Jangan Malu Ketika Berdoa Kepada Tuhan

|
Assalamu'alaikum.

Sebuah dialog kecil Jangan Malu Ketika Berdoa Kepada Tuhan terdengar dari teras rumahku. Sebagai keponakannya yang baik hati, saya menyiapkan suguhan istimewa kemudian saya bawa ke teras. Beliau kagum atas kelincahan saya, tanpa disuruhpun saya menyiapkan kegemaran beliau berdua. Yaitu kue Klepon dan Kopi Ginseng. Kembali saya duduk di ruang tamu dan mendengarkan lanjutan obrolan Pak Dhe dan Mamang.


"Pak Dhe, sampeyan kalau berdoa pakai bahasa arab ndak?" tanya Mamang. 

"Pernah dong, bahkan setiap waktu saya berdoa pakai bahasa arab" kata si Pak Dhe dengan bangga.

"Saya ndak bisa berdoa dengan bahasa arab. Apakah doa saya di terima ya Pak Dhe?" kemudian Mamang Galau dan mulai menangis. 

"Mang... Tuhan itu sangat Pemurah dan Adil kepada HambaNya. Yang penting Mamang sungguh-sungguh dan Ikhlas ketika berdoa. Pasti dikabulkan kok ...." Pak Dhe mencoba menenangkan si Mamang yang sedang galau.

"Apa iya sih, saya berdoanya kan pakai bahasa Indonesia Pak Dhe. Apa Tuhan mengerti bahasa Indonesia?" sesekali Mamang membersihkan kaca matanya yang terkena air matanya.

Tampaknya si Mamang masih belum yakin dengan petuah Pak Dhe yang dulu pernah "Nyantri Seminggu" di pesantren. Kemudian Pak Dhe melanjutkan.

"Mang, coba deh dipikir. Apa cuma wong Arab saja yang punya Tuhan. Ndak toh ? Trus bayangin ajah, ketika orang China, Jepang, Korea ketika berdoa, coba deh dengerin suara mereka. Tambah lucu kan ketika mereka berdo'a? Apalagi mereka baru 3 hari yang lalu jadi muallaf." Pah Dhe terdiam sejenak sambil menghela nafas dalam-dalam sambil makan kue klepon kesukaannya.

"Bener juga yah, berarti kalau pakai bahasa indonesia udah mendingan dong di bandingkan mereka" jawab Mamang sekenanya.

"Bukan begitu...huh ini. Gini loh, Memang sih diutamakan memakai bahasa Arab ketika kita Sholat dan Berdoa kepada Tuhan. tapi bagi yang masih belajar dan menjadi muallaf apa ya langsung pakai bahasa arab?Tuhan itu tidak membeda-bedakan bahasa yang digunakan oleh hambaNya ketika berdoa. Apalagi yang masih belajar tentang Islam, yang penting hati betul-betul mengharap kebesaran Tuhan. Tapi sih dianjurkan pakai bahasa arab, biar afdol gituh. Makanya Mang, mulai saat ini sedikit demi sedikit belajar bahasa arab." mungkin merasa haus Pak Dhe minum kopi + ginseng  kemudian melanjutkan nasehatnya lagi.

"Tuhan selalu mengawasi gerak-gerik yang ada di alam semesta, termasuk gerak-gerik hati manusia yang di jadikan khalifah di muka bumi ini. Tuhan mempunyai system untuk mengawasi manusia, yaitu dengan menempatkan pengawas pada setiap diri manusia, temasuk kita-kita yang udah sepuh ini Mang. Seperti yang ada dalam Al Qur'an QS Al Qaf [50]:18 : "Setiap ucapan yang dilafalkan selalu dicatat oleh pengawas yang hadir pada setiap diri manusia". Nah, makanya kita ndak usah macem-macem deh. Perbuatan kita terpantau terus oleh Tuhan dan tak bisa mengingkari. Termasuk semua ucapan kita di dalam setiap berdoa, semua dicatet Mang.:

"Doa adalah sebuah permohonan dan sanjungan dari hamba kepada Tuhannya. Dengan doa manusia dididik untuk menyadari kelemahan dan kekurangan dirinya sehingga tidak menjadi manusia yang sombong atau lupa daratan. Dengan doa hubungan hamba dengan Tuhan tetap terbina dengan baik." begitu  cara Pak Dhe menjelaskan dengan arif dan bijak.

"Ohhh .... saya mulai paham nih. Besok-besok saya ingin diskusi lagi dengan sampeyan. Tapi udahan dulu yuk, kita rehat dulu. Gimana kalau saya nyanyi, sampeyang sing Nggitari Pak Dhe ?" Okehhh Brow .... 

Saya yang mulai tadi mendengarkan obrolan Pak Dhe dan Mamang senyam senyum terus. Memang seperti itu kalau beliau-beliau datang kerumah, selalu memberikan hiburan segar. Beliaulah yang selalu memberikan inspirasi kepada saya. Beliau juga sayang kepada keponakan-keponakannya, saya sangat bersyukur mempunyai seorang Pak Dhe dan Mamang yang baik hati.

Obrolan Jangan Malu Ketika Berdoa Kepada Tuhan ini saya rasa bermanfaat untuk saya pribadi. Dengan begitu saya berharap akan selalu berdoa dimanapun berada. Entah itu dalam keadaan bahagia ataupun sedang ditimpa cobaan. Semoga Tuhan selalu melindungi beliau, diberikan kemudahan disetiap urusannya, diberikan rizqi yang halal dan barokah, diberikan anak cucu yang shaleh dan shalehah. Hanya itu yang bisa saya berikan untuk beliau tercinta. 

** Ngapunten kagem Pak Dhe lan Mamang.


Backlink here..

123 komentar:

  1. mksh bnyk mba tips nyaa , mksh jga artikel nyaa :)

    BalasHapus
  2. kalo saya pake bahasa indo kolaborasi jawa mbak :) hehe.. gak tau diterima apa gak yang penting niat dan brusaha khusuk serta ikhlas.
    terimakasih pencerahannya mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. ndak papa juga kok mas, Tuhan kan lebih hebat dari kita?
      Mksh supportya yah :d

      Hapus
  3. Ketulusan dari doa yang utama :)

    BalasHapus
  4. berdoa salah satu jalan untuk meminta sesuatu yang kita inginkan,untuk meminat pengampunan dosa,doa di barengin dengan keikhlasan hati untuk benar-benar berdoa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apapun jenis bahasanya,Allah tidak akan memilah dari segi bahasa,Allah menciptakan manusia berbagia macam suku bangsa dan bahasa,dan Allah akan menerima doanya orang-orang yang dengan tulus untuk berdoa.

      Hapus
  5. dan saya sampai saat ini masih merasa malu untuk berdoa apalagi meminta sebab masih belum manut sepenuhnya...di syukuri sajalah apa yang telah diberi..

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah...kelihatan klw baca judulnya tok...hahahah

      Hapus
    2. kena hukum karma kan... rasain

      Hapus
  6. insya Allah, Tetap yakin akan janji Tuhan bahwa 'Dia akan mengabulkan doa setiap hamba Nya'

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener banget mbak,yg jelas yakin akan kebesaranNya

      Hapus
  7. tak ada daya kekuatan kecuali milik Alloh semata. manusia hanyalah makhuk mungil di jagad raya ini...

    kala kesulitan datang melanda, pada yang Maha Kaya lah kita minta solusinya, Dia yang Maha Baik, Maha Keren dan Maha Mengerti keadaan kita...apapun bahasa permohonan kita...

    alamat rumah saya di sini Mbak Ind:
    khusnaputri59.blogspot.com

    silakan datang, suguhannya air putih dan camilan sekedarnya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. udah kesana mbak, kok dikasih kopi? :d

      Hapus
    2. makasih...iya yah, salah menu...tapi ditambah bandrek sama mamang...

      Hapus
    3. boleh pastinya...suguhannya kopi sama bandrek Pak Agus

      Hapus
  8. saya tidak malu-malu berdoa kepada Allah SWT sob.
    Memang kita membutuhkan bantuan Tuhan, tapi Tuhan tidak membutuhkan bantuan kita sama sekali.

    BalasHapus
  9. Kembali diingatkan akan pentingnya untuk meminta kepada-Nya :D

    BalasHapus
  10. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  11. Do'a bisa merubah yang gak mungkin jadi Mungkin.. (p)
    terima kasih sudah mengingatkan mbak..
    #belum berhasil dapet pertamax ni :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. nongkrong disini terus klw pingin dpt pertama :d

      Hapus
  12. nice post mbak yang cantik. hehe

    BalasHapus
  13. insya allah, kalau berdoa nya dengan niatan tulus, doa yang baik, dan doa untuk kemajuan indonesia, dengan berdoa dengan bersungguh2, insya allah di kabulkan. dan jangan lupa doakan kedua orang tua kita dan keluarga. serta doakan pemimpin2 negeri ini, agar di bukakan pintu kebaikan nya dalam menjalankan pekerjaan yang halal biar indonesia bisa maju, kita sudah capek dengan keadaan negeri ini. salam damai dari calon pemimpin indonesia.

    BalasHapus
    Balasan
    1. merdekaa...!!!sambil menghilang #cling

      Hapus
    2. hohohoho... pilih nomor 3, dimas bagus nugroho, memberi bukti bukan janji agar indonesia semakin didepan #Mimpi

      Hapus
  14. bagaimana bisa kita berharap doa kita akan dikabulkan, bila untuk berdoa saja kita masih memilki rasa malu :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah..bener pak. yg penting yakin dan bersabar :d

      Hapus
    2. nanti malah jadi malu2in ya Mas..

      Hapus
  15. selalu menunggu updatean siraman rohani seperti ini b-(

    BalasHapus
    Balasan
    1. mudah2an selalu bisa memberikan yg terbaik :))

      Hapus
  16. pa dhe emang selalu jadi panutan mamang, dan de' Indah selalu jadi pacar mamang, jadi apa lagi coba...selain senyam senyum sambil garuk garuk idung yang mirip sadel sepeda ontel ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah...mamang jahat ;(

      Hapus
    2. Mamang memang top markotop deh...:P

      Hapus
    3. lho kok pada nganiaya ya....ntar mbak ind ngambeg loh

      Hapus
    4. nih pakdhe hadir menenangkan suasana.
      mamang saya tembak aja deh.. dorr!!

      Hapus
  17. kita harus meminta denga sungguh sungguh dah nggak boleh malu. karena dengan kesungguhan, insya allah, yang kuasa akan mengabulkannya..amin

    BalasHapus
  18. Mbak bro yang cantik, berdoa nggak harus selalu menggunakan bahasa arab, pake bahasa apapun tuhan pasti tau,

    yang penting niatnya memohon dengan sungguh, pake bahasa jawa halus juga boleh kok. sah sah saja.hehehe

    mbak bro ki piye to...

    BalasHapus
  19. Kadang perasaan malu itu suka ada deh, sis...maklumlah mungkin karena merasa blm sempurna kali ibadah ane ini.

    Soalnya kalu menta apa2 selalu banyak banget...tapi ibadah masih bolong2 ;-(

    BalasHapus
  20. Kalau saya mbak kerendahan hati dan sikap tulus adalah bagian penting saat kita ingin memanjatkan doa :)

    BalasHapus
  21. Kalau saya mba,doa formilnya pakai bahasa arab sesuai buku panduan,tetapi lebih banyak bahasa indonesianya saat setiap butuh sesuatu terutama saat dalam pergaulan. (p)

    BalasHapus
    Balasan
    1. klw udah biasa sih lbh bagus bahasa arab mas, tp klw yg masih belajar ya sah2 ajah kan?

      Hapus
  22. Yang penting berdoa dengan hati yang tulus, apapun yang kita ucapkan atau doakan... salam :)

    BalasHapus
  23. mau b.indo atau bhs arab, Allah pasti mengerti. dan kita meminta harus dengan sungguh2 penuh pengharapan:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul. makin pinter nih :))

      Hapus
    2. siapa dulu dong temennya

      Hapus
  24. Malunya bukan pada do'anya Mbak tetapi pada dosanya...hehehe...

    BalasHapus
  25. Betul dan kena banget nh.. terkadang kita suka gengsi untuk berdoa, padahal beroda itu kebanyakan kebaikannya adalah untuk diri kita sendiri..
    salam doa dan salam sejahtera .. amiiin.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. mksh kunjungannya mas. wah lama nih mas ramli ndak muncul

      Hapus
  26. terimakasih mbak ... kalau pake bahasa sunda bagai mana.... mamang bahasa Indonesianya juga belum paham bener

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya ndak papa mang, terserah mamang ajah. yg penting tulus dan yakin

      Hapus
  27. Alhamdulillah...kenapa harus malukan bila berdoa mohon pada Allah, seharusnya kita malu kalau kita mmohon pada selain dari Allah

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah....bener mbak. mksh supportnya

      Hapus
  28. subhanallah, tulisan mba indah sllu menginspirasi.. :)

    terkabulnya doa berbanding lurus dengan niat dan usaha.. (o)

    BalasHapus
    Balasan
    1. mas dhika rajin berkunjung pagi2 nih :d

      Hapus
  29. Saya yg nyantol kok kleponnya tok yah? :lol:

    Doa itu mmg intinya ibadah, keep sharing, mbak...

    BalasHapus
  30. Saya ndak pernah malu untuk berdoa, yang saya malu masih suka meminta banyak, menuntut banyak padahal sudah banyak juga yang diberi.. Ya Allah ya Rabb, manusia-manusia.

    Allah bersama prasangka hambanya toh? :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas, ternyata kita ndak merasa cukup. maunya kurang terus :))

      Hapus
  31. betul itu., (o)
    doa itu yang penting niatnya., (h)
    karena Allah SWT itu Al Rosyiid (Maha Pintar)., :).,

    BalasHapus
  32. sayalah orang yang kuat malu, apalagi pada ALLAH SWT karena saya yakin betapa baiknya DIA kepadaku, jadinya ngapain juga malu, kadang kalau sedang galau, saya berdo'anya sambil merengek rengek loh de' Ind.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sekarang malah berganti manggil Adek...tp saya tetep manggil mang Ubi Oye :))
      Biar terlihat jelas perbedaan umur di antara kita. saya masih imut dan mamang udah sepuh :d

      Hapus
    2. denger tuh. Indah aja tau kalau Kang Hadi tuh dah sepuh.. :))

      lain dengan saya, yang masih mudah belia..:-)

      Hapus
    3. kang KS..mudah belia dari honggggkoooong?!...hehehe

      Hapus
    4. Mang...tumben yah di Blog nya Pak Dhe sepi?
      Beliau kemana, sibuk yah?

      Hapus
    5. saya percaya kalau Pak Ci sudah sepuh, terlihat dari banyaknya ubi yang terjual...(?????)

      Hapus
    6. saya paling percaya mamang itu sudah sepuh. liat aja fotonya tuh. maksa banget biar keliatan muda kan..

      Hapus
  33. Betul.. betul.. betul.. kalau kita malu berdoa yaa.. nanti bisa tersesat di jalan hehehe.. btw, udah lama gak jalan2 ke kawanku yg centil satu ini.. hehehe :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. huh..kemana ajah mas? suroboyo kebanjiran tah? :d

      Hapus
  34. alhamdulillah ada klepon diatas meja :)
    iya mbak doa memang universal, saya jg gado2 doanya yang sholawat nabi jelas pakai bahasa arab yang ndak bisa bhs arab ya pake bahasa yang saya mengerti aja.
    dan insya Allah terkabul pastinya mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. harus gitu, meminta dengan apa yg kita mampu. DIA sudah tau apa yg kita inginkan. asal yakin dan patuh padaNya

      Hapus
    2. iya mbak yaqqqin se yaqqqin yaqiiinyaa

      Hapus
    3. yaqin wal daqin Pak Agus....

      Hapus
  35. saiia suka kisah si mamang yg makan klepon ini.. ketulusan dari hati kita yang akan menjawab tiap doa kita ;)

    Belajar Photoshop

    BalasHapus
  36. pak de pak de... Mbak indah suruh maen ke malang dong pak de... Biar aku bisa tau mbak indah yang sebenernya soalnya gak pernah narsis di blog pak de, jadi penasaran, masak PP blognya gambarnya kartun pak de.. Hehehe... Sssttt eh pak de pak de, jangan sampai kedengeran mbak indah loh. ....

    BalasHapus
  37. artikelnya bner2 smpel dan mnarik,, trim tas ilmunya sobit,,
    salammm :)

    BalasHapus
  38. bener mis jangna malu2 keluarkan saja semua unek2 yang ada dihati kita kepada Tuhan, dan hanya kepada-Nya tempat kita mengadu yang paling efisien.

    nice artikel mis

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener mas, lbh pengalaman mas juned nihklw masalah berdo'a :)

      Hapus
  39. alahkan indahnya kalau hidup dilingkungan yang indah yang didalamnya terdapat pakdhe dan mamang yang arif bijaksana.:)
    inspiring bgt mbak indah :)

    BalasHapus
  40. Sepakat mbak indah,,selalu berdoa di manapun dalam kondisi apapun, baik lagi bahagia maupun lagi nggak bahagia...ahh keren ya pak dhe dan mamangnya..gaul make acara gitar ku ikutan nyanyi dong
    Ya habib ya habib, kayfa hal...
    hahaha itu mah sholawat :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. klw mau gambusan nanti wae lah, malam jumat kesisi. ada acara gambusan :))

      Hapus
    2. yeahhh bukan gambusan mbak..tapi terbangan hehehe..biar bisa terbang gitu hihiihhia

      Hapus
    3. wkwkwkwk... ternyata Admin penyanyi gambus marhaban :))

      Hapus
    4. ternyata mas Ks suka gambusan juga toh. ckckckkc :))

      Hapus
  41. subhanaAllah.. ssetelah baca ini jadi tenagn mbak.. lebih merasa dekat sama Allah, dan mampu mengangkat keimanan

    BalasHapus
  42. setuju, doa adalah perisai bagi kita umat Tuhan, jangan lupa untuk selalu berdoa, karena itu komunikasi antara kita dan Tuhan, dan Tuhan melihat hati kita, tulusnya hati kita. jadi ya jangan malu untuk berdoa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. termasuk berdo'a minta dikasih jodoh ya..:-)

      Hapus
  43. jadi nggak boleh malu ya ketika berdoa dan meminta pada tuhan..:-?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener mas,yg penting yakin. pasti dikabulkan

      Hapus
  44. wah menurut saya kenapa mesti malu yang penting kita berdo'a dengan sungguh" dan menjalankan semua perintah dan larangannya niscaya Alloh akan mengabulkan,,,, benerkan mba Indah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener banget mas, yg penting yakin dan jgn meminta kepada selain tuhan. :)

      Hapus
  45. kalau saya kolaborasi pakai bahasa arab plus juga indonesia kalau berdoa sobat

    BalasHapus
  46. manteb2 nih postingnya.. kreatif (o)

    BalasHapus
  47. berdoa itu boleh dengan bahasa apa aja kok, Allah itu kan Maha Tahu...inspiratif...

    BalasHapus
    Balasan
    1. bahasa batin pun boleh tentunya...

      Hapus
    2. ah mas muroi cuma gitu ajah, mbok di tambahin postingan saya :d

      Hapus
  48. Setiap saya mampir ke blog ini, pasti hati saya jadi sejuk... (f)

    BalasHapus
  49. imajinatif Mbak Indah, tapi dibawakan dengan asyik dan santai. saya sampe melongo bacanya. top Mbak, approach baru dan bagus dari Mbak Indah tentang menulis yang indah.

    tapi, pakdhe dan mamang emang pernah dibikinin minum sama Mbak Indah? huhh

    BalasHapus
  50. betul mbak , Allah pasti mengerti perkataan semua makhluknya termasuk bahasanya

    BalasHapus
  51. Indah...artikelnya. Insyaallah doa kami...Indah.

    BalasHapus

PERINGATAN !!!
1. Dilarang Nyepam Disini
2. Dilarang Pipis Disini
3. Dilarang Teriak Disini
4. Dilarang apalagi yah...?

Emoticon Centil Disini
:))
:((
:D
:(
=))
b-(
:)
:P
:-o
:*
:-s
[-(
@-)
=d>
b-)
:-?
:->
X-(

Top