Melatih Diri Dengan Budi Pekerti dan Akhlak Mulia

|
Assalamu'alaikum.

Kata Adab adalah kosa-kata bahasa arab yang berasal dari (Adab – Ya’dubu) yang berarti mengundang atau mengajak. Nah dinamakan adab karena ia mengajak manusia kepada perbuatan yang terpuji dan mencegah dari perbuatan yang keji. Adab adalah melatih diri dengan budi pekerti dan akhlak yang mulia. Jika pendidikan lahir dan bathin seorang hamba terlatih, dia akan menjadi manusia yang mempunyai akhlak mulia. Barang siapa membiasakan dirinya dengan adab-adab sunnah maka Allah SWT menerangi hatinya dengan cahaya kemuliaan.  Tidak ada tingkatan yang lebih mulia daripada mengikuti perintah, perbuatan, dan akhlak Kekasih Allah SWT yakni Baginda Rasulullah Salallahu "Alaihi Wassalam

Hubungan Allah SWT dengan hambaNya terletak dalam tiga hal :
1. Memohon pertolongan
2. Kesungguhan Hamba
3. Adab

Hamba mengajukan permohonan pertolongan, dan Allah SWT memberikan pertolongan atas taubatnya. Hamba bersunguh-sungguh, maka Allah SWT memberikan Taufiq. Hamba yang beradab maka Allah SWT akan memberikan kemuliaan. Barang siapa beradab dengan adab orang-orang yang shaleh, dia layak mendapatkan kemuliaan dan barang siapa menjauhi adab berarti dia menjauhi semua kebaikan. 

Kebanyakan adab orang-orang pilihan adalah sebagai berikut:
1. Menyucikan hati
2. Menjaga rahasia
3. Menepati janji
4. Memelihara waktu
5. Dzikurullah


"Tidak ada sesuatupun yang lebih berat dalam timbangan seorang mukmin pada hari kiamat dibanding akhlaq yang baik, dan sesungguhnya Allah murka kepada orang yang keji dan jelek (akhlaqnya)". [Hadits Riwayat Tirmidzi).



Backlink here..

41 komentar:

  1. Balasan
    1. ini ciri=ciri admin yang pelit pertamax hahahha :))

      Hapus
    2. iya nih mbak indah.. curang :P

      Hapus
    3. bukan pelit non, itu saya lebih waspada jika ada spammer yg masuk di blog ini :))

      Hapus
    4. ok lah mbakk..tapi aku dihitung pertamax perempuan ya hoho....mang yono pertamax cowok kwkwkw..blogku juga beberapa kali ada koemntar spam..tapi menurutku itu bukan spam...bingung yang kategori komentar spam itu gimana,,padahal pernah baca ttg ciri-ciri koemntar spam

      Hapus
    5. Mamang malahan ndak tau tuh spam yg bagaimana taunya link aktip pada komeng ajah

      Hapus
  2. Pertamax...hahahha biarin meski adiminnya udah senyum di atas..pertamax itu berlaku untuk pengunjung yang komentar pertama..bukan buat admin hiahahaha :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. benar mbak Indah pendidikan lahir bathin itu yang seharusnya dilakukan..bukan hanya pendidikan lahir saja namun bathinnya kosong mlompong hohohoho

      Hapus
    2. berarti saya ndak perlu jawab nih.... :))
      kan udah paham :d

      Hapus
    3. hehehe mau dijawab dan ditambahi juga nggak papa mbk hehe

      Hapus
  3. pertamak laki - lakinya... meskipun sudah ada komentar diatas tapi bukan laki laki heheheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. maunya aku kasih mang yono pertamanya, tp mang yone lama datangnya :d

      Hapus
    2. Yup betul sekali Pendidikan lahir dan batin itu penting.. Mamang kemarin kesawah dulu ngawasin yg nanam padi hehe

      Hapus
  4. Jika pendidikan lahir dan bathin seorang hamba terlatih, dia akan menjadi manusia yang mempunyai akhlak mulia.

    Dan semua itu butuh lingkungan yang mendukung Mba Bro. xiix

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener sekali mas bro .... tp sekarang kan udah komplit. ada TPA dan majelis taklim...kan bisa kesana menimba ilmu :))

      Hapus
    2. Tapi sekarang kebanyakan TPA sama Majelis Taklim banyak kosongnya.. kalah sama game Online . xiix

      Hapus
  5. waduh saya kena lagi deh dalam hadis tsb.
    Saya kan jelek mbak tidak ngganteng.

    BalasHapus
    Balasan
    1. tuh kan ada kalimat di dalam tanda kurung :))

      Hapus
  6. adab atau sopan santun memang perlu dan wajib di lestarikan.

    emoga adab kita masih dalam sewajarnya dan nggak kluar dari ajaran islam..amin..

    tapi kalau lihat adab remaja sekarang. duhh.. susah banget dech kayaknya.. guru di sekolahan saja sudah nggak di hormati jaman sekarang ini..

    BalasHapus
    Balasan
    1. tp kan cuma segelintir, masih byk guru yg masih do hormati sama siswanya

      Hapus
  7. adem dan indah sekali...
    tapi kayaknya aku ga bisa tuh
    abot renggane, yu... :d

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya sama mas, aku jg ndak bisa. tp kan belajar dikit2.... hehehhe

      Hapus
  8. (Adab – Ya’dubu) ,,,,jadi ingat ilmu Nahwu dan shoraf,Pa'ala yap'ilu pa'lan,hehe,,bener banget,,sunnah Rasul perlu di ikuti tuh,,,,,

    BalasHapus
  9. adab atau adaba mbak?saya ndak eleng blas ilmu sorop nya,karena ilmu sorop saya ndlosor tiarap

    BalasHapus
  10. makasih mba, atas pencerahannya :D ...
    HALA MADRID .. :P

    BalasHapus
  11. maknanya jg bisa berpuisi atau nyastra :) kalo adib = org yg bersastra :D

    BalasHapus
  12. selalu aja ada yg menarik disini.. :)

    BalasHapus
  13. Sepertinya ini menjadi sedikit tambahan pedoman kehidupan,karena memang hidup selalu perlu nasehat atau dasar pemikiran yang sehat :)

    BalasHapus
  14. Jadi ngerti banyak nih ttg adab.. sama dengan tataluk dn sopan santun..

    BalasHapus
  15. Sekarang ini masih banyak kita melihat orang yg tidak memiliki budi pekerti.. apa karena jaman sudah berubah ya...

    BalasHapus
  16. kalau sudah bacaaa artikel dsni pasi saya dapat pelajaran baru tentang kehidupaan , makasih yah mba indah , is the best :)

    BalasHapus
  17. Untung namaku sudah budi... jadi insyalloh dah berbudi dan berakhlak mulia deh... wkwkwkw...

    BalasHapus
  18. Balasan
    1. jago bukannya berjenis jantan ya Mas?

      Hapus
    2. iya itu maksudnya, karena beliau jago ilmu nahwu sorof dan beliau lebih sakti dari saya yang laki2 ini

      Hapus
  19. kartunnya, serasa melihat Mamang Ubi.

    BalasHapus
  20. haduh lumayan susah bagi saya untuk melatih diri dengan budi pekerti dan akhlak mulia, saya rasa artikel ini memang sangat berguna sekali dan kayaknya untuk saya masih harus perlu banyak belajar untuk hal yang baik dari blog mbak indah ini :)
    terimakasih atas suguhan artikel yang bermanfaat ini mbak

    BalasHapus
  21. ini nih, yang sekarang masih dan akan selaluuu saya asah supaya makin oke doke marokeh di dalam diri saya

    BalasHapus
  22. Rasulullah adl contoh pengaplikasian adab yg nyta..

    BalasHapus

PERINGATAN !!!
1. Dilarang Nyepam Disini
2. Dilarang Pipis Disini
3. Dilarang Teriak Disini
4. Dilarang apalagi yah...?

Emoticon Centil Disini
:))
:((
:D
:(
=))
b-(
:)
:P
:-o
:*
:-s
[-(
@-)
=d>
b-)
:-?
:->
X-(

Top