Hal Tersulit Yang Dilakukan Kaum Wanita

|
Bismillahirrahmanirrahim.


الحمد لله رب العالمين, والصلاة والسلام على أشرف المرسلين. أما بعد

Alhamdulillah, sebetulnya postingan kali ini saya khususkan untuk kaum wanita dan  renungan buat saya pribadi. Saya tertarik untuk membagikan artikel ini, mungkin dari pembaca akan mengambil hikmah di dalam artikel yang saya tulis disini. Ok, yuk kita langsung ke pokok permasalahan.


Hal yang paling ringan tetapi amat sulit dilakukan oleh kaum wanita adalah "DIAM". Sudah menjadi ciri khas wanita tua maupun muda, menggunjing adalah hal yang paling sering kita dengar ketika para wanita muda (ABG) berkumpul dalam sebuah diskusi, belajar kelompok atau kegiatan-kegiatan yang lain. Hal yang sama juga dilakukan para Ibu-ibu ketika arisan Dasa Wisma, Arisan PKK, Pengajian Ibu-ibu bahkan waktu belanja pun masih sempat-sempatnya ngomongin tetangga. 

Kalau ABG biasanya urusan cowok atau cewek yang merebut pacarnya. Tapi kalau Ibu-ibu lebih seru lagi, mulai dari panci yang di pinjem tetangga  sampai warga baru yang barusan "ngontrak" karena mempunyai anak yang lebih cantik. Alangkah mudahnya "Mulut" ini menjadikan pundi-pundi dosa, makanya tidak heran jika ada sebuah Hadits yang menerangkan jika kelak di Neraka penghuni paling banyak adalah wanita. 

Saya sendiri menyadari alangkah mudahnya mencari dosa hanya dengan bicara, bukan perbuatan yang saya lakukan. Bicara yang tidak bermanfaat sepatutnya dihilangkan jauh-jauh, karena pasti akan berdampak negatif untuk kita sendiri yang ujung-ujungnya mengarah ke Ghibah (menggunjing) dan Namimah (mengadu domba). Berhentilah dari kebiasaan-kebiasaan buruk tersebut, pergunakan "Mulut" kita untuk tujuan yang bermanfaat untuk orang lain. Alangkah hebatnya jika "mulut" kita pergunakan untuk membaca Al Qur'an, Bersholawat dan Berdzikir kepada Allah Swt, toh nantinya untuk bekal kita di Akhirat.

Dalam Al Qur'an Allah memberikan penjelasan :  “Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggunganjawabnya”. Al-Israa ayat 36. 

Wahai hamba Allah, jangan tergesa-gesa mencela seseorang karena dosanya. Siapa tahu Allah telah mengampuninya. Dan janganlah sekali-kali meremehkan dosa kita yang pernah kita lakukan betapun kecil dosa itu, siapa tahu Allah memberikan Azab kepada kita karenanya. 

Semoga bermanfaat :)


Backlink here..

26 komentar:

  1. mantab nih infonya :))
    jangan lupa mampir di blog ku sob http://4sharing-file.blogspot.com/

    BalasHapus
    Balasan
    1. ok, meluncur ke sana, tungguin yach? heee :)

      Hapus
  2. Diam itu emas, peribahasa lama mungkin ada benarnya.

    Atau kalimat "harap tenang" di ruang perpustakaan ada gunanya.

    (c)

    BalasHapus
  3. sabar saja, tak usah di balas mencela.. nanti pasti ada yang membalas, dan sabar juga berdoa untuk yg terbaik. pasti ALLAH melindungi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener tuh non, kt nenek diem itu emas. :) mksh ya kunjungannya

      Hapus
  4. Itu kalau cewek dan ibu-ibu lagi kumpul... lha kalau cowok yang kalau lagi ngumpul pasti yang diomongin 80% cewek dan 20% lagi adalah dan lain-lain... :-) [-(

    BalasHapus
    Balasan
    1. "ngrumpi" itulah yg selalu jd acara inti klw ibu2 pas ngumpul. hehehe :d

      Hapus
  5. Kalau saja orang yang suka Ghibah (menggunjing)tahu ancaman dosanya,maka mereka akan berpikir lagi untuk berbuat itu.Alangkah indahnya jika mereka menjaga lisan. :d

    BalasHapus
    Balasan
    1. heheh.... Ghibah skrg udah menjadi hal yg biasa mas. mungkin msh blm paham tth ghibah. hehehe :)

      Hapus
  6. meski saya bukan wanita ikut nyimak aja dah :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. wew...nyimak artikelnya ato nyimak apaan nih? :d

      Hapus
  7. apa lagi pas waktu kumpul arisan,, waaahh banyak tuh yang digosipin.. hehehe.. :d

    BalasHapus
    Balasan
    1. ketahuan nih klw rmh mas andy sering ketempatan arisan ibu2, tuh buktinya tau klw ibu2 sering nge gosip :))

      Hapus
    2. mas andy kan koordinatornya :>)

      Hapus
    3. Mksh info nya mas budi :d

      Hapus
  8. .: mungkin bukan ngrumpinya tapi topiknya, apalagi kalo ngrumpi sambil panggil Mamah Dedeh Insya Allah bermanfaat...^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah klw ngerumpi sama mamah dede malah dpt pahala. :)

      Hapus
  9. senang berkunjung disini, bayak ilmu yg didapat, thankz uda berbagi, trus berkarya sobat,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mksh kunjungannya mas Yoanns :)

      Hapus
  10. tawanan yang paling sulit dijaga adalah lidah

    BalasHapus
  11. wanita identik sama cerewet bener gak sih?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak semua wanita cerewet,begitu pula laki2 nggak semua pendiem malah ada yg cerewet :d

      Hapus
  12. .........................................

    #diam aja ahh takut dikatain bigos

    BalasHapus
  13. Bukan cewek saja, cowok pun juga begitu.. (dalam hal yang berhubungan dengan lisan tidak ada beda laki-laki dengan wanita).

    5 huruf yang bernama lidah ini fungsinya ga kalah dari pedang. Bukan hanya bisa melukai, membunuh pun terkadang sungguh sadis tanpa dibatasi ruang dan waktu.

    Ghibah: Berkata benar tentang orang lain, tetapi apabila didengar oleh yang bersangkutan, sungguh tidak mereka sukai.

    Namimah: Berkata benar tentang orang lain, tapi apabila sampai kepada kedua belah pihak maka akan timbul perselihan, pertengkaran atau keributan..

    Itu perkataan benar lho, bagaimana kalau dengan perkataan yang tidak benar??

    Kadang saya jadi merinding sendiri bagaimana pada jaman sekarang ini perkataan tersebut diarsipkan dalam bentuk tulisan yang seakan dianggap sangat wajar hanya karena mengejar seonggok materi, trus disebar setelah dibumbui sana-sini, dipublikasikan melalui media cetak maupun dunia maya.. ex: berita-berita yang ada di media yang belum tentu benar, tapi sudah tersebar kemana-mana. Ini justru lebih bahaya dari dari ghibah dan nanimah yang dilakukan oleh pembicaraan langsung 2 orang..

    Semoga Allah merahmati dan mengampuni dosa-dosa orang-orang yang telah terkena keburukan lisan kita, sekecil apapun itu. Semoga saja keddepannya kita juga diselamatkan dari keburukan lisan-lisan kita..

    BalasHapus

PERINGATAN !!!
1. Dilarang Nyepam Disini
2. Dilarang Pipis Disini
3. Dilarang Teriak Disini
4. Dilarang apalagi yah...?

Emoticon Centil Disini
:))
:((
:D
:(
=))
b-(
:)
:P
:-o
:*
:-s
[-(
@-)
=d>
b-)
:-?
:->
X-(

Top