Pentingnya Menjaga Lisan

|
Assalamu'alaikum.

Pentingnya Menjaga Lisan

Sesungguhnya orang-orang yang mengatakan:
"Tuhan kami ialah Allah" kemudian mereka meneguhkan pendirian mereka, maka malaikat akan turun kepada mereka (dengan mengatakan): "Janganlah kamu merasa takut dan janganlah kamu merasa sedih; dan bergembiralah kamu dengan (memperoleh) surga yang telah dijanjikan Allah kepadamu". Qs. Fushilat 41:30

Inilah janji Allah Swt kepada hambanya, sudah jelas sekali nikmat Nya akan kita peroleh di akhirat kelak. Sesungguhnya Islam adalah agama yang mempunyai tujuan yang sangat jelas, maka perhatikanlah tujuan itu. Berangkatlah menuju Allah Swt dengan melaksanakan perintah dan menjauhi larangan Nya, yang diwajibkan atas kita. 

"Semudah itukah kita memperoleh nikmat Nya?"

Menurut ayat di atas "Tuhan kami ialah Allah". Oleh karena itu wajiblah kita ber istiqamah di jalan yang telah dijelaskan oleh kitab Nya, sebab ia adalah perlintasan perintah Nya. Serta teladan bagi hamba Nya yang shaleh. Jangan sekali-kali menjauh meninggalkannya, jangan mengada-ada di dalamnya. Dan jangan pula menyimpang dari garisnya.  Agar kita tak kehilangan bekal yang dapat menyampaikan kamu kepada ridha Allah Swt di hari kiamat.

Jangan sekali kali kita meninggalkan akhlak mulia ataupun memutarbalikkan nya. mengekang lidah adalah salah satu hal tersulit kita lakukan.. Sebab lidah bagaikan kuda liar yang nyaris melemparkan penunggangnya. Seorang hamba akan memperoleh manfaat dari ketakwaannya kecuali ia senantiasa menjaga lidahnya. Seorang mukmin bila hendak mengatakan sesuatu, akan menanyakan terlebih dahulu di dalam hatinya. Jika berupa kebaikan, ia akan mengucapkannya. Tapi jika merupakan kejahatan dia akan menutupinya.

Rasulullah Saw : "Takkan lurus iman seseorang sampai hatinya menjadi lurus, dan takkan lurus hatinya sampai lidahnya menjadi lurus."
Semoga bermanfaat.

141 komentar:

  1. Balasan
    1. Lho avatarny gnti lg mbaK :D

      Hapus
    2. iya mbak...masih tak edit dulu, biat kelihatan cantik dikit. hahaha

      Hapus
    3. pas kebetulan aja.
      di piloxshop kan editnya?

      Hapus
    4. wa'alaikumsalam dulu ah.
      lisan q rusak th mbak
      masuk surga ngak yak?

      Hapus
    5. Wahh..Tuhan itu ndak suka pada hamba yg pesimis loh. apa gunanya di kasih ilmu kalau tidak berusaha dgn ilmu yg diperolehnya?
      yakin ajah mas.perkara masuk surga apa ndak itu Hak Tuhan..kita hanya bisa berdoa dan patuh. itu ajah

      Hapus
  2. lidah memang tidak bertulang tapi landepnya kayak pedang yang bisa menyayat hati dan perasaan seseorang

    BalasHapus
    Balasan
    1. apaan tuh landepnya...hahahh. MTO :))

      Hapus
    2. landep = tajam .
      MTO = metaok ya ?

      Hapus
  3. wa'alaikum salam....
    wah sebenernya banyak banget dan mudah untuk berbuat kebaikan, dan ALLAH telah memberikaa pahalanya, namun terkadang orang sudah terbawa nafsu duniawi..

    lidah pun kini sudah susah di atur, gampang banget ngomong kotor, dan memaki orang..

    semoga kita masih diberi umur panjang dan kesempatan untuk bertaubat dan memperbaiki semua nya...amin amin amin...

    waduh..wes koyo pak ustatd komentarku. hehehehe

    BalasHapus
  4. ada istilah "salamatul insan fi hifzhilissan" karena sesungguhnya banyak orang yang terjerumus dalam dosa karena hal ini, trimakasih sudah mengingatkan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. biasanya kaum hawa ya mas :))
      mksh kunjungannya

      Hapus
    2. ahirnya ngaku juga

      Hapus
    3. karena saya memang sering khilaf mbak sun

      Hapus
  5. wa'alaikum salaam, ada istilah "abong biwir teu diwengku letah teu tulangan" yang mempunyai arti ya itu tadi pentingnya menjaga lisan :-d

    BalasHapus
    Balasan
    1. panjang banget kalimatnya..padahal artinya cuma gitu

      Hapus
    2. Ternyata sama pepatahnya mang yono dengan yang saya terima darti orang tua saya,,,,lanjuttt tariiikk Mang





      Hapus
    3. mang yono memang pandai menjaga lisan sampai2 abegeh 15 pun masuk kandangnya

      Hapus
    4. mbak indah.... hehe artinya sengaja di ringkas kalau dijelasin panjaaaaaang dan akhirnya kesitu - situ juga hehe, jalannya muter hehe

      kang dede.... hehe tarik apanya kang, bikin nasi gorengnya mamang kurang satu bumbu dak ngerti sih hehe

      mas agus memang uhuyy hehe.. cukup 3 saja mas hehe

      Hapus
  6. terimakasih telah mengingatkan saya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih jg kunjungannya

      Hapus
  7. mulutmu harimau mu , makanya hati2 menjaga lisan , betuul ? :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hidungku belalaiku. halahh

      Hapus
    2. mulutku bukan mulutmu.
      betul gak yah :D

      etika dalam tutur kata memang sangat penting, seperti sabda rasul pada artikel di atas :)

      Hapus
  8. ngubek2..blog postingan sebelum ini mnaaaaaaa mbak????? garuk2 tembok ehhh kepala...
    Aku ini nggak ngomong ya mbakk..cuma nulis komentar hehhee
    *menjaga lisan* mnyuruhku agar nggak terlalu crewet heheheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. jedotkan bibir ke tembok besok langsung puasa tidak omong

      Hapus
    2. cari postingan apa cari kertas ujian hehheehhe

      Hapus
    3. Nduk ..... ngapain mau ngubek2? kan ada di sitemap tuh

      Hapus
    4. ihh mas Agus suka gitu ya klwwkkw mang yono yang penting bukan cari surat tanah mang hehe...wehh ada di sana to mbak hwhwhwhw

      Hapus
  9. itu logonya Rolling Stones ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener pak dhe...minjem ke mang ubi kemarin logonya

      Hapus
    2. punya saya...punya saya tuh.

      Hapus
  10. Balasan
    1. suka kesasar kerumah tetangga...:o)

      Hapus
  11. saya baca di bukunya Imam AlGhazali, ngeri banget untuk urusan lidah ini. belajar jadi orang yang "pinter" ngomong deh.

    BalasHapus
  12. Untuk itu perlunya kita menjaga agar kita tidak tersesat dengan apa yang kita miliki.Terima kasih kembali mbak buat renungan ini :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. kadang org suka banget usil ya mas :d

      Hapus
  13. lisan terkadang begitu ampuh jika berucap,,karena bisa jadi kata tersebut adalah doa,

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener banget mas...makanya hati2 yah . hahah

      Hapus
  14. sebagai org Islam kita selalu diingatkan menjaga lidah apa lagi kata2..kerna lidah itu lebih tajam dr mata pisaukan?

    BalasHapus
  15. wa'alaikum salam wr wb!Subhanallah betapa penting nya menjaga lisan!Lebih baik diam daripada berkata tapi menyakiti hati orang lain

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener mas..suka usil banget yah klw urusan lidah

      Hapus
  16. Tubuh yang terluka, dapat di obati dengan betad*ne dan sebagainya, tapi Hati yang terluka??

    BalasHapus
    Balasan
    1. obati dengan istighfar mbak :d

      Hapus
  17. lisan,memang susah di bawa kompromi,...

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya itu...yang mudah ngomongin orang mbak he...he...

      Hapus
  18. ternyata eh ternyata..???

    nitip mba' =>
    http://aan-shared.blogspot.com/2013/04/download-bmm-catfiz-android-apk-terbaru.html

    BalasHapus
    Balasan
    1. titipannya saya curi m'ba..maafkan yah

      Hapus
    2. huh mamang....ngrebut milik orang

      Hapus
  19. Waalaikumsalam..
    InsyaAllah nasehat dari Ukhti Indah membawa manfaat bagi diri saya.. kadang kita memang tak sadar bahwa ucapan kita telah menyakiti orang lain, makasih Ukhti

    BalasHapus
  20. yu kita bercermin lewat artikel menyentuh hati ini, masih jauh bagiku untuk menahan nafsu ituh

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama mang...saling mengingatkan ndak papa kan? :d

      Hapus
    2. iya mang kadang kadang suka keceplosan kalau didepan murid... ups depan bawahan * gaya hehe*

      Hapus
  21. ia tuh mba... muasih buanyak... yang ga bisa jaga lisan....

    "mulutmu harimaumu" masih buanyak juga manusia bermulut harimau.. :)
    piiisssss.....

    BalasHapus
  22. diam itu ...emas
    kalo memang ndak bisa ngomong yg baik2...mendingan diam :)
    ----------------
    jgn tanya mas nya..brapa karat...apa mas siapa?

    :)

    BalasHapus
  23. Adakalanya kita harus berdiam diri dan ada waktunya juga kita berbicara... jadi kita harus bisa menjaga lidah kita di waktu yang tepat... makasih udah berbagi :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener mas...jika bukan saatnya lbh baik diam dan merenung akan dosa2 kita

      Hapus
  24. betul banget, sis..menjaga lisan itu penting banget.
    ane bantu rate 20+ buat artikel bagusnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. emang penting mas, tp kok cuma dikit banget sih? 20 ajah

      Hapus
  25. siip dah, memang penting menjaga lisan. mulutmu harimaumu. jadi berhati2, karena gara2 lisan kadang bisa terjadi pertumpahan darah..

    makasi tlah mengingatkan mbk :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. besok tak ingetin lagi. mau ndak? :d

      Hapus
  26. banyak hal yang bisa dilakukan oleh lidah. Bahkan membunuh sekalipun.
    xiix

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ihh...serem banget sih?

      Hapus
    2. Lidah senjata utama bagi keselamatan anad,hati-hatilah menjaga lidahmu bila bicara,,,

      Hapus
  27. Lidah itu sangat tajam ,tajamnya lebih dari pedang,bicaralah macam-macam asal jangan ngomongin orang,,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener banget....mending ngomong sama Tuhan biar dikasih rizki

      Hapus
    2. mamang setuju sekali sama kang dede dan bu Auther

      Hapus
  28. maaf mba telat berkunjung ke halaman mba Indah. terima kasih untuk artikelnya, menjaga hati & lisan serta meluruskannya memang hal yang sulit, setuju dengan beberapa koment di atas, diam itu emas, kadang dosa pun tercipta karena lidah salah berucap.
    Semoga kita selalu medapatkan Ridha-Nya, Amien.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amiinnn....rajin banget berkunjung nih. jadi terharu saya :))

      Hapus
  29. perkataan adalah doa..
    begitulah kira-kira #seringLiatDiTipi :>)

    BalasHapus
    Balasan
    1. apa lagi yg sering di liat?
      pasti sinetron :d

      Hapus
  30. walah lupa, gambarnya keren mba, Rolling Stone, wkk

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya iya lah....saya gitu loh :d

      Hapus
  31. betul sekali mba indah.,
    ada pepatah, entah berapa yang patah saya tidak tahu, mengatakan mulutmu harimaumu., (m)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ihh...takut sama harimau, apalagi yg ompong :d

      Hapus
  32. Takkan lurus iman seseorang sampai hatinya menjadi lurus, dan takkan lurus hatinya sampai lidahnya menjadi lurus.

    Intinya, tidak akan lurus iman seseorang kalau ia belum bisa menjaga lidahnya, ia kan mbak :)

    BalasHapus
  33. hmmm... Kalo sisi agama memang sangat luar biasa mbak, mending diem aja dari pada salah karena sudah sempurna :p

    BalasHapus
  34. loh..saya kesasar kesini lagi. wes lah ndak papa, sapa tau di kasih makan sama tuan rumah :d

    BalasHapus
  35. Iman dan ahlak selalu berkaitan.. jika imannya benar maka ahlaknya pasti sesuai dengan yang di atur dalam syare'at...
    tapi ahlak itu bukan hanya ahlak kepada sesama manusia, tetapi kepada semua mahluk, ahlak kepada Allah dengan firman-Nya, ahlak kepada rosululloh dengan hadistnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah..ini bener banget. mksh masukannya yah ? :)

      Hapus
  36. barangsiapa beriman pada Allah dan hari akhir, hendaklah ia berkata yang baik atau diam...gitu kan ya mbak ??? hehe...jaga lisan itu emang paling susah, termasuk di jejaring sosial (tepok jidat)

    BalasHapus
    Balasan
    1. emang kenapa jidatnya mas? heheh

      Hapus
  37. Semoga bukan hanya lisan saja yg dijaga. tapi juga tulisan.. Gimana mbak Indah?
    Btw, Pakabar?

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah sehat2.... lama nih ndak kelihatan :)

      Hapus
    2. hehehe. maklumlah lagi sibuk cari mamam dan sebongkah berlian... :) =))

      Hapus
  38. Lidah mmg tak bertulang... dan dlm konteks lidah ini bisa jadi adl postingan, status atau komentar kita thd org lain.

    Bukan begitu, mbak?

    BalasHapus
  39. Dengan Lidah Kita sebarkan Agama Allah
    Dengan Lidah Kita bangun tali persaudaraan
    Dengan Lidah kita nyatakan cinta dan kasih sayang
    Tapi...
    Dengan Lidah pulah Kita Terbawah dalam Kehancuran

    Lebay ya mbak....! hehehe



    BalasHapus
    Balasan
    1. waw...keren banget, bukan lebay ah :d

      Hapus
  40. Lidah bisa diibaratkan sebilah pedang atau pisau yang tajam, jadi berhati2lah dalam menggunakannya, karena bisa melukai hati dan perasaan orang lain.

    BalasHapus
    Balasan
    1. dgn lidah jg bisa merayu orang kan ? :d

      Hapus
  41. [-( oh no... mulutku harimauku,, kalo mulutnya aja harimau gimane mukanya... :d

    BalasHapus
    Balasan
    1. jelek banget ..... pasti :d

      Hapus
    2. Kalo harimaunya didandani pasti mukanya cakep...

      Hapus
  42. yap...
    tp semoga tidak hanya dalam ucapan atau tulisan ini... laksanakan dan lakukan.. :D

    BalasHapus
  43. sedikit ucapan Mulutmu Harimaumu :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. mulut sapa tuh kyk harimau :d

      Hapus
  44. Tulisanmu cerminan lidahmu..., cz udah rame komenx gitu aja deh.. *smile

    BalasHapus
  45. met mlm sobat wah aq setuju banget sob karna lisan adalah nraka dan surga buat kita benar gak'y heheh. trmksih infonya sobat

    BalasHapus
  46. lidahnya mamang cilembu panjang juga ya..
    wahh, semakin lengkap kalo bercabang dan bersayap, kayak naga

    BalasHapus
    Balasan
    1. akang yang pertama bakal tak kecup basah lamaaaa..hehe

      Hapus
    2. Hahah... ini dia. Asli lucu kalau orang sepuh dah becanda

      Hapus
    3. terus, saya ngecup balik pake apa coba??

      Hapus
  47. mulut emang gak bisa dibohongi :-d

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah itulah pentingnya menjaga lisan :)

      Hapus
  48. postingan yg singkat tp mencerahkan.., jazakillahu.. :)

    BalasHapus
  49. dasarnya musti ngomong yg baik2 baru hati nya ikut baik. b-(

    BalasHapus
  50. semoga kita semua termasuk golongan orang2 yang selalu menjaga lidah kita agar tidak terjerumus dlm keburukan...aamiin

    BalasHapus
  51. Kan bener tu ada ungkapan, lidak lebih tajam dari pada pisau..
    Ada juga yang bilang mulutmu harimaumu.
    Yang lebih ekstrim lagi, diam adalah emas..

    BalasHapus
  52. selamat pagi, saya mencoba menjaga lidah saya untuk tidak banyak omong, karena saya sedang sariawan, sakit kalau ngomong terus

    BalasHapus
  53. Semoga kita bisa menjaga lisan kita semua... amien...

    BalasHapus
  54. betul mbak ,, jika tidak dijaga seperti pedang berkepala dua

    BalasHapus
  55. hadir di sore hari sambil belajar banyak tentang gimana pentingnya kita menjaga tutur bahasa sehari" dimari,,,makasih sudah berbagi mba semoga sukses dan sehat selalu

    BalasHapus
  56. Ini nih yang masih jadi pr besar, yang paling bijak memang yang lebih banyak diam. diam yang berisi bukan diam yang ga tau apa-apa.

    BalasHapus

PERINGATAN !!!
1. Dilarang Nyepam Disini
2. Dilarang Pipis Disini
3. Dilarang Teriak Disini
4. Dilarang apalagi yah...?

Emoticon Centil Disini
:))
:((
:D
:(
=))
b-(
:)
:P
:-o
:*
:-s
[-(
@-)
=d>
b-)
:-?
:->
X-(

Top