

    BalasHapus
  23. sangat bermanfaat banget ndah atas apa yang diberi kali ini hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. lah ...iya donk. sapa dulu :))

      Hapus
  24. ternyata masih banyak hal yg belum saya ketahui tentang cinta (arti luas), sekarang jd terbuka lebar,,, hatur nuhun mbak

    BalasHapus
  25. mudah - mudahan bisa menuntun kita untuk meriah cinta yagn seutuhnya amin..(f)

    BalasHapus
  26. Baca ini bikin tenang hati...
    Mksih,slm knal indah,

    BalasHapus
  27. Semua hadist yg diberikan Rasullulah SAW membawa kita ke jalan yg benar, bnyak memberikan manfaat bagi setiap manusia, maka untuk kita senantias beriman kepada-Nya :)

    BalasHapus
  28. imut sekali blog nya ... .... (f)
    =))

    BalasHapus
  29. imut sekali blog nih .. ... (f)

    BalasHapus

PERINGATAN !!!
1. Dilarang Nyepam Disini
2. Dilarang Pipis Disini
3. Dilarang Teriak Disini
4. Dilarang apalagi yah...?

Emoticon Centil Disini
:))
:((
:D
:(
=))
b-(
:)
:P
:-o
:*
:-s
[-(
@-)
=d>
b-)
:-?
:->
X-(

Top