Renungan : Kenapa Sebuah Doa Diakhiri Kata "Amin"

|
Bismillahirrahmanirrahim.

Saat kita berdoa sehari-hari pasti diakhiri dengan kata "Amin", meskipun kita berdoa secara berjamaah. Orang Yahudi, Katolik dan Kristen juga mengakhiri doanya dengan "amin atau amen".  Sedangkan "amin atau amen" pada agama Yahudi, Katolik dan kristen berasal dari bahasa Ibrani yang artinya benar atau pasti. Dengan mengucapkan kata amin pada akhir doa, mereka turut serta membenarkan  doa yang telah dibaca.

Dalam bahasa Arab kata "amin" seakar dengan kata amanah, yang artinya dapat dipercaya seperti Rasulullah disaat jaman jahiliyah masyarakat Quraish memberi julukan kepada beliau "Al Amin" yang artinya dapat dipercaya. Apabila kita membaca panjang huruf A nya dan Mim nya maka kita sama dengan menutup doa yang dibacakan yang artinya " Wahai Tuhan kami, kabulkanlah doa tersebut ". Begitu pentingnya kata "amin" maka Rasulullah bersabda : " Apabila Imam membaca amin, maka ucapkanlah amin. Barang siapa yang membaca amin bertepatan dengan amin-nya Malaikat, maka ia dilindungi dari dosa-dosa yang telah dilakukannya" [ HR. Bukhari-Muslim]

Jadi mengucapkan kata "amin" harus disertai dengan tindakan dan perbuatan yang diperintahkan di dalam Al Quran dan Hadits. Bagaimana mungkin Tuhan akan mengabulkan doa orang yang berbuat mungkar dan keji. Kita ingin keluar dari krisis, kita memohon kepada Tuhan agar doa kita dikabulkan, tetapi kita berada dalam kesesatan yang nyata. Coba kita pahami salah satu ayat dari Al Quran : "Dan orang-orang yang sungguh-sungguh berjuang untuk Kami, Kami pasti menunjuki mereka kepada jalan-jalan Kami. Dan, sesungguhnya Allah itu menyertai orang-orang yang berbuat ihsan". [ Al Ankabut:69 ]

Dengan demikian sudah jelas sekali bahwa setiap doa harus ditutup dengan "Amin". Dan doa tersebut akan diperkenankan oleh Tuhan bila orang yang berdoa memenuhi seruan atau permintaan Tuhan, yaitu beribadah dan beriman  kepada Tuhan. Itulah makna dari kata "amin" yang sering kita ucapkan, semoga apa yang saya tulis akan bermanfaat untuk kita semua. 

Semoga Allah mengampuni diriku jika ada kekhilafan dalam menulis artikel ini. Amin

Wassalam.


Backlink here..

111 komentar:

  1. Balasan
    1. mksh kunjungannya yah

      Hapus
    2. aminn.. semoga mulai sekarang belajar berdo'a yang baik

      Hapus
    3. gambarpacul:..aaaaammiiiiin
      maaf y, kalau diklik linknya munculnya gini:kenapa y?

      Profil Tidak Tersedia
      Blogger Profil yang Anda minta tidak dapat ditampilkan. Banyak Blogger pengguna belum memilih untuk berbagi secara umum Profil mereka.

      Apabila Anda adalah seorang pengguna Blogger, kami menyarankan Anda untuk mengaktifkan akses ke Profil Anda.

      Hapus
    4. Iya mang, saya kesulitan mengunjungi blog dia

      Hapus
    5. iya benar gambar pacul gak bisa di buka

      Hapus
  2. Kalimat pendek yang manfaatnya bisa menyelamatkan kitad ari dunia dan akhirat. Sudah sepatutnya memang kita sebagai umat muslim harus selalu mengikuti apa yang telah disampaikan Allah SWT lewat kitabnya dan Rasulullah SAWW lewat sunnahnya tapi terkadang juga saya sendiri masih menemukan orang yang tanpa merasa bersalah meremehkan pengucapan kata "amin" itu. Mungkin orang tsb belum memahami secara mendalam apa makna dan manfaat dari kata ini.

    Sangat aneh dan unik memang, saat ini kita mengaku pengikut Rasulullah SAWW tapi dalam keseharian kita masih banyak hal2 yang telah diajarkan Rasulullah dilewatkan begitu aja padahal semuanya sudah ada dalam Al Qur'an dan Hadits.

    BalasHapus
    Balasan
    1. mudah2an perbuatan kita selalu di ridhai

      Hapus
    2. Amiiiin ya rabbal'alamin :)

      Hapus
    3. nemu orang itu dimana sob.. hehehehe.. tapi bukan saya kan sob.. xixixi

      Hapus
  3. Balasan
    1. Semoga doa kita selalu terkabul

      Hapus
  4. saya pernah baca tulisan, tentang penggunaan lafaz amin. kayak begini kak:

    Lafaz aamiin diucapkan didalam dan diluar salat, diluar salat amin diucapkan oleh orang yang mendengar doa orang lain. Aamiin termasuk isi fiil Amr, yaitu isim yang mengandung pekerjaan. Maka para ulama jumhur mengartikannya dengan Allahummas istajib (ya Allah ijabahlah). Makna inilah yang paling kuat dibanding makna-makna lainnya seperti bahwa aamiin adalah salah satu nama dari asma Allah.

    Membaca aamiin adalah dengan memanjangkan a (alif) dan memanjangkan min, apabila tidak demikian akan menimbulkan arti lain.
    Dalam Bahasa Arab, ada empat perbedaan kata “AMIN” yaitu :

    1. ”AMIN” (alif dan mim sama-sama pendek), artinya AMAN, TENTRAM
    2. "AAMIN” (alif panjang & mim pendek), artinya MEMINTA PERLINDUNGAN KEAMANAN
    3. ”AMIIN” (alif pendek & mim panjang), artinya JUJUR TERPERCAYA
    4. “AAMIIN” (alif & mim sama-sama panjang), artinya YA TUHAN, KABULKANLAH DOA KAMI

    Arti kesemuanya bermakna baik, tapi benar atau belum pemakaian kata² tersebut?
    Supaya apa yang kita lafalkan benar dan sesuai dengan arti yang kita inginkan.
    Semoga bermanfaat...

    gimana menurut kakak? : )

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang betul uraian mbak dini, dlm istilah bhs arab ada perbedaan dalam melafalkan kata "amin". namun disini saya hanya menerangkan secara umum yg sering digunakan berdoa atau sholat dalam ibadah sehari-hari.
      Dlm bhs arab sangat rinci utk menerjemakan kata amin, pelafalan dianjurkan utk berhati2 terutama amin sewaktu sholat. Sebetulnya masih byk yg perlu dijabarkan terutama asal usul kata amin tsbt. tapi saya takut pengunjung ndak mau baca artikelnya :>)

      Hapus
    2. benar, bahasa arab sangat rinci..
      namun saya ingin tanya nih sama mbk indah atau mbk dini tentang kata amin yang berbeda itu.
      kalau Amin yang diucapkan setelah Al-fatihah berarti kan yang keempat tuh, Aamiin ( sama2 panjang ).

      berapa harakat panjang Alif dan miin itu mbk?
      saya ada baca buku judulnya 44 kesalahan org sholat,membahas tentang bacaan Amin salah satunya. katanya cuma 2 harakat untuk alif, dan tak boleh lebih. begitu juga saya lihat imam2 masjidil harom baca Amin nya nggak panjang2. Tapi di Indonesia kayaknya kebanyakan panjang sampai 5 harakat bahkan lebih, apalagi kalau terpengaruh ama imam yang bacaannya lambat, semakin panjang ntar aminnya.

      apakah pengaruh dengan maknanya mbk? kenapa membaca 5 harakat didalam buku itu dikatakan salah? apakah itu cuma khilafiyah? dan dalam tajwid, alif itu berapa harakat? abang saya yg tahfidz bilang malah 5 harakat alif yg benar dari segi tajwid, jadi bingung..haha

      hehe maaf banyak tanya, :D

      Hapus
    3. 1.(a pendek, min panjang), artinya ‘orang yang amanah atau terpercaya’.
      2.(a panjang, min pendek), artinya ‘berimanlah’ atau ‘berilah jaminan keamanan’.
      Ketika shalat, kita tidak boleh membaca “Amin” dengan dua cara baca di atas.
      3.(a panjang 5 harakat, mim:bertasydid, dan min panjang), artinya ‘orang yang bermaksud menuju suatu tempat’.
      Ada sebagian ulama yang memperbolehkan membaca “Amin” dalam shalat dengan bentuk bacaan semacam ini. Demikian keterangan Al-Wahidi. Imam An-Nawawi mengatakan, “Ini adalah pendapat yang sangat aneh. Kebanyakan ahli bahasa menganggapnya sebagai kesalahan pengucapan orang awam. Beberapa ulama mazhab kami (Mazhab Syafi’i) mengatakan, ‘Siapa saja yang membaca ‘Amin’ dengan model ini dalam shalatnya maka shalatnya batal.’” (At-Tibyan fi Adab Hamalatil Qur’an, hlm. 134)
      4.(a panjang 2 harakat krn mengikuti mad badal, min panjang 4–6 harakat ), artinya kabulkanlah’.

      Pada point ke 3 jika pelafalannya dilakukan dalam shalat maka jelas sekali shalatnya batal. krn tidak sesuai dengan penyempurnaan amin di akhir surah Al Fatihah. Krn di akhir ayat Al Fatihah kita memohon utk dijauhkan dari sifat maughdub dan dholim. Wallahu'alam

      Hapus
    4. kok banyak ya jenisnya amin ini ... kalo salah pengucapan bisa gawat dong ya

      Hapus
    5. Sy juga masih byk belajar dari ilmu ini mas :)

      Hapus
    6. saya baca judulnya aja... boleh kan

      Hapus
    7. Silahkan.... sambil leyeh2 jg ndak papa kok :-t

      Hapus
    8. wah makasi bnyk penjelasannya mbak..mulai tercerahkan. :)
      untung akhir2 ini saya sudah tidak pakai Amin yang alifnya 5 harakat..lagian kita kan ngikut mazhab syafi'i.



      Hapus
    9. panjang juga nih komen.. bobo dulu ach.. ngantuk.. ZZzzzzz... @-)

      Hapus
    10. Bagus nih diskusi dan muhadatsahnya... Btw, kata orang bijak "intinya, satukan hati, pikiran dan perkataan kepada apa yang diminta.. Lalu berikhtiarlah.."
      Insyaallah.... terkabulkan apa yg dimaskudkan.. :)(f)

      Hapus
    11. Dan pasti di akhiri dgn "Aamiiin" :)

      Hapus
    12. wah jadi banyak belajar dari kolom komen yang ini

      Hapus
    13. Naaaah setuju dengan mbak din hihi

      Hapus
  5. Selain dari uraian diatas, kalau berdoa tanpa diakhiri dengan kata amiin kedengarannya kurang pas dan setiap kita mendengar orang berdoa tanpa kita sadari secara spontan kita akan mengucap kata amiin. (o) :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. bukan masalah pasa atau ndak pas,,,,ini keharusan mas. huh :>)

      Hapus
    2. yup.. bukan masalah pas atau ndak pas..

      Hapus
    3. ini malah ikut2 ajah. huh

      Hapus
    4. Hehehe... ada orang komen koq dimarahi.. kasihan tuh mas Andy.. jadi ngambek.. ngomong2 templatenya udah gak new tab lagi ya.. ini yg kusuka. :)

      Hapus
    5. klw ada yg kurang berkenan bilank ajah, ini juga dapat saran dr mas ulin klw new tab ktnya kurang nyaman, akhirnya saya balikin semula. :)

      Hapus
  6. kayak kata mbak Dini:
    4. “AAMIIN” (alif & mim sama-sama panjang), artinya YA TUHAN, KABULKANLAH DOA KAMI

    semoga tulisannya menyadarkan yang khilaf,
    aamiin..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga saja mas, ini memang sering dibaca namun jarang sekali orang memahaminya. mk nya sy berkeinginan share kata amin ini. mksh supportnya :)

      Hapus
    2. banyak yang belum tau soal ini.. kayak saya dulunya juga belum tau tapi akhirnya tau.. :)

      Hapus
  7. aminjuga dah kalo gitu hehe

    BalasHapus
  8. Amien ya Roballalamin
    mudah2n doa kita menjadi doa yang di kobulkan terus

    BalasHapus
  9. Amin berarti doa sudah terpanjatkan dan kita ikhlas mengucapkan dan percaya pasti terjawab dari apa yang kita doakan.

    BalasHapus
  10. semoga yang nulis dan yang baca artikel ini selalu ada dalam lindungan alloh s.w.t

    aminn yaa robballalamin

    BalasHapus
  11. kenapa nama pamanku disebut sebut disini :-(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ganti ajah nama pamannya :d

      Hapus
    2. Nama pamannya aminuddin ya.. itu tetanggaku..

      Hapus
  12. Amin kalimat pendek tapi super panjang manfaatnya,,,,makasih infonya mba

    BalasHapus
  13. sebuah doa harus diakhiri kata kalimat amin, karena kita seagai orang Islam, iya kan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya...betul sekali :)

      Hapus
    2. Non Islam juga ada kata amin lho..

      Hapus
    3. hmm.... kaligrafi diatas emangnya apaan? itu kan tulisan arab yg jelas sdh islam yg pakai. huh..biasa :(

      Hapus
  14. wahh membangun sekali artikelnya mbak indah.. :)
    sukses selalu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih supportnya yah :)

      Hapus
  15. aaamiin,mudah-mudahan bermanfaat untuk semua.

    BalasHapus
  16. karna kalo abis doa, kita bilang 'asolole' kan malah jadi gak karuan!emangnya ndangdutan! Hehehe

    pada intinya kata 'aamiin' juga sebuah doa kan yg artinya istajib du'ana.,
    syukron buat artikelnya, mbak! :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih juga atas kehadirannya :d

      Hapus
  17. walaupun hanya hanya kata "amin" tapi maknanya luar biasa :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seperti itulah di agama islam, kt amin maknanya luas sekali. mksh kunjungannya :)

      Hapus
  18. Maaf saya hanya membenarkan kata yang benar nya , coba searching di google , kalau nggak percaya, hehe

    1. ”AMIN” (alif dan mim sama-sama pendek), artinya AMAN, TENTRAM
    2. “AAMIN” (alif panjang & mim pendek), artinya MEMINTA PERLINDUNGAN KEAMANAN
    3. ”AMIIN” (alif pendek & mim panjang), artinya JUJUR TERPERCAYA
    4. “AAMIIN” (alif & mim sama-sama panjang), artinya YA TUHAN, KABULKANLAH DOA KAMI

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah kan sama ajah mas, coba deh lihat komentar saya dan kawan2 di atas. persis spt komen mas bagus :)

      Hapus
    2. berarti gak baca komen yang diatas2'nya nih...

      Hapus
  19. Aamiin,semoga saja dengan adanya artikel seperti ini,kita semua bisa lebih teliti lagi dalam hal pengucapan kata yang berkaitan dengan bahasa Arab,karena salah pengucapkan maka artinya akan salah pula,Terimakasih untuk mbak Indah untuk Artikel yang satu ini..Wassalam

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya perhatikan Mbak Indah mahir banget yah Ilmu Tajwidnya,Dan ada kaitanya juga sama Ilmu Nahwu/sahorofnya,,,huebat tenan rek,,,,,

      Hapus
    2. Oh Tidakkk ... :((
      Saya masih belajar kok :(

      Hapus
    3. mau berguru dong pasti gampang msuk deh ilmunya kalau utadzahnya cantik xixixixi

      Hapus
    4. Hust...ndak pareng :d

      Hapus
    5. ntar dijewer lho kupinge hehehe

      Hapus
  20. saya setuju dech sobat.. amin sama dengan kita membenarkan doa tersebut.hehehehe kalau soal agama saya masih harus banyak belajar lagi sobat..

    BalasHapus
    Balasan
    1. sayapun masih banyak yg harus sy pelajari. terima kasih atas kunjungannya :)

      Hapus
  21. Boleh ikutan tukar link gan ? http://bizril.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Utk saat ini sy kelebihan external link mas. Insya Allah bulan depan kita bisa tuker link. mksh kunjungannya :)

      Hapus
  22. Semoga mbak indah makin sukses,berbakti sama orang tua.Amin.hehehehehe

    BalasHapus
  23. hadir jelang petang mba ijin nyimak lagi kalimat yang membawa berkah
    makasih sudah berbagi pengetahuan salam semoga sehat selalu

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih juga atas kunjungan dan supportnya :)

      Hapus
  24. Amiin... mau baca - baca dulu dari postingan sampai yang komennya... sambil ngopi biar ndak ngantuk

    BalasHapus
    Balasan
    1. minta kopinya mang :d

      Hapus
    2. baru selesai baca postingan plus komentarnya.... ternyata "Amiin" ntu banyak artinya yach mbak.... mareee kopinya tinggal segelas lagi nih... untuk jaga2 siapa tau mbak Indah buat postingan lagi 8-)

      Hapus
  25. aamiin.. semoga kita selalu dalam lindungan Allah SWT..

    BalasHapus
  26. Aamiin untuk yang koment disini :>)

    BalasHapus
  27. saya membiasakan untuk nulis aaaaaammiiiiiin dengan aaaammiiiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. gak sama beda makhroj dan panjang pendeknya merubah makna yang ada.. yang benar aamiiiiin..aa nya pendek.. seperti jamil itu onta tapi kalau jamiiil itu cantik (* sok tau aja yah

      Hapus
  28. Ow begitu, saya kira "amin" cuma untuk istilah menutup doa aja :D
    Makasih infonya :)

    BalasHapus
  29. Semoga sehat dan suskes selalu ya Mbak Indah dan sohib semuanya yg hadir disini.. AMIN..... :) :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiiin .....mksh supportnya mas :)

      Hapus
  30. aamiin... selalu ada saat seorang hamba meminta pada sang 'raja' bahwa hamba ingin dikabulkan permintaannya.... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Begitulah Kang, sesungguhnya "sang Raja" sangat dekat dgn kita.

      Hapus
  31. sangat bermanfaat mba, khususnya bagi diri saya pribadi :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah jk bermanfaat utk mas eka. mksh supportnya :)

      Hapus
  32. aamiiiiiin

    semogga bener tulisannya :D

    BalasHapus
  33. kunjungan di sore hari nih sobat, belum ada artikel yang baru ya.. saya suport aja dech...

    BalasHapus
  34. kunjungan di sore hari nih sobat, belum ada artikel yang baru ya.. saya suport aja dech...

    BalasHapus
  35. keren mba artikelnya,, menambah wawasan baru.. (h)

    BalasHapus
  36. waah amin mempunyai makna yang begitu luar biasa ternyata..

    BalasHapus
  37. Artikel yang bagus sekali mba indah..
    sangat bermanfaat.. (o)

    BalasHapus
  38. Ngomongin soal penutup doa seperti "aminnn" ini saya ada pengalaman waktu masih nge "gank" dengan kawan kawan. Saat saya dan teman teman sholat Isya di sebuah mushola kecil namun jarang ada yang sholat.

    Si Imam bacaannya panjang panjang, dan membuat kesal kawan kawan saya waktu itu. Sehingga saat masuk ke rakkat kedua, begitu sang Imam baca "walladdhaaaaaaalllinnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnn". Langsung dijawab makmum singkat saja. "amin". Tidak dipanjangkan "aaaaaaaaaaaammmmmmmmmmmmmiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiin"

    BalasHapus

PERINGATAN !!!
1. Dilarang Nyepam Disini
2. Dilarang Pipis Disini
3. Dilarang Teriak Disini
4. Dilarang apalagi yah...?

Emoticon Centil Disini
:))
:((
:D
:(
=))
b-(
:)
:P
:-o
:*
:-s
[-(
@-)
=d>
b-)
:-?
:->
X-(

Top