Renungan : Hakikat Sabar Menurut Islam

|
Bismillahirrahmanirrahim.


Jiwa mereka selalu diliputi ketenangan dalam menghadapi berbagai cobaan, sama halnya ketika mereka menerima kenikmatan. Dan sekiranya bukan karena kepastian ajal yang telah di tetapkan, niscaya ruh mereka takkan tinggal diam dalam jasad-jasad mereka walau hanya sekejap. Baik disebabkan kerinduannya kepada Allah Swt atau ketakutan akan hukumanNya.

“Mereka itulah orang-orang yang dibalas dengan kedudukan-kedudukan tinggi (di surga) dengan sebab kesabaran mereka.” (QS. Al Furqaan [25] : 75).

Begitu agungnya Sang Pencipta dalam hati mereka, sehingga apa saja selain DIA menjadi kecil sekali dalam pandangannya. Begitu kuat keyakinan mereka akan surga-Nya, sehingga mereka rasakan kenikmatannya seolah telah melihatnya. Dan begitu kuat keyakinan mereka tentang neraka, sehingga mereka merasakan azabnya seolah mereka juga merasakannya. 

Hati mereka selalu diliputi kekhusyukan, tak pernah mereka merasakan kekhawatiran suatu gangguan dari mereka. Tubuh-tubuh mereka kurus kering, kebutuhan-kebutuhan mereka sangat sedikit dan jiwa-jiwa mereka mereka terjauhkan dari segala yang kurang patut. Maka mereka selalu mininggalkan hawa nafsunya dengan cara "Berpuasa".

Semoga bermanfaat :)




Backlink here..

120 komentar:

  1. Balasan
    1. gak adil nih admin ngambil pertamax.. :p

      Hapus
    2. Adminnya memborong sendiri Pertamaxnya.
      Hueeeeeeee

      Hapus
    3. saya terakhir di kolom pertamax

      Hapus
    4. aku ajadeh yang terakhir.

      Hapus
    5. ini gayanya sapa coba?
      pertamax di emplok dewek :d

      Hapus
  2. Berkunjung ke blog mbak Indah.. Mantap postingannya..Ternya hikmah dari puasa dapat meredam napsu..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih kunjungannya ya mang :)

      Hapus
  3. setiap saya baca posting2 dari blog ini,dan jika di simak baik2,selalu ada pelajaran yang bisa di terapkan dalam kehidupan sehari2.lanjutkan....!ngomong2 kasian juga sampe tidur di atas genting.

    BalasHapus
    Balasan
    1. klw yg tidur di atas genting ya jgn ditiru mas, ndak baik =))

      Hapus
    2. gak baik untuk kesehatan mata.

      Hapus
  4. karena hujan koneksi lambat.mau komeng aja susah hadeuh....tapi ada hikmah nya juga keyboard saya makin sering di pijit2 dan di elus2 jadi nya ke enakan xixi

    BalasHapus
  5. Memang inilah tugas kita didunia setiap kita pasti dicobai maka dari itu penuhkanlah iman kita agar cobaan itu bisa kita lalui.

    BalasHapus
  6. Menurutku sabar itu menerima kehendak-Nya, karena segala sesuatu terjadi karena Allah Azza Wa Jalla. Salam kenal mba.

    BalasHapus
  7. Balasan
    1. yuuhhuuuu.. Assalamu'alaikum.. balik lagi nih cuma mau kasih tau pesanan lagi dikerjain.. :d

      Hapus
    2. Kirain udah di kerjakan, masih baru mau akan toh :(

      Hapus
    3. udah saya kirimkan.. gak lama kan.. hehehe.. ntar kalau ada yang kurang kasih tau aja ya.. :-)

      Hapus
    4. Ok ok....mksh ya mas. tinggal nunggu update berita ter HOT :d

      Hapus
    5. ada yang HOT kah? wowwwwwwwwwwwww
      slurrrrrrrrrp. Glek suuittttt suittttttt cetok cetok

      Hapus
    6. kang asep lagi makan bloe-look ya?

      Hapus
    7. apa sih pake rahasia-rahasia segala ahahaha.. pletok pletok.

      Hapus
    8. sabar-subur

      Bang Andy Borneo
      Mas Asep Haryono
      Mas zachflazz
      Tante Miz Tia....:p

      makasih kunjungannya :d

      Hapus
  8. subhanallah..
    postingan mba indah selalu cetar membahana hulala.. :))

    BalasHapus
  9. Postingan yang sangat bermanfaat kak :), sabar itu mudah jika kita bisa menahan diri dan hati dari hawa nafsu, bukan begitu ka Indah? :D

    BalasHapus
  10. orang yang sabar niscaya akan menjadi orang yang besar :) bukan begitu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. dan orang besar belum tentu bisa bersabar :d

      Hapus
  11. orang sabar panjang umurnya,, hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya org nya sabar loh, mudah2an panjang umur :d

      Hapus
    2. prett... haha moga aja mba.

      Hapus
  12. tapi katanya mereka itu yang paling dekat dengan surga loh mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. kata saya kan? hayooo ngaku :d

      Hapus
  13. Pertama yang paling menarik dari postingan ini adalah "orang tidur di atas genteng " sepertinya meneikmati sekali,
    yang kedua adalah isi dari artikelnya,singkat padat,and penuk makna. nice post mbak,,,,,thanks,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Org itu lagi galau :d
      mksh supprtnya mas dede :)

      Hapus
    2. haha ne tibo gdubraak yo opo mbak hihihi,,

      Hapus
    3. yo ra popo mas, ben wae ancen ndablek cak iki :d

      Hapus
    4. Kalau lagi GALAU sih biasanya saya pasang gambar GORILLA

      Hapus
    5. galaunya makin nambah dong kang.

      Hapus
  14. waduh,bahaya tuh mba..tidur diatas genteng.galauko bisa ya tidur di genteng.ngudung paling juga mba.

    BalasHapus
    Balasan
    1. suruh turun gih, mau hujan nih :d

      Hapus
  15. Kesabaran tidak hanya menunggu, pasrah akan keadaan, terima kenyataan dengan penuh ketidakpastian... tetapi kesabaran adalah salah satu dari rasa syukur kita, selalu meningkatkan keberusahaan baik terhadap sesama dan sang Pencipta...Mengawali dan mengakhiri kegiatan dengan penuh kesabaran adalah cara bijak akan kesyukuran kita kepada Alloh SWT.... semoga kita selalu diberikan kesabaran dalam menghadapi hidup ini.... met sore mbak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hati jadi adem baca komennya mas budi :d
      Met sore dan mksh kunjungannya mas :)

      Hapus
  16. wah saya urutan yang ke berapa kali nih T_T

    BalasHapus
    Balasan
    1. mksh nya stand by ajah disini, pasti dapat petromax

      Hapus
  17. Wah langsung suka ma Blog Mbak Indah,, ini kunjungan balik saya geh..dan langusng bergabung jadi daftar sahabat paling cakep tingkat RT :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. mksh Bu ... ntr ambil hadiahnya di Pak RT

      Hapus
    2. Hadiahnya PANCI satu set plus buku manualnya

      Hapus
    3. Mbak Indah : hihiih mana mbak pak RT nya?? apa bapak Asep Haryono??? hehe. wahhh kayanya memang pak RT nya pak Asep, jam berapa pak bisa ambil panci satu set??baru ini panci ada buku manualnya hihihi

      Hapus
  18. puasa memmang membentengi diri kita dari segala kemaksiatan...salam :-)

    BalasHapus
  19. Subhanallah,,,
    mudah2n Allah selalu menjaga kita dalam segala hal,dengan cara "Berpuasa" ini.. :-d

    dtunggu komentnya Mbak Indah,, :))
    http://aripuisi.blogspot.com/2013/03/perih_8375.html

    BalasHapus
  20. kembali hadir di tempatnya mba Indah, buah dari sabar itu rasanya manis & nikmat...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apa lagi di kasih es batu. makin sip

      Hapus
  21. banyak ngga mudengnya saia kali ini, baca judul, liat gambar dan baca artikelnya....bingung.

    yang saya tangkep, orang kurus kebutuhannya sedikit, karenanya rajinlah berpuasa...agar menjadi sabar, bener ngga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kok balik nanya? situ kan lebih tua dari saya. huh

      Hapus
    2. ya iyalah...soalnya saya n'dut, ituhnya

      Hapus
    3. yang tua dah masak,brarti siap panen dong :d

      Hapus
  22. Melatih kesabaran dengan berpuasa, setuju sekali dengan ini, karena dengan puasa kita bisa mengekang hawa nafsu kita, tentunya puasa yang di dasari oleh ilmi, iman dan takwa

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya harus setuju dong, klw ndak setuju saya delete komennya =))

      Hapus
  23. semoga kita termasuk diantara orang2 yang sabar.
    Innallaha Ma'asshoobiriin..

    menyedihkan sekali gambar orang tidur diatas atap itu mbk
    :((

    BalasHapus
    Balasan
    1. ngapain sedih, itu kan cuma action. spt sy pas main sinetron tuh, pura2 ajah

      Hapus
    2. pasti sinetronnya nggak terkenal tuh mbak :D

      Hapus
  24. selamat pagi mba indah semoga harimu menyenangkan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. pagi juga mas, saya lg galau. kehabisan bedak mas

      Hapus
  25. Berkunjung di pagi hari,. Ma'ap ndak bisa via buku tamu, maklum mang pake hp jadul hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. beli dong.... mamang kan kaya

      Hapus
  26. kunjungan siang .. gambarnya nekad banget y ndah hehe ...
    mending dipos rond aja ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. jgn ditiru mas, adegan ini khusus utk org yg terlatih

      Hapus
  27. Sabar ya. Mungkin perkara mudah bagi orang yang sudah tersulut emosinya karena keadaan yang membuatnya tersiksa, terdhalimi atau tersakiti oleh perbuatan orang lain. Sabar tentu baik, namun bagi sebagian orang SABAR tentu ada batasnya. Pertanyaan saya adalah benarkah SABAR itu ada batasnya? Sampai dimana batas kesabaran itu sebenarnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dalam islam sabar tidak ada batasannya, sabar harus dilakukan sampai ajal menjemput :))

      Hapus
    2. Tambahan...ada postingan saya yg menjelaskan batasan kesabaran. silahkan di ubek-ubek :d

      Hapus
  28. semoga kita semua bisa seperti mereka ya sob, agar iman kita semakin kuat. semakin mendekatkan diri kita kepadanya..?

    BalasHapus
  29. Subhanallah,.........

    Nice artikel miz Indah, semoga artikel ini bisa menjadi media dakwah serta dapat membantu untuk kita semua dapat lebih meningkat kearah lebih baik.

    BalasHapus
  30. postingan yg bagus mbak..
    semoga saya yg kurang sabar ini bisa lebih sabar lg..aamiin..

    salam kenal mbak...:-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiiin. nah bagus lah :d
      Salam knal juga :)

      Hapus
  31. iya nih, saya prihatin pada diri saya sendiri. puasa sunnahnya kurang banget. tapi saay orangnya sabar banget loh

    BalasHapus
  32. nice share mbak bermanfaat buat saya dn sobat smua, skalian mmpi nih lama g maen ksini, sibuk ddunia nyata soalnya, hehe

    koment back y dpostingan terbaruku :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. cieh ciehh yang sibuk di dunia nyata, toss dong

      Hapus
    2. kalian jodoh hohohoho.

      Hapus
    3. Bener kata Tia.... jodoh tak lari kemana. :d

      Hapus
  33. bantal guling cuma 1 trus dijemur yaudah tidurnya pindah aja ke genteng, gitu aja kok didramatisasi ~_~

    sekalian berjemur biar kulit tanned ~_~

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu namanya korban sinetron bukn bule dari hong walihong X_________X .

      Hapus
  34. kesabaran memang ada batasnya, tp org2 yg sabar itu adalah org yg dikasihi Tuhan.

    BalasHapus
  35. itu mohawkkkk (b) .. :D



    insyaALLAH ya mbak.. saya termasuk orang yang sabar :-) :-D .
    anti galau anti emosi gak juga sih.. cuma kalo ada masalah curhat dulu sama Gusti ALLAH (o) .tapi semoga kedepannya jauh lebih baik.

    #apa sih.

    BalasHapus
  36. sabar itu mulia pahalanya disisi Alloh,,

    BalasHapus
  37. Kadang kalau membaca tentang cinta dan rindu para sufi membuat perasaan cemburu ingin seperti mereka,tetapi dengan kondisi jaman seperti ini sangat sulit mempunyai cinta dan rindu seperti itu.Apalagi mata yang selalu mendapat pemandangan yang menggiurkan. @-)

    BalasHapus
  38. berkunjung dini hari sambil menanti shalat shubuh....

    BalasHapus
  39. Sebuah perenungan yang menggetarkan mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya ndak bergetar, biasa2 ajah :))

      Hapus
  40. a....elah,sabar dicari mbok nya tuh ape lapor hansip
    eh ga taunnya tidur diatas genteng....hebat lo bar 8-)

    BalasHapus
  41. sabar itu gampang pengucapannya tp sangat sulit ngelakuinnya... jujur aku bukanlah orang yang sabar

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener mas, dari raut wajahnya termasuk orang suka marah2. bener ndak?
      Tapiiii .........

      Hapus
  42. berkunjung mba indah maf telat,,,apakabar semoga sehat selalu

    BalasHapus
  43. Bagus... Padat, manteb he he he

    BalasHapus
  44. buah kesabaran pasti manis rasanya..

    BalasHapus

PERINGATAN !!!
1. Dilarang Nyepam Disini
2. Dilarang Pipis Disini
3. Dilarang Teriak Disini
4. Dilarang apalagi yah...?

Emoticon Centil Disini
:))
:((
:D
:(
=))
b-(
:)
:P
:-o
:*
:-s
[-(
@-)
=d>
b-)
:-?
:->
X-(

Top