Tips Untuk Remaja Putri

|
Bismillahirrahmanirrahim.

" Nduk ojo metu bengi, ora apik gawe cah wadon " (Nduk jangan keluar malam hari, tidak bagus untuk anak perempuan) sebuah petuah dari nenek sewaktu saya kecil. Dia sangat menyayangiku meski saya sedikit bawel, heheheh dan ketika saya besar baru menyadari hal itu jika petuah tersebut sangat bermanfaat untuk saya. Mungkin untuk jaman sekarang petuah tersebut kurang disukai khususnya untuk anak remaja saat ini.

Jaman sudah berubah .... ? banyak sekali orang yang beranggapan seperti itu, namun saya pribadi mempunyai pandangan lain. Kenapa..?  lihat alam semesta dan seluruh bumi yang kita pijak. Apa ada yang berubah secara frontal ? tidak kan, justru yang membuat perubahan adalah manusianya itu sendiri. Tradisi dan budaya kitalah yang menciptakan.

Disamping itu keluarga juga sangat penting, keluarga sebagai unit sosial terkecil dalam masyarakat mempunyai peranan yang sangat  besar  dalam  mempengaruhi kehidupan  dan  perilaku  anak  remaja. Kedudukan  dan  fungsi  keluarga  dalam kehidupan  manusia  bersifat  fundamental karena pada hakekatnya keluarga merupakan wadah  pembentukan  watak  dan  akhlak. Tempat  perkembangan  awal  seorang  anak
sejak dilahirkan sampai proses pertumbuhan dan perkembangannya baik jasmani maupun rohani  adalah  lingkungan  keluarga,  oleh karena itu di dalam keluargalah dimulainya pembinaan  nilai-nilai  akhlak  karimah
ditanamkan  bagi  semua  anggota  keluarga termasuk  terhadap  remaja.

Masa  remaja (terutama  masa  remaja  awal)  merupakan satu  fase  perkembangan  manusia  yang memiliki  arti  penting  bagi  kehidupan selanjutnya, karena kualitas kemanusiaannya di masa tua banyak ditentukan oleh caranya menata dan membawa dirinya dimasa muda. Perubahan  yang  dialami  pada  masa  ini terjadi  secara  kodrati  dan  para  ahli menyebutnya  sebagai  masa  transisi (peralihan).  Masa  peralihan  yang  terjadi pada remaja sangat membingungkan, dalam masa peralihan ini remaja sedang mencari identitasnya. Dalam proses perkembangannya, masa ini senantiasa diwarnai oleh konflik-konflik internal, cita-cita yang melambung, emosi  yang  tidak  stabil  serta  mudah tersinggung.

Oleh  karena  itu  remaja membutuhkan bimbingan dan bantuan dari orang-orang terdekat  seperti  orang tuanya. Peran  dan  tanggungjawab  orang  tua mendidik  anak  remaja  dalam  keluarga sangat  dominan  sebab  di  tangan  orang tuanyalah baik dan buruknya akhlak remaja. Pendidikan  dan  pembinaan  akhlak
merupakan  hal  paling  penting  dan  sangat mendesak  untuk  dilakukan  dalam  rangka menjaga  stabilitas  hidup.

Untuk itu berikut sedikit tips dari saya untuk para remaja yang menginginkan akhlakul karimah.
  1. Berusahalah semaksimal mungkin untuk melaksanakan kewajiban sholat 5 waktu 
  2. Usahakan berpuasa sunnah untuk menahan hawa nafsu
  3. Baca Al Quran meskipun 1-2 ayat dan pahami makna yang terkandung di dalamnya
  4. Usahakan menjauhi maksiat
  5. Berilah batas waktu jika kita hendak keluar rumah
  6. Jangan berpakain minim dan usahakan berbusana muslim... dll
Dalam  ajaran agama  Islam  masalah  akhlak  mendapat perhatian  yang  sangat  besar  sebagaimana
sabda  Nabi  ”Sempurnanya  iman  seorang mukmin  adalah  mempunyai  akhlak  yang bagus”. Dan dalam riwayat lain dikatakan ”Sesungguhnya yang dicintai olehku (Nabi Muhammad  SAW)  adalah  mereka  yang mempunyai akhlak yang bagus”.



Semoga bermanfaat.



Backlink here..

103 komentar:

  1. pertamax perlu diamankan

    saya akan berusa untuk menjalankan tips tersebut Mbak
    mudah mudahan bisa terlaksana
    terima kasih banyak sudah berbagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. tumben dapat pertamax nih ...hadiah bisa di ambil di panitia berupa seperangkat alat masak dibayar TUNAI !!! :d

      Hapus
    2. sebenarnya dari dulu saya mau pertamax tapi kasihan yg lain...hehe

      Hapus
    3. makanya nungguin di sini terus, pasti dpt petromax :d

      Hapus
  2. wah mantap sangat... tapi saya jarang ketemu anak - anak saya... tapi bukan bang toyib...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hohoho ...bang toyyib bukan lah trus sapa?
      Apa mang Toyyib kah :d

      Hapus
    2. hehehe.... mang yono, mbak hehe

      Hapus
    3. pertama lihat mang yono kirain orang nya serem dan ndak bisa di ajak becanda, ehh ternyata lucu juga. :d

      Hapus
  3. saya baca sampe tuntas loh, ngga cuman judulnya doang..beneran suwerdeh!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang benerrr.... apa bener banget?

      Hapus
    2. saya cuma baca judulnya aja, kang. soalnya begitu baca isinya langsung nggliyeng @-)

      Hapus
    3. Semua udah bener ...jgn terlalu dipikir. yg penting bisa komen2 disini =))

      Hapus
    4. mas , iya bacanya harus sambil diresapi.....betul kata mbak..

      Hapus
    5. iya mas, apalagi sambil minum es kelapa muda. makin meresap =))

      Hapus
    6. usul ah...m'ba indah, poto profilnya ganti dong, jangan itemlestreng aku jadi ngga bisa liat apa2nya saking itemnya...ganti y..pliscuplis

      Hapus
    7. ach... gak percaya ach kalau dibaca sampai abis.. xixixix..

      Hapus
  4. makasih mbak udah share, bisa buat bekal kelak kalo saya udah punya anak putri :)
    hehehe,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih juga atas kunjungannya :)

      Hapus
    2. kebetulan saya juga punya anak putri mba...masih balita :)

      Hapus
    3. wah..selamat ya mas. mudah2an jd anak yg sholehah. Amin :)

      Hapus
    4. anak'nya cowok semua ya mas.. hehehe

      Hapus
  5. Terimaksih tipsnya sobat sangat bermanfaat

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih udah berkunjung

      Hapus
  6. karena saya ada warnet dirumah yg notabene sering dikunjungi para remaja ato ABG cowok dan cewek, saya ada kesempatan utk sering berinteraksi dengan mereka. dari hasil interaksi tersebut saya ada sebuah kesimpulan yg benar2 membuat saya terkejut (ya semoga saja kesimpulan saya ini salah).... yaitu remaja cewek jaman sekarang lebih sulit diatur dan 'dituturi' daripada remaja cowok. saya juga banyak mendengar 'curhatan' beberapa ibu2 ttg anak gadis mereka...
    ya sekali lagi saya berharap semoga kesimpilan saya ini salah [-(

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebetulnya klw di lingkungan yg lebih luas cewek atau cowok sama saja. pikiran mereka sudah terlalu modern dan sangat kritis. bahkan di tempat saya belajar kerja anak laki dan perempuan sama2 ndablek mas [-(

      Hapus
    2. sebagai wanita dan termasuk remaja *jiahh* saya no comment, yg penting bisa jaga :) .

      Hapus
    3. Miz Tia tersungging nih kayak'nya.. wuakakakakak..

      Hapus
  7. Alhamdulillah, Semoga bisa menjadi pencerahan buat semuanya.
    Btw, Selaku ayah dari seorang cewek walaupun baru berumur 1.3 tahun, Insyaallah saya berusaha sesuai tuntunan Alqur-an Dan Hadist dan sedikit mengutip Fiman Allah Swt " Jagalah dirimu dan keluargamu dari api neraka".
    Insyaallah, jika semua kepala keluarga bisa mengamalkan dengan baik dan benar, Indonesia akan jadi negara yang Makmur, aman, damai dan superpower. hehehe :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komennya lengkap banget nih, sebuah pencerahan dari medan :d

      Hapus
  8. wah thank's infonya.. terus semangat untuk berbagi yang bermanfaat untuk semua (h)

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih supportnya yah?

      Hapus
  9. izin bookmark tips nya ya miss Indah, good share, terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan. terima kasih juga supportnya

      Hapus
  10. bermanfaat nih bagi para wanita :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebetulnya utk pria jg bisa di terapin, asal jgn pakai jilbab ajah :d

      Hapus
  11. kalo sholat gak ngaji hamba hatiku :) .
    dapat menjaga diri dan kehormatan keluarga itu maksutnya (menutup aurt dan batasan keluar) . insyaALLAH semoga kami dan keluarga selalu dalam lindunganNYA :) .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin. ngomong2 kok tumben nih ? :d

      Hapus
    2. Bener tuh... tumben non Tia ngomongnya bener... :)

      Hapus
  12. wah bermanfaat nih,,,ijin BM mba sp tau nanti punya anak cewe bisa sy terapkan...makasih tipsnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan mas, mksh supportnya yah?

      Hapus
  13. Yang penting kalau pacaran jangan di tempat gelap-gelap.. bisa bisa isi duluan.. kan jadi berabe.. :-d

    BalasHapus
  14. Bagi remaja putri tentunya ini perlu dibaca dan perhatikan karena memang berhubungan dengan masa depannya.Seep pencerahannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul mas, tahu ndiri kan gmn anak2 jaman sekarang :d

      Hapus
  15. Penuh makna,Tipsnya luarbiasa dan wajib di contoh,ditiru,terahir dijalakan,Terimakasih kepada mbak Indah untu postnya,salam succes selalu,,,,,,


    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih mas atas supportnya :)

      Hapus
  16. Bagi remaja putra mana mbak indah :>)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sementara sy prioritaskan utk cewek dulu, coz klw cowok sy masih blm punya bahan utk posting :>)

      Hapus
  17. Tambahin lagi tips buat auratnya kak, soalnya udah pada ga ngejaga auratnya akhwat zaman sekarang tuh.., hhe :D, ngomong-nogomong follow ke 154 sukses kak, ditunggu follbacknya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Insya Allah di lain kesempatan masalah seputar aurat . mksh supportnya :)

      Hapus
  18. saya sangat setuju dengan pendapatnya mba Indah, Peran dan tanggungjawab orang tua mendidik anak remaja dalam keluarga sangat dominan sebab di tangan orang tuanyalah baik dan buruknya akhlak remaja .. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali mas, orang tualah yg pertama kali mencetak akhlak buah hatinya. mksh supportnya

      Hapus
  19. Sampai kapan pun peranan orang tua sangatlah penting maka dari itu sangat lah penting bagi orang tua untuk menjaga sikap/tingkah laku/,bagaimana mungkin orang tua akan mendidik seorang anak jika dia sendiri tidak pernah/jarang melakukan seperti yang dia perintahkan (sholat 5 waktu )seperti pepatah lama Buah Jatuh takkan jauh dari dahan nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. sip mas, pepatah sarat akan makna yg dalam :)

      Hapus
  20. cap jempol Mbak..
    keren postingannya.
    tuh kan, selalu serius saat menjadi tuan rumah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kok cap jempol, ndak bisa tanda tangan yah :>)

      Hapus
    2. teken....tanda tangan tempo doeloe :d

      Hapus
    3. Apa mas Reo termasuk orang tempo dulu ?

      Hapus
  21. namun sebenernya petuah itu lebih bagus untuk jaman sekarang sob, lihat aja sekarang bayak teknology untuk berkomunikasi dengan dunia luar.

    coba jaman dulu, udah nggak boleh kluar rumah, nggak bisa berkomunikasi dengan teman teman lagi. padahal jaman dulu belum begitu berbahaya kalau kluar malam.

    sekarang ini yang sangat berbahaya kluar malam buat perempuan terutama remaja putri yang masih abg.

    BalasHapus
    Balasan
    1. makanya mas, masnady jgn kluyuran tengah malam. ntar bahaya loh :>)

      Hapus
    2. loh....emangnya masnady ?
      :d

      Hapus
  22. wah kalau kebanyakan remaja putri mengikuti tips yang di berikan mbaknya, alangkah indahnya dunia ini. mank banteng yang paling oke buat menghadapi perkembangan jaman yang gila adalah iman yang kuat ya mbak, jadi keinget ucapan abah, kalau mobil sok nya kuat,walaupun lewat jalan yang berlubang, dan gronjalanya luar biasa, tapi yang di dalam mobil masih bisa tertidur(terasa nyaman).

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah itu betul banget mas, ternyata orang tua jaman dulu hebat yah ? :d

      Hapus
  23. Bagus sekali artikelnya Mbak....Semoga artikel ini bisa menyadari remaja purti lainnya apabila berkunjung dan membacanya.

    Salam....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin, mudah2an mas. mksh supportnya

      Hapus
  24. itu semua tergantun diri sendiri :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. yup setul banget, namun jgn lupa yg mencetak akhlak pertama kali adalah org tua kita. lantas kita bisa menjalankan apa tidak :)

      Hapus
  25. Nice posting mbak...perlu lebih banyak lagi tutorial yang disertai pengalaman religi yang bisa membuka mata hati kita semua bahwa hidup tidak sekedar menyelesaikan masalah.. tetapi hidup untuk dijalani dan diperlakukan lebih bijak... kita juga miris dengan perilaku remaja kita sekarang yang sangat memprihatinkan, sebagai ortu kita terlalu asik untuk mengejar materi dan lupa bahwa putra-putri kita butuh kasih sayang dan perhatian serta sentuhan religi yang akan membuatnya bisa menjadi generasi penerus bangsa yang bisa diandalkan... waduh kepanjangen komennya hihihihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. nice comment .... mantap mas. :)

      Hapus
  26. kebetulan saya adalah Remaja Putra..
    salam minggu pagi.. minggu indah sehat dan sukses.. :)

    BalasHapus
  27. Selamat berakhir pekan ... yang pasti ini sangat bermanfaat dan mudah2n para remaja terhindar dari godaan syetan .. amienn

    BalasHapus
  28. kunjungan perdana,, salam kenal mbak,, blog ny bagus banget,,
    jangan lupa mampir,, sukses selalu mbak,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal jg, mksh kunjungannya

      Hapus
  29. Sekarang berpakaian minim menjadi budaya, celana hanya sepaha bahkan ada yang lebih pendek lagi. Gimana tidak mengundang sifat kelakian yang memandangnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. klw lihat yg kyk gitu ya merem ajah mas, jgn di pelototin =))

      Hapus
  30. Artikel yang sangat keren,,, banyak yang bilang lebih enak menjaga kebo 10 ekor dibanding menjaga seorang anak putri krn susah mengaturnya kearah yg benar :d

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener juga yah, tp itu yg 10 ekor kebo punya sapa sih ? :d

      Hapus
  31. tips yang sangat bermanfaat mba... :)
    sukses slalu

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih juga tas kunjungannya :)

      Hapus
  32. nasehat buat ibuk2 ada gak? *ngublek2 artikel*

    #ngerasa uda jadi emak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah ....ternyata Udah Emak emak yah? kirain masih gadis spt saya :d

      Hapus
  33. Met sore mbak Indah,

    Pesan nenek ada benarnya, jika memang penting banget urusannya bisa ajak kakak atau adik untuk jalan keluar bersama agar selamat sampai tujuan.

    BalasHapus
  34. ini ponit banget....koh
    tutoriar kusus buat remaja putri.
    untung aku remaja putra :p

    BalasHapus

  35. karena saya bukan remaja putri,...
    jdi,nyimak aja deh mbak,,,
    hhe....

    BalasHapus
  36. kira-kira yang jomblo masih banyak ga ya remaja putri yang hidupnya kayak tips diatas? saya jd kepengen 1 org buat dilamar... Hhahaha

    BalasHapus
  37. Gak tau musti ngomong apa lg nyimak aja lah. (f)

    BalasHapus
  38. Saya tunggu tips remaja putra hehe :D
    makasih infonya :)

    BalasHapus
  39. Kalau remajanya putri enggak, pria kok meragukan gimana tips nya tuh?? :-)

    BalasHapus
  40. Saestu sae sanget tipnya mbak indah...sukses mawon nggih

    BalasHapus

PERINGATAN !!!
1. Dilarang Nyepam Disini
2. Dilarang Pipis Disini
3. Dilarang Teriak Disini
4. Dilarang apalagi yah...?

Emoticon Centil Disini
:))
:((
:D
:(
=))
b-(
:)
:P
:-o
:*
:-s
[-(
@-)
=d>
b-)
:-?
:->
X-(

Top