Valentine Days Hari Kasih Sayang Yang "Keblinger"

|

Bismillahirrahmanirrahim

14 Pebruari merupakan moment yang ditunggu-tunggu bagi para Remaja, khususnya para Anak Baru Gede (ABG).  Hari itu  merupakan hari yang sangat istimewa untuk mengungkapkan kasih sayang kepada pasangannya. Di perbagai negara tradisi ini sudah berjalan ratusan tahun yang lalu dengan kemeriahan yang digelar di beberapa tempat. Tak hanya dari kalangan remaja, bahkan yang sudah berkeluarga pun larut dalam perayaan yang selalu dilaksanakan setiap tanggal 14 Pebruari itu.

Dengan mengatas namakan "CINTA" tradisi ini menjalar di Indonesia. Bahkan ada toko khusus yang menyediakan assesoris seperti bunga, boneka, bross, sepatu, tas dan masih banyak lagi produk-produk yang bernuansa Valentine Days. Pada umumnya mereka mengucapkan " Selamat hari valentine " kepada pasangannya melalui BBM, inbox FB dan kartu ucapan.  Bahkan ada juga yang mencurahkan isi hati dan mengungkapkan cintanya secara langsung. 

Sejarah Valentine Days sendiri memiliki banyak versi, tapi disini saya tidak membahas asal mula Valentine Days, tetapi apakah layak kita yang beragama Islam turut merayakannya pula ?. Di dalam salah satu Hadits  Rasulullah saw bersabda : "Barang siapa yang meniru suatu kaum, maka ia termasuk dari kaum tersebut." (H.R. Tirmidzi)

Lalu seperti apa kasih sayang dalam agama Islam? maka saya jawab seperti ini : Firman Allah swt.: "Hai manusia, sesungguhnya Kami menjadikan kamu dari seorang laki-laki dan seorang wanita, dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya saling mengenal. Sesungguhnya orang mulia diantara kamu disisi Allah adalah orang yang paling bertaqwa. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui Lagi Maha Mengenal." (Q.S. al-Hujurat:13). 

Kasih sayang dalam Islam terhadap sesama tidaklah terbatas dengan waktu dan dimanapun berada, baik untuk keluarga, kerabat, dan sahabat yang semuanya masih dalam koridor-koridor agama Islam itu sendiri. Nabi Saw., bersabda : "Cintailah manusia seperti kamu mencintai dirimu sendiri." (H.R. Bukhari). Islam sangat melarang keras untuk saling membenci dan bermusuhan, namun sangat menjunjung tinggi akan arti kasih sayang terhadap umat manusia. Rasulullah saw. bersabda : "Janganlah kamu saling membenci, berdengki-dengkian, saling berpalingan, dan jadilah kamu sebagai hamba-hamba Allah yang bersaudara. Juga tidak dibolehkan seorang muslim meninggalkan (tidak bertegur sapa) terhadap sudaranya lewat tiga hari" HR. Muslim.

Hari Valentine sangat populer di negara-negara Eropa dan Amerika. Pada hari itu terutama kaum remaja merayakan dengan hura-hura. Mereka datang ke pesta-pesta, berdansa semalam suntuk, saling memberi hadiah coklat, dan kegiatan-kegiatan yang berbau maksiat lainnya. Bahkan hal-hal yang hanya boleh dikerjakan oleh pasangan suami-istri juga mereka lakukan.  (Naudzubillah min dzalik). Makanya Islam melarang kerang tentang pacaran. !!! Anda bisa membaca artikelnya disini. Dan bagaimana perilaku anak muda di Indonesia ...??? 

Kasih sayang diwujudkan dalam bentuk yang nyata seperti silaturahmi, menjenguk yang sakit, meringankan beban tetangga yang sedang ditinpa musibah, mendamaikan orang yang berselisih, mengajak kepada kebenaran (amar ma'ruf) dan mencegah dari perbuatan munkar. Sudah saatnya pemuda Islam sadar dari keterpurukan dan bangkit menyongsong masa depan yang sudah diajarkan oleh Agama Islam. Kalau tidak sekarang,terus kapan? kalau bukan kita, lantas siapa....?.

Untuk itu pendidikan akhlak sangat penting dalam pembinaan generasi muda, khususnya para remaja islam. Bangsa ini kelak bergantung kepada kita sebagai generasi penerus bangsa, jika moral generasi muda sudah hancur, mampukah Bangsa ini menjadi bangsa yang besar ?

** "Cintailah kekasihmu (secara) biasa-biasa saja, siapa tahu disuatu hari dia akan menjadi musuhmu; dan bencilah orang yang engkau benci (secara) biasa-biasa saja, siapa tahu di suatu hari dia akan menjadi kecintaanmu."**

Semoga bermanfaat


Backlink here..

72 komentar:

  1. weh kenapa atuh sob ko keblinger,oh ya maaf ya baru bisa kemari.saya baru tahu blognya.sekalian saja follow deh.

    BalasHapus
  2. saya malah gak ngerti maksutnya apaan.. maklum wong ndeso :D .. ngertinya kayak maulid nabi tuh tukeran makanan hahhah .

    BalasHapus
    Balasan
    1. jgn dibaca klw ndak ngeti...heuheu. jgn tukeran makanan...yg lain ajah.
      ** duit mau ?

      Hapus
  3. ya terlepas dari masalah kontra dan pro, kita ambil sisi positifnya aja.
    bukankah menebar cinta di dunia ini lbh baik daripada menebar permusuhan?
    ^_^

    oya, katanya mau tukeran link, bisa kok, coba aja kamu cek di sidebar kiri bawah, tepat dibawah follower, disitu aku nyimpen yg mau tukeran link, dan link kamu udh aku tempel, ada diurutan bawah, soalnya aku urut berdasar siapa lbh dulu minta.
    jgn lp pasang balik link blogku ya...oya sekalian follow

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mksh mas, link segera saya pasang. mksh yah :)

      Hapus
  4. Siip...
    Ini saya tambahin hadits lagi..

    "Sungguh kalian akan mengikuti langkah-langkah orang-orang sebelum kalian sejengkal demi sejengkal dan sehasta demi sehasta. Bahkan seandainya mereka masuk lubang biawakpun niscaya kalian ikut masuk pula kedalamnya. Para sahabat bertanya: 'Siapakan mereka itu ya Rasulullah?'. Beliau menjawab: "Ahli Kitab (Nasrani & Yahudi)! Siapa lagi kalau bukan mereka?" [HR. Imam Bukhari] [-(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah...dikasih ilmu nih, mksh kunjungannya

      Hapus
  5. itulah orang indonesia, kurang pandai menyaring kebudayaan yg masuk dri luar, publikasi media cenderung dilebih2kan untuk kpentingan trtentu,, korbannya?? ya generasi muda yg msih haus dg sesuatu yg baru yg dbilang ng'tren

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener mas, kadang anak muda skrg cuma ikut2an tp ndak mau tau mana yg jelek mana yg bagus. langsung aja main telan. :)

      Hapus
  6. setuju mba.. sebenarnya bagi umat islam merayakan valentine days itu hukumnya HARAM..

    BalasHapus
  7. Saya sangat setuju dg apa yg kamu uraikan diatas. Saya sih hanya melihat dan mengambil sisi baiknya saja tentang hari valentine... ya makna kasih sayang nya itu [kasih dan sayang yg tdk hanya terbatas pada kekasih kita saja.. tetapi kasih dan sayang kita kepada ortu, saudara, sahabat dan sesama umat manusia. Biar damai di dunia dan akhirat]. Damai itu Indah. :-? :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah itu dia yg sy maksud. jgn semua budaya mrk langsung di ambbil, saring dulu. jika bagus utk sesama ya hrs di ambil. jgn trus langsung semua di ambil, ujung2nya penyesalan kan?

      Hapus
  8. seperti yang tertera di atas.. 'Kasih sayang dalam Islam terhadap sesama tidaklah terbatas dengan waktu dan dimanapun berada'.. bagaimana jika kita (Islam) juga mengasihi orang2 yang merayakan Valentine?!

    Belajar Photoshop

    BalasHapus
    Balasan
    1. mksdnya gini mas, islam dianjurkan mengasihi sesama termasuk orang yg merayakan valentine. tetapi Islam melarang mengikuti budaya yg mrk lakukan, krn identing dgn hura2, minuman keras bahkan free sex (maaf). nah disitu yg tidak di perbolehkan di agama islam, tp kalau kita dianjurkan mengasihi "orangnya" bukan "Budayanya", karena di mata Tuhan semua manusia sama. yg membedakan kan kepercayaan/agama termasuk cara2 ibadahnya.

      Hapus
  9. betul, memang sangat aneh bila muslim merayakan hari kematian seorang pendeta untuk memperingati perjuangannya dalam membela cinta..
    saya sangat terkesan oleh perjuangan sobat Indah untuk berbagi demi kebaikan antar sesama muslim, smoga Indah selalu dalam pelukan kasih sayang Allah. Amien

    BalasHapus
    Balasan
    1. klw saya berprinsip valentine day boleh dilaksanakan ttp sesuai as sunnah, bukan hanya tgl 14 Februari aja, klw bisa tiap hari mengasihi sesama. ttp harus mematuhi norma dan kaedah islam itu sendiri. :)

      Hapus
  10. Dalam islam stp hr adlh hr ksh syg. Sdh jls VD adlh budaya kuffar dan cukuplh qta dgn hadits dr Rsl "Man tasyabbh bikaumin fahuwa minhum".

    I'dul Huub, Da'watun Ilal Baathil.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah..saya harus byk belajar sama mbka ana nih. please :((

      Hapus
  11. hehehe, yg jelas ga tau klo tgl 14 itu palenten, yg jelas aku mah tau nya tgl 1, 2 atau 3 mba... xixiii ... itu tgl gajian hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju banget mas Eka, kita bikin partai yuk...heuheuheu :))

      Hapus
  12. ane gk tau itu yang nama'y hari valentine heheh...

    BalasHapus
  13. Saya juga ga ngerayain Valentine Days.. tapi saya juga harus mnsyukurinya ... Valentine selalu mengingatkan saya bahwa saya tambah ... tua ... 8-) he.. he..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Heuheuheu..ternyata betul kt orang, lucu juga nih =))

      Mksh kunjungannnya ya mas

      Hapus
  14. Saya menganggap hari valentine itu seperti hari biasa, hari senin, selasa, rabu, kamis, jum'at, sabtu atau minggu.

    :)

    BalasHapus
  15. Blognya udah saya follow nih...
    Follback blog saya ya.. :) adityareinaldo.com
    Thx.. :d

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kok cuma Follow, yg lain donk. misal bagi2 angpao gituh =))

      Hapus
  16. Mencintalah dan membenci karena Allah, dan janganlah berlebihan dalam mencinta dan membenci karena belum tentu yang kita cinta adalah baik buat kita dan sebaliknya belum tentu apa yang kita benci adalah buruk buat kita. blog dah di follow :), follback yah hehehe. thx share

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul sekali mas. mksh kunjungannya yah? :)

      Hapus
  17. met malam,,met malming jg ea mba
    tidak lupa juga selamat happy valent

    BalasHapus
  18. kunjungan malam...izin nyimak ya... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan, klw ada prtnyaan ngacung yah? :))

      Hapus
  19. Hari Valentine ,,,??? nggak lah yawww hehehe,,,semua hari,semua bulan ,semua tahun,podo wae mbak heuheuheu

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul..podo wae kt orang jowo. heuheuheu......... =))

      Hapus
  20. wah kalo saya mah sudah kaga mau ngerayain yang namanya palentin day nih, emang dari dlu

    BalasHapus
    Balasan
    1. mending ngeblog ajah yah..? =))

      Hapus
  21. mba Indah makasih Infonya ya...
    buat pengingat juga bagi remaja Islam sekarang :)

    BalasHapus
  22. Benar nih mba, valentine itu budaya yang ga pantas bagi kita sebagai orang timur.. budaya dan agama kita justru telah mengajarkan bagaimana kasih sayang yang sebenarnya itu.. bukan seperti valentine kita sekarang..

    Salam kenal dan kumbal ke blog mba.. eh iya, saya udah follow blog mba.. tulisannya bagus-bagus..

    BalasHapus
  23. APA ITU HARI VALENTIN ??

    kilas balik sejarah....
    Rehat Sejenak membaca sejarah Valentin yang sebenarnya:...

    SAYA INGETKEN....!!! ­ ­ VALENTINE BERASAL DARI BETAWI INDONESIA.... BUKAN DARI ROMAWI.

    Jaman VOC masih berkuasa di Batavia. Konon ada seorang gadis yg namanya si Entin Bin Sueb. Dia jadi rebutan antara cowok betawi, sunda dan seorang meneer Belanda.

    Pada tgl 13 Feb 1644 hari Sabtu, ketiganya kebetulan bertemu di rumah si Entin. Mereka berebut dan akhirnya berkelahi...

    Ditengah-2 perkelahian, si Entin tdk mau ada keributan mencoba melerai, tetapi salah satu senjata mereka tepat mengenai kepala si Entin.

    Sontak warga kampung yg liat kejadian itulaluberteriak "PALE ENTIN BERDARAH... TUHPALE ENTIN...PALE ENTIN..."
    Si entin lalu dibawa ke Rumah sakit, tapi esoknya tgl 14 Februari Entin meninggal.

    Untuk mengenang kejadian itu si Menner Belanda selalu mengadakan acara untuk mengenang Entin yg dicintainya.... ­ ­.
    Di Belanda dia cuma inget kata-2 warga Betawi "PALE ENTIN...PALE ENTIN....." Maka jadilah Hari Pale entin atau VALENTIN
    wkwkwkwkwkw.... =p~

    Jadi intinya siapa yang like dan komen gw doain..banyak rejeki dan gampang jodoh amin...
    Kalo engga lo gue end,

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe...kirain serius tadi, ternyata si entin mati. Tragis banget nasib nya =))

      Hapus
  24. kayak apa sih valentine,, maklum saya gak pernah merayakannya sih.. hehehe.. :d

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas andy mending jgn ikutan ah, kan dah tua. Ndak pantes mas =))

      Hapus
  25. Bacaan yang bagus dan bermanfaat, sebenernya sih saya ga terlalu tertarik juga sama valentine day. kasih sayang dengan pasangan itu kan setiap hari. bener ga mbak indah? hhehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betuk 3x .... biar tambah romantis :d

      Hapus
  26. hari kasih sayang bisa dilakukan kapan saja gak musti tanggal 14 febuari aja , kalo cuma tanggal itu hari yang laen gmn? hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. yah itu betul, klw tgl yg lain berarti ndak sayang ...heuheu =))

      Hapus
  27. kayanya kita-kita udah ga zamannya lagi nih ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener mas, udah jamannya momong cucu. heuheuheu =))

      Hapus
  28. hwaaaaaa...... aku uda ngetik banyak lha kok servernya terputus,, bentar aku inget2 lagi apa yg tadi mau aku posting -____-a

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sabar,,sabar. masih 2 hari lagi kok dikumpulin ke pak guru. jgn keburu,santai ajah. heuheuheu =))

      Hapus
  29. oia, agak2 inget

    pertama: blognya keren banget, asli, cute, itu temanya sakura ya? :-) unyu unyu x-)

    kedua: emang tiap valentine selalu banyak yang bahas yak? kalo aku asal valentine gak jadi ajang free sex dan kenakalan pasangan remaja ilegal its ok, pa lagi kalo ada yang kasih aku coklat n boneka banyak, pasti halalan toyiban hehehe :d :p

    ketiga: aku follow, folbek yah..

    keempat: kasih link buat emot di kolom postingan kaya punya indah dong, tengkyu (b)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pertama: Mkasih yah
      Kedua: Betul..halal banget tuh =))
      Ketiga: Link sdh dikirim
      Ke empat: Masih dicoba

      Hapus
  30. uda keliatan cinnnn gadget followernya, ternyata itu ulah kode html utk postingan disertai emoticon yg tak pasang di temaku :(( ini tema baru kemaren diutak atik jd agak puyeng @-)

    kira2 kalo dipasang kode gituan lagi gadget followernya ilang lagi ga yak? :-t

    BalasHapus
    Balasan
    1. Walah..saya ndak tau mslh gituan, blog ini design ke 2, yg pertama follower ilang2 terus. akhirnya sy cari2 design lg,dan inilah hasilnya. sangat menjengkelkan yah ? b-

      Hapus
  31. saya kalau ke blog ini jadi ngiri soalnya pengunjung blog sya lebih banyak tapi blog ini dapat page rank 3 sedangkan blog saya cuman 1 hehehe,, tapi memang artikel disini semuanya keren2 sob..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ndak boleh ngiri, pengunjung disini meskipun dikit tp aduhai semua. heuheuheu =))

      Hapus
  32. setuju sob,,,,,, lanjutkan
    visit back :
    http://joens-tutorial.blogspot.com/2013/02/modifikasi-thread-comment-dengan-css.html

    BalasHapus
  33. Setuju Mbak, 14 Februari juga diperingai Hijab Day ^^ mending yuk menutup aurat..hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah sejak SMP dah pakai jilbab non :)

      Hapus
  34. Wah, lagi rame membicarakan valentine day. Nguping aja deh, hehe..

    BalasHapus

PERINGATAN !!!
1. Dilarang Nyepam Disini
2. Dilarang Pipis Disini
3. Dilarang Teriak Disini
4. Dilarang apalagi yah...?

Emoticon Centil Disini
:))
:((
:D
:(
=))
b-(
:)
:P
:-o
:*
:-s
[-(
@-)
=d>
b-)
:-?
:->
X-(

Top