Renungan Kehidupan : Hakikat Kesabaran

|
Bismillahirrahmanirrahim.

Alhamdulillah .... meski dengan sedikit waktu yang tersisa akibat kesibukan yang sudah saya kemukakan di postingan kemarin, (bisa baca disini) hari ini saya ingin berbagi tentang makna kesabaran. Hal ini saya rasakan setelah adanya peristiwa yang sangat menyayat hati, tapi ini bukan yang pertama buat saya karena saya sudah mengalami 2 kali kehilangan orang yang saya cinta. Dalam arti kehilangan yang sesungguhnya ( meninggal dunia ) dan kehilangan dalam arti harus jauh meninggalkan nya. Hal seperti ini yang selalu saya jadikan renungan hidup dikala saya menerima cobaan yang Allah berikan kepada saya.

Semua orang sudah "Pasti" akan kehilangan orang yang sangat dicintainya, entah itu jauh dari mereka bahkan kehilangan karena meninggal dunia. Banyak sekali  orang-orang yang mudah mengatakan sabar namun masih belum menemukan hakikat kesabaran yang sesungguhnya. Apabila orang yang masih belum melewati serangkaian peristiwa yang saya jabarkan tadi, maka arti sabar tersebut hanyalah bersifat sementara. Lain halnya dengan orang yang sudah mengalami serangkaian peristiwa yang pernah saya alami, maka arti sabar tersebut murni dari hati sanubari. Allah SWT berfirman : "Kami akan memberi balasan kepada orang-orang yang sabar." (An-Nahl: 96)

Ayat diatas sudah pasti saya gunakan sebagai renungan hidup saya, dan disini saya mengartikan jika sabar masih jauh dari sempurna jika masih belum menemukan hakikat keihlasan yang tinggi. Dalam renungan orang-orang yang "Khusyuk" sabar hanya sebagai jembatan yang kita lalui, tapi masih belum sampai pada ujung jembatan itu. Nah ...untuk melewati sebuah jembatan tersebut banyak sekali rintangan yang akan di hadapi dan kita "harus" melewati jika ingin sampai ketujuan. Apabila kita sampai ketujuan maka Ikhlas sudah di depan mata. Lantas apa rintangannya..? banyak sekali rintangannya, dan salah satunya adalah "sabar".

Seseorang tidak akan bisa menemukan Keihklasan tanpa ada Kesabaran. Orang yang mempunyai Keihlasan bisa dipastikan sudah bisa bersabar.  "Kesabaran dalam Al-Quran ada tiga jenis, yaitu kesabaran untuk menunaikan kewajiban-kewajiban kerana Allah  SWT dan ia mempunyai 300 derajat, kesabaran untuk tidak melanggar larangan-larangan Allah  SWT dan ia mempunyai 600 derajat, dan kesabaran dalam menghadapi musibah pada kali pertama dan ia mempunyai 900 derajat.".

Tidaklah mudah untuk mencapai tingkatan seperti itu, namun saya berharap khususnya saya pribadi untuk saya jadikan motivasi sehari-hari. Apapun yang Allah berikan pada diriku, saya akan "Insya Allah" siap untuk menghadapinya. Jangan lupa bukannya Allah benci sama kita, justru dengan di berikan cobaan Allah makin dekat dengan kita sesuai dengan janji Nya di dalam surah An Nahl : 96 seperti yang saya tulis di atas.

Semoga bermanfaat. 

** Tak lupa saya ucapkan terima kasih atas bantuan Doa dari kawan-kawan semua, semoga doa anda menjadikan amal jariyah. Amin



Backlink here..

78 komentar:

  1. hakikar itu apa to Mbak? ganti dulu tuh di judul r-nya sama t.

    BalasHapus
    Balasan
    1. di gantungan kunci tuh, Mbak Indah mencintai Pak Sabar? jangan deh Mbak.. kecuali Pak Sabar masih bujangan, silakan..

      Hapus
    2. hehehe,,,,mksh koreksinya. Keburu2 ngetiknya ya gini jadinya. =))
      Suka banget sama candaan pak dhe ...hehehhe.

      Hapus
    3. Pak Sabar kan masih bujang bang.
      bujang lapuk..wuakakaka

      Hapus
    4. hihi bisa aja bang nakusan

      Hapus
    5. pak sabar itu kan adik beradik dengan pak sadar.. :))

      Hapus
    6. Pak Sabar pasti kupingnya sakit kita obrolin

      Hapus
  2. Balasan
    1. Itu cari di google...sy ndak pinter design, jd terpaksa copas :(

      Hapus
    2. itu gantungan kunci ya.

      saya kira gantungan baju.

      Hapus
    3. dipakai jg ndak apa2 kok...heuheuheu =))
      mas Epenk mau ..?

      Hapus
  3. Balasan
    1. Hakikat mas..heheheh. salah ketik =))

      Hapus
  4. wadoh,,, musti banyak blajar ilmu sabar neh sama mba indah :-?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya sama, aku jg masih taraf belajar jg mas. Klw anak muda kyk kita masih jauh mas, adanya emosi mulu =))

      Hapus
  5. ah gak ngerti aku, ikutan nyimak aja deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. justru itu kamu dah paham, meski gk ngerti tp berusaha membaca, berarti itu sdh bersabar. :d

      Hapus
    2. hehehe,,nyapa siang aja mbak indah, salam uye

      Hapus
  6. Ya pada akhirnya kehilangan itu nyata, dan setiap yang nyata akan hilang. Sabar juga nyata, nyata sabarnya :)

    BalasHapus
  7. Kalo belum mengalami sendiri kita tidak akan merasakan apa yang namanya sabar.
    Salam,
    http://alrisblog.wordpress.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali, klw ingin sabar harus berani menghadapi cobaan.

      Hapus
  8. saya ikut berduka cita ya mbak, padahal baru kemarin di posting loh ... itu adalah yang terbaik untuk beliau, dan pasti beliau di berikan tempat yang indah di sana .... dan semoga keluarga yang di tinggalkan selalu di beri kesabaran :( .... ojo nangis yo mbak :((

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sy ndak nangis kok, lagian yg meninggal siapa? hadeehhh =))

      Hapus
  9. semakin sabar kita semakin tinggi pula ujiannya besar pula rewardnya ketika kita termasuk orang orang yang sabar

    Mampir kesini ya, Peta Indonesia Karya Anak Negeri

    BalasHapus
    Balasan
    1. yup..betul sekali. mksh kunjungannya.
      Link nya mana? gi G+ kok ndak ada?

      Hapus
  10. saya kurang setuju dengan gambar di atas.
    masak iya kamu cinta Sabar.
    beliau kan kan kan udah tua

    BalasHapus
  11. tak renunge disek yo. engko mbalek mane..:-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. memang opo yang direnunge..
      renunge bule yo.. =))

      Hapus
    2. Heuheuheu ...mas epenk suka merenungkan bule yah? =))

      Hapus
  12. POSTING YANG BERMANFAAT bisa jadi pelajaran buat saya.terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih juga kunjungannya :)

      Hapus
  13. malam sobat, ditunggu followvbacknya, artikelnya bagus nih makasih ya

    BalasHapus
  14. dengan sabar disertai ikhlas pasti hidup ini akan terasa nyaman ... Lak mekaten nggeh mba, leres mboten xixiii ... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahh...mas eka ini orang sunda apa jawa sih? kok mahir jawanya..hayooo ngaku :d

      Hapus
  15. jasa google adsense untuk blogspot murah hanya Rp.50.000 saja. pesan , 083871831866

    http://big-abq-things.blogspot.com/2013/02/jasa-adsense-google-murmer-rp50000.html

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tanggal tua mas, nggak dulu yah =))
      mksh kunjungannya

      Hapus
  16. yang pasti teruslah sabar, ikhlas, dan tawakkal.. insya allah semua berjalan lancar... (o)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin....masih belajar ke tahap itu mas. Oh iya...udah dikirim ke mail ku mas? :-?

      Hapus
  17. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf yang diatas dihapus salah ketik..
      Nabi bersabda :
      Barang siapa mendapat pemberian, lalu bersyukur dan tertimpa bencana, lalu bersabar dan mendholimi dirinya lalu mohon ampun dan di dholimi lalu memaafkan....kemudian Nabi diam (tidak melanjutkan sabdanya) sehingga sebagian yang duduk (disampingnya) bertanya : Mendapat apa dia , wahai Rasulullah ? Nabi bersabda : Mereka memperoleh keamanan dan mereka mendapat petunjuk.
      Walau saya belum bisa sabar sekedar menyarankan Mba Indah sabar yah.. (p)

      Hapus
  18. Memang untuk menjadi sabar agak sulit ,
    sepertinya perlu banyak latihan..
    Postingan ini sangat bermanfaat buat pembelajaran saya dalam mengambil hikmah dan kesabaran
    Terima kasih Mbak Indah

    BalasHapus
    Balasan
    1. mas PP kan udah bisa sabar... klw anak muda sih masih ndak bisa mas. Ngomel2 mulu .. ajarin dong =))

      Hapus
  19. met malem mbak ...kunjungan perdana di blog mbak nya ini ...:) ngomong2 blog nya bagus mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ngomong2 kok ndak bawa oleh2 :d

      Hapus
  20. Anak Muda hadir di sini... jjhhehe,,
    Mudah2n sabar kita tidak ada batasnya.. amiiin..
    karena yang ada batasnya ituu negara, rumah, sawah, jalan, dll.. buahahha.. :)

    BalasHapus
  21. sabar...sama koneksi lola nih..bisa sampe ke sini :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kok ndak pakai PC mas? kan biar cepet kalau mau kesini =))

      Hapus
  22. dapaet pengetahuan baru dimari mba,,,makasih yah sudah share

    BalasHapus
  23. Balasan
    1. Kalau nyimak jgn disini mas, byk orang lewat.
      Disana aja ... deket kompor =))

      Hapus
  24. sabar benar benar kunci ke succesan ya sobat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukan hanya sukses saja yg kita raih, tp yg lebih dr itu adalah Keimanan kita kpd sang Khaliq

      Hapus
  25. Allah akan memberi balasan kepada orang-orang yang sabar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukan balasan, tapi kasih sayang :)

      Hapus
  26. Benar sekali Mbak,Tuhan memberikan cobaan agar kita kuat dari setiap masalah yang kita hadapai.Tuhan memberi itu supaya kita ingat selalu mengucap syukur dengan apa yang diberikan-Nya kepada kita setiap hari.

    BalasHapus
  27. Maaf baru sempat berkunjung mbak indah, semoga sll diberikan kesabaran dan ketabahan dlm stp ujian dan musibah yg diberikan_Nya. Sungguh bnyk hikmah dari ujian dan ksabaran yg menimpa kita. Smg qta bs memetik stp hikmah trsbt.

    Ana udah jawab pertanyaannya dipostingan ya ukh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah..ternyata di Thread Comment ndak sy ganti warna background nya. hadeeuhhh ... susah banget mikirin kode2. Mksh banyak mbak

      Hapus
    2. Kalau anaa HOBI, senang banget kalau berhasil bereksperiment sendiri dengan kode Modifikasi dan menghasilkan desain yang berbeda dari yang lain.

      Terimakasih ukhty. Jazaakillahu khaeran.

      Hapus
    3. Emang bener sih seneng banget, klw mbak kan jagonya. Klw saya mau otak atik gemeteran mbak. =))
      Terima kasih udah ngebantuin terus:)

      Hapus
  28. Assalamualaikum, Senang bisa singgah sini
    Nice Entry..."Hakikat Kesabaran ", kesabaran adalah ketegaran hati yang dilembari kekuatan agama untuk melawan berbagai bentuk hawa nafsu dan syahwat...
    Ali bin Abi Thalib berkata,"Sabar bagaikan tunggangan yang tak pernah terperosok."
    o..ya, I done follow...jangan lupa singgah balik yeahhh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalam. Waw,,,mksh Ilmunya mas.

      Hapus
  29. Salam senja mbak Indah,ada bingkisan at my blog,silahkan di ambil,,thx
    BTW Postingan yang ini sungguh luarbiasa,Terus berkarya and tetap semangat,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahh...ada apa nih. Ok langsung ke TKP

      Hapus
  30. kak, ambil awarnya yahh.. tapi kalau kaka sudah punya, gak apa2 kok.heh http://ysvcybers.blogspot.com/2013/02/award-pertama-dari-sobat-blogger.html

    BalasHapus
  31. selalu ada jalan mbak :D .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul non ..alhamdulillah sampai saat ini masih di beri kesabaran :d

      Hapus
  32. menemukan arti keikhlasan dan kesabaran memang sulit untuk dilakukan mbak, mudah-mudahan artikel diatas bisa memotivasi kita untuk terus berada di jalan Allah S.W.T... amin....

    BalasHapus

PERINGATAN !!!
1. Dilarang Nyepam Disini
2. Dilarang Pipis Disini
3. Dilarang Teriak Disini
4. Dilarang apalagi yah...?

Emoticon Centil Disini
:))
:((
:D
:(
=))
b-(
:)
:P
:-o
:*
:-s
[-(
@-)
=d>
b-)
:-?
:->
X-(

Top