Penyebab Trafik Pengunjung Blog Turun

|
Assalamu'alaikum.

Mungkin kalau dilirik dari judul Postingan ini bisa dikatakan sudah umum, bahkan tergolong sangat basi. Diantara para master SEO sudah banyak yang menjelaskan tentang Penyebab Trafik Pengunjung Blog Turun. Padahal disini saya hanya ingin bertanya kepada kawan-kawan. Dan nantinya anda bisa memberikan arahan kepada saya dan bisa di tulis di kotak komentar. 

Seperti yang sudah saya lakukan di dalam optimasi Metatag, Keyword, Artikel dan lain-lainnya, sempat sih Blog ini mengalami peningkatan yang cukup signifikan baik pengunjung Blog atau pageview. Namun dalam beberapa minggu belakangan ini, gejala menurunnya Trafik sudah sangat terasa. Saya memaklumi kenapa hal ini bisa terjadi.  Bukannya tidak ada bahan untuk membuat postingan, melainkan kesibukan saya bertambah.



Kemungkinan Penyebab Trafik Pengunjung Blog Turun bisa disebabkan beberapa faktor. 

1. Tidak konsisten update artikel. Pada bulan-bulan yang lalu saya sudah merencanakan dalam setiap bulannya minimal update 20 artikel. Namun dalam bulan ini saya hanya mampu 15-17 artikel saja. Itupun artikelnya acak-acakan alias ndak mutu.

2. Kurangnya Blog Walking. Saat ini saya sangat jarang BW ataupun Berkomentar di "Blog-Blog yang baru saya kenal". Kalau ini bisa karena sibuk juga karena Modem Smart Preet selalu lemot. 

3. Bingung menentukan "Kata Kunci" dalam setiap membuat artikel baru. Nah kalau ini saya dah "Mumet" keyword di Google apa lagi yg harus saya pakai. Karena beberapa kali kata kunci yang katanya "Josss" ehhh...ternyata kurang diminati oleh para pemburu keyword.

4. Artikel nDak Bermutu. Namanya juga males....yah, akhir-akhir ini saya sedikit "Bingung" mengingat ada amanah yang harus saya kerjakan. Jadi mohon maaf, saya betul-betul kesulitan dalam merangkai kata-kata untuk bahan artikel.

Nah .... mungkin dari kawan-kawan ada masukan Penyebab Trafik Pengunjung Blog Turun, khususnya Blog ini. Silahkan ...jangan sungkan atau malu-malu kucing. Sekali lagi saya mohon maaf yang sebesar-besarnya, apabila saya tidak "Lincah dan Gesit" lagi seperti dulu. Dan jujur saja, dalam membalas komentar pun terkadang saya harus menyiasati waktu agar bisa membalas komentar kawan-kawan dan berkunjung ke Blog. 

Wassalam.

122 komentar:

  1. all about indonesia mengamankan pertamax mbak!! hidup indonesia

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah ..semenjak BBM naik, makin kenceng ajah nih :d

      Hapus
    2. waduh dah borong pertamax

      Hapus
    3. pakek premium aja mang yono bisa jalan kok

      Hapus
    4. harga nya juga hampir sama bang

      Hapus
    5. saya dong pake oplosan solar

      Hapus
    6. kalo motor pake solar gak rusak tuh bang agus

      Hapus
    7. bukan buat motor kok mas, tak jual lagi

      Hapus
    8. Turunkan SBY, idup gita wirjawan!

      Hapus
  2. wah keren mba indah informatif sekali.
    thanks mba atas informasinya bsa buat pngetahuan tmbahan mengenai blog :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apanya yg menarik?
      artikelnya apa orang nya :-d

      Hapus
    2. orangnya sama judulnya, mbak :d

      Hapus
    3. saya malah ndak kenal orangnya juga ndak tau isi artikelnya, ndeso kan saya

      Hapus
    4. saya dong orang kota tapi dari ndeso dan tinggal di ndeso

      Hapus
  3. sama percis dengan yg aku alami ndah ..
    yang aku setuju mungkin gara-gara jarang BW ..

    BalasHapus
  4. kalau blog mamang yang penting posting aja sehari satu mau posting judul doang atau photo doang ndak apa apa ( itu kata mamang hehehe), mau ada yang komen atu pajangan mblog mamang itu ndak apa - apa, kan mamang lagi belajar menulise, kalau trafik mau naik atau mau turun ndak masalah yang penting naik heheheh...

    tapi trafik blog mbak indah ramping yo...

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya malah lebih parah lagi mang, mingguan hikhikhik....

      Hapus
    2. Yang penting eksis dan narsis ya mang ... he he he

      Hapus
    3. yang penting kan komennya dooooong

      Hapus
    4. yuk siapa yang mau traktir makan mang?

      Hapus
  5. Saya juga males kok mbak :d karena sibuk ama kerjaan sendiri..jadi ya kalau sempat aja postingnya itupun kalau lg g males...hidup malessssss :d

    BalasHapus
    Balasan
    1. heheheh ...pingin sih bisa aktif kyk dulu :)

      Hapus
    2. buguru indah banyak job ngajar ya

      Hapus
    3. Ndak pa2 lah males2 dikit sing penting bisa silaturahmi antar blogger dan bisa tukar wawasan serta smoga artikelnya bisa bermanfaat bagi pembacanya..di dunia dan akherat amiiin...:d weleh kok malah sampek akherat barang yo

      Hapus
  6. betul mbak mungkin karena kurang konsistan.

    BalasHapus
  7. yang penting blog kita semua dapat bermanfaat bagi yang baca, dan kita harus mempromosikan negara indonesia, bahwa negara ini memang hebat, negara ini terpuruk karena oknum2 pejabat yang merusak negara ini, ayo bangkit indonesia, turunkan harga cabe !! kalau tidak ada cabe, apalah arti makan!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untung saya gak suka pedes mas hehe...

      Hapus
    2. lebih mahal harga jengkol mas harganya sama dengan daging .... turunkan harga jengkol

      Hapus
  8. poin satu sama poin empat sepertinya jadi masalah utama dech di blog saya sob.. waduh gimana ya benerinya..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. masih mending mas point 1 sama 4 doang, saya malah 1 sampai 4 yang jadi masalah

      Hapus
    2. tapi google suka artikel yg unik, klw utk meningkatkan PR mungkin bagus.

      Hapus
  9. nggak tau mau posting apa gan, hehehe

    BalasHapus
  10. Semangat Mbak bentar lagi naik lagi itu trafiknya asal itu tadi rajin posting dan blogwalking.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduhhh.... sepertinya dak bisa spt dulu mas. :-s

      Hapus
  11. Makasih mbak Indah infonya, jadi pembelajran buat saya yang newbie

    BalasHapus
    Balasan
    1. eheheh....saya juga newbie...halal lagi :d

      Hapus
    2. tapi menurutku artikel2 mbak indah ini pasti komeng2 nya rame loh mbak,,

      Hapus
  12. makanya jangan pake smart donk mba , biar gk males nunggu loadingnya ckckck

    Keep spirit mba :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. modem yg GSM udah kejual. hkhkhkhk =))

      Hapus
    2. pasti dijual buat modal beli cincin ya mbak :d

      Hapus
    3. pakai Exel aja mbak biar wuuus.. wuuusss. langsung abis pulsanya hehehe

      Hapus
    4. :d mamang ada aja , wus wus tau ny abis pulsa bukan konek

      Hapus
  13. lantas buat ngatasinnya gimana mbak :)

    BalasHapus
  14. oooh..gara2 traffic turun toh mau loncat dri lt.5? :d
    sing sabar ya mbak Indah :p

    BalasHapus
  15. Ternyata rutin posting juga pengaruh pada trafik pengunjung yah mbak, kalau sibuk repot juga yah :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. tapi utk alexa bisa ramping mas klw rajin posting

      Hapus
    2. minimal berpa posting perbulan /perhari mbak?

      Hapus
    3. tapi mblog mamang belum ramping padahal sehari posting 2 sampai 3 yang komeng ndak ada hehehehe

      Hapus
    4. ntar mang aku bawain temen sekecamatan biar blog mamang rame :d

      Hapus
  16. emang turun berapa? asik donk turun, kan jadi murah.. *eh
    bukan harga bbm ya.. :-)

    BalasHapus
  17. kalo sibuksih mending dijadwal otomatis aja ngepostingnya hehehe :D

    BalasHapus
  18. Dinikmati saja kakak..heuheu...semoga naik lagi dah..

    BalasHapus
  19. nomor 2,3 dan 4 itu punya saya banget tuh mbak,, kalo aku paling ngantelin bw aja, sambil mempererat tali silaturahmi siapa tau disediakan kopi hehe :d .optimasi seo sama metatag jujur aku gak ngerti sama sekali tuh

    BalasHapus
  20. ini postingan nyindir saya nih.. :>)

    BalasHapus
  21. Moga cepet selse kesibukannya mbak ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amiin... kalau mamang tambah banyak kesibukannya tapi nyantai aja yang penting posting dulu heheeh ( ndak nanya ya )

      Hapus
  22. di akui atau tidak isi postingan itu memang penting selain keywordsnya...juga yang lebih penting itu jalan jalan beri komen ke blog teman

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau jalan-jalan, jangan lupa bawa oleh-oleh mas Agus . he he

      Hapus
    2. oleh olehnya pentol celup

      Hapus
    3. pentol mangantusan kuwi lho mas

      Hapus
    4. mamang malah belum paham keyword yang model gimana mas

      Hapus
  23. benar banget tuch sob,, blog saya juga turun heheeh

    BalasHapus
  24. referensi gak punya + jarang blog walking pastinya mbak :)

    BalasHapus
  25. Kalau saya ngeblog lebih untuk obat stres mbak, baca komennya lucu-lucu, bakat meneruskan Srimulat .. he he

    BalasHapus
    Balasan
    1. lho mas isnaeni ini aslinya orang stres tho mas, ooo tak kira to orang slengekan tibake orang stres,,,pantes nek ngoono..
      hahahahaha...............

      Hapus
    2. wah, orang stress bisa koment ...ajaaib ya...hehee

      Hapus
  26. bener tu mis, kadang kala hal ini sering ane alami juga...... dan arena ada kesibukan lain didunia nyata juga sangat berpengaruh..........

    BalasHapus
  27. Saya juga sama mbak, pageview akhir2 ini turun, mungkin imbas dari update pinguin 2.0 mbak... hampir semua blog kena pengaruhnya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekarang saya hanya mencoba konsisten untuk update artikel mbak....

      Hapus
    2. Bisa juga ya Om....saya kira cuma blog saya saja yg mengalami traffik turun. Ternyata Oh Ternyata .... :D

      Hapus
    3. Ditambah lagi sekarang speedy gangguan terus untuk akses custom domain blogspot...beueuehhh tambah terasa aja mbak hikhikhik....

      Hapus
    4. mas kompi juga gangguan spedy ya? semua indonesia dong ya

      Hapus
  28. owh gitu ya mbak.. iya nih traffict ane makin merosot.. thanks banget buat infonya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah itu dia mas ...yuk kita cari stategi bersama2 :d

      Hapus
  29. Ini semua ada di aku.Kalau udah ga dapet ide artikel mesti asal-asalan nulis...ya kaya artikel blogku. :)

    BalasHapus
  30. Masalah yg paling umum itu point nomer 1 :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. berarti yg lain ndak masalah.... keren :d

      Hapus
  31. baiklah, saya fahami sekarang. yang penting eksis, gitu sih kalo saya. temen2 punya banyak jadinya, kan bahagia rasanya. itu aja cukup koq Mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. setuju dengan komen nya mas zach

      Hapus
    2. Bener juga sih ....Tapi mungkin ini sudah kebiasaan saya sejak kecil. Jika menemukan hal baru pasti ingin sampai ke akar2anya. Yah ...hanya penasaran saja, gimana rasanya ingin jadi Blogger sukses seperti yg lain. Baik dalam penyajian artikel dan tentunya dari pengunjung blog itu sendiri.

      Hapus
    3. kecilnya diulang coba mbak di puter balik :d

      Hapus
  32. blogku juga mba,, trafiknya mkin brkurang.. alexa n ranking anjlok smua gra2 vakum 4 Bulan ;-(

    BalasHapus
    Balasan
    1. tenang saja, asal jgn di vacum cleaner mas :d

      Hapus
  33. hukum keseimbangan...BBM naik diimbangi dengan trafik turun

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya juga kali BW kan perlu BBM ya Mas...

      Hapus
  34. Kl trafik ane bukannya turun, tapi emang gak naik-naik paling2 segitu aja tiap harinya

    BalasHapus
  35. Mungkin bener salah satu penyebabnya adalah blogwalking tapi yang biasanya terjadi adalah perubahan trend kata kunci dan posisi blog kita di SERP. misalnya hari ini kata kunci yang kita bidik memiliki 1000 pencari dan blog kita berada di halaman 1, berhasil mendatang 500 atau lebih pengunjung blog kita. terus 2 hari kemudian pencari kata kunci yang kita bidik cuma 600, blog kita berada di halaman 2, cuma bisa mendatangkan 100 pengunjung atau kurang ke blog kita. Ini biasanya yang terjadi mengapa trafik blog menurun drastis...

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener sekali mas, saya sering lihat keyword yg ada di bbrp halaman. ternyata tidak selalu di hal 1 saja, tapi terkadang di hal. 3-4 .

      Hapus
  36. mbak cara buat arscive pake scroll gitu gmn ? kok gak berhasiil2?

    BalasHapus
    Balasan
    1. waduh...saya lupa mas. cb deh seacrh di google cara membuat arsip blog dengan scroll.

      Hapus
  37. banyak sebenarnya penyebab trafik menurun, dan di atas adalah antaranya, KY juga sibuk sekarang, sbb tu jugalah kurang update blog haaa

    BalasHapus
  38. wah ini diriku bangets, mungkin jarang Bw jd sepi pengunjung...

    BalasHapus
  39. hadduuhh.,

    kayak nya poin ke 2 sering ane alami deh.,

    makasih ya mbak.,

    BalasHapus
  40. kayak ane tuh -____- pipis ahhh.. xixixi..

    BalasHapus
  41. oh iya.. jangan lupa kunbalnya om http://www.indocervo.com/

    BalasHapus
  42. Terus terang saya ngiri kalo liat blog bisa rame pengunjung begini, PR-3, dan Alexa ramping 60ribuan, dan jam segini aja 07.51wib pengungjung udah mau nyampe 300an,... bagi tipsnya donk! :o

    BalasHapus
  43. oke mba kalo gitu.. ane coba praktekin deh.. rank allexanya saya jg tiap blan smakin turun nih..

    BalasHapus
  44. Paling belakang komentarnya, meski begitu bisa menaikkan traffic blogmu Ndah. :d

    BalasHapus
  45. memang susah klo dh ketemu dgn mls, semua org pst ngalami itu..
    betah ni baca2 di blog ini ... SEO bgt

    BalasHapus
  46. Orangnya yg mana si mba indah jadi penasaran.

    BalasHapus
  47. Mungkin saja setiap blog yang dikelola secara personal pernah mengalami fase ini, termasuk saya juga..he..Salam kenal !

    BalasHapus
  48. traffic blog ane turun nih ;((

    BalasHapus

PERINGATAN !!!
1. Dilarang Nyepam Disini
2. Dilarang Pipis Disini
3. Dilarang Teriak Disini
4. Dilarang apalagi yah...?

Emoticon Centil Disini
:))
:((
:D
:(
=))
b-(
:)
:P
:-o
:*
:-s
[-(
@-)
=d>
b-)
:-?
:->
X-(

Top