Mencari Jalan Agar Menjadi Golongan Yang Selamat

|
Bismillahirrahmanirrahim.

Mencari Jalan Agar Menjadi Golongan Yang Selamat
Salah satu tujuan manusia yang paling besar adalah keselamatan, selamat di dunia dan selamat di akhirat. Banyak sekali di jaman sekarang orang-orang berlomba-lomba mencari jalan agar menjadi golongan yang selamat sebagai bekal di dunia dan akhirat. Istilah golongan yang selamat yang dalam bahasa Arab disebut dengan al-firqatu an-najiyah

1. Hanya satu golongan yang selamat.
Bahwasannya jalan yang menjamin bagi kita untuk mendapatkan kenikmatan Islam itu hanya satu dan tidak banyak, karena Allah menetapkan kebahagian hanya bagi satu golongan saja. Allah Ta’ala berfirman : “Mereka itulah golongan Allah. Ketahuilah, bahwa sesungguhnya golongan Allah itulah golongan yang beruntung.” (QS. Al-Mujadilah 22).Dan Allah juga menetapkan kemenangan itu hanya bagi satu golongan, Allah menyatakan : “Dan barang siapa menjadikan Allah, Rasul-Nya dan orang-orang yang beriman sebagai walinya, maka sesungguhnya golongan Allah itulah yang pasti menang.” (QS. Al-Maidah 56).

2. Bagaimana kita mencari jalan agar selamat ?
Golongan Yang Selamat ialah golongan yang setia mengikuti tata cara Rasulullah Shalallahu 'Alaihiwassallam dalam hidupnya, serta para sahabat sesudahnya.
Yaitu Al-Qur'anul Karim yang diturunkan Allah  kepada Rasul-Nya, yang beliau jelaskan kepada para sahabatnya dalam hadits-hadits shahih. Beliau memerintahkan umat Islam agar berpegang teguh kepada keduanya:
"Aku tinggalkan padamu dua perkara yang kalian tidak akan tersesat apabila (berpegang teguh) kepada keduanya, yaitu Kita-bullah dan Sunnahku. Tidak akan bercerai-berai sehingga kedua-nya menghantarku ke telaga (Surga)

3. Seperti apakah tanda-tanda yang menemukan jalan keselamatan itu ?
Golongan Yang Selamat jumlahnya sangat sedikit di tengah banyaknya Umat Manusia. Tentang keadaan mereka, Rasulullah Shalallahu 'Alaihiwassallam bersabda, "Keuntungan besar bagi orang-orang yang asing. Yaitu orang-orang shalih di lingkungan orang banyak yang berperangai buruk, orang yang mendurhakainya lebih banyak daripada orang yang menta'atinya." (HR. Ahmad, hadits shahih).
Dalam Al-Qur'anul Karim, Allah memuji mereka dengan firman-Nya, "Dan sedikit sekali dari hamba-hambaKu yang bersyukur." (Saba': 13)   Golongan Yang Selamat banyak dimusuhi oleh manusia, difitnah dan dilecehkan dengan gelar dan sebutan yang buruk.

Inilah orang-orang yang telah menemukan jalan yang lurus, jalan yang di ridhai Allah Swt. Golongan inilah yang kelak akan bersama-sama dengan Rasulullah ketika dipadang mashyar. Sudah dipastikan Syurga Allah akan menerima golongan orang-orang yang telah di tentukan Allah dan Rasul Nya. 
"Dan sesungguhnya inilah jalanku yang lurus, maka ikutilah jalan ini dan janganlah kalian mengikuti jalan-jalan lain lalu kalian akan berpisah dari jalan-nya. Yang demikian itu Allah telah mewasiatkan kepadamu agar kalian bertaqwa." (QS: Al An'am 153).

*** Lembaran kusam dariku.


Backlink here..

52 komentar:

  1. Semoga kita termasuk orang-orang yang mau mencari jalan agar menjadi golongan yang selamat...
    Aamiin ya Rabb...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin, saya ngekor komentar yang ini.

      Mengingat zaman sekarang jalan-jalan udah banyak dan bercabang, semoga kita nggak berhenti di persimpangan yang salah.

      Hapus
    2. Ah Maz Uzai ngekornya kok ama cewek? padahal byk yg komentar di bawahnya. hadeehhhh

      Hapus
  2. ya Alloh, jadikanlah bangsa Indonesia kedalam golongan yang selamat.. amin

    BalasHapus
  3. semoga kita termasuk golongan yg selamat,,aamiin

    BalasHapus
  4. masih banyak golongan yang menganggap golongannya adalah golongan yang paling selamat, berbagai sekte menyebar.. ah, semoga akidahku termasuk akidah yang dibenarkan Tuhan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah itu dia Bu, saya kadang heran dgn Islam sendiri. Apa yg dicontohkan rasulullah di bilang bid'ah,mau berdoa bid'ah, mau tawassul bid'ah. Bahkan ada sebagian lain men Syirikkan saudaa islam yg lain.
      Udah akhir zaman yah?

      Hapus
  5. yah semoga saja selama ini saya tidak salah jalan dan termasuk kedalam golongan orang yang selamat :D

    ntar kalo saya nyasar mohon petunjuknya :)

    BalasHapus
  6. Menjalankan perintah nya dan meninggalkan semua larangan nya.beribadah sesuai yang di ajarkan rosul.mudah di katakan susah untuk di laksanakan,tapi bukan lah tidak mungkin.semoga kita ada di jalan yang di rido'i Allah swt.amin....

    BalasHapus
  7. smoga kita adalah bgian dri orang-orang yg berada dlam golongan org yg selamat. Amin

    BalasHapus
  8. point nomer tiga aduhai sudah nampak sekarang, golongan orang yang selamat dimusuhi dan difitnah. wallahu'alam bishowab.
    kebenaran hanya milik Allah manusia seperti saya tempatnya salah.
    vote postingan : ngademin hati

    BalasHapus
    Balasan
    1. kasih contoh dong, sapakah itu? :d

      Hapus
  9. Postingan yg bermanfaat sob... bisa menambah iman

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih jika menambah nilai plus :d

      Hapus
  10. Semoga kita selalu di beri petunjuk jalan yg lurus, terhindar dari fitnah dan termasuk ke dalam golongan orang-orang yg selamat, Amiin. terima kasih mba Indah, selalu dengan artikel yg dpt menambah keimanan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiiin. terima kasih juga atas kunjungannya

      Hapus
  11. mari saling mendoakan agar kita semua sentiasa berada di jalanNya..

    BalasHapus
  12. artikel nya sangayt membantu untuk meningkatkan keimanan kita sob,mudah-mudahan saya dan semua termasuk orang yang selamat dunia ataupun akhiratnya.

    BalasHapus
  13. artinya selamat apa sih ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. nama biskuit juga nama juragan kangkung di desa asalmu Kang!

      Hapus
    2. Hahaha .....orang dua ini kok malah kelahi disini :-t

      Hapus
  14. Saya hanya ingin menjadi salah satu golongan yang selamat baik dunia maupun di akhirat.

    BalasHapus
  15. saya pengin selamaaat. bantu selamatkan saya dong...

    BalasHapus
    Balasan
    1. lah mestinya yg sepuh kyk pak dhe memberikan nasehat pada saya yg masih membutuhkan keselamatan. huh

      Hapus
    2. nah itu selamat artine apa dulu.....kepengin gak ngerti yang di tuju ya percuma

      Hapus
    3. lah di Point ke dua kan udah dijelasin makna selamat disini. tuh kan udah dijabarin ama haditsnya

      Hapus
  16. Gara-gara membaca sekilas ini,jadi lebih teringat dan teringat lagi kalau hidup hanya sementara dan selama hidup kita harus bersyukur dan beramal :)

    BalasHapus
  17. mudah-mudahan kita semua selamat dunia dan akherat..amiinn

    BalasHapus
  18. Semoga kita semua selamat dunia dan akhirat ., Amiin.,

    BalasHapus
  19. amiiin,,,
    semoga kita semua senantiasa diberikan jalan ....
    Insya Allah,..
    :)

    BalasHapus
  20. Saya sangat setuju, asalkan berpegang teguh pada Al-Qur'an dan sunnah Nabi pasti termasuk golongan yg selamat.. ^^

    BalasHapus
  21. artikelnya sangat bermanfaat kawan,
    terimakasih..

    BalasHapus
  22. artikel yang bagus.. kreatif banget

    BalasHapus
  23. mudah - mudahan kita semua diselamatkan dunia dan diakhirat nanti.... Amiin

    BalasHapus
  24. Pada point no.3 tanda-tanda yang menemukan jalan keselamatan tentang keadaan mereka, yaitu orang-orang shalih di lingkungan orang banyak yang berperangai buruk.
    Memang berat untuk tetap bisa bertahan dalam situasi seperti ini.Lalai sedikit saja bisa terjerumus.
    Terima kasih kawan telah memberikan ilmu yang bermanfaat. (p)

    BalasHapus
  25. Aku,engkau,kami,kita semua berdo'a : Ya Alloh Tunjukan kepada kami semua Jalan yang lurus,seperti jalanya Orang-orang yang telah diberikan nikmat kepada mereka,dan bukan jalanya Orang-orang yang sesat,,,,Amiin

    BalasHapus
  26. Semoga kita semua termasuk dalam golongan orang yang selamat di dunia dan di akhirat.Amin (p)

    BalasHapus
  27. Sesuatu yg baik dan benar itu sudah sunnah-NYA selalu tidak enak bila nafsu yg berbicara dan dikedepankan. =-d
    Jadi, keselamatan itu bersumber dari Firman ALLAH SWT "jagalah dirimu dan keluargamu dari api neraka".... :d

    BalasHapus
  28. Tapi kok beda dengan pemimpin Indonesia sekarang yang mau nyari keselamatan sendiri dengan mengkambinghitamkan yang lain hehehe

    BalasHapus
  29. Semoga kita semua menjadi golongan yang selamat :)

    BalasHapus

PERINGATAN !!!
1. Dilarang Nyepam Disini
2. Dilarang Pipis Disini
3. Dilarang Teriak Disini
4. Dilarang apalagi yah...?

Emoticon Centil Disini
:))
:((
:D
:(
=))
b-(
:)
:P
:-o
:*
:-s
[-(
@-)
=d>
b-)
:-?
:->
X-(

Top