Wujud Kasih Sayang Tuhan Kepada Kita

|
" Hmm... kenapa juga Tuhan menciptakan manusia ke dunia kalau ujung-ujungnya ke akhirat juga, apalagi hidupku ditakdirkan serba miskin. Ahh ... kalau ini sebagai cobaan, enak yang menerima cobaan jadi orang kaya donk. Kalau miskin terus sampai mati, bagaimana bisa bersyukur  ??? Lah wong pingin makan enak saja ndak pernah kesampaian. "

Kalimat di atas hanyalah sebagai pembuka alinea saja..heuheuheu, biar rada seru ajah. Tapi ini serius postingannya loh. Yahh ... beginilah sifat manusia, selalu minta lebih. Dikasih 1 mintanya 2 begitu seterunya, tapi memang seperti itu teorinya. Orang kaya sangat mudah bicara jika Tuhan memberikan Anugerah kepadanya, tapi untuk si miskin tidak serta merta berkata begitu. Maka hanya orang yang mempunyai keimanan saja yang bisa merasakan Anugrah dari Tuhan. 

Ar Rahman dan Ar Rahim sebagai wujud kasih Sayang Allah.

Ar Rahman bisa di terjemahkan "Maha Pengasih atau Pemurah" sedangkan Ar Rahim bisa di terjemahkan "Maha Penyayang". Hmmm...kalau Tuhan maha Pengasih dan Penyayang kenapa masih banyak orang-orang yang menderita hidupnya ..???
Wajar-wajar saja jika pertanyaan ini muncul di pikiran orang. Tapi jangan lupa jika Allah tidak hanya memberikan Anugerah dalam hal materi saja, tapi Allah juga memberikan Anugerah Akal dan Qalbu pada diri kita. Maksud nya dengan akan dan qalbu manusia diharuskan berfikir dan merasakan apa yang Allah berikan kepadanya. 


Coba bayangkan, banyak saudara kita yang ditakdirkan dengan kondisi cacat. Tapi mereka tidak menyalahkan Tuhan, bahkan mereka mempunyai semangat hidup yang tinggi. Segala sesuatu yang diciptakan Tuhan sudah sesuai dengan takaran / ukuran kita masing-masing, ndak lebih juga ndak kurang. Pada penciptaan alam semesta sampai penciptaan makhluknya (manusia) pun Tuhan sudah memberikan kepastian.  "Sesungguhnya kami menciptakan sesuatu berdasarkan ukuran" Q.S Al Qamar:54. "Sesungguhnya Allah menjadikan segala sesuatu menurut proporsinya" Q.S At Thalaq:65.



Janganlah bersedih meskipun kita dalam kondisi apapun, kita hanya sebagai ciptaan Nya. Seharusnya kita selalu bersyukur atas semua rahmat dan Limpahan Anugerah yang Tuhan berikan kepada kita. Tuhan telah menetapkan takdir kita di Lauhul Mahfudz, jangan sampai kira merasa hidup dalam suasana hati yang selalu terkekang oleh hawa nafsu.

Disinilah letak kasih sayang Tuhan kepada kita, untuk itu wajib pula kita sebagai manusia beriman juga memberikan kasih sayang kepada mereka yang mempunyai nasib kurang beruntung seperti kita. Sudah saatnya kita membuka mata dan hati untuk selalu berbagi kepada saudara kita, kecil bagi kita tapi sangat besar untuk mereka. Mudah-mudahan catatan kecil ini menjadikan motivasi dan renungan kehidupan kita semua.

Semoga Allah Swt senantiasa memberikan Hidayah dan Ma'unah serta  petunjuk Nya kepada kita semua. Amin ya Rabbal 'Alamin

Wassalam



Backlink here..

99 komentar:

  1. Semuanya akan terasa nikmat jika kita mensyukurinya (p) (c) (p)

    BalasHapus
    Balasan
    1. yap...betul banget. nilai 100 =))

      Hapus
  2. ya ampun ndah.. kok gambarnya seperti itu sech, nggak tega saya melihatnya sobat, apa lagi yang becak sepeda itu, sambil gendong anak kecil yang masih bayi, dia sambil nyari duit buat makan.. duuhh nggak tega saya ndah.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. heuheuheu....sy jg ndak tega mas. tp jujur yah sy akan bercermin pada foto ini. biar sy selalu ingat akan hidayah yg selama ini sy terima dr Tuhan. :)

      Hapus
  3. Subhanallaah. saya banyak berefleksi dengan melihat ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang gambar atas kalo gak salah pernah dimuat di koran kompas ya..

      Hapus
    2. Pas blogwalking ada yg posting mslh kemiskinan, aku ambil dan sy buat postingan. hehehe

      Hapus
  4. Syukuri apa adanya saja terhadap kasih tuhan yang telah ditakdirkan kepada kita.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mas, biar ndak terlalu merasa sombong. hee

      Hapus
  5. subhanAlloh sy gbs comment mba ,,,,mksh sdh berbagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan komment mas, nulis di kolom komentar ajah yah? =))

      Hapus
  6. jika kita pandai bersyukur inya allah akan terasa nikmat ya mbak indah

    BalasHapus
  7. Manusia memiliki kelebihan dan kekurangan, Untuk itu selalu ingat Allah agar mendapatkan kebahagiaan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup...selalu bersyukur intinya toh?

      Hapus
    2. Betul, ingat Allah itu sebagai wujud dalam bersyukur

      Hapus
  8. beberapa gambar diatas membuat aku malu bahwa selama ini aku banyak mengeluh tentang kehidupanku sekarang ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama halnya dgn saya mas, terkadang mengeluh dgn hal2 yg kecil. mudah2an kita selalu bersyukur :)

      Hapus
  9. Gak tega Ndah ngelihatnya... semoga kita yg diberikan kelebihan lebih lebih bersyukur.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah...mksd sy itu, jgn selalu mengeluh dgn kondisi kita. Harus bersyukur :)

      Hapus
  10. Ini menjadi kesadaran diri kita kepada Tuhan untuk selalu bersyukur dengan apa yang kita miliki saat ini karena memang inilah namanya kehidupan semuanya harus disyukuri.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bersyukur nikmat Tuhan akan menambah rasa keimanan kita. :)

      Hapus
  11. bersyukur itu buat kita jadi lebih tenang jalani hidup ya :) btw sayangnya kita mudah ucapkan syukur tapi masih sulit mengamalkan kebajikan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Begitulah manusia, bisa berkata tp susah melaksanakan. mksh sdh berkunjung. :)

      Hapus
  12. ya Allaah...mencuci piring dengan kaki...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukan maksud sy untuk merendahkan org2 yg spt foto di atas, namun ini buat pelajaran saya khususnya. Dan saya jadikan cermin kehidupan pribadi. :)
      Mksh supportnya ya?

      Hapus
  13. kalo lihat cerita diatas.... sungguh luar biasa walaupun dia banyak kekurangan tetapi dia tetap semangat dan bersyukur

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dan ini menjadikan motivasi utk kita semua, smoga bisa dijadikan pelajaran utk kita.

      Hapus
  14. sebuah pelajaran yang berarti buat kita untuk selalu mensyukuri karunia allah.
    jangan mengeluh trus,, dikit2 mengeluh. hehehe....

    BalasHapus
  15. Tuhan memang mempunyai sense of humor nya sendiri.. oleh karena itulah seharusnya kita juga bisa menerima apapun kehendak-Nya
    makasii iia baut artikelnya.. sangat menyentuh

    Belajar Photoshop

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima ksh jg untuk kunjungannya :)

      Hapus
  16. sebuah pelajaran yang sangat berharga,, kita sebagai manusia terkadang lupa atas karunia dan rahmat Allah yang telah diberikan kepada kita, kita selalu mengeluh jika apa yang kita harapkan tidak sesuai dengan apa yang kita inginkan,, mulai sekarang kita mulai intropeksi diri,, melihat apa yang telah Allah berikan kepada kita,, masih pantaskah kita untuk mengeluh dan tidak mensyukuri nikmat'nya.. Saya juga suka mengeluh dan artikel diatas telah menyadarkan saya,, makasih ya.. sangat bagus artikel'nya untuk membuka mata hati dan pikiran.. :)) :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mudah2an kita bisa mengambil hikmahnya ya mas. mksh supportnya :)

      Hapus
    2. saya tidak mengambil. takut disangka pencuri..xixixixi

      Hapus
  17. aduh gambarnya bikin saya ngga kuat, makanya cuman baca sampe Ar Rahman Ar Rahim doang.
    bacaan itu sering banget tak baca tuh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sy ndak paham mksd nya. itu ndak kuat apa mksd nya.. ?

      **sambil nunggu genk KPK

      Hapus
    2. ngga kuat liat gambar no 2..

      jujur ngga bisa nyusun kata untuk komentarin, saya cuma bisa tertunduk malu....
      dan berangan-angan, bisakah saya berbuat lebih banyak lagi untuk mereka yang kurang beruntung yang ada disekitar saya, dan bisakah saya bersyukur melebihi rasa syukur mereka kepada-NYA?

      Hapus
    3. ada apa ya nunggu komplotan KPK?
      mau neraktir kah..?

      *sambil nunggu

      Hapus
  18. bener banget ndah, kalau melihat foto foto di atas, biar kita tambah bisa menyukuri apa yang sudah tuhan berikan kepada kita..?

    BalasHapus
  19. Terkadang, saat membuka lemari makanan dan hanya mendapati nasi dengan telur ceplok saja, aku mengeluh "Masa sih lauknya cuma ini doang?!". Padahal kalo dikaji kembali, masih banyak orang yang merasa sangat beruntung masih bisa makan nasi dengan garam saja.

    Ini salah satu gambaran betapa aku terkadang masih luput dari bersyukur. Memalukan!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mudah2an ndak mengeluh lg gara2 telur ceplok =))

      Hapus
    2. kalau saya ngeluh bukan karena telur ceplok.

      saya ngeluh kenapa saya ganteng..:D

      Hapus
    3. Emank stl saya pikir Mas KS ganteng juga.

      ** Bntar...tak pikir lagi, mudah2an gak berubah =))

      Hapus
  20. .: Saya yakin tidak ada takdir Tuhan yg buruk, sometimes manusia sendiri yg terlalu mendramatisir. Allah SWT menurunkan 10 pintu rezeki 9 diantaranya tata niaga, pilih jadi karyawan. Janji Allah SWT akan meninggikan saru derajat lebih tinggi kepada orang yg berilmu atau beramal sholeh, lha pinter kagak sholeh apalagi...^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ilmu buat saya atas komentarnya, mksh ya mas :)

      Hapus
  21. SuDah kodratnya kali mba, suka berkeluh kesah saat kesempitan dan suka lupa diri disaat lapang.. Semoga kita selalu dimudahkan untuk bisa bersyukur saat lapang dan sabar disaat sempit, karena dua duanya sama sama punya keutamaan..

    BalasHapus
  22. dengan melihat mereka ..!! ya itulah pemahaman akan keyakinan untuk selalu adil kepada tuhan , sehingga kita siap bersyukur setiap saat ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mksh mas, oh iya udah sehat yah?

      Hapus
  23. artikel inspiratif skaligus pengingat kita semua agar jgn lupa mengucap alhamdulillah dlm kondisi apapun

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yah..itu bener , sy setuju banget. mksh ya?

      Hapus
  24. Bagus nih postingan, mengingatkan kita untuk sadar dan kembali ingat - nikmat2 yang sudah diberikan.

    Menjalankan AlQuran dan SUnnah jadi keharusan

    BalasHapus
  25. sebeeeeelllll... kenapa pas komen disini selalu ngadaaaaat internetnyaaa.. padahal uda ngetik banyakkkk :-b

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lah trus aku bilang WOW gitu...yo emmoh b-(

      Hapus
    2. heheheh..kasihan nasibmu nduk =))

      Hapus
  26. bismillaaaah.... #coba lagi

    setiap yang ditemui adalah guru dan setiap yang disinggahi adalah sekolah :)

    cinn,, udah bisa emotnyaaa... tengkyu yaaaah... seneng bangett x-) (f)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pak Gurunya jahat gimanah...hayooo =))

      Hapus
  27. horeeeee bisaaaa =P~ (h) cheer

    BalasHapus
    Balasan
    1. =)) aku suka yang ini, aseli polos.

      Hapus
    2. saya juga suka.

      *Ups suka apanya ya..:-)

      Hapus
    3. Tuh kan..klw ada yg bening2. =))

      Hapus
  28. kalo pak gurunya jahat diajak ngewarung bareng ajah biar akrab trus nilainya tambah :)) :p

    BalasHapus
  29. Syukuri apa yang ada ...
    Hidup adalah Anugerah ..
    Tetap jalani hidup ini..
    Melakukan yang terbaik ...


    Bersyukur adalah hal yang harus kita lakukan.. semakin banyak kita bersyukur, semakin banyak rahmat dan berkat yang akan diberikanNya ... Amiin..

    BalasHapus
    Balasan
    1. seperti lagu bang haji...:-)

      Hapus
    2. Bukan bang haji .. ini lagu Rita Sugiarto ...

      heran .. hanya komen saya yg ga dibalas ... :(

      Hapus
    3. Waduhh...cemberut nih mas MF. heheh....saya kelewatan nih. heheh maaf banget yach? :d

      Hapus
  30. Alhamdulillah selalu bersyukur kepada Alloh S.W.T atas segala nikmat yang telah diberikan yang tak sanggup kita menghitungnya sampai hari kemudian sekalipun.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu betul mas, mksh kunjungannya

      Hapus
  31. saya datang gak komen. cuma mau bilang aja kalau blog ini masuk daftar link partner blog saya...(o)

    ternyata saya juga udah polow blog ini ya..:-)

    *cheer sambil nunggu polbek

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mkhs mas KS....sy blm follow toh, perasaan udah. tp bntr tak tengok. :d

      Hapus
  32. Assalamualaikum
    Subhanallah, seharsnya kita harus lebih banyak bersukur lagi :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah dan mksh atas kunjungannya :)

      Hapus
  33. baru pertama kunjung mbak, salam kenal mbak ya, saya putra :)
    followers 112

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas kunjungan dan supportnya :)

      Hapus
  34. Hidup didunia itu memang untuk belajar.Ada kalanya diberi kesempitan dan ada kalanya diberi kelapangan,Bagi orang yang secara fisik ada kekurangan pasti ada kelebihan yang tidak dimiliki oleh orang lain,asalkan orang tersebut tetap semangat dan bersyukur dengan apa yang telah diberikan tuhan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klw dah mas Abdoel yg koment, jd adem nih bacanya. :>)

      Hapus
  35. Tuhan itu emang maha kasih sayang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mas....oh iya mksh udah berkunjung :)

      Hapus
  36. ijin comment dimari mba,,selamat sore

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ijin diberikan..silahkan komentar lagi :))

      Hapus
  37. dari judulnya aku udah bisa ngerti isi postingan, wkwk #bales :P

    memang senantiasa bersyukur adalah kunci penting yang harus kita pegang dalam hidup, karena begitu luar biasa manfaatnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah..hebat, emang harus gitu, yg penting komen..klw artikel nomer 2, bacanya besok saja

      ** Genk KPK pada mulai kumpul nih =))

      Hapus
  38. Artikel yg sangat bermanfaat, saya sangat menyukainya
    bisa menjadi pengetahuan yg berguna kawan
    terima kasih sudah berbagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini yg sangat aku saya klw Sampeyan komentar, kalem, lembut, bijaksana dan menghormati si Empu Blog.
      ** Jadi besok balik lagiyah? koment disini :d

      Hapus
  39. Kita harus bersyukur , diluar sana mungkin ada yang lebih parah parah dan parah dari kita , terimakasih info nya mas

    BalasHapus
  40. memang Tuhan sudah memberikan cobaan sesuai dengan kemampuan kita, tapi masih saja kita mengeluh dengan keadaan itu. Pada dasarnya Tuhan memberikan ujian semata-mata hanya untuk melihat sebesar apa keimananan kita.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sy setuju banget, mmg spt itulah manusia. Mudah2an kita termasuk org2 yg pandai bersyukur :)

      Hapus

PERINGATAN !!!
1. Dilarang Nyepam Disini
2. Dilarang Pipis Disini
3. Dilarang Teriak Disini
4. Dilarang apalagi yah...?

Emoticon Centil Disini
:))
:((
:D
:(
=))
b-(
:)
:P
:-o
:*
:-s
[-(
@-)
=d>
b-)
:-?
:->
X-(

Top