Pendidikan Akhlak Untuk Si Buah Hati

|
Bismillahirrahmanirrahim.

Anaknya sapa nih ...? 

Anak merupakan belahan jiwa, semua orang tua pasti ingin putra putrinya mempunyai akhlak yang mulia. Ketika anak masih bayi sampai usia 5-6 tahun, masa-masa itu adalah periode yang sangat penting untuk pekembangan syaraf otak. maka tidaklah heran jika banyak orang tua ketika mempunyai balita sangat berhati-hati menjaga anaknya baik itu dari perawatan maupun memberikan makan.

Orang tua mana yang tidak ingin mempunyai anak yang cerdas dan berkelakuan baik? Jelas sekali, setiap orang tua pasti menginginkan hal seperti itu. Tapi yang menjadi pertanyaan kali ini adalah apakah setiap orang tua mempunyai bekal untuk mendidik buah hatinya menjadi anak yang mempunyai akhlak mulia? Kemudian apabila orang tua salah memberikan pendidikan kepada buah hatinya, jangan salahkan jika anak tersebut tumbuh liar dan tidak diinginkan.

Semua anak tidak bisa langsung disamakan dengan anak-anak yang lainnya, anak anda dengan teman bermainnya mempunyai karakter yang berbeda dan mempunyai ciri khas yang berbeda pula termasuk cara berpikir. Anak-anak tersebut jelas berbeda sifat dan karakternya bergantung dari pendidikan dari orang tuanya masing-masing. Tidak semua pendidikan yang diberikan kepada anak anda bisa di terapkan 100%, paling tidak anak menjadi mengerti dan menahan kebiasaan-kebiasaan jeleknya. 

Di dalam Islam pendidikan untuk anak balita sangat diperlukan, karena masa-masa itu merupakan benih yang akan membuahkan hasil yang kita inginkan. Memberikan pendidikan kepada anak pada masa itu lebih meresap dan menjadi dasar untuk perkembangan selanjutnya. Karena waktu itu anak anda pertama kali menerima  hal-hal yang bersifat positif atau  negatif tergantung anda memberikan pemahaman. Dengan demikian sangatlah penting unsur-unsur keislaman di tanamkan pada jiwa anak anda. 

Banyak sekali cara-cara memberikan contoh kepada buah hati anda guna membangun pondasi keislaman nya. Misalnya :

1.  Mengumandangkan Adzan di telinga kanan dan Iqomah pada telinga kiri ketika buah hati lahir, meskipun anak itu belum bisa mendengar tapi anak itu yang pertama kali dengarkan adalah kesaksian Islam dan kalimah kebesaran Allah.

2. Memberikan latihan ibadah seperti belajar sholat, membaca huruf hajaiyah, berdoa ketika tidur dan makan. Jika orang tua membiasakan hal ini kepada anak, maka jiwanya akan terlatih untuk selalu ingat kepada Tuhan ketika kelak dia tumbuh besar.

3. Memberikan contoh pada hal-hal yang bersifat haram dan halal. Hak ini sangat penting agar kelak sudah besar / dewasa, anak anda akan berhati-hati dalam memilih mana yang makanan / benda yang diridhai Tuhan.

4. Menanamkan sikap sopan santun dan menghormati kepada yang lebih tua. Mungkin hal ini paling sering terabaikan ketika mendidik anak. Jaman sekarang akhlak generasi muda  makin kritis dan banyak yang sudah berani kepada orang tuanya bahkan tidak mengakuinya. Salah satu faktor hal ini terjadi orang tua kurang ketat dalam memberika kedisiplinan. Banyak sekali anak remaja saat ini pergi tanpa izin dan permisi kepada orang tuanya, mungkin anak itu merasa sudah besar dan tidak perlu ijin / permisi kepada orang tuanya. 

Orang tua harus mempunyai konsep yang jelas dalam mendidik buah hatinya, jangan sampai anak menerima pemahaman dari orang lain khususnya ketika anak kita masih balita. Bimbinglah buah hati anda sesuai ajaran-ajaran yang ada di dalam agama Islam. Agar buah hati kita selamat aqidahnya, Benar ibadahnya, Kokoh akhlaqnya, Mempunyai kemampuan untuk mempunyai penghasilan, Jernih pemahamannya, Kuat jasmaninya, Dapat melawan hawa nafsunya sendiri, Teratur urusan-urusannya, Dapat menjaga waktu, Berguna bagi orang lain.

Semoga bermanfaat.



Backlink here..

60 komentar:

  1. Balasan
    1. foto anak di atas sebagai hadiahnya mas =))

      Hapus
    2. postingannya bagus banget.. Anak ibarat lembar kertas putih yang belum bertuliskan apa2.. jika kita menulis hal2 yang jelek maka hasilnya akan jelek.. sebaliknya jila kita menulis hal2 yang baik maka hasilnya pasti akan baik juga.. begitu juga dengan anak jika dari dini kita telah mengajarkan hal2 yang baik terutama akhlak'nya maka kelak dia akan menjadi anak yang memiliki sikap terpuji dan juga dalam segala hal yang positif serta menjadi kebanggaan orang tuanya. 8-),, 10 jempol dari saya.. :d

      Hapus
    3. walaaahh.. anak siapa sih tuh nyecer.. xixixix..

      Hapus
    4. ko' mirip sama Admin ya sob...:-?

      Hapus
  2. mbak indah bikin postingan tentang buah hati?? wow.. sudah jadi budhekah?? saya koq bingung
    #mikir.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang diatas itu ponaan'nya tuh mas.. :)

      Hapus
    2. Pad Dhe: Huh ... jahat. Ntr klw saya posting ttg nenek apa sy seperti nenek2? :((

      Mas Andy : Bukan ...Itu mas Reo masih Kecil =))

      Hapus
    3. jelek banget ya bang Reo waktu kecil...

      Hapus
  3. Memang kalau untuk anak perlu diberikan pendidikan yang mendidik moral dan agamanya,agar kelak menjadi anak yang baik dan pintar bagi orang tua dan negara.

    BalasHapus
  4. kasian amat tuh anak, gak punya baju dianya? :o

    BalasHapus
    Balasan
    1. masa dah lupa sih ... cb deh di ingat2 :>)

      Hapus
  5. aduh mba Indah, maap nih ga baca postingannya
    pengen ngakak asli liat foto anak itu. hahaha, pas banget momennya. buahahaha aduh asli bodoor XD

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ngapain baca postingannya, ntr pusing loh :d
      Lihat fotonya udah cukup mas =))

      Hapus
  6. Posting yang sangat bermanfaat.saya ikut nyimak mudah2an bisa di terapkan dlm mendidik anak tetangga he he

    BalasHapus
  7. semoga generasi muslim semakin bisa berbenah ahklaknya.....

    BalasHapus
  8. Anak sekarang cerdas mba indah,walau masih taraf pra TK kalau disini disebut PAUD sudah hafal doa sehari-hari dan menghafal juz amma.
    Artinya mereka mudah menyerap apa yang dilihat dan diajarkan,makanya sebagai orang tua,Mba Indah harus memberikan bimbingan saat menonton televisi. :))
    Mungkin kalau diajarin buat blog juga bisa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Huh ...ada2 saja. Mksh kunjungannya ya mas

      Hapus
  9. nemu dimana tuh anak? ko' mirip sama Admin ya...

    jangan..jangan..:-?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu foto sampeyan msh kecil kan? :))

      Hapus
  10. mudah - mudahan anakku menjadi anak yang berbakti kepada kedua orang tuanya. Amiin

    BalasHapus
  11. hahaha,,, fotonya gokil mbak Indah,, pagi2 sudah bikin ketawa mbak Indah ini... :d

    yah,, semoga kita bisa mendidik anak2 kita menjadi anak yang sholeh dan sholehah,, amiin,,,

    HMI Cabang Situbondo

    BalasHapus
  12. Anak permintaan terbesar pernikahan ..
    Jangan sia-sia kan anak ...
    Didik anak biar menjadi anak berbakti bagi nusa , bangsa , agama dan orangtua

    " Nak dengar lah cerita bapakmu , jadilah kancil jangan buaya sebab se ekor kancil sadar akan bahaya - jadilah dorna jangan bima sebab seorang dorna punya lidah sejuta " hehee ( milik iwan fals )

    BalasHapus
  13. sip! sangat bermanfaat.. saya juga pernah baca di majalah tarbawi, dari sejak dalam kandungan pun, janin sudah boleh dikenalkan dengan AlQur'an :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul banget nbak. mksh supportnya

      Hapus
  14. ahaha...
    photonya tukul waktu kecil y mbak,...
    gaya tangannya,..hhe./...

    o iya,,btw,nice posting mbak,
    :)

    BalasHapus
  15. wah bgus bgts nch, buat yang sudah punya anak...

    BalasHapus
  16. buah hati memang harus dijaga, karena itulah ortu juga harus memberi contoh yang baik.. karena anak-anak belajar dengan cara meniru.. follow sukses ukhti..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul banget mas, mksh yah udah berkunjung :)

      Hapus
  17. Mbak Indah,, numpang tanya ini,,, hehehe,,,
    Link untuk tombol balas di komentar pada blog saya ndak bisa,, caranya gmna ya?

    (saya tertarik dengan layout komentar mbak indah,, ditunggu infonya,, ari.puisi@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah sy balas di blog anda

      Hapus
    2. alhamdulillah sukses mbak Indah,, :D
      terima kasih banyak,,, hehehe,,,

      Hapus
    3. Ada tutornya lagi ndak mbak Indah untuk emoticonnya? hehehe,, sory ngerepotin,, :>)

      Hapus
  18. info yang sangat bermanfaat sob :D



    admin " variasi blogger "

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aduh mas... tiap klik selalu lari ke Adf.Ly
      Mksh kunjungannya

      Hapus
  19. mantap,, sukses mbak indah,, suwun yow.. (f)

    BalasHapus
  20. Selain pedagogik, anak juga harus diberikan pendidikan akhlak sejak dini, saya setuju :D

    BalasHapus
  21. artikelnya Indah sekali dan dapet banget dalam hal kata-kata!!
    tapi ko fotonya itu loh yang bikin saya ngakak ampe ngacir!!!......wkwkwk
    =p~

    lucu :)

    BalasHapus
  22. Kadang saya sendiri pun heran ! Pendidikan pelajaran yg saya ajarkan kepada anak spertinya smua tidak ada yang mengandung unsur negatif. Tp saya heran belajar dari mana anak ini? Setelah saya sadar pergaulanlah yang mempengaruhinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. begitulah anak jaman sekarang mas, unsur lingkungan sangat besar pengaruhnya

      Hapus
  23. Ngliat gambarnya bikinn tertawa sob :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. jgn lihat gambarnya..ntr gk bisa tidur :d

      Hapus

PERINGATAN !!!
1. Dilarang Nyepam Disini
2. Dilarang Pipis Disini
3. Dilarang Teriak Disini
4. Dilarang apalagi yah...?

Emoticon Centil Disini
:))
:((
:D
:(
=))
b-(
:)
:P
:-o
:*
:-s
[-(
@-)
=d>
b-)
:-?
:->
X-(

Top