Warning ... !!! Kesalahan ABG Dalam Mengirim Pesan SMS

|
Bismillahirrahmanirrahim.

Tadi pagi pas selesai sarapan, tiba-tiba handphone jadul saya berbunyi. Ternyata teman sekelas, ketika kami duduk di bangku sokolah SMU dulu. Memang akhir-akhir ini kami sudah jarang saling komunikasi, karena kesibukan kami masing-masing...mungkin. Heheheh . Pesannya seperti ini :



Teman saya: Askum ...ngpain ndah. msh ingt Q kan? Q wati bolomu ^_^
Aku jawab: Heyyy, pa kbr nih, wez rabi durung? (udah nikah belum)
Teman saya: ya awloh ndah ...wez GD mmngan Q (udah besar anakku)
Aku jawab: Wahhh...lanang po wadon? (laki-laki apa perempuan?)
Teman saya: Lah kowe piye, wez rabi sisan tah? (lah kamu gimana, sudah nikah juga yah?)
Saya jawab: Ora...golek duit disek wat. (tidak...kerja dulu wat)
Temen saya: Astajim Ndah.... ngenteni kapan? (Astajim Ndah...nunggu kapan?)

Itulah sekilas komunikasi saya dengan teman sewaktu SMU dulu, rasa kangen dan mengingatkan masa-masa indah ketika sekolah SMU dulu. Sebetulnya banyak yang kami perbincangkan lewat SMS tadi pagi, tapi saya ambil inti dari pembicaraan saya dengan teman saya...Wati (Susilowati tepatnya). Jika anda teliti pada pesan SMS saya dengan si wati, ada kesalahan yang sangat fatal. Kesalahan itu terdapat pada kata : Askum, Awloh dan Astajim. Kenapa saya mengatakan fatal? setelah saya telusuri akhirnya menemukan pencerahan seperti ini  :

Ass = Pant * T
Askum = Celakalah Kamu 

Assalamu'alaikum diganti "Askum"
Astaugfirullah hal'adziiim disingkat "astajim" 
Allah dirubah "Awloh"

Apakah Baginda Rasulullah mengajarkan seperti ini kepada kita ? 
Apakah ada dalil yang merujuk memperbolehkan menggunakan kata-kata itu ?

Mas...Mbak tidak ada ulama satupun sampai saat ini yang membenarkan beserta dalilnya, jika penggunaan kata-kata seperti itu boleh digunakan. Ini bukan bahasa "guyonan" seperti yang kita bicarakan setiap hari mas...mbak. Kata-kata di atas artinya sangat agung dan mempunyai makna sebuah doa yang di tujukan kepada Tuhan. Yang paling saya sesalkan kata Allah diganti dengan Awloh, ini ndak main-main loh. Allah adalah nama sebuah Dzat yang menciptakan alam semesta beserta isinya, termasuk kita manusia. 

Lah jika kita sebagai ciptaanNya kenapa sih kita berani-beraninya mengganti namaNya ? Apakah kita sudah terlalu hebat dan pinter ? Di hadapan Allahu Rabbi kita ndak ada apa-apanya mas..mbak, ndak ngefek meski kita paling pinter dan paling sakti di jagad raya ini. 
Saya menjadi heran dengan bahasa yang ndak jelas seperti itu, lalu kalau saya menulis kata-kata diatas dengan lengkap lantas di cap "anak ndak gaul?". Jujur nih, saya mending cap anak "Ndak Gaul" ketimbang dicap sebagai "Anak yang Murshal"

Inilah yang saya sebut “al-fiqhul akbar” (fikih/pemahaman agama yang paling agung), serta yang pertama kali dan paling utama termasuk dalam sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, “Barangsiapa yang Allah kehendaki baginya kebaikan maka Allah akan memahamkannya (ilmu) tentang agama“

Untuk itu saya menghimbau kepada sahabat-sahabat saya disini, jika menuliskan kata-kata khususnya waktu SMS agar lebih berhati-hati. Karena jika kita salah dalam penulisan, maka salah pula artinya. Dan jika ada teman-teman yang kurang sependapat dengan saya, yuk kita diskusikan lewat kolom komentar di bawah dan jangan lupa disertai dalilnya. 

Mudah-mudahan Allah selalu membimbing saya dalam mencari kebenaran. Aamiiin.



Backlink here..

101 komentar:

  1. parah ya mbaak, kadang ngelakuinnya gak sadar jugaa :|

    BalasHapus
    Balasan
    1. mnrt sy itu tidak membiasakan menulis dgn benar, khususnya kata2 di atas

      Hapus
  2. mbak indah seharusnya temennya langsung diingetkan biar ndak tuman sms model bgituan mungkin aja dia ga tau atau mungkin dia nganggapnya plesetan kata2 itu srmacam joke.. aku jg prnh dpt sms slm ky gt: ass, 4jjs (mksdnya Allah), sblum kita msk lbh dlm ke obrolan sms kuingetin dia, ya ngingatkannya pake guyon se kaya gni: "woi, wus mbok banca'i opo kalimat Allah dadi 4jjs?" atau kl biasanya,muridku sms salamnya "azqum bunda.." -_____- aku lgsg bls "azqum artinya apaan yo nduk?", nah stelah itu mreka ndak tuman kemaruk bhasa gaul lg..

    ni cerita sdkit mbak.. dl ada kyai musannif (pngarang kitab) yg menyingkat kalimat sallallahu alaihi wa sallam jd SHOL'AM, lalu mlm harinya beliau mimpi didatangi nabi, namun nabi tampak acuh dan tdk mau diajak salaman, ktika kyai musonnif mnanyakan sebabnya, nabi bersabda "doa untukku saja engkau singkat2, bgaimana mungkin syafaat didapat?"... wallahu a'lam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah sudah sy ingetin dia mbak, mungkin awalnya dia menganggap hal ini di anggap biasa2 saja. setelah sy kasih tau baru dia paham. mksh cerita kyai musannif nya.
      ** eh ini bu guru yah? :d

      Hapus
    2. yap, betul sekali.. seratus buat indah.. spesifiknya guru pelajaran mengarang :p

      Hapus
  3. Inilah kalau kita sering menyingkat-nyingkat kata ketika hendak SMSan.

    Ass = Pant * T
    Askum = Celakalah Kamu

    Iniyah artinya :-?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya betul. mksh supportnya :)

      Hapus
  4. dulu akau juga gitu mbak,, cuma ngikut tren sms aja n gak peduli sama artinya,, tapi pas tau artinya alhamdulillah dah gak lagi.. hehe :p

    makasih mbak atas infonya.. (h)

    BalasHapus
    Balasan
    1. mmg harus ada yg mengingatkan agar tidak meneruskan kesalahan spt itu. mksh jg kunjungannya :)

      Hapus
  5. terkadang kata2 yg salah malah lebih familiar dan lebih dibanggakan oleh sebagian orang dan kalangan khususnya bagi orang yg so Gashul.. hheueu :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas, salah kaprah klw bhs jawanya :)

      Hapus
  6. Bahasa gaul boleh-boleh saja tetapi harus tetap diingatkan sesuatu yang berhubungan dengan agama atau hal yang sakral dan doa jangan disingkat sehingga menghasilkan arti yang lain.Karena tidak tahu mereka menggunakan kata ini sekedar ikutan.Ada baiknya bagi yang sudah tahu memberitahukan pada mereka yang tidak mengerti.
    Ciyuss mba,,enelannn. :p
    Oh iya ada yang lupa nih,kalau ada gambar yang melecehkan agama jangan dishare kepada teman yang lain dengan alasan membela agama,karena malah sebaliknya membuat situs pengirim gambar jadi naik rattingnya.Ini sering beredar di BBM.Siapa tahu yang membuat dan mengirim pertama adalah orang "asing" yang ingin menaikan traffic blog. [-(

    BalasHapus
    Balasan
    1. ternyata mas abdoel pinter bhs alay juha nih :d
      Itu mskh sharenya ya mas....

      Hapus
  7. Bahaya.. klo gak hati2 bisa kufur tanpa di sadari.. lo

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul mas...pertama sy kirain ndak mslh hal spt itu, ternyata bisa fatal klw di teruskan. mksh supportnya yah :d

      Hapus
  8. makasih mbak atas infonya, semoga ini menjadi ceramah dalam bentuk text elektronik via blog. nice post from true story!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih jg atas kunjungannya :)

      Hapus
  9. ga cuma ada di sms-an aja mbak indah...singkatan tulisan itu...
    malah hampir di setiap jejaring sosial sama dunia chat...sering banyak di temuin juga..

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener mas...ini sudah melanda anak2 abg saat ini

      Hapus
    2. sedih ya liat anak2 sekarang.. :-(

      Hapus
  10. gaul tapi gak paham ya jadinya seperti itu.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. fotonya kok ndak ada llink nya sih? alamat blognya apaan mas?

      Hapus
    2. Kalo saya turut link nya, ada 3 mbak... gambarpaculdotkom, blogdotgambarpaculdotkom, dan ngapakdotgambarpaculdotkom

      Semoga bisa membantu mbak IndahDotP .. xixi...

      Hapus
  11. gak cuma di sms mbak indah, di twitter pun begitu adanya.. prnah saya buat tulisan tentang ini juga mbak saking geram dan miris liatnya.. :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, betul mbak. mnrt sy udah keblinger. =))

      Hapus
    2. saya juga geram.. geraaaaam banget.. bukannya geram itu yang rasa'nya asin..

      Hapus
  12. kadang untuk mempersingkat bahasa sms, tak sadar telah mensalah artikan ucapan salam, terima kasih sist telah mengingatkan

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih juga atas kunjungannya :)

      Hapus
  13. Askum= Asu Kumpul :-)

    di pacebok banyak orang makai bahasa seperti itu.
    salah pergaulan..[-(

    *tutup dada melihatnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. lah bukannya mata yg dititip? aneh nih

      Hapus
    2. baru tau ya kalau KS suka nutup dada'nya,, xixixixi..

      Hapus
  14. Balasan
    1. wah ini nggak bener nih, emoticon saya nggak jalan. malah kayak huruf bingung.

      Hapus
    2. ohh udah bener sekarang

      Hapus
    3. tadi belum bisa keluar gambarnya

      Hapus
    4. terus saya mau komen apa coba

      Hapus
    5. nonton kang zach sambil ngopi..... (c)

      Hapus
    6. ndak sekalian leyeh2 mas....seru loh acaranya :d

      Hapus
    7. mas zach.. mas zach.. bikin saya makin mules aja.. @-)

      Hapus
  15. Memang benar.. skrg ini banyak orang kirim sms dg disingkat.. padahal kalau diartikan yg sesungguah sudah sangat beda dg yg dimaksud. Maksud nya baik tapi caranya yg salah. Tak jarang kita di buat bingung gimana bacanya sms yg disingkat tsb.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sms anak sekarang susah dibaca yah :d

      Hapus
  16. payah, anak2 sekarang mah! maunya singkat aja... padahal lom musti bener kan!
    untung udah diingetin, mbak! syukron ea... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. mksh jg ats kunjungannya mas :)

      Hapus
  17. mungkin temennya mbak pada awalnya belom tau artinya, jadi dia maen singkat aja.. :)
    btw mbak jawanya mana ya? hehe,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin juga sih mas :)
      sy jawanya jawa timur agak ke tengah :d

      Hapus
    2. apa mungkin sih mbak :D

      tengahnya jawa timur mana mbak :)

      Hapus
  18. waaaawwww, terimakasih sudah mengingatkan dan mari kita saling mengingatkan. walaupun saya bukan beragama muslim, saya ikut mendukung agar kita tidak menggunakan kata-kata singkatan yang bersangkutan dengan agama, takutnya ntar jadi ribet dan menjurus sara.

    setuju ? mari curhat disini http://tulisan-ndoz.blogspot.com/2013/03/bangga-atau-minder-memilki-status.html

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener mas, mudah2an tilsan ini dijadikan renyngan utk mereka. mmksh supportnya yah :)

      Hapus
  19. sangat bermanfaat mbak .padahal saya biasa nya klo nulis/ngtik sms, asalamualaikum di singkat mikum.mikum apa ya arti nya he he..

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebuah salam itu merupakan doa utk si penerima pesan. jd klw bisa yg wajar saja dlm penulisan. klw yg lain bisa di singkat.

      Hapus
  20. copas ahh, biar makin menggema:

    Tadi pagi pas selesai sarapan, tiba-tiba handphone jadul saya berbunyi. Ternyata teman sekelas, ketika kami duduk di bangku sokolah SMU dulu. Memang akhir-akhir ini kami sudah jarang saling komunikasi, karena kesibukan kami masing-masing...mungkin. Heheheh . Pesannya seperti ini :



    Teman saya: Askum ...ngpain ndah. msh ingt Q kan? Q wati bolomu ^_^
    Aku jawab: Heyyy, pa kbr nih, wez rabi durung? (udah nikah belum)
    Teman saya: ya awloh ndah ...wez GD mmngan Q (udah besar anakku)
    Aku jawab: Wahhh...lanang po wadon? (laki-laki apa perempuan?)
    Teman saya: Lah kowe piye, wez rabi sisan tah? (lah kamu gimana, sudah nikah juga yah?)
    Saya jawab: Ora...golek duit disek wat. (tidak...kerja dulu wat)
    Temen saya: Astajim Ndah.... ngenteni kapan? (Astajim Ndah...nunggu kapan?)

    Itulah sekilas komunikasi saya dengan teman sewaktu SMU dulu, rasa kangen dan mengingatkan masa-masa indah ketika sekolah SMU dulu. Sebetulnya banyak yang kami perbincangkan lewat SMS tadi pagi, tapi saya ambil inti dari pembicaraan saya dengan teman saya...Wati (Susilowati tepatnya). Jika anda teliti pada pesan SMS saya dengan si wati, ada kesalahan yang sangat fatal. Kesalahan itu terdapat pada kata : Askum, Awloh dan Astajim. Kenapa saya mengatakan fatal? setelah saya telusuri akhirnya menemukan pencerahan seperti ini :

    Ass = Pant * T
    Askum = Celakalah Kamu

    Assalamu'alaikum diganti "Askum"
    Astaugfirullah hal'adziiim disingkat "astajim"
    Allah dirubah "Awloh"

    Apakah Baginda Rasulullah mengajarkan seperti ini kepada kita ?
    Apakah ada dalil yang merujuk memperbolehkan menggunakan kata-kata itu ?

    Mas...Mbak tidak ada ulama satupun sampai saat ini yang membenarkan beserta dalilnya, jika penggunaan kata-kata seperti itu boleh digunakan. Ini bukan bahasa "guyonan" seperti yang kita bicarakan setiap hari mas...mbak. Kata-kata di atas artinya sangat agung dan mempunyai makna sebuah doa yang di tujukan kepada Tuhan. Yang paling saya sesalkan kata Allah diganti dengan Awloh, ini ndak main-main loh. Allah adalah nama sebuah Dzat yang menciptakan alam semesta beserta isinya, termasuk kita manusia.

    Lah jika kita sebagai ciptaanNya kenapa sih kita berani-beraninya mengganti namaNya ? Apakah kita sudah terlalu hebat dan pinter ? Di hadapan Allahu Rabbi kita ndak ada apa-apanya mas..mbak, ndak ngefek meski kita paling pinter dan paling sakti di jagad raya ini.
    Saya menjadi heran dengan bahasa yang ndak jelas seperti itu, lalu kalau saya menulis kata-kata diatas dengan lengkap lantas di cap "anak ndak gaul?". Jujur nih, saya mending cap anak "Ndak Gaul" ketimbang dicap sebagai "Anak yang Murshal".

    Inilah yang saya sebut “al-fiqhul akbar” (fikih/pemahaman agama yang paling agung), serta yang pertama kali dan paling utama termasuk dalam sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, “Barangsiapa yang Allah kehendaki baginya kebaikan maka Allah akan memahamkannya (ilmu) tentang agama“

    Untuk itu saya menghimbau kepada sahabat-sahabat saya disini, jika menuliskan kata-kata khususnya waktu SMS agar lebih berhati-hati. Karena jika kita salah dalam penulisan, maka salah pula artinya. Dan jika ada teman-teman yang kurang sependapat dengan saya, yuk kita diskusikan lewat kolom komentar di bawah dan jangan lupa disertai dalilnya.

    Mudah-mudahan Allah selalu membimbing saya dalam mencari kebenaran. Aamiiin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kebiasan baru bang Zachflazz adalah kopi paste. Gejala ini mulai mewabah dalam 2 hari terakhir ini. Bisa jadi ini menular kaya Menguap. Waspadalah waspadalah

      Hapus
    2. Pak dhe lagi galau kali yah :d

      Hapus
    3. mungkin obatnya habis tuh...:-?

      Hapus
    4. kan saya tukang obatnya
      saya lagi nyobain obat tadi

      Hapus
    5. cerpen kah ini kok panjng bgt? hehe

      Hapus
  21. tapi tergantung niatnya juga loh mbak, selama kita tidak tau artinya kan juga engga popo sms kek ngunu .. aku nggawe boso jowo ae lah. :D

    Ndang Ibar mbak, heheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. justru krn tidak yau itu saya memposting spt ini. mudah2an bisa di jadikan renungan.
      ** ndak keburu ibar sek sam :d

      Hapus
  22. Lucu juga sms yg ky gt :-),.
    tp klo di artikannya g baik emg mending g usah dipake kata2 itu tuhh

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener mas, mau nya pakai salam ndak taunya justru salah besar. :)

      Hapus
  23. Mengirim pesan singkat (SMS) bagi saya juga kadang ambivalensi atau membingungkan dan kadang mengganggu. Hal yang sering saya alami adalah ketidak mengertian atau ketidak tauan saya akan kosa kata (vocabulary) SMS yang dikirim kawan kawan saya.

    Beberapa istilah SMS yang benar benar membuat saya berpikir keras kira kira ini apa maksudnya. Mungkin maksudnya bahasa GAUL, tapi kelewat GAUL sampai saya sendiri jadi tidak paham membacanya.

    Misalnya "bgt" kira kira artinya apa? Saya menafsirkan ada dua artinya yakni "banget" dan "begitu". Sehingga untuk memastikannya saya harus baca ulang pesan singkat SMS nya agar tidak salah paham.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kelewat gaul korbannya pada orang tua, susah membaca nya, bener kan mas? tulisannya aneh2 yah? =))

      Hapus
  24. Setidaknya kita bisa mengingatkan jika mendapat sms seperti itu, dan kita juga seringkali lupa terhadap hal yang terlihat sepele tetapi sangat krusial ... yuk mari bersama saling mengingatkan dan jangan saling menyalahkan... sulit memang untuk berkata benar tetapi harus kita mulai dari sekarang... oke coy...selamat siang mbakku yang cantik...

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat siang juga mas, wah pagi2 udah stand by disini...:d
      mksh kunjungannya yah ? :)

      Hapus
  25. kebiasaan buruk orang indo suka menyingkat kata kata atau salam berarti baik menjadi jelek, makanya kalo ada yg salam gitu ga kubalas balaspun dg walaikumsalam

    BalasHapus
    Balasan
    1. biarpun mereka salah, yg penting kita menjawab sesuai ajaran islam. setuju mbak :)

      Hapus
  26. numpang duduk disini...(o)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Abis Makan sate mas Ks .......... ♥♥♥♥ sate ulet ♥♥♥♥

      Hapus
    2. numpang tidur disini.. Zzzzzzz.. (b)

      Hapus
  27. sms buat mba indah
    "maaf ya mba,saya belum bisa onlen aktif seperti biasa.ini juga gak sempet baca postingnya."

    jumpa lagi :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sms-an? wahh, gosip baru

      Hapus
    2. gosip terpanas minggu ini :d

      Hapus
    3. sms buat mbak indah
      "maaf ya mbak,, saya lagi mules nih.. ntar saya kembali lagi ya.." :-s

      Hapus
  28. yah begitulah mba jaman sekarang,,, demi gaya bahasa (bahasa gaul jarene) sehingga lupa norma atau kebenaran dari arti kalimat yang kita sebutkan,,,subhanAlloh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jarene sopo mas...wah kirain ndak bisa bhs jawa mas cahyo :d

      Hapus
  29. betul mba memang anak-anak remaja sekarang yah begitulah,tapi alhamdulillah saya nggak pernah begitu.mending sms biasa saja dari pada disingkat-singkat.

    BalasHapus
  30. biar aman kalau nulis pesen (terutama sms) nggak udah disingkat-singkat ya biar deh dibilang norak juga hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul mbak, meski gaul tapi ndak bener, malah bikin dosa yah? :d

      Hapus
    2. boleh singkat,, tapi mesti diliat2 yang disingkat yang mana.. :)

      Hapus
  31. kalo anak jaman sekarang nulisanya disingkat singkat biar gaul getu atau karakter sms nya terbatas :D hehehe alhamdullilah kalo saya nulis salam dll sih enggak pernah disingkat2 begitu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berarti mas dwi anak jaman tempo dulu yah :d

      Hapus
  32. Beda kalimat beda juga artinya., betul gakak? :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul mas, mk nya kita harus berhati2 dalam penulisan khususnya bhs al quran

      Hapus
  33. Wah .. kalau itu kebangetan mbak .. seharusnya, tahu mana yang bisa disingkat dan mana yang ga boleh.. Oalah ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ndak tau juga mas, anak sekarang dipukul rata, maunya gaul tp ndak bener blas. Oalah juga ah :d

      Hapus
    2. kalau Alay mungkin lebih parah x ya.. =))

      Hapus
  34. Biasanya yang pake kata-kata itu pasti terlalu gaul,jadi seperti itu [-(

    BalasHapus
  35. Maksud hati mau nyingkat kata,, tapi fatal akibat dalam berkata.. yang kayak gini mesti ditegur, jangan dibiarin.. ntar malah keterusan,, 8-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. makanya saya gerah banget krn sering sekali ada sms spt ini. yah saya2 pikir2 bagusnya tak bikinin postingan, mungkin akan lebh tepat

      Hapus
  36. hal yang sepele bisa menjadi kerugian yang sangat fatal... kurang diimbangi dengan ilmu islam yang memadai bisa jadi hal seperti ini, semoga umat islam bisa belajar dari kesalahan kecil ini... amin. :-)

    BalasHapus
  37. krn kurangnya ilmu, atau emng uda terbiasa

    BalasHapus
  38. Yang tidak tau dikasih tau, yang malas dikasih solusi bikin draft sms, yang alay dikasih terapi ...

    BalasHapus
  39. baru tau gw mba.. dulu pernah SMS ky gitu, tp sekarang udah ngga, makasih bgt ya mba infonya..

    BalasHapus

PERINGATAN !!!
1. Dilarang Nyepam Disini
2. Dilarang Pipis Disini
3. Dilarang Teriak Disini
4. Dilarang apalagi yah...?

Emoticon Centil Disini
:))
:((
:D
:(
=))
b-(
:)
:P
:-o
:*
:-s
[-(
@-)
=d>
b-)
:-?
:->
X-(

Top