Kenalkan Agama Pada Balita Anda

|
Assalamu'alaikum.

Kenalkan Agama Pada Balita Anda
Sebetulnya ini masih ada kaitannya dengan artikel sebelumnya tentang Tips membimbing anak di masa pertumbuhan yakni ketika masih usia 0 - 5 tahun. Jika kemarin saya memberikan tips membimbing secara lahiriah, nah sekarang saya sambung lagi dengan Kenalkan Agama pada Balita. Saya rasa ini sangat berkaitan dengan Tips yang kemarin, tanpa bimbingan secara islami, maka akan ada ketimpangan ketika si anak menginjak dewasa.

Berikut tips mengenalkan agama kepada balita secara Islami agar buah hati anda mempunyai akhlak yang mulia

1. Berilah contoh kepada anak tentang tata cara Sholat, agar si anak paham dengan gerakan Sholat.
2. Perbanyak anak untuk mendengarkan Ayat-ayat suci Al Qur'an.
3. Ajari anak untuk membaca Istigfar, Kalimat tauhid, Sholawat dan Puji-pujian.
5. Tanamkan rasa belas kasih kepada sesama, agar kelak terbiasa dengan bersedekah.
6. Kenalkan anak dengan huruf-huruf arab dengan menulis di papan tulis atau Buku.
7. Ajaklah si anak untuk selalu berdoa dalam setiap kesempatan, misalnya: makan, tidur atau yang lain.


"Setiap kalian adalah pemimpin dan akan diminta pertanggung jawaban terhadap yang dipimpin. Maka, seorang imam adalah pemimpin dan bertanggung jawab terhadap yang dipimpinnya. Seorang suami adalah pemimpin bagi keluarganya dan bertanggung jawab terhadap yang dipimpinnya” [Hadits Riwayat Al-Bukhari]

Sebetulnya masih banyak macam pengenalan agama kepada balita,  tapi saya tau nya cuma ini. Hehehe...... Jika anda mempunyai tambahan silahkan di share lewat kolom kementar dibawah. Semoga Artikel "Kenalkan Agama Pada Balita Anda" bermanfaat untuk anda semua.

*** Anak yang Sholeh / Sholehah Do'a nya diterima oleh Allah Swt, meskipun orang tuanya sudah meninggal.


Backlink here..

72 komentar:

  1. Horeeee...dapat petromax :>)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaaha ...... mamang malah belum baca postingan... baca dulu ah

      Hapus
    2. aku apa ya ? solar langka, bensin dioplos, pertus susah nyarinya.
      ya udah aku legen aja ah lagian enak di minum.

      Hapus
    3. selalu gitu deh.. petromax diambil sendiri.. :p

      Hapus
    4. lah....sekarang ptromax barang langka mas :d

      Hapus
  2. beri pengarahan agar selalu berkumpul dengan orang2 sholeh.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu klw udah gede mas. klw balita kan masih blm bisa.

      Hapus
  3. Setuju banget mbak..
    perlu dibaca nih sama ibu2 yg lebih memilih ajarin anaknya nyanyi lagu orang dewasa, daripada ajarin anaknya ttg agama ataupu sekedar memperkenalkan Al-Qur'an ke anaknya..

    BalasHapus
  4. Postingan yg bermanfaat kawan...

    BalasHapus
  5. kunci utama ada dikeluarga. :>)

    BalasHapus
  6. betul banget mbak mengenalkan agama kepada anak saat anak2 tapi kalo bisa sampai dia dewasa :)

    BalasHapus
  7. Alhamdulillah..tips yg baik, sama2 kita menjadi ibu bapa yg baik in shaa allah

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih kunjungannya KY :)

      Hapus
  8. usia balita adalah usia emas pada anak, mengkonsumsi ilmu-ilmu agama bisa membuat kuat di masa dewasa nanti sepertinya....makasih tipsnya

    BalasHapus
  9. siip dech sobat, memang ilmu agama harus di tanamkan pada jiwa sang buah hati sedini mungkin, sebelum mereka mengenal yang buruk duluan.

    hmm.. sepertinya sobat calon ibu yang di idamkan para anak dan laki laki.. haseeggg..hehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. sepertinya gitu, idaman laki2 :))

      Hapus
  10. berkunjung dimalam jum'at mbak,, lg jalan-jalan di internet eh nyasarnya kesini!wkwkwk
    :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ndak papa mas, diminum tehnya mas

      Hapus
    2. lah wong ini dikasihnya kopi bukannya teh mbak,,,
      wkwkwkw
      :-)

      @gubraakkk$%^&*(*&%$#

      Hapus
    3. itu solar mas, bukan kopi :>)

      Hapus
    4. @-)
      waduuh berarti saya salah minum atuuuh!!!

      WC mana WC..

      wkwkwkwwk

      Hapus
  11. tujuh poin yang selalu diupayakan agar dapat diterapin pada diri dan anak2.
    terimakasih sharenya, jangan lupa di pollow bek y

    BalasHapus
  12. betul jg ada yg bilang kalau balita itu ibarat secarik kertas putih, ya sis..jd tergantung ortunya, mau ditulisan apa kertas itu :)

    thanks tulisan bagusnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener mas....seperti hadits komennya. adem banget :d

      Hapus
  13. pentingnya mendidik anak di usia dini adalah awal pembentukan karakter, agar anak punya immun untuk menangkal pengaruh lingkungan di masa sekolah nya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener mbak..... itu sarat utama

      Hapus
  14. nyimak aja gan.. nice post..
    kalau berkenan mampir ya ke blogku :)

    BalasHapus
  15. Alhamdulillah... selesai juga baca postingannya... terimakasih ya mbak tentang perkenalan agama terhadap balitanya .... langsung praktek

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama2 mang, mksh juga kunjungannya

      Hapus
  16. wah, bagus sekali postingnya, sangat bermanfaat bagi saya yang baru belajar kepemimpinan !! tengkiu

    BalasHapus
  17. insya Allah tak terapkan ibu nyai.
    kemarin tak terapkan pas baca al que'an Hayyu anakku tak pangku, eh lembaran al quran nya malah di robek -robek
    mungkin pengen juga baca atau membalik mushafnya kali ya, soalnya hayyu masih umur 9 bulan sih belum ngerti apa2

    BalasHapus
    Balasan
    1. klw bisa sih jgn mushaf klw dgn anak2, pakai tafsir ajah. biar kita ndak resiko

      Hapus
  18. Hi mbak, sebenarnya di postingan saya paling bawah ada link tempat saya beli domainnya.

    Lebih baik diskusikan disitu saja, soalnya disini gak nyambung sm artikelnya mba ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. oh saya ndak baca tadi mas.
      mksh infonya

      Hapus
  19. kyaknya yg sdh pengalaman punya balita nih,,,hee

    BalasHapus
    Balasan
    1. sapa...saya?
      ihh .... blm mas. masih baru lulus seokolah :-s

      Hapus
  20. Wahh.,
    wahh..,
    wahhh.,.
    #udah gitu ajah.,.
    hehehehhee :d :-d

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe.,.,
      sabar.,sabar.,. :d
      terus info yang bermanfaat mba., seperti yang diatas.,
      nice job friend., (o)

      Hapus
  21. saya telah menerapkan tips diatas kepada anak saya,, dan alhamdulillah anak saya yang umur'nya hampir 5 tahun telah hafal doa-doa dan tata cara maupun gerakan sholat.. hehehe..

    duuh.. senang banget saya setiap mampir ke sini.. selalu dihadapkan dengan hal2 yang sangat2 bermanfaat.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haduhhh.... masa sih klw berkunjung kesini mas andy senang?
      ** Mana sisir dan kaca ? :>)

      Hapus
  22. anakku tiap hari liatnya sondesip, gimana tuh..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya santai dong...
      emangnya aku trus lari lari..? :D :D

      Hapus
  23. setuju dengan 7 poin artikel sobat, balita harus di didik secara baik dan bermutu sedini mungkin, agar kalau sudah besar telah terbiasa, kenapa? karena mereka generasi penerus bangsa, agar indonesia kedepan baik secara ahlak dan pendidikan yang baik, ayo indonesia, kapan lagi bisa menjadi negara yang di segani, kami sudah capek. Forza indonesia!!

    BalasHapus
  24. udah sering byangin kalau lagi ngaji sambil mangku si baby...*hiksss* :(( huauauau

    BalasHapus
  25. sewaktu di kandungan di dengerin tartil aquran mbak,, biar nanti waktu lahir langsung hapal al quran... Yeyeyeyeyee... Aliplammmmiiimmm .... Dan seterusnya mbak ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. oh gitu yah. pengalaman nih :))

      Hapus
  26. bismillah...salam kenal mbak indah...
    ada lagi mbak, membiasakan menggunakan kata2 yang halus dan
    menjauhkan dari nada2 yang kurang enak didengar, misal kata kasar...

    BalasHapus
    Balasan
    1. suka banget mas, knapa?
      mau di kasih film yg full? :>)

      Hapus
  27. postingannya tambah hari tambah bagus sob.. lanjutken..!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha....mumpung pikiran lg seger mas :d

      Hapus
  28. Hal-hal yang baik dan nasihat selalu saja hadir disini ya Mbak.Betul Mbak mulai dari kecil sang Anak harus diajarin agama agar kelak menjadi anak yang baik dan taat pada agama dan negaranya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aaminnn....sepertinya udah punya momongan nih :d

      Hapus
  29. dan yang paling penting dari semuanya itu, tentu saja punya anak dulu.. :>)

    BalasHapus

PERINGATAN !!!
1. Dilarang Nyepam Disini
2. Dilarang Pipis Disini
3. Dilarang Teriak Disini
4. Dilarang apalagi yah...?

Emoticon Centil Disini
:))
:((
:D
:(
=))
b-(
:)
:P
:-o
:*
:-s
[-(
@-)
=d>
b-)
:-?
:->
X-(

Top