Belajar Masak Kangkung Ala Wong Ndeso

|
Bismillahirrahmanirrahim.

Sebetulnya saya paling ndak suka yang namanya "masak", jika Mak'e  menyuruh saya untuk membantu urusan dapur rasanya hati ini sangat "menderita". Apalagi kalau urusan dengan bumbu-bumbu dapur, lah wong kadang antara lengkuas sama jahe saya sering salah ambil. Mungkin saya termasuk wanita yang kurang tertarik dengan masak-memasak, bukannya saya ndak mau tau alias cuek, tapi saya trauma gara-gara dulu pernah kena minyak goreng panas.

Kalau pun saya di dapur itu cuma rebus air untuk diminum atau bikin kopi buat Bapak'e. kata Bapak'e kopi bikinan saya rasanya enak, ndak terlalu pahit dan ndak terlalu manis. Ndak encer juga ndak terlalu kental, pokok'e pas .... katanya gitu. Bukannya saya ndak pinter dalam hal masak-memasak terbukti saat ini saya paling jago goreng telur, goreng tempe atau tahu. Dan paling hebat lagi, saya sudah menguasai cara memasak Mie Instan dalam waktu yang singkat. Saya hebat kan ... !!!

Entah kenapa tiba-tiba tadi pagi saya berkeinginan sarapan dengan cah kangkung atau biasa disebut dengan tumis kangkung. Padahal Mak'e sudah membuat sayur sup untuk menu hari ini, dan sudah saya tebak Mak'e ngomel-ngomel ke saya. Katanya Mak'e kalau saya ingin tumis kangkung, saya disuruh belanja sendiri ke pasar. Mau ndak mau....saya kepasar berburu kangkung. Setelah saya rasa kebutuhan masak kangkung sudah lengkap sayapun pulang, dengan harapan Mak'e mau buatin cah kangkung untuk saya.

"Mak'e ...ini kangkungnya" kata saya
"Mbok ya kamu masak sendiri toh, moso wanita ndak iso masak" Mak'e ngomel lagi
"Iya iya ..Mak, resepnya apaan sih Mak?" tanya saya

Nah ini saya ingin berbagi tentang resep tumis kangkung ala saya. Hohoho...dijamin enak loh !! Resep khusus asli wong jawa + madura :


Bahan Bahan : 
1 ikat kangkung 
75 gr udang kecil kupas (ndak pakai udang ndak masalah)
2 siung bawang putih (bisa di tambah)
3 butir bawang merah
1 buah tomat dipotong 
2-3 buah cabai merah dipotong 
4 sdm air
2,5 sdm minyak
Ikan teri kecil (ebi) secukupnya itupun kalau ada.
1/2 sdt gula pasir
Garam secukupnya

** jika suka pedas kasih cabe 10 biji.
** Lebih asik kasih telur puyuh secukupnya
** Beri Saos tiram makin top markotop

Cara memasak:
pertama Tumis bawang Putihnya jangan sampai gosong, dan juga bawang merahnya hingga berbau harum kemudian Tambahkan udang kemudian masak hingga berubah warna lalu Tambahkan cabai yang sudah di potong potong tadi Masukkan kangkung, ebi, gula, garam dan air secukupnya. tambahkan potongan  tomatnya, tunggu hingga layu dan tuangkan di piring saji.

Wowww .... aromanya sungguh menggugah selera, inilah resep khusus dari Mak saya. Tumis kangkung tadi langsung saya santap dengan sambal terasi plus nasi jagung. Nah itu tadi menu spesial ala wong Ndeso tapi sangat laku di perkotaan. Setelah saya merasakan hasil jerih payah memasak tadi pagi, ternyata ndak kalah rasanya dengan para master cheef Internasional. 



Selamat mencoba dan monggo diminum kopinya !!!



Backlink here..

116 komentar:

  1. Mbak kangkung yang dimasak mana? kok BB yang dimasak waduh mbak sayang amat BBnya :>)

    BalasHapus
    Balasan
    1. kangkungnya kan udah abis mas :>)

      Hapus
    2. jujur aku sempat kaget ketika baca artikel masak kangkung tapi pas liat gambarnya ternyata masak BB.. wah gokil nih.. =))

      Hapus
    3. Mas Pay : itu trik SEO model baru :d

      Hapus
    4. Wah harus banyak belajar SEO dari mba indah nih... :-t

      Hapus
  2. resep sama gambarnya gak sama.. aku protesss... :-t

    BalasHapus
  3. kerennn gimana rasanya sob saya koq tertarik nyoba heehh

    BalasHapus
  4. Resep nya saya bungkus dulu mbak!ngemeng2 itu HP nya ikut di tumis juga ya,,,?xixixi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kecemplung tadi pas masak =))

      Hapus
  5. Walah.. pantesan pagi-pagi koq udah nongol di tempatku.. tadi itu mau nunjukkin sarapan sama tumis kangkung to ceritanya... enak ora rasane.. =)) [-(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba aja.... pasti enak. itu cah kangkung harganya 2 jt lebih =))

      Hapus
  6. mbak Indah pinter masak mie instan? weladalah, koq bisa? pinter tenan koq. padahal mie-nya ada di dalam bungkus, tau2 disulap jadi di atas mangkok?? hebaat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. plok.. plok.. plok

      iya hebat.. mie dari kering kaku langsung jadi lunak dan enak

      Hapus
    2. Pak Dhe: berarti saya hebat kan? :d
      mas Budy : nampar pipinya sapa tuh, plok plok plok =))

      Hapus
    3. makan kangkung, keluarnya kangkung juga...kenapa ngga berubah hayoo...?

      Hapus
  7. saya ingin mencoba deh hasil masakan jeng indah.. tapi nggak jadi wis.. takutnya setelah mencoba ntar malah pingsan @-)

    BalasHapus
  8. -,-

    hape itu hape, sayang banget kalau di tumis, kenapa nggak di oven? XD

    BalasHapus
    Balasan
    1. klw di oven bumbunya ndak meresap mas :d

      Hapus
  9. Mba indah kurang dalam memberikan bahan-bahan masakannya.seharusnya ditambah 3 unit ponsel. [-(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hp nya ndak sengaja nyemplung mas :>)

      Hapus
  10. enak tuh tumis ponsel,, ntar bawa ke rumah saya ya.. hahahaha.. =p~

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bawah kerumah aku jua yah,, wkwkw

      Hapus
    2. Wah..jadi bingung, mau saya bawa ke rmh sapa nih? :))

      Hapus
  11. Wah kalau masak kayak gini mah mahalbiayanya .. harga 3 HP berapa belum bumbu sama kangkung nya .. gak ah gak ma beli heuheu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Heuheuheu ..... coba aja bikin tumis kangkung mas :d

      Hapus
  12. waaaaaa...
    saya ga kebagian nih :((

    BalasHapus
    Balasan
    1. nanti saya masak tumis laptop. mau ? =))

      Hapus
  13. kyaknya enak nih tumis ponselnya, tp kyanya harus hati-hati makannya nih jangan sampe keselek ama sekrup-sekrupnya ,, wahahaha...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahah .... mksh kunjungannya :)

      Hapus
  14. waaaaa kangkungnya :o
    tapi keren nih hahahaha :>)

    BalasHapus
  15. goreng ayam campur kangkung
    beli kangkung dipasar minggu
    m'ba indah tubuhnya jangkung
    aku kan setia selalu menunggu-mu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wow...Mang Ubi jago berpantun, bagus pantunnya mas. suka banget :))
      Knapa mas Ks ?

      Hapus
    2. saya suka banget sama percaya dirinya kang cilembu. berani nekad.

      Hapus
  16. waduh, itu hp campur tomat gimana rasanya bu Indah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rasanya enak donk, cobain deh :d

      Hapus
  17. BAunya sampe ke gubuk saya mbak, haha bagi2 dong :D

    BalasHapus
  18. wah sie embak nih.... lucu banget postingnnya... hohoohoh :D :) yang bisa buat makanan segini gua beli deh 100rbu.. yg jelas dalam piring ada BB sm Ipad :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hohohho ..... klw 100 cuma dapat tumis voucher :))

      Hapus
    2. hihihi... tumis pete' doank tuh.. :D

      hey mbak.. dukung ane donk dlm kontes seo yg aku ikuti nh,,, kunjungi ya blog ane.. lalu komen di artikel kontes aq.. Thanks ya mbak.. happy blogging :)

      Hapus
  19. Balasan
    1. Sapa yg kaya, itu gambarnya dari temen kok =))

      Hapus
  20. dasar orang kaya yahh heheheh bb dimasak.. buat saya aja .. :)

    salam kenal yah..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Heheheh....biar lucu ajah kok. Salam kenal juga yah :)

      Hapus
  21. masakan wong ndeso aja kayak gitu..:-?
    gimana masakan wong kuto ya?

    pasti masak paku sama sendal jepit....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bingung toh ...lah wong saya saja bingung :d

      Hapus
    2. sekalian sama palu'nya ikut dimasak,, :-d

      Hapus
  22. bb nya buat saya aja lah, sayang malah jadi tumis bb. haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah..ndak boleh. itu BB khusus buat masak :))

      Hapus
  23. wah.. enak kuwi... kirimi yo... (k)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ok ...wajannya apa sayurnya =))

      Hapus
  24. wah itu masakan kesukaan saya sobat.. tumis kangkung sama tumis genjer .. tumbuhan rawa yang jadi santapan orang desa saya hehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. rasanya emang enak kok, lagian byk kandungan gizi nya

      Hapus
  25. ezt...!!! itu bumbunya apaan sob, wih pasti enak banget tuch sayurnya, di lihat dari bumbunya aja sudah keliatan, bumbunya aja mahal gitu..wkwkwkwkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hohohoho ....tumis kangkung spesial :d

      Hapus
  26. tumis kangkung?? ane nungguin mateng aja sambil nyruput kopi anget dah :>) (c)

    BalasHapus
    Balasan
    1. yg jelas ndak akan pernah masak tumis kangkung nya =))

      Hapus
  27. masakan tumis nokia, cross,hwahahaaaa...

    BalasHapus
  28. Pada bahannya gak dicantumin berapa buah hape dibutuhin. :d

    BalasHapus
  29. Tips buat cewek sob
    tapi kock gambarnya HP bukan kangkung x-)

    BalasHapus
  30. wah ini sangat cocok, kebetulan aku sendiri wong deso, sing uripe neng deso, terima kasih resepnya ya mbak, sukses selalu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Loh kok aneh?
      Warga muko2 kok bisa jowo?
      Heran diriku :d

      Hapus
  31. wah kenapa nggak sekalian di tambah resepnya dengan satu unit laptop atau komputer biar mantap kenyang lagi,he...he...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaaa.....ntr klau buat soto laptop =))

      Hapus
  32. hehehe.... mantap nih resepnya...

    BalasHapus
  33. nhek sing jenenge dhaharan kangkung, diolah coro apa wae wis pasti uwenhak tenan.., wong iku dhaharan ksenengan sing iso nggawe merem melek hehe..., wish pokoke maknyush ae.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hohoho...orang jawa banget nih :d

      Hapus
  34. hahaha...saya liat gambarnya aja jadi ketawa ni lo mbak sweet...hahayyyy

    BalasHapus
    Balasan
    1. jgn lihat gambarnya.... awas tuh bahaya :d

      Hapus
  35. Halo mbk indah, mampir lagi neh ngomongin kangkung jadi inget masakan khas lombok "pelecing kangkung" jadi kangen kampung halaman

    BalasHapus
    Balasan
    1. loh...emangnya orang lombok yah? salam buat warga lombok :)

      Hapus
  36. Balasan
    1. oh iya...hahaa. keburu2 ngetiknya :-s

      Hapus
  37. yaelah mbak, masak tumis kangkung aja ga bisa? ayo sini belajar sama aku *songong*

    BalasHapus
    Balasan
    1. owh, ndak bisa...resepnya beda loh :d

      Hapus
    2. ahhaahahahah ini resep buat seo ya :D
      wuidih wuidih .

      Hapus
    3. ya jelas beda resepnya.
      yang satu pakai resep jakarta. yang satu pakai resep madura.


      sini belajar sama saya aja pakai resep Bali ala bli Kstiawan..:-)

      Hapus
    4. Iya pak dhe, pada ndak jelas komen nya :d

      Hapus
    5. Napa mas andy kok garuk2? butuh garpu ndak?

      Hapus
  38. Balasan
    1. namanya jg resep istimewa :))

      Hapus
  39. mbak bb nya di tuker sama kangkung dapet banyak. gak musti di masak bb nya sayang,,hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah terlanjur ikut dimasak kok =))

      Hapus
    2. gmn lah rasa nya sayur bb? hrhrhhhe

      Hapus
  40. saya juga wong ndeso loh mbak.. tpi gak ndesoni kaya mbak indah hahahahahah wwkkwkwk :-D :>)
    #cemungut =p~ :-) .

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkwkwk..:-) :-)

      Miz Tio sekali komen langsung nancep..:-)

      Hapus
    2. Mis Tio : sapa bilang aku wong ndeso :d
      Mas Ks: Kok di ganti dari tia jadi tio ?

      Hapus
  41. besok bikin tumis tv sama kacang ya..

    BalasHapus
  42. waduh. ini bisa jadi masakan termahal. wong ada hapenya :-)

    BalasHapus
  43. wuihhh ... ckckcckkk.. itu beneran tuu iia :p huehehe.. ngeri juga gmn makan nya iia ?!? :(

    Belajar Photoshop

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kan tinggal makan, udah aku buatin loh :d

      Hapus
  44. Wajib di tiru neh masak kangkung dicampur hp hahaha,,,succes bwat mbak Indah yang sudah berani belajar masak hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahah .... resep sitimewa mas =))

      Hapus
  45. waduh mba kayaknya saya bingung mau makanya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pelan2 saja makannya... biar kerasa :d

      Hapus
  46. nih saya kasih resep tambahan :
    * tambahan daging sapi setengah kg potong kecil-kecil"

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh juga tuh klw di kasih daging. klw bisa potongannya besar2 ajah, biar mak nyus :d

      Hapus
  47. inimah orang kaya + gadgetfora (pemakan gadget)

    tukeran link yuk, minat? email yah tcsilencer@gmail.com :)

    BalasHapus

PERINGATAN !!!
1. Dilarang Nyepam Disini
2. Dilarang Pipis Disini
3. Dilarang Teriak Disini
4. Dilarang apalagi yah...?

Emoticon Centil Disini
:))
:((
:D
:(
=))
b-(
:)
:P
:-o
:*
:-s
[-(
@-)
=d>
b-)
:-?
:->
X-(

Top