Mau Taubat Kok Susah Amat Yah ?

|
Bismillahirrahmanirrahim.

Sebagai manusia pasti tidak lepas dari khilaf, baik berupa khilaf kecil ataupun besar. Nah disini orang yang pernah melakukan khilaf (termasuk saya) pasti pernah berfikir dan berkeinginan untuk kembali ke jalan yang benar atau biasanya disebut Taubat. Berusaha sejak dini untuk melakukan taubat adalah hal terbaik untuk memperbaiki akhlak. Di dalam melakukan usaha untuk bertaubat kiranya ada beberapa hal yang harus di perhatikan. 

Berikut tips bertaubat agar di terima oleh Tuhan :

Ada dua kewajiban yang harus dilakukan sebelum bertaubat, yaitu:
1. Mengenali dosa yang akan di tinggalkan
2. Meyakini bahwa dosa dapat dihilangkan dengan cara taubat

Sedangkan rukun-rukun bertaubat ada empat, antara lain:
1. Ilmu ( tentang cara bertaubat menurut As Sunnah)
2. Penyesalan
3. Tekat kuat
4. Meninggalkan perbuatan dosa

"Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang taubat dan menyukai orang-orang yang mensucikan diri." (QS. Al Baqarah: 222).

Kembali dari kemaksiatan menuju ketaatan wajib dibangun dari di atas landasan keimanan, dan kembalinya hamba dari kesibukan-kesibukan yang melalaikan kepada Allah Swt dan dari yang baik menuju yang lebih baik lagi. Hal ini termasuk merupakan taubat dan jalan kembali menuju kebenaran. 

Di antara keutamaan orang-orang yang bertaubat adalah: Allah SWT menugaskan para malaikat muqarrabin untuk beristighfar bagi mereka serta berdo'a kepada Allah SWT agar Allah SWT menyelamatkan mereka dari azab neraka. Serta memasukkan mereka ke dalam surga. Dan menyelamatkan mereka dari keburukan. Mereka memikirkan urusan mereka di dunia, sedangkan para malaikat sibuk dengan mereka di langit. 

"Katakanlah: "Hai hamba-hambaKu yang melampaui batas terhadap diri mereka sendiri, janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya. Sesungguhnya Dia-lah yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang." (QS. Az-Zumar: 53)

Semoga Bermanfaat



Backlink here..

101 komentar:

  1. Assalamu'alaikum.. dapat pertamax nih.. :d

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk bertaubat harus ada niat yang kuat dan bersungguh2.. tanpa hal tersebut terkadang dosa atau kesalahan dapat terulang kembali.. :(

      Hapus
    2. lumayan dapat premium,terimakasih tips nya mbak

      Hapus
    3. Mas Andy: Ntr tak kasih hadiah yah, tp msh ada yg salah. hehehe :>)
      Mas Agus: Sama, mksh jg kunjungannya :)

      Hapus
    4. walah.. kirain udah betul semua dapat nilai 100.. :((

      Hapus
    5. pesanan'nya silahkan dicek lagi di email ya.. hehehe..

      Maaf banget nih agak telat, soalnya banyak yang dikerjain.. hihihih..

      Hapus
  2. Saat ragamu lelah, maka bersyukurlah bahwa sehari ini kau telah berbuat banyak untuk dirimu dan keluargamu.

    Saat lidahmu lelah, maka diamlah. Mungkin dia terlalu capek atas huruf- huruf dusta yang terpaksa dilakoninya atas perintah kepentingan dan nafsumu.

    Saat matamu lelah, maka pejamkan dan istirahatkanlah dia. Rasakanlah betapa kekhasan dari sebuah nikmat itu memang tengah menaungimu lewat indahnya memiliki sebuah pandangan.

    Saat kakimu lelah, maka nyamankan dia. Nyamankan dengan berhenti untuk tetap berdiri dalam sebuah kemaksiatan. Bahkan kakipun juga adalah prajurit dari sebuah hatimu sendiri. Dia juga merupakan karunia nikmat dari Allah Subhanahu Wata'ala.

    Saat hatimu lelah... mungkin kepentingan duniawimu sudah terlalu menyesakkan dada, sedang naluri ruhiyahmu sudah terlalu lapar dan meminta disegerakan atas pemenuhan haknya. Maka berhentilah sebentar, dan berilah jeda waktu untuknya

    Saat kau telah begitu lelah... beristigfarlah atas apa yang telah membuatmu seperti itu dan kemudian istirahatkan kelelahanmu, selanjutnya serahkan urusanmu kepada yang Maha terjaga, Allah Subhanahu Wata'ala.

    maaf komentnya kepanjangan mba xixiiii ... semangat terus yaahh ... :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nice Info lah.... pokok'e top markotop :d

      Hapus
    2. wah minder neh kalo ketemu ustadz ustadzah...

      Hapus
    3. Kenapa harus minder Pak ?

      Hapus
  3. gerbang keampunan selalu terbuka buat orang2 yang mau bertobat. Innallaaha Ghofuururrohiim begitu banyak kita temui di Alquran.
    makasi udah mengingatkan mbk. saya sendiri sering nggak istiqomah, kadang udh tobat tapi ntar terulang lg, :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah tuh pinter...kok masih berlanjut? kt nya taubat...wah abal2 nih :d

      Hapus
  4. pintu taubat sentiasa terbuka buat kita, namun kita juga tidak boleh bertangguh, takut2 nanti terlambat, terima kasih tipsnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih jg kunjungannya :)

      Hapus
  5. Benar sekali mba indah,salam super,jaman sekarang sangat sulit untuk terhindar dari dosa,baik dosa kecil maupun besar.Bertobat adalah jalan kembali yang terbaik kepada Tuhan.Kenapa tobat terasa sulit dan kembali berbuat dosa? untuk itulah iblis dan kawan-kawan bertugas.Kalau semua orang terlepas dari dosa berarti iblis nganggur. (p)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaa,,,,mana ada iblis nganggur :))

      Hapus
    2. kasian amat jadi iblis ya..?
      dia ga ngapa-ngapain selalu dijadiin kambing hitam sama manusia
      hihih

      Hapus
    3. Ehh...ada Pak Rawins. mksh kunjungannya ya Pak

      Hapus
  6. taubat..gampang diucapkan tapi susah dilakukan. banyak yang bisa sholat tapi nggak bisa/nggak tahu tobat...padahal hanya dengan taubatlah kita mendapat ampunananNya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah kyai pacul bisa juga komen keren
      hehe

      Hapus
  7. Kalau mau tobat harus dan harus sudah janji untuk tidak mengulangi perbuatan sebelumnya,kadang ada juga taubat tapi masih aja tetap melakukan hal-hal seperti sebelumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. mudah2an kita bisa bertaubat sesungguhnya

      Hapus
  8. tomat, stlah tobat kumat,,

    BalasHapus
  9. sering taubat dilakukan disaat terdesak/dapat cobaan dari Alloh (ingat akan sgala dosa).. tp lebih baik daripada gak taubat sama sekali..
    hidayah Alloh bisa datang kapan saja, termasuk disaat yang dalam bentuk cobaan..

    intinya mari berfastabiqul khoirot... :)

    BalasHapus
  10. wah banyak pelajaran yang saya dapet di sini asob. wah ternyata sobat "Indah" ini ustadzah ya..? pengetahuan agamanya lumayan di banding saya. saya jadi malu nih sob..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Knp malu, pakai topeng klw malu =))

      Hapus
  11. Taubat seperti layaknya ketika kita bertamu dan ucapkan salam, tuan rumah menjawab salam kita dan membukakan pintu dan menyapa kita serta menyuruh kita masuk. Jika kita bertaubat dengan sungguh2 pastilah kita akan masuk dengan penuh suka cita tanpa melongok pintu itu untuk keluar lagi dari pintu itu ... karena tuan rumah akan menjamu kita dengan sebaik-baiknya jika kita selalu berada di dalam rumahnya.... Sudahkah sobat melakukannya...???

    BalasHapus
  12. wah jadi inget kalo punya banyak Dosa.. :(
    Astaghfirllah..

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama dong, sy jg byk dosanya :)

      Hapus
  13. hayuuuk taubat nasional.. taubat jamaah, selagi matahari belum terbit dari sebelah barat..

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya kalau pengen ke Matahari harus ke Bandung, jaraknya 40 km an...jauuuh kan??

      Hapus
    2. Mbak dini, kok ngajak eyang kakung sih?

      Hapus
    3. rasain dipanggil eyang kakung

      Hapus
    4. daripada eyang kangkung..?

      Hapus
  14. Pagi mba...klo yng lagubaratku.com...hanya lagu barat aja...klo mau indo jadul ada di blog pertama aku...musikgratissaja.blogspot.com...ehhh...maaf ya miss mba komennya ga nyambung dengan artikel...piss

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ok deh, ntr aku lihat. mksh yah?

      Hapus
  15. artikel yang mengingatkan untuk bertaubat, sangat bermanfaat mba Indah, Insya Allah taubat nasuha. terima kasih

    BalasHapus
  16. saya pernah dengar yang namanya "Tobat Sambel". Ini sering saya dengar beberapa tahun yang lalu, Entah siapa yang pertama sekali menelorkan istilah "Tobat Sambel" ini. Artinya kira kira sudah tau itu hasilnya jelek atau buruk tapi masih "ketagihan" untuk mencoba coba nya lagi. Sudah tau PEDAS rasanya, tapi penasaran mau mencoba coba lagi. Sudah tau itu jelek, masih dilakukannya lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. padahal sambel buatan istriku terkenal uenak se cilembu loh, apalagi cocolannya pete atau jengkol...wuiidih josgandos pisan

      Hapus
    2. klw ndak salah potingan kang asep mslh sambel jg yah?

      Hapus
  17. Allah lebih suka kepada hamba yang sering tobat dari pada yang merasa sudah bersih dari dosa hingga berhenti bertobat

    BalasHapus
  18. wah banyak pelajaran yang didapat dari blog ini, terimakasih mbak.... makanya mang nyempatkan tuk berkunjung ke blog ini... meskipun harus ke warnet atau pinjam teangga untuk bisa akses ke sini ehhehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. blog ini adminnya cs sayah loh

      Hapus
    2. Mang yono: mksh banget yah, aduhhh di bela2in ke tetangga sih :d
      Mang Ubi: CS Cewek Seksi yah? :))

      Hapus
    3. Mang Ubi : oooh begitu kalau begitu saya mintain tanda tangan dong heheheh

      Mbak Catatan : ya mbak, kalau pake hp jadul ndak bisa singgah dibuku tamu hehehe, jadi sementara nebeng tetangga dulu :-)

      Hapus
  19. yang susah itu cari jarum dilautan atlantik. kalau taubat mah, masuknya kategori berat kale mpo' (c) dulu ah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Minta kopinya dunk :d

      Hapus
    2. cocoknya sama ubi mentah kalo kopi manis

      Hapus
  20. kalo tobat terus maksiat terus tobat lagi diterima ngak mba hehe :D :D :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya kalau ad waktu untuk taubat,coba kalau waktunya habis pas lagi maksiat jatuh nendang batu terus mati bagaimana masbroo,.he...he...

      Hapus
    2. tobat tomat: abis tobat kumat lagi :))

      Hapus
  21. tobat sambel Mbak.
    asem tenan, saya kena telak nih
    OK, ini buat mengingatkan saya.
    good banget postingane.

    BalasHapus
    Balasan
    1. padahal utk saya pribadi loh...malah ikut2 ajah :))

      Hapus
  22. okaayy sipp artikelnya mbak,, semoga pintu gerbang untuk saya bertobat masih panjang x lebar :D

    BalasHapus
  23. berkunjung sambil baca artikel terbaru,,,mudah-mudahan tobat kita bisa di terima ya mba amiiiin....

    BalasHapus
  24. Mudah-mudahan selalu tercatat sebagai golongan yang selalu bertaubat Aamiiin

    BalasHapus
  25. Suatu pencerahan yang sangat menyentuh mbak.... orang seperti saya semustinya harus banyak bacaan seperti ini agar tetap ingat.... terima kasih ya mbak.....

    Ohya asal tahu aja kini sudah 98% saya tinggalkan dunia hitam.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. hebat tuh Pak Harun,,,tinggal 2% lagi Pak sikat habis saja hehehe

      Hapus
  26. Info yang amat Bagus mba Indah, semoga kita saat melakukan ke salahan bisa segera bertaubat dan taubatnya di terima oleh Allah SWT..
    Aamiin..:)

    BalasHapus
  27. Nice post Mbak Indah,
    Banyak orang mengatakan:
    Benar selamanya "bukan Malaikat "
    Salah selamanya "bunan syetan"
    Paling tidak harus ada upaya untuk bertobat,dan ini wajib saya kira,,,,
    Caranya: yaaaa seperti Yng Mbak Indah tulis di atas tadi,,

    BalasHapus
  28. semoga kita termasuk hamba Allah yang bersegera untuk bertaubat,,, amiin,,,

    BalasHapus
  29. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  30. nice artikel mis.

    Kata tobat emang lebih mudah untuk di ucapkan ketimbang dilaksanakan. selamat beraktivitas mis

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali mas...mksh supportnya

      Hapus
  31. Sangat Bermanfaat ...
    Semoga bisa menjadi pencerahan buat semuanya .. =)) :d

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mudah2an mas, khususnya buat saya pribadi. agar lebih rajin taubat :d

      Hapus
  32. ini sangat menarik buat menambah pengetahuan
    postingan yg kreatif penuh hikmah, terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih juga supportnya mas :)

      Hapus
  33. tobat sambel :D

    klo pake hati dan kesungguhan pasti ingat terus kesalahannya jadi nahan berbuat salah. tapi emang rada susah. kuatkan kuatkan ^_^ .

    BalasHapus
  34. Ini nih, saya habis tobat berikutnya slalu bikin dosa lagi.. begitu seterusnya.. kayanya susah banget istiqamah..

    BalasHapus
  35. halo tante,, boleh numpang ngupil ga?

    BalasHapus
  36. aku tambahin 1 tips lagi mbak,, jauh2lah dari hal+lingkungan yang bs memicu kita susah bertobat,, menurutku itu godaan terbesar,, kadang nih,, kadang dari hati kecil ada niat bertobat tp godaan setan tetep ga mau kalah,,, terus aja ngajak kearah dosa

    ciyus ini! :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pengalaman banget nih :d
      Mksh tips nya :))

      Hapus
  37. Taubat itu masalah hati mbak ... Asal ada niat, pasti bisa.. :)

    Wah sudah mulai main2 dengan judul nih .. mantap .. bagus lagi kalau di artikelnya, ditaruh link dengan judul yang dimau itu ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lah sampeyan ndak jelasin kyk gitu sih. heheh
      Ntar deh klw bikin postingan lagi. Mksh info nya

      Hapus
  38. kunjungan jelang sore mba ,,,haduh panas banget nih

    BalasHapus
  39. Kpn ya sy bertaubat? Ya Allah berikanlah hidayahmu kpd hambamu yg lemah ini. Artikel yg bermanfaat Mbak, salut dhe mbak

    BalasHapus
  40. assalam ..
    saya rizal, saya ingin sekali di beri solusi atas permasalahan saya .. saya benar" buta hati :(
    mohon bantuan nyaa :(
    tolong kasih saya pengarahan ..
    dulu saya terjerumus ke kegelapan, tpi sempat tobat .. tpi skrng malah saya jauh lebih buruk lg .. apa yg harus saya lakukan ??? tolong saya :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. hal ini jg sering terjadi sama saya, masih ajah bikin dosa lagi. tp lambat laun saya bisa menemukan jalan, dan ini tergantung pada masing2 orangnya.
      Klw saya puasa senin kamis mas...insya allah.

      Hapus
  41. emang sih selama ini saya blum coba puasa senin-kamis ..
    saya akan coba ..
    makasih saran nya ustadzah .

    BalasHapus
    Balasan
    1. loh loh....saya bukan ustadzzah. waduhhhh ..... :(

      Hapus

PERINGATAN !!!
1. Dilarang Nyepam Disini
2. Dilarang Pipis Disini
3. Dilarang Teriak Disini
4. Dilarang apalagi yah...?

Emoticon Centil Disini
:))
:((
:D
:(
=))
b-(
:)
:P
:-o
:*
:-s
[-(
@-)
=d>
b-)
:-?
:->
X-(

Top