Artikel Berkualitas = Traffik Pengunjung Naik

|
Assalamu'alaikum.

Setelah seharian jaringan lelet bin lemot, kali ini saya ingin curhat kepada anda untuk menaikkan traffik pengunjung.  bantuin yah..?

Postingan kali ini merupakan postingan saya yang ke 100, dan kebetulan awal bulan ini tepatnya 2 April 2013 merupakan bulan yang ke 3 dimana saya menekuni dunia Blogging. Sudah banyak manfaat yang sudah saya peroleh, khususnya ilmu "perbloggeran". Meski tidak semua teknik blogging saya pelajari, tapi saya sudah sedikit merasakan puas dengan hasil yang sudah saya capai.

Namun selama saya mempelajari beberapa teknik Blogging, ternyata ada 1 yang masih menjadikan teka-teki buat saya. Apa itu ? tidak lain adalah "Traffik Pengunjung:". Beberapa metode dan tips yang dimuat oleh beberapa Blog yang menyuguhkan "Tutorial Blogging" sudah saya terapkan. Bahkan dengan "Strategi Gerilya" pun sudah saya lakukan, dari komen ke Blog satu ke Blog lainnya juga sudah. Masih kurang apa lagi coba...???

Tapi yang saya lakukan semua itu tidak membuat saya puas, traffik pengunjung Blog ini masih merayap bak keong racun. Pengunjung Blog ini sepertinya susah banget untuk merangkak naik, bahkan cenderung menurun dan terus menurun. Setiap hari tidak lebih dari 180 views, yah memang seperti itu kenyataannya..

Apa mungkin beberapa artikel saya tidak bermutu? Sehingga pengunjung ogah masuk ke  Blog Catatan Kecilku ini. Mungkin juga sih.....dan ini baru saya sadari. Memang menurut beberapa Maestro Blogger salah satunya adalah artikel harus bermanfaat alias berkualitas. memang saya akui, dari beberapa artikel yang saya posting hanyalah sebuah candaan dan bisa dibilang kurang berkualitas. Nah dari sinilah saya akan membuang sifat jelek ini, dan saya ingin menjadikan Blog ini sebuah Blog yang selalu "Dilirik" oleh semua Blogger dunia. hahaha (ngacau...mulai deh)

Jadi menurut saya, kesimpulannya adalah "Artikel Berkualitas = Traffik Pengunjung Naik". Saya sering menjumpai Blog dengan PR 0 dengan views 1000 lebih per hari, sedangkan yang ber PR 3 dengan views 700 per hari. Nah, ini yang menguatkan saya mempunyai asumsi jika Blog ber PR tinggi bukanlah jaminan untuk memperoleh pengunjung banyak.


Backlink here..

103 komentar:

  1. kalau zie sendiri mengalir aja deh, yang penting semangat menulis menulis dan berbaginya, dan belajar selalu menyisipkan pesan pada setiap postingan :)

    lebih mudah menulis apa yang kita ingin tuliskan daripada menulis apa yang ingin orang lain baca, sebab permintaan dalam artian keingin orang lain selalu beragam.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau menurut zie postinganmu sudah banyak yang bermanfaat dan berkualitas, dibanding lakaran minda yang kebanyakan cuma tulisan fiksi cerpen dsb. Sebab kalau dilihat-lihat orang lebih nyaman membaca cerita sehari-hari atau artikel yang memiliki pesan-pesan yang lebih mudah ditangkap dibanding harus membaca cerita fiksi. Nggak semua orang mau berlama-lama membaca cerpen kan? so ayo jangan mau kalah tetap semangat meneruskan fungsi blog ini menjadi lebih baik lagi, insya allah peminatnya akan menyusul nanti.

      Hapus
    2. Jujur saya masih "galau" ttg artikel yg saya muat. hehehe

      Hapus
  2. Memang begitu mbak ... artikel lah yang mendatangkan visitor. Saya kagum dengan frekuensi postingan mbak.. di posting yang ke 100 saja, Alexa sdh demikian ramping.. lah punya saya, posting sudah lebih dari 100, masih saja ratusan ribu... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya tiap pagi lari2 ke blog tetangga, biar ramping. :))

      Hapus
    2. saya juga kagum.
      kagum atas ngocolnya di blog orang. giliran di blog sendiri, kalem.

      Hapus
    3. iya tuh, kang zach... adminnya punya kepribadian ganda kali :-)

      Hapus
    4. Pak dhe dan Mas Budy: ini trik ber blogging ria ala indah loh :d

      Hapus
  3. bermutu banget mbak artikel2nya mbak indah, jempol deeeh pokoknya (o)

    kalo untuk urusan traffic dan page rank, saya 1 suara sama bang uzay, mengalir saja, menuliskan apa2 yg ingin saya tulis :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha....ini pasti bukan mbak dini yg komen. jgn2 suaminya nih? :))
      tumben bener komentarnya :d

      Hapus
    2. nah ...klw ini asli mbak indah. saya jamin keasliannya :d

      Hapus
  4. iya sih mbak ... kalo di liat2 artikel atau tukisan sangat penting bagi traffict itu terlepas dari black hat ... hmm hmm hmm .... visitornya sama mbak sama aku kurang dari 200

    BalasHapus
    Balasan
    1. kok bisa yah? padahal udah 3 bulan. masih sepiiii ajah kek kuburan. hahahah

      Hapus
    2. eeehhhm.. ehhhmmm.. bukannnya mau sombong visitor nih.... punyaku ya masih sepi kok.. hanya 700-an

      #menang.. menang..

      Hapus
    3. Mas Budy: mbok ajarin saya toh, jgn pelit ilmu. Huh :-t

      Hapus
  5. aku setuja sama zie... soalnya blog buatku adalah sampah pemikiran, tempat curhat dan beberapa catatan yang ga penting :-( :((

    tapi aku ga ngejar pr atau views sih, yang penting ASIK AJAH! hehehe :D

    btw mbak indah ini hebat, msh 3bln blognya uda rame, emg uda diniatin terjun bebas menggeluti blog mungkin yah.. kalo aku sih uda 4 taun.. huahahaha... dari awalnya coba2, liat aja postinganku yg jaman2 dulu pada ngaco semua isinya, tak apalah yg penting hasil karya sendiri dan tak kopas.. hoho..

    oia mbak, link utk pasang emot genit :d di postingan nanti aja yak kl uda ol pake lepi, soalnya ini cm bewe pake hape.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. awalnnya saya juga buat asik2an ajah loh, tp klw sekedar cuma utk seneng2 kok nanggung. sekalian nyebur sekali :d

      Hapus
  6. Weleh-weleh.. sekarang udah ganti profesi menjadi seorang master SEO.. top markotop.. kalau blogku sih yaa saya biarkan apa adanya seperti air yang mengalir aja.. hehehehe

    BalasHapus
  7. wah hebat mbak postingan ke 100 pr udah 3 alexa rank bisa ramping kayak gitu, itu udah membuktikan konten mbak emang top :D (h)

    BalasHapus
  8. saya akui sobat memang hebatlah kalo soal membuat artikel ariginal dan berkualitas..

    kalau saya cuma bisa coret coret aja sob, hehehe

    BalasHapus
  9. wah saya temenin mba lari"nya biar blog saya cpt naiknya hehehe tetep semangat yah walaupun saya cm iseng dan hobi j di blogging :)

    BalasHapus
  10. wah hebat mbak postingan udah 100 pr nya udah 3... kalau mang ndakpunya pr .... yang penting mang bisa berkunjung kesini saja udah seneng.... kalau mau naikin pengunjung mungkin harus bagi - bagi kaos heheeh

    BalasHapus
    Balasan
    1. lama2 mang yono pasti kek saya, pingin blog yg keren:))

      Hapus
    2. sama Mang saya juga belum PR padahal ngeblog sudah cukup lama,tapi biarlah yng penting punya blog hehehe,,,

      Hapus
    3. memang sih mbak... tapi mang belum tau paham trik blog hehe...

      kang dede... hehe ya daripada di fb jenuh jadi jempoler.. mendingan buka lapak blog hehe


      Hapus
  11. alhamdulillah sudah 100, kalau postingan saya insya Allah besok baru 100. hehe
    sekarang masih 99 seperti asmaul husna.

    BalasHapus
  12. PR 3 dan alexa 80.., itu menandakan blog ini berkualitas..tas...tas...! *smile

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya ndak lah mas, ini juga masih binung :-s

      Hapus
  13. mungkin satu lagi, keyword juga sangat menentukan, soalnya banyak juga sih artikel yang bagus tapi kalah di google SERP, jadi nyungsep artikelnya ga ada yang ngelirik :-d

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klw keyword udah mas. bbrp artikel blog ini sudah menempati halaman pertama google :d

      Hapus
    2. keyword blog ini udah oke, mas Muro.... orangnya yg nggak oke :d

      Hapus
    3. hahah...awas ya mas budy. tak obrak abrik ntar :))

      Hapus
  14. keren artikel nya sobat , blognya sobat indah peringkat 80.223, saya masih 192.119, itupun suka turun naik tiap hari nya,apa sih resepnya biar 80 ribu pringkatnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. suka BW dan berkomentar. itu ajah resepnya.
      Asal jgn salah minum jamu singset :d

      Hapus
  15. nggak tau saya, babar blas malah, soal traffic. paling taunya traffic jam. sesekali traffic jump.
    yang penting asik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya taunya basejam bang dari bogor dulu

      Hapus
    2. Awalnya saya cuma asal2an aja pak dhe, tp berhubung rasa ingin tau ini besar ya sekalian nyebur. Biar basah sekali... :d

      Hapus
    3. Betul bang zachflazz, mau dpat PR dr google atau PR dri Guru mau naik trafik atau tdk, nggk prduli yg penting asyik dlm dunia blogging

      Hapus
  16. huh sekarang komentar disini nggak asik.... tuh diatas ada peraturannya...

    1.Silahkan berkomentar sesuai dengan isi Artikel.
    2.Dilarang Spam,Teriak,Pipis dan Kentut disini.

    lagian adminnya suka pamer PR3... sekali lagi huh!!

    #sruput kopi anget (c)

    BalasHapus
  17. yang penting tetap konsisten sama tulisan yang original dari mbak pasti nanti merangkak naik mbak... blog saya aja pengunjungnya juga minim masih 700an tiap hari...xixixi jadi malu saya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. wahhh....700 itu dah keren kang. ajarin dong :(

      Hapus
  18. Biasanya rata-rata artikel yang mendapat traffik pengunjung yang ramai adalah artikel yang berkualitas yang umumnya banyak dicari dan memang lagi dibutuhkan.Maka dari itu biasanya blog seperti itu yang banyak mendapat pageviewsnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. pingin sih posting artikel yg berkualitas

      Hapus
  19. Google suka dengan blog yang sering diupdate Ndah. Saya lihat blogmu sih kunjungannya sudah OKE. Baru ngeblog 3 bulan aja sudah Aduhai pengunjungnya ... :d

    BalasHapus
    Balasan
    1. tp byk jg yg update terus tp juga sepi. berarti kualitas artikelnya toh?

      Hapus
  20. iyah... 3 bulan 100 postingan... keren

    BalasHapus
  21. Artikel saya masih sedikit, pantesan visitornya sedikit juga., :D terimakasih sharenya kak bermanfaat ^

    BalasHapus
    Balasan
    1. klw bisa artikelnya keren ..jgn kek punya saya. :d

      Hapus
  22. wah hebat mba Indah ini, 3 bulan sudah memiliki traffic blog yg tinggi dengan 100 artikel, saya boro-boro, wkk
    artikelnya juga menarik dan bermanfaat kok mba, menambah wawasan, terima kasih

    BalasHapus
  23. saya masih bingung dengan fakta bahwa PR tinggi gak msti pengunjungnya banyak.. hadeh.. :-?

    BalasHapus
    Balasan
    1. fakta itu memang betul. Analias saya blog yg ramai pengunung meski tidak ada PR:
      1. Blog dgn konten XXX
      2. Blog dgn konten Software,Lagu,Artis,Puisi dan download gratisnya
      3. Blog dgn konten Tutorial Blogging

      tapi semua kriteria di atas tergantung pada umur blog juga sih

      Hapus
  24. Kalau menurut sy si, banyak pengunjung atau tdk yg pnting Blogging jln trus dan mau dapat PR berapa dri Google atau PR dari Guru yg pnting kita bisa senang dlm dunia blogging alias hobi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama mas, sy pun jg menyalurkan hobi. Tapi sekalian memperdalam ilmu blog nya. heee

      Hapus
  25. Mungkin saya tidak terlalu faham karena aku jarang detil untuk masalah ngeblog... mungkin yang perlu dicoba adalah analisys keyword pada setiap postingan... saya juga lg trial masalah keyword di beberapa blog trial saya dan memang sangat berpengaruh pada page views, blog dengan contain andalan dan keyword high traffict pasti mendatangkan PV yang banyak... bagaimanapun blog hrs punya spesifik keyword dan contain andalan.... mungkin juga sih.. maaf aq juga masih belajar hehehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. jgn lupa mas, selain artikel...judul juga loh :d

      Hapus
  26. Ternyata gampang-gampang susah yah,kalau saya mah asal posting saja terasa sudah cukup,namun setelah baca comment para master di blognya mbak Indah jadi kepengen niru geetoo,,,
    bisa nggak eayahh,,,??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya harus bisa toh, ini persis sama resep kalau bikin sayur bening mas. :))
      Masa ndak bisa sihhhh...uh

      Hapus
  27. hmmm,,,melihat trafik blog ini sdah hampir 200 an visitor,terus yg saya kagum,baru 3 bulan tapi PR nya sdah 3,terus sy lihat di banner SEO yg di pasang di blog ini 95%
    komentar gk kurang dari 10 komentator,,sy rasa dlm 3 bulan sdh cukup bagus di bandingkan blog saya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ah mas harry berlebihan nih, yang bener dong :))

      Hapus
  28. Salam super mba indah,usia blog baru 3 bulan ,PR 3,Alexa rank 80 ribu,artikel 100 original,menurut saya sudah fantastik dan kreatif.
    Menurut primbon memang benar untuk meningkatkan traffic dengan memberikan suguhan artikel yang berkualitas yang sekiranya dibutuhkan oleh semua orang walaupun bukan blogger.
    Misalkan artikel cara kaya dalam sehari tanpa bekerja keras,itu bisa jadi banyak yang memburunya mba indah.
    Selamat dan sukses cheer

    BalasHapus
    Balasan
    1. ok deh mas,,,suatu saat saya terapkan tips tersebut. judulnya : Kaya tanpa Kerja" :d pasti laris manis

      Hapus
  29. Balasan
    1. ok mas...tenang ajah. apalagi setiap postingan mas pacul selalu memberikan komentar terbaiknya. :>)

      Hapus
  30. memang yang ber-pr tinggi belum tentu trafiknya tinggi, jadi tinggal pilih saja ngeblog ingin trafik tinggi atau pr tinggi. Kedua-duanya hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahah...dijawab duluan. ah .... curang banget =))

      Hapus
  31. sebenarnya yang traffic tinggi itu kebanyak blog2 yang seo gitu mbak. yang tutorialnya. kalau kayak kita2 ini yang blogger personal, senjatanya ya blogwalking..hehe

    tapi bagusnya bikin beberapa postingan yg mengundang traffic dari google mbk yang kira2 banyak dicari orang. itu bisa membantu naikin traffic kayaknya :-d

    BalasHapus
  32. cara ngeliat peringkat blog gmana ya mbak? Aku udah setahun ngeblog tp ga tau. Hahaha

    mantap nih mbak indah, bru 3 bulan postinganx udah 100. Aku udah sthun, tp msh 42 (dikit bnget ye). Jdi malu sma smangat nulisnya mbk indah.. Ttp smangat nulis ya mbak ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya tentu saja jeng indah bisa sampai 100 postingan, mbak nina. lha wong isi postingannya curhatan hati semua.

      #saya pamit kabur dulu ya, mbak. sebelum dibalang panci ama yg punya blog

      Hapus
  33. Salam kenal sob...
    kunjungan pagi hari...
    hehe,,,,

    BalasHapus
  34. bener bgd kak. artikel yang berkualitas sangat memperngaruhi visitor, pagerank juga bukan segala-galanya.. mending punya fans banyak dari pada pagerank tinggi. hehe..
    salut deh sama blog ini, komentnya selalu banyak n ramai...

    btw saya minta koment ke artikel saya yang satu ini ya mba..
    http://www.rieztoshare.com/2013/04/tunjukan-desamu-pada-dunia-dengan-desaid_2.html

    maakasih banyak sebelumnya :)

    BalasHapus
  35. contohnya seperti di blog ini selalu berkualitas artikelnya b-(

    BalasHapus
  36. maaf mba baru bisa mampir... permaslahannya agar trafik pengunjung naik, mba buat kontetn yang banyak orang nyari dan di beri judul unik dari yang lain, plus di tambah judul berbau over dosis... misalkan "tips membangun rumah murah meriah" kata meriah kan agak lebay hehhe.. maaf kalao kata2 saya membuat mba indah tersinggung.. (p)

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah itu dia mas....persis spt yg dikatakan mas Fani. bikin judul yg super heboh. tp masih belum ada ide yg jitu. heheheh

      Hapus
  37. Wah PR3 masih ingin trafik tinggi? T.o.p.b.g.t.

    1. Apakah setiap artikel baik akan dibaca?
    2. Apakah pagespeed-nya sama dengan 90?
    3. Seberapa sering submit ke mesin pencari?
    4. Seberapa sering me-review atau berkomentar blog sahabat?
    5. Apakah keyword termasuk dalam ceruk?
    6. Sudah memaksimalkan fungsi atom dan rss?
    7. Sudah bergabung google webmaster tool?
    8. Sebarapa lama pengunjung betah di blog?

    Hanya mbak Indah dan sahabat blogger yang bisa menjawabnya.

    Wadoooh serius banget... Woles...

    :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. wohh....top banget pencerahannya. mksh ya mas? :)

      Hapus
  38. Nais inpoh.. kalau soal traffic,, blog saya kalau jauh nih sama blog ini.. hihihih.. :((

    BalasHapus
  39. Sya suka itu paragraf yg terakhir, sesuai kenyataan bgt :D

    BalasHapus
  40. wah keren blog ini pengunjung sudah sampai angka 700 (h)

    kalau blog saya yg nemanya werkudara blog pengunjung hanya 400 sampai 500 doang kapa bisa mencapai angka 1000 ato 2000 :((

    BalasHapus
  41. saya jga sama mbak..bermacam tutor meningkatkan traffik sudah saya coba. Submit artikel kesana sini. Tpi traffiknya msh sdikit..jika ingin mengetahui real traffic dan PV, coba liat di google analistyc. Klo counter histast msh bisa dimanipulasi.

    BalasHapus
  42. Benar sekali mbak, anaa punya tips tambahan juga dan ini terasa manjur, blogwalking lbh srg dan meninggalkan jejak pada blog atau postingan yg setema/topik dengan blog kita :)

    BalasHapus
  43. iya bener juga sih memang blog yg mempunya PR bagus belum tentu view yg tinggi, karena banyaknya view tergantung beberapa faktor salah satunya berkaitan dengan isi dan optimisasi artikel yang berkualitas serta optimisasi ke search engine terutama google webmaster+analytics.
    tetap semangat mbak, semoga kunjungan diblog ini lebih tinggi dan sukses selalu buat "sweet-myheart catatan kecilku"....hahay (o)
    regards,
    SalamuN RespectoR

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wow...ternyata pakar SEO yah? keren mas

      Hapus
    2. nggak juga kok mbak,,saya terbilang masih pemula dalam hal Seo.. :>) hehe

      Hapus
  44. belum tentu juga. mungkin promosi adl cara yg paling manjur untuk menngkatkan trafik pengunjung. dan salah satu cara promosi adl blogwalking.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini sudah saya terapin sama blog saya yg satunya. tapi hasilnya kurang memuaskan

      Hapus
  45. iya Mbak setuju na sama komen komen diatas, saya aja kalau posting kadang masih geje..hihi

    BalasHapus

PERINGATAN !!!
1. Dilarang Nyepam Disini
2. Dilarang Pipis Disini
3. Dilarang Teriak Disini
4. Dilarang apalagi yah...?

Emoticon Centil Disini
:))
:((
:D
:(
=))
b-(
:)
:P
:-o
:*
:-s
[-(
@-)
=d>
b-)
:-?
:->
X-(

Top