Renungan Islam: Cinta Dan Kasih Sayang Dalam Islam

|
Bismillahirrahmanirrahim.


Sifat Arrahman dan Arrahiem adalah milik Allah. Kedua sifat Nya yang mulia ini dinyatakan dalam al Qur’an di tempat yang sedemikian banyaknya, bertebaran dalam setiap surat pada al Qur’an. Rupanya Allah memberikan sifat yang mulia ini kepada makhluk yang dikehendaki Nya, termasuk kepada manusia dan juga binatang. Jika seseorang sudah dikaruniai kasih sayang atau cinta terhadap sesuatu, maka halangan dalam bentuk apapun akan ditaklukkan demi meraih cintanya itu. Karena sifat kasih sayang atau cinta hanyalah milik Allah swt., maka yang bisa diusahakan adalah memohon kepada Nya, agar kita dikarunia sifat yang mulia itu. Atas dasar keyakinan seperti ini, maka Rasulullah saw mengajarkan pada umatnya selalu berdoa, agar selalu dikaruniai rakhmat Nya, dekat pada Nya, dan sifat-sifat mulia yang dimiliki Nya. Inilah yang saya maksud dengan cinta dan kasih sayang secara islam.


CINTA

Siapa yang paling berhak dicintai..?

Katakanlah: `Jika kamu (benar-benar) mencintai Allah, ikutilah aku, niscaya Allah mengasihi dan mengampuni dosa-dosamu.` Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.(QS. 3:31)

Bagaimana jika salah menilai hakikat Cinta ?

Dijadikan indah pada (pandangan) manusia kecintaan kepada apa-apa yang diingini, yaitu: Wanita-wanita, anak-anak, harta yang banyak dari jenis emas, perak, kuda pilihan, binatang-binatang ternak dan sawah ladang. Itulah kesenangan hidup di dunia; dan di sisi Allah-lah tempat kembali yang baik (syurga). (QS. 3:14)

Bagaimana jika mencintai secara berlebihan kepada selain Allah dan Rasul Nya ?

Dan wanita-wanita di kota berkata: `Isteri Al Aziz menggoda bujangnya untuk menundukkan dirinya (kepadanya), sesungguhnya cintanya kepada bujangnya itu adalah sangat mendalam. Sesungguhnya kami memandangnya dalam kesesatan yang nyata.`(QS. 12:30)
 
Janganlah salah dalam menempatkan hakikat Cinta

Sekali-kali janganlah demikian. Sebenarnya kamu (hai manusia) mencintai kehidupan dunia. dan meninggalkan (kehidupan) akhirat. QS. al-Qiyamah (75) : 19.20

KEPADA  SIAPA SAJA KASIH SAYANG  ITU ?

Orang Tua

Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan `ah` dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia. (QS. 17:23)

Istri dan Anak

Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya di antaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berfikir.
(QS. 30:21)

Kepada Sesama

Muhammad itu adalah utusan Allah dan orang-orang yang bersama dia adalah keras terhadap orang-orang kafir, tetapi berkasih sayang sesama mereka: kamu lihat mereka ruku dan sujud mencari karunia Allah dan keridhaan-Nya, tanda-tanda meraka tampak pada muka mereka dari bekas sujud. Demikianlah sifat-sifat mereka dalam Taurat dan sifat-sifat mereka dalam Injil, yaitu seperti tanaman mengeluarkan tunasnya maka tunas itu menjadikan tanaman itu kuat lalu menjadi besarlah dia dan tegak lurus di atas pokoknya; tanaman itu menyenangkan hati penanam-penanamnya karena Allah hendak menjengkelkan hati orang-orang kafir (dengan kekuatan orang-orang mukmin). Allah menjanjikan kepada orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal yang saleh di antara mereka ampunan dan pahala yang besar. (QS. 48:29)


"Jangan dustai nikmat yang telah Tuhan berikan kepadamu, cintailah DIA setulus dan sepenuh hati. Kelak dia tanamkan dalam hatimu kecintaan pada Keimanan. Dan Allah jadikan Iman itu indah dalam hatimu. Disitulah engkau bertemu surga di dunia sebelum surga di akhirat"


Mudah-mudahan bermanfaat artikel cinta dan kasih sayang dalam islam ini. Semoga Allah Swt senantiasa melimpahkan rahmat untuk kita semua. Aamiiin


Backlink here..

89 komentar:

  1. Balasan
    1. Indah P boleh minta tolong kan?

      tolong buatkan 'sign' untuk blog sdftyujklvbn pls :)

      cth: http://sdftyujklvbn.blogspot.com/p/unikers-eksis.html

      'cuma tulis di kertas doang ko'

      Makasih yaa :*

      Hapus
  2. Amin...BerBahagia lah orang2 yang senantiasa bersukur atas apa yang di anugrahkan sang pencipta

    BalasHapus
    Balasan
    1. lho ko!1???salah komeng ya.baca lagi ah!:-?

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh penulis.

      Hapus
    3. sorry salah kode emosi jadi emosi dah :-b

      Hapus
  3. Cinta dan kasih sayang memang saling berhubungan,adakalanya kita tunjukan sikap cinta dan kasih sayang kita kepada Tuhan dan orang tua serta orang sekitar kita,karena begitu indah saling berbagi kasih dan cinta :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sangat keren komen nya :)

      Hapus
    2. wah mau dong di bilang keren...

      Cinta itu.. buta...
      Buta itu... gelap...
      gelap itu... kesesatan...
      kesesatan itu... buta...
      buta itu... gelap...
      .... b-(

      Hapus
  4. yang kategori sesama bisa juga ya untuk sesama blogger, saling bertegur sapa, saling menanyakan kabar, saling bersilaturrahim meski cuma di kolom komentar. Mudah-mudahan dicatat satu kebaikan dalam berkasih sayang ya. Aamiin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ihiirrr...mas pacul tumben euy :d

      Hapus
    2. pacul? bukan parang atau pengki atau garpu sawah?

      Hapus
  5. hadis Nabi: Takhalluq bi akhlaqillah "berakhlaklah dengan akhlak Tuhan", Tuhan memiliki sifat welas asih, maka kitapun harus bisa mencontoh akhlak Tuhan yang berupa mencintai :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. yupz...semoga kita bisa ya mba...:-D

      Hapus
    2. bu nyai sama bu nyai kumpul jadi satu, sereeeeem :D

      Hapus
    3. Komen mbak uswah slalu terbaik buat sayah :))

      Hapus
  6. izin nyimak aja sob,,

    selamat sore :D

    BalasHapus
  7. saling menyayangi....:-)

    BalasHapus
  8. wah meski baca dengan seksama nih mba,,,,sangat mantaf postingannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya dong,jgn baca sambil lari2 :))

      Hapus
  9. Amiin... baru baca sedikit.... nanti di lanjut jam sebelas malam ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. besok juga ndak papa kok mang

      Hapus
    2. baru selesai baca, dihayati tinggal di amalkan meskipun cinta susah untuk diamalkan . .. Cinta dan kasih sayang memang super dahsyat,

      Hapus
  10. saling cinta sama suami :*

    BalasHapus
  11. Islam ya jodohnya harus Islam, bukan dengan agama yang lain seperti yang terlihat di tv-tv

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe....yg ini sy ndak bisa jawab. ntr dikirain sara. atut :))

      Hapus
  12. satu Qur'an bila diringkas ada dlm Al Fatihah sebagai ummulkitab dab al fatihah bila diringkas lagi intinya ada di basmalah....satu ayat yang pendek saja tapi sayah belum mampu tuk mengamalkanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya di amalkan mas, menurut kemampuan kita, dan sambil belajar mencari ilmu yg di atasnya.
      waduhh..saya kok sok pinter yah...hohoho

      Hapus
    2. eh iya yah? kok bisa tumben gitu..

      Hapus
  13. nice post..
    Mau Salam salam aja deh (uh macem di dahsyat aja)

    *salam cinta berbalut rindu bertunas setia*

    BalasHapus
    Balasan
    1. ok...silahkan. salam buat pak RT juga ndak papa

      Hapus
  14. :o WOOOWWW...... [-( NICE POST.... (h)

    BalasHapus
  15. Menghayati catatan mBak Indah...aku membacanya dengan penuhh cinta..mengajakku untuk terus mencintaNya dan mencintai sesama.Terimakasih mbak indahh berkali-kali aku hanya bisa ucapkan itu *belum update lagi mbak indah...lagi kurang fit badannya...*curhat dadakan

    BalasHapus
    Balasan
    1. lagi sakit yah? makanya jgn pacaran mulu

      Hapus
    2. hahahaha ngakak baca balasan mb indahhh*pacaran ma blog iya mbakk...lagi suka ngeblogg

      Hapus
  16. saya vote bermangfaat mbak indah,
    saya juga tak mencoba menerapkan rahman rahim dalam kehidupan ini. SIlaturohim ini juga wujud dari rahman rahim itu sendiri

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah gitu dong, itu namanya anak baik

      Hapus
    2. alhamdulillah jadi pengen malu , :D

      Hapus
    3. hahahhaha ngikikkk lihat komnetar mas Agus..*Malu* kok pingin too mas Agus hehhe

      Hapus
  17. menyimak renungan di atas, jika salah menilai hakikat cinta, kita sering lupa cinta yg kekal karena terlalu sibuk urusan dunia. terima kasih untuk renungannya mba Indah.

    BalasHapus
  18. Salah mencintai ternyata bisa berakibat fatal ya ? fatal terhadap diri sendiri maupun di akherat nanti.

    BalasHapus
  19. cinta memegang peranan yang penting dalam kehidupan manusia, sebab cinta merupakan landasan dalam kehidupan perkawinan, pembentukan keluarga dan pemeliharaan anak, hubungan yang erat di masyarakat dan hubuungan manusiawi yang akrab. demikian pula cinta adalah pengikat yang kokoh antara manusia dengan Tuhan-nya sehingga manusia menyembah Tuhan dengan ikhlas, mengikuti perintahnya dan berpegang teguh pada syariat-nya.
    terimaksih mbak artikel yang sangat bagus dan bermanfaat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih supportnya ya mas

      Hapus
  20. cinta. susah untuk diamalkan ternyata. coba kita buktikan bahwa kita mencintai Allah. benarkah kita sudah menjalankan perintah-Nya dengan lengkep dan ikhlas. saya menjawab pertanyaan ini dengan senyum. lalu menertawakan diri dengan tiada habisnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. apalagi saya, masih belajar ttg kehidupan. hiks :((

      Hapus
  21. semoga kita termasuk kedalam makhluk yang selalu menempatkan cinta pada posisi yang benar.. :)

    BalasHapus
  22. sepertinya saya emang berjodoh dengan kang zach, soalnya apa yang akan saya tulis, mirip dengan apa yang sudah ditulis akang zach saya tersayang...gimana dong?

    BalasHapus
  23. Janganlah kamu terlalu mencintai seseorang,boleh jadi orang yang kamu cintai suatu saat menjadi orang yang paling kamu benci dan sebaliknya.
    cinta hanya kepada Tuhan dan Nabi,kasih sayang untuk 3 point di atas.Sungguh suatu ilmu yang bermanfaat untuk saya mba indah purnama. (p)
    Saya lagi belajar memberikan komentar mba,maaf kalau ada salah kata :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak ada yg salah, santai ajah klw udah masuk blog ini mas :)

      Hapus
  24. ini yg sering diabaikan manusia khususnya remaja d jaman skrg. menyalahi hakikat cnta sesungguhnya. smoga kt d berikan ptunjuk....amin....

    BalasHapus
  25. kalo ada arabnya gitu aku enggak cawe cawe wess....

    BalasHapus
  26. rasa cinta itu adalah anugerah dr Allah...menghargai dan bersyukurlah

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul banget mbak, aku setuju :) banget malah..

      Hapus
  27. Sampai sekarang saya masih penasaran dengan yg namanya Cinta. Dari mana asal usul katanya dan terminloginya. Dan kata teman saya dulu :
    Cinta itu murni
    Murni itu emas
    Emas itu kuning
    Kuning itu tinja
    Tinja itu bau..
    Jadi cinta itu bla bla bla :p

    Btw, buat saya hanya mengenal kasih sayang. :p :)

    BalasHapus
  28. ini baru mantab dan manfaat.. :)
    Barokalloohu fiik..

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih supportnya mas :)

      Hapus
  29. Semoga pengunjung blog ini selalu dalam keadaan saling menyayangi dan mencintai... agar... hehehehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. agar tetap menjalin tali silaturrahim diantara kita :)

      Hapus
  30. Mba indah sejak profile diganti,jawaban terhadap komentarnya membuat saya tersenyum sampai tertawa terguling-guling =))

    BalasHapus
  31. Hanya Absen sob.. :)
    gpp ya :)

    BalasHapus
  32. Signal lagi susah jadi terlambat dech mbak,BTW nice post mbak Indah,Penuh makna,Terimakasih mbak Indah

    BalasHapus
  33. sayang sekali saya belum punya cinta :(

    thanks...

    BalasHapus
  34. Sebuah renungan cinta yang begitu bermakna... semoga reader bisa memahaminya dengan kebenaran sebenar benarnya Cinta Ilahi. Amin

    BalasHapus

PERINGATAN !!!
1. Dilarang Nyepam Disini
2. Dilarang Pipis Disini
3. Dilarang Teriak Disini
4. Dilarang apalagi yah...?

Emoticon Centil Disini
:))
:((
:D
:(
=))
b-(
:)
:P
:-o
:*
:-s
[-(
@-)
=d>
b-)
:-?
:->
X-(

Top