Sebuah Nasehat Dari Sahabat

|
Assalamualaikum.

Sebuah Nasihat Dari Sahabat
Sengaja judulnya saya beri nama "Sebuah Nasehat Dari Sahabat", dan ini sudah jelas maknanya jika isi / pesan surat tersebut ditujukan khususnya untuk pribadi saya. Namun jika kawan-kawan berminat untuk mengamalkannya ya monggo, ndak masalah toh ujung-ujungnya demi kebaikan kawan-kawan juga. Insya Allah. 

Beginilah isi dari Nasehatnya :

" Jangan menjadi seorang yang mengharap kebaikan akhirat tanpa beramal untuknya, dan jangan menunda-nunda taubat dengan memperpanjang angan-angan untuk bertaubat. Jangan pula menjadi orang yang berbicara tentang dunia dengan ucapan-ucapan seorang zuhud yang hatinya tidak tertambat kepadaNya, sedangkan dalam kenyataannya ia melakukan perbuatan orang-orang yang sangat menginginkannya. Bila diberi sebagian darinya tidak pernah merasa kenyang. Dan bila diberi sedikit tidak pernah merasa puas. "

" Kamu tidak mampu mensyukuri apa yang telah dikaruniakan kepadanmu, namun selalu menghendaki tambahan dari yang masih tersisa. Melarang orang lain melakukan dosa, tapi kamu sendiri tidak berhenti melakukan dosa. Dan menyuruh orang berbuat kebaikan, tapi kamu sendiri tidak mengerjakannya. Kamu -katanya- mencintai orang-orang shaleh, tetapi tidak meniru amal mereka dan membenci orang-orang berbuat maksiat. Tapi kamu sendiri salah seorang dari mereka. Kamu takut mati disebabkan banyak dosa-dosanya, tetapi tidak menahan diri darinya. "

" Bila jatuh sakit, kamu menyesali dirimu, tetapi bila telah kembali sehat, kamu merasa aman berbuat sia-sia. Kamu berbangga hati bila memperoleh 'afiat, tetapi segera berputus asa jika mendapat cobaan (tidak bersabar). Bila ditimpa musibah, kamu berdoa karena terpaksa, tetapi bila memperoleh kemakmuran kamu berpaling dengan angkuhnya. "

" Nafsu mu mengalahkan dalam hal yang masih diragukannya, tetapi kamu tak mampu mengalahkan nafsumu dalam hal yang telah kamu yakini, bahwa hidup sederhana mendatangkan kebahagiaan, dan perbuatan baik menyebabkan kemuliaan. Namun tidak mampu memaksa diri melaksakannya. Sebaliknya, kamu tidak sanggup menolak nafsumu bila melihat kesenangan yang kamu sendiri meragukan keuntungannya. "

Semoga Sebuah Nasehat Dari Sahabat ini akan mejadi pedoman dalam kehidupan saya sehari-hari. Ketahuilah, saya tidak berbeda dengan apa yang sebagian orang lakukan. Dimana hawa nafsu, kedengkian, kemalasan, riya' dan ujub selalu saja mengelilingi bahkan mengekang jiwaku. Semoga Allah ta'ala memberi petunjukNya, agar saya segera kembali kepada jalan yang lurus dan diridhai.  Aamiiin.



*** Fotonya jangan dikomentari yah 


Backlink here..

132 komentar:

  1. dalem banget mbak, semoga bermanfaat jadi pedoman juga buat yg baca, amiiinnn,. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sedalam lautan yah...:d
      Aaminnn ...mudah2an saja

      Hapus
    2. ho oh mbak, terlalu jeru... Itu fotonya siapa mbak? Kok aku enggak ngeh ...

      Hapus
    3. tuh kan.jgn mikirin foto mas :))

      Hapus
  2. semoga menjadikan kita semakin lebih arif menghadapi hidup ini dan lebih bersyukur....bagus dan menjadi tauladan itu mbak nasehatnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga saja kang saya bisa menjalankan amanah ini :)

      Hapus
  3. nasihatnya juga bermanfaat bagi saya. Bersyukur kunci utamanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah jika bermanfaat juga mas

      Hapus
    2. semua orang dipanggil Mas
      huhh

      Hapus
    3. Saya nggak dipanggil Mas sama mbak Indah Mas ZAc hhehhehehe :))

      Hapus
    4. kasihan Bang Zach minta di panggil Mas..:-)

      Hapus
    5. iya, saya beberapa hari lalu juga dipanggil "mas" sama mbak ind, makanya sekarang fotonya saya ganti bunga anggrek...

      Hapus
    6. saya jangan dipanggil mbak pokoknya , awaas lho ya!!
      itu fotonya mbak indah ya? koleksi bukunya banyak , makanya ide nulisnya gak habis2

      Hapus
    7. Mbak husna: Hahah...maaf yah, kebiasaan salah ketik.
      Mas Agus: wes ojo mikiri poto mas. mengko ora iso turu :))

      Hapus
    8. wiiih lagi memperebutkan mas.... mamang juga dong pengen dipanggil mas hohohhoho

      Hapus
    9. Kalau saya dipanggil kakek boleh,dipsnggil Mas boleh dipanggil mbak ( jangan doonk )rempong dech achhh,,,

      Hapus
    10. yuh kan saya gak bisa tidur nanti di panggil mbak atau mas

      Hapus
  4. Sungguh suatu nasehat yg amat sangat bagus untuk di amalkan khususnya dalam kehidupan ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. bang Cik, gitu kalo saya manggil

      Hapus
    2. kalau saya manggilnya Pak Cik..:-)

      Hapus
    3. Ehhh...ada Lek Ks: Piye kabare lek ? :d

      Hapus
  5. dalem banget mba , makasih buat renungan jga nih :D

    BalasHapus
  6. Sangat inspiratif mba .. ;( ..

    Btw, kunjungan perdana nih mba .. salam kenal .. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal jg dan mksh kunjungannya :d

      Hapus
  7. Alhamdulillah...nasihat yang sangat baik buat kita, benar itu, bertaubat jangan tertangguh kerna maut datang tanpa di duga..dan keran hidup ini cuma sekalu..menghargai dan mensyukuri pemberian NYA...terima kasih Indah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas kunjungannya Mbak KY :)

      Hapus
  8. sip... pesan surat tersebut berguna sangat bagi mamang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah jika bermanfaat :d

      Hapus
  9. renungan malam yang mantef mbak :D

    BalasHapus
  10. Taubat nunggu tua.Padahal ajal tidak kenal tua atau muda.artikel nya sangat bermanfaat.Photo g blh d komntari y!boleh lah ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener mas. tuh kan di komentari :))

      Hapus
  11. Nasihat'nya begitu mendalam dan bermanfaat untuk dilakukan pada kehidupan sehari2 agar terhindar dari hal2 negatif..

    ngomong2 tuh foto siapa ya.. hihihiih.. :>)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini lagi tanya2 foto sapa . huh

      Hapus
    2. Andy, itu foto adiknya...
      nggak mirip kan?

      Hapus
  12. Nasihat yang bermanfaat buat saya Mahasiswa Go Blog

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah jika bermanfaat. mksh mas brow :d

      Hapus
  13. famangkana yardju likooa' robbihi. falya'mall amalan sholikhah wala yusrik bi ibadihi ahada...

    BalasHapus
  14. jadi trenyuh saya bacanya ,,,,,, ;-(

    BalasHapus
  15. ( Melarang orang lain melakukan dosa, tapi kamu sendiri tidak berhenti melakukan dosa.)banyak sih enggak yah,tapi masih ada tuh sebagian orang yang seperti itu,,,,,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. bukan ada mas, tapi masih banyak

      Hapus
  16. sangat bermanfat terimakasih (garing banget ya hehehee)

    Bila jatuh sakit, kamu menyesali dirimu, tetapi bila telah kembali sehat, kamu merasa aman berbuat sia-sia (banyak yang kayak gitu dan sangat disesalkan)

    BalasHapus
    Balasan
    1. selalu garing kan :d
      mksh supportnya yah

      Hapus
    2. mau yang teles??
      angkat jemuran tetangga :D

      Hapus
  17. subhanallah, itu dia yang namanya sahabat, ada di kala duka dan bahagia. jika semua akur dan saling menasehati, indonesia bakal maju. indonesia memerlukan sosok demikian.

    BalasHapus
    Balasan
    1. dan Indonesia butuh sosok seperti mas Dimas yg selalu berjiwa patriot :d

      Hapus
    2. hati-hati mas bagus lagi ada yang kedip mata tuh hahaha..mbk indah lagi ngapain??nggombal???hahahah :))

      Hapus
  18. Aku mau komentar fotonya..itu foto mbak indah ya??? aduh gile untung aku cewek kalau cowok tak datengin orang tuanya hehehehe...
    Komentar serius: merenung sedalam-dalamnya..sangat bermanfaat mbk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Naksir yah? huh ....
      ndak serius juga ndak papa kok. hahahh
      santai ajah...

      Hapus
    2. hahahha sitimewa dihati haha...ihh kan mau serius mbak :((

      Hapus
  19. lama tak jumpa ndah .... apa kabarnya ???
    wah nasihat yang sangat luarbiasa ....

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini jg nasihat utk pengantin baru loh :))

      Hapus
  20. itu yg nomer 4 kok gak mudeng blas maksude,, itu napsu makan apa napsu pa yah?? :-s

    BalasHapus
    Balasan
    1. nafsu makan diantaranya. kt nya gitu

      Hapus
  21. Sahabat yg ngasi ini siapa mba?
    Beruntung nya punya sahabat seperti ini..

    Ntu dia mbak, kita sering menunda2 taubat, padahal kematian adalah misteri allah..

    Mbak aku follow. Kalo berkenal folback ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sahabat lamaku kok.....udah spt saudara :)

      Hapus
    2. saudara apa saudara... :))

      Hapus
    3. Maz Payzo malah mikirin poto sih :))

      Hapus
  22. saat merasa nyaman, memang kodrati manusia yang hampir selalu punya tren untuk lalai. manusia biasa. tapi kita dituntut untuk mengendalikan diri untuk itu. mengendalikan. kayak sopir gitu kali ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin jg sih ... klw sopir kan paham belok kanan kirinya :d

      Hapus
    2. aku ngandel nek sing omong wong loro iki

      Hapus
  23. kodrat manusia pada dasarnya untuk beribadah dan menuruti perintahnya,namun kadang kala manusia kebanyakan lalainya dari pada ibadahnya,itu yang saya rasakan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. dan saya jg sering merasakannya :)

      Hapus
  24. masya Allah, ini juga nasehat buat saya mba, trimakasih
    btw itu gambar yang punya blog yah :d

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah jika bermanfaat.
      Udah jgn bingung masalah fotonya, ntr susah tidur :))

      Hapus
    2. wah,mantep deh potonya,saya baru memperhatikannya.ternyata oh ternyata ada putri di balik template.

      Hapus
    3. nah kan...bahas poto juga. :))

      Hapus
  25. bagus banget nasihat temannya, sista...skrang ane RATE10 deh cheer

    BalasHapus
    Balasan
    1. hmm...terlalu berlebihan nih ...mana ada rate 10. saya kan manusia :))

      Hapus
  26. Khusus pada poit "Bila jatuh sakit, kamu menyesali dirimu, tetapi bila telah kembali sehat, kamu merasa aman berbuat sia-sia", tidak bisa dipungkiri bila sedang sakit maka doa dengan sangat khusyu mohon disembuhkan segera,tetapi jika sudah sembuh suka lupa bersyukur akan nikmat sehat.
    Soal foto saya tidak akan komentar,cuma mau komentar siapa yang jadi juru fotonya dan foto dimana ? $-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahah..wes ndak usah mikirin foto mas. :))

      Hapus
    2. Saya tidak memikirkan foto mba,cuma memandangi kok @-) :>)

      Hapus
  27. jauh di mata dekat di hati,
    itulah yang saya rasakan setelah membaca artikel di atas.
    terimakasih sudah berbagi nasihat mbak :) artikel diatas sangat bermakna dan sudah mengingatkan manusia seperti saya yang sudah seringkali melalaikan perintah agama

    BalasHapus
    Balasan
    1. lah....apa dikira saya tidak? :d
      biasa mas, namanya jg manusia, yg jelas kita selalu belajar memperbaiki diri.

      Hapus
  28. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  29. Salam Sukses, sahabat....
    Saya berkunjung untuk silaturahmi,
    sekalian memberikan informasi untuk sahabat blogger smuanya,
    Kontes Review untuk mendukung penghijauan bumi tinggal 1 minggu lagi.
    Berhadiah JUTAAN rupiah lho....
    Kontes ini bukan kontes SEO murni jadi dapat diikuti oleh siapapun....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wow...keren nih Pak, hadiahnya lumayan. ok lah...saya pikir2 dulu :)

      Hapus
    2. ada kontes nih... hadiahnya gede,... ikutan ahhh....

      Hapus
  30. Jujur Mbak kalau selalu kesini selalu saja mendapat hal baik buat renungan dan motivasi dalam kehidupan,nasihat diatas dijadikan ingatan setiap kita mau melangkah kemanapun itu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih, mas buret klw kesini suka memuji terus nih. Jadi malu :))

      Hapus
  31. Mengena banget mbak ind...

    sungguh mengingatkan kita...betapa kadang lalai dan nafsu selalu membelokkan hati kita ke jalan yang buruk...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak husna Link blog nya apaan yah?
      saya ndak lihat link di poto profilnya

      Hapus
    2. kalau pasang link, pasti saya hapus...piye jal.

      Hapus
    3. iku kan cuma pajangan wae toh mbak :))
      wes ojo dipikir nemen2 :))

      Hapus
    4. yo ora piye piye thoo yooo

      Hapus
  32. Sebelum sekolah kesini dulu hihihi..belajar lagi tentang apapun..selamat pagi Mbak Cantik dan sholehah :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. tuh kan...yakin deh klw naksir. :))
      pagi2 dah kangen :))

      Hapus
  33. waalaikumsalam..
    pagi-pagi baca artikelnya mbak indah, jadi lebih tenang menjalani hidup.. mkasih mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sarapan juga perlu loh, bisa tenang juga :))

      Hapus
  34. Saya sdh berusaha utk tdk mengomentari fotonya, jd saya belok komentar ke majalahnya...

    Kok yg dipajang yg judulnya "menikahlah" sih?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha....kok sempat2nya baca majalah :))

      Hapus
  35. justru baru bisa dibilang berhasil itu ketika kita mendapat cobaan tapi ttp bersyukur iia ;) emang sii.. gag semudah yg di ucapkan.. :( perlu terus berlatih :)

    Belajar Photoshop

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yups..bener banget mas.
      mksh supportnya yah? :)

      Hapus
  36. Nasehatnya pas mengena saya banget... terima kasih sudah share nih nasehat.. maaf ya mba baru bisa mampir.. maklum badan remuk kecapean..

    tapi.. ehem.. tu photo siapa ya.. cuma nanya lo.. koq kaya pemain film ketika cinta bertasbih...??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, habis dari konser mas? :d
      Makin banyak nih Fans nya :))

      udah jgn mikirin poto.

      Hapus
  37. itu yang difoto mbak indah ya? cantiik..

    BalasHapus
  38. mbak indaahhh mukane mirip kancaku, mirip banget asli . cara berjilbabnya juga noh..skrg dia hinggap di semarang :D



    ..
    yang petama ingat mati
    yang kedua .. bersyukur
    ketiga mohon pertolongan hanya kpd ALLAH , dan intinya tetep ingat sama kuasaNYA dan apapun yang ALLAH kasi itu gak boleh su'udzon
    keempat .. artinya banyk nih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah Tia malah teriak2 disini. Huh ... :))
      Bener banget Non, tumben nih pinter :))

      Hapus
  39. Nasihat yang Bermanfaat mba.,
    nasihatnya benar2 dalemb maknanya ., ;(

    BalasHapus
    Balasan
    1. mksh jika bermanfaat buat mas kevin ;)

      Hapus
  40. Balasan
    1. hahaha.....sejak kapan pakai "Menyentil"? :))

      Hapus
  41. Hari ini saya senang bisa berkunjung disini membaca postingan yg sangat berguna, sebelumnya mohon maaf, akhir^ ini sering terlambat Mbak Indah dikarenakan gangguan listrik dan sinyal ...
    artikelnya sangat membantu dan bermanfaat utk pedoman hidup saya, terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. mksh jika bermanfaat jugabuat Pak PP, semoga sukses pak. ;)

      Hapus
    2. Sobatku PP,jangan singgung masalah sinyal nanti mba indah ngambek lagi,pura-pura ajah gatau :-#

      Hapus
  42. ma'af mba' bro, saya selalu datang terlambat..
    soalnya palembang macet..hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. huh...kebiasaan jelek kambuh lagi yah? :d

      Hapus
  43. Wah bagus sekali nasehat sahabatnya..
    Makasih sudah mengingatkan Ukhti... Benar sekali kata2 yg bercetak tebal biru..
    Menyayat hati, menggugah qolbu.. semoga selalu diingatkan ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih kunjungannya mas :)

      Hapus
  44. Nasehatku cuman satu... menikahlah... hihihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah mas budi ini bikin saya merinding :d

      Hapus

PERINGATAN !!!
1. Dilarang Nyepam Disini
2. Dilarang Pipis Disini
3. Dilarang Teriak Disini
4. Dilarang apalagi yah...?

Emoticon Centil Disini
:))
:((
:D
:(
=))
b-(
:)
:P
:-o
:*
:-s
[-(
@-)
=d>
b-)
:-?
:->
X-(

Top