Renungan Harian Islam

|
Assalamu'alaikum.


Renungan Harian Islam yang Insya Allah akan meningkatkan rasa keimanan kita.

La ilaha illallah al malikul haqqul mubin Muhammadur rosulullah shodiqul wa"dil amin

Eling-eling siro manungso (Ingatlah wahai manusia)
Elingono anggon mu sholat ngaji (ingatlah tempatmu sholat dan ngaji)
Mumpung durung katekanan (Selagi belum kedatangan)
Malaikat juru pati (Malaikat Pencabut Nyawa)

Panggilane Kang Moho Kuoso (Panggilan Tuhan Yang Maha Esa)
Gelem ora bakal di gowo (Mau ttidak mau pasti dibawa)
Disalini sandangan putih (Di beri pakaian putih)
Yen wes budal ra biso muleh (Kalau sudah berangkat tidak bisa pulang)

Tumpakane kereto jowo (Dinaikkan kereta jenazah)
Roda papat rupo manungso (Roda empat berwajah manusia)
Jujugane omah guwo ( Menuju rumah berbentuk gua)
Tanpo bantal tanpo kloso (Tanpa bantal, tanpa alas)

Omahe ra ono lawange (Rumahnya tidak berpintu)
turu ijen ra ono kancane (Tidur sendiri tidak ada temannya)
Di tutupi anjang- anjang (Ditutup dengan papan - papan)
Diurug lan di siram kembang (Dikubur dan disiram bunga)
Syair danri lagu Eling-eling


Hidup ini  terasa nikmat dan indah apabila hidup yang kita jalani seperti mengendarai kendaraan di jalan bebas hambatan. Kita semua pasti mengharapkan demikian, baik yang muda apalagi yang sudah tua. Dijalan tersebut kita tidak menemukan jalan yang berkelok-kelok dan berlubang, sampai-sampai penumpang dibelakang tidur sambil mendengarkan musik kesukaannya.

Tapi kenyataannya tidak demikian, jalan yang kita hadapi jauh dari harapan kita tadi. Banyak lubang yang kita lewati, bahkan kita pernah salah mencari jalan dan akhirnya tidak sampai ketujuan. Itulah hidup ..... kita tidak bisa lari dari takdir Allah SWT, dan kita sebagai hambaNya harus Ridho menerima cobaan dan musibah yang datang dari Allah SWT. Ridlo dalam konteks musibah adalah mengetahui bahwa musibah itu adalah bagian dari takdir Allah SWT, serta ikhlas menerimanya sebagai pilihan yang terbaik dari Allah SWT bagi umat-Nya. Namun perlu diingat, kunci agar mampu mengupas makna dan mengambil hikmah dan manfaat adalah iman dan sabar. Tanpa iman dan sabar, tidak ada manfaat sedikitpun dari semua yang dialami.

Mudah-mudahan dengan kita selalu diberikan panjang umur, kekuatan dalam beribadah dan bersedekah serta kesabaran dalam menghadapi musibah yang sedang terjadi pada kita sendiri maupun kepada saudara kita. Aamiiin.


Backlink here..

66 komentar:

  1. amin allahuma amin :)
    insyaallah kta bsa mnghadapi musibah yg trjadi pd kta dgn bersabar dan tawakal :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Belajar bahagia dan bersyukur dengan musibah...? MasyaAlloh.. Subhanalloh... mantab (p)

      Hapus
  2. alhamdulilah ada yang mengingatkan suwejuk

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas, sejuk dan dingin...

      Hapus
    2. Seperti berada dibawah pohon pada siang hari, sejuk berada trus diblog ini

      Hapus
    3. siliiir
      di bawah pohon kelapa.
      semoga nggak ada yang jatuh buahnya

      Hapus
    4. sejuk seperti berada dibawah pohon beringin disiang hari dan akan terasa nikmat jika ditemani secangkir kopi...

      Hapus
    5. sejuk.. lir-ilirrr...

      Hapus
  3. Semua Makhluk hidup pasti akan mengalami ini...

    BalasHapus
  4. terima kasih mba'e sudah diingatkan (b)

    BalasHapus
  5. Terima kasih Mbak selalu memberikan renungan dalam setiap kunjungan kesini. :)

    BalasHapus
  6. Syukur Alahamdulillah, smoga banyak yang membaca artikel ini krn didalmnya banyak terkandung nasehat dalam menghadapi hidup.

    Bersabar menghadapi hidup dengan jalan bertaqwa kepada Allah SWT.

    BalasHapus
  7. terima kasih atas postingan ini, telah diingati..
    aamiin...

    BalasHapus
  8. segera jadi bahan renungan saya dan keluarga, sungguh sebuah pencerahan yang menyejukkan....nyesss

    makin lama ngga cuman adminnya yang cantik, tapi blognya pun berbunga bunga Indah Pisan euy..sayangnya wangi bunganya ngga kecium.
    #ngendus2in idung kelayar

    BalasHapus
  9. saya juga mau posting yang ada irisannya sama tema mbak indah ini loh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yups kok bisa sehati gitu kang ... hayoo..

      Hapus
  10. amin yarobal alamin....
    semoga kita senantiasa di beri kesabaran dalam menjalani hidup dan musibah, dan selalu di kuatkan iman kita.. amin..

    BalasHapus
  11. sebelum waktunya tiba mari berdoa, semoga selalu diberi perlindungannya

    BalasHapus
  12. Terimakasih mba :D sudah mengingatkan saya ... :(

    BalasHapus
  13. nyessss ademmm, terimakasih mbak sudah mengingatkan ;-(

    BalasHapus
  14. Aminn .. Allah gk akan menguji di luar batas kemampuan kita kok mbak ... Inti dari kehidupan ini memang sabar dan ikhlas ajalah ... Insyaallah, akan ada balasannya sendiri ... Tp sabar itu juga bukan hal yg mudah, smga kita diantara orang2 yang mau belajar bersabar yaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kok pd ikut smua sihh :O

      Hapus
    2. dah sabar kok... kmrn dilempar org gila aja juga aku sabar nggak lempar balik hihihi

      Hapus
  15. aamiin...menjalani kehidupan kita dengan melakukan yg terbaik

    BalasHapus
  16. pagi2 udah dapet siaraman rohani :D mantep deh mbak indah ini :)

    BalasHapus
  17. hidup memang penuh cobaann. tapi jika kita menjalankanya dengan saabar dan ikhlash, insyaallah semua akan terasa mudah.. :)
    tq for info..

    BalasHapus
  18. saya baca lagi ya Mbak. biar ingat sama kematian. ngeriii, padahal pastii

    BalasHapus
    Balasan
    1. pasang gambar kuburan kang di kamar biar selalu inget mati... di meja kerjaku aja dah kupasang kuburan hehehe

      Hapus
  19. trimakasih buat renungannya dipagi ini, semoga bisa mengambil pelajaran darinya..amiin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aaminnn....mudah2an saya jg bisa mengamalkannya :)

      Hapus
    2. Mang sudah masuk bab berapa ini kang pelajarannya.. waduh ketinggal nih daku...hehhe

      Hapus
  20. Eling-eling menungso ojo lali, kabeh wong urip bakale mati...

    (syair pengamen jalanan)

    BalasHapus
  21. Umur panjang merupakan nikmat yang istimewa, namun itu juga bagian dari ujian kepada kita. Apakah kita mampu untuk menggunakan umur itu untuk kebaikan atau sebaliknya.

    BalasHapus
  22. amiiin ya allah :)

    semoga kta juga diberi kesehatan dan rizki yang banyak ..

    BalasHapus
  23. Sabda Rosulullah Saw Balak itu nikmat kmewahan itu mala petaka.
    Mohon panjang umur bukan berarti minta diberi usia sampai tua renta melainlan waktu hidup yang benar benar manfaat untuk kebaikan.
    Nabi dalam doaNya Berlindung dari Tua, Pikun, Azab Qubbur, azab Neraka, fitnah hidup, fitnah mati.

    BalasHapus
  24. mau komen apa ya.. sudah manteb ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gimana kalau nyanyi aja mas, ntr pak dhe zach yg gitarin :d

      Hapus
    2. Setuju sama mbak Indah tuh.. Mas Pay nyanyi aja... qosidah juga boleh mas pay hehehe

      Hapus
  25. Amin ya rabbal 'alamin... x-)

    BalasHapus
  26. Belum berkomentar. Salam kenal dulu ya :)

    BalasHapus
  27. Amin ya allah .
    Semoga kita semua panjang umur dan dapat memanfaatkan waktu sebaik mungkin untuk bekal kita nanti :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. aaaaaaaaaaaaammmmmmmmmmmmmmmiiiiiiiiiiiinnnnnnnnn.........

      Hapus
    2. klw ada cewek respon jawab komen nya cepet banget. hahah :>)

      Hapus
    3. ahaha.. beda 1 jam itu.. :>)

      Hapus
  28. kok jadi takut membayangkan ini mbak, sangunya masih pas-pasan :-s

    BalasHapus
  29. Alhamdulillah... ada yang ngingetin...
    makasih mba.... indah....

    BalasHapus
  30. Membaca tulisan di atas jadi merinding non, tapi kita sebagai manusia tidak bisa lari dari takdir, dan mudah-mudahan apa yang kita lakukan dan kerjakan berada di jalan yg benar, dan semoga kita semua selalu dalam perlindungan Allah SWT..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin. mudah2an kita selalu patuh sama perintahNya ya mas :)

      Hapus
  31. makasih mbak renungannya , makin ingat mati saja saya

    BalasHapus
  32. saya komentar apa ya mbak,mudah-mudahan saj hidup saya akan lebih baik setelah membaca renungan di atas terima kasih mbak.

    BalasHapus
  33. Semoga Allah senantiasa mentipkan iman dan taqwa kepada kita semua. Kekuatan untuk beristiqomah meniti jalan yang lurus untuk bekal kelak di alam kubur dan akhirat. Amin

    BalasHapus
  34. Subhanallah... pencerahan yang dalam banget nih.. kita sedang nunggu antrian.. ntah kapan nyampe ke garis depan...

    BalasHapus
  35. semua pasti akan kembali kepadaNya. tinggal tunggu giliran, macam antrian bensin di pertamina, hehe

    BalasHapus
  36. jalanilah kehidupan yang sementara ini dengan ikhlas, taat akan perintahNya dan selalu bersyukur... makasih udah diingatkan kawan

    BalasHapus
  37. adem berkunjung kemari.
    terima kasih mba telah diingatkan kemana kita akan pergi kembali. izin copas tulisannya ya mba, tulisan yang menarik "Tanpa iman dan sabar, tidak ada manfaat sedikitpun dari semua yang dialami." terima kasih mba

    BalasHapus
  38. Betul Ukhti..
    semoga kita selamat dunia akhirat dan mati dalam khusnul khotimah.. aamiiiin

    BalasHapus

PERINGATAN !!!
1. Dilarang Nyepam Disini
2. Dilarang Pipis Disini
3. Dilarang Teriak Disini
4. Dilarang apalagi yah...?

Emoticon Centil Disini
:))
:((
:D
:(
=))
b-(
:)
:P
:-o
:*
:-s
[-(
@-)
=d>
b-)
:-?
:->
X-(

Top