Akad Nikah

|
Assalamu'alaikum

Akad Nikah
"Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya di antaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berfikir."  Ar-Ruum Ayat : 21

Allah SWT menciptakan manusia berpasang-pasangan, laki-laki dan perempuan sehingga bertemu dengan jodohnya. Manusia diberikan Akal, Nafsu dan Cinta agar mau bersyukur atas segala nikmatNya yang telah diberikan kepada kita. Agama mengisyaratkan jika manusia sudah dewasa, agar segera untuk menikah. Akad nikah adalah syarat ketentuan dalam Islam, terpenuhinya rukun nikah terdiri dari adanya mempelai laki dan perempuan, adanya wali, dua saksi, mahar dan akad nikah itu sendiri.

Rasulullah Salallahu Alaihiwasallam bersabda : “ Wahai para pemuda, barangsiapa diantara kalian mampu untuk menikah, maka bersegeralah menikah, karena sesungguhnya pernikahan itu lebih menutup mata (dari pandangan haram) dan lebih menjaga kemaluan (dari haram). Barang siapa yang tidak mampu maka berpuasalah, karena puasa bisa menjadi perisai baginya. “ (H.R. Muslim)

Akad nikah merupakan acara kunci dalam pernikahan. Pada intinya akad nikah adalah upacara keagamaan untuk pernikahan antara dua insan manusia. Melalui akad nikah, maka hubungan antara dua insan yang saling bersepakat untuk berumah tangga diresmikan di hadapan manusia dan Tuhan.

Akad nikah bukan sekedar upacara seremonial, melainkan ada dua makna yang dikandung dalam akad nikah yaitu : Ibadah dan Amanah Allah SWT dan sosial biologis. Disamping itu, cinta dan kasih sayang juga perlu diwujudkan sebagai salah satu bentuk rasa syukur kepada Allah Swt. Maka berbahagialah bagi anda yang baru saja melangsungkan akad nikah dan  Semoga Allah Swt menjadikan keluarga yang Sakinah, Mawaddah dan Warahmah.

Semoga bermanfaat.   ;((



Backlink here..

123 komentar:

  1. mau akad nikah ya setelah dipingit kan

    BalasHapus
    Balasan
    1. lho he, kok bisa ya saya sendirian disini

      Hapus
    2. yg bener dipijit, mas agus salah ketik.

      Hapus
    3. Wow,... $-)
      Mbak Indah sudah dipijit eh dipingitt ya? Asyik. Asyik Asyik... :)

      Hapus
    4. Emang Kalau bkan Akhad Nikah Tidak sah ya?
      Lha gimana Akyu dulu ga ahad nikahe. NikahKu Senin masak harus diulang ahad nikah

      Hapus
    5. wah wah .....kok pada ribut yah? :d

      Hapus
    6. siapa..siapa.. yang mau dipijit..

      Hapus
    7. ikut nimbrung..demi jadi saksi walimahan.

      Hapus
    8. Wah tanda-tanda banyak yang bakal patah hati nih hiihihi..

      Hapus
    9. mas budi ini bisa aja, kan mbak indah sudah ada yang punya kita turut berbahagia aja deh

      Hapus
    10. Mapelainya sapa aja nie,,,

      Hapus
    11. ciee... cieee yang lagi dipingit * kalau disunda dipingit di kurung di kamar takut ada yang nyulik heheheh*

      Hapus
    12. dimasukin dalam sangkar. lebih pas

      Hapus
  2. akad nikah bukan sekedar mengucap , qobiltu nikahah watazwijaha bilmahril madzkur, tapi sebuah konsekuensi dan tanggung jawab yang besar oleh seorang suami, karena pasangan ilahiah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. fufufufuffufuuu.............. terharu ;-( ;;(( .

      Hapus
    2. klw mas agus sama mas reo dah pengalaman, tp klw yg 1 ini kan msh sekolah blogger

      Hapus
    3. Aku dah lupa cara ngucapinnya kang... makanya nggak boleh ngucapin lagi.. cukup sekali aja langsung lupa deh... klo kang agus masih ingat bisa gawat entar kang.. bakal kejadian ucapin lagi tuh hihihii

      Hapus
    4. iya itu cuma ngajari aja kok tidak ada maksud pengen ngucap lagi,hehehe.
      satu aja cukup buat temen ngibadah nggolek sangu akirat

      Hapus
    5. wah pakar pakar kawin ngumpul disini ternyata...

      Hapus
    6. walah $-)
      Intinya, Jadi nih Mbak Indah nikahnya ? Kapan ? :p
      hehehe undang dong...

      Hapus
  3. selamat ya mbak :salaman: :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. emangnya ada apaan sih? :))

      Hapus
    2. hahaha ikutan ah...
      selamat ya semoga cepat berkembangbiak...

      Hapus
    3. ikut berbahagia ah :)

      Hapus
  4. tangannya pake hena.. pengen deh

    ihirr ......... gimana mbak anaknya udah launching??
    kaksetiawan kemaren anaknya launching satu album loh :o

    eh ya.. ini dibawah saya bunga kamboja bukan sih ~_~ kaya kuburan ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahah..pantes ajah mas ks sumringah :>)

      Hapus
    2. kalau kpk itu kapok, kalau pkk, itu pokok pilih yang mana ?

      Hapus
    3. ini ngomongin anjing hutan, album apa kuburan sih..?

      Hapus
  5. Alhamdulillah...Indah kapan mahu nikah heeee :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. bulan depan kak KY.. ayo kita serbu makanannya .

      Hapus
    2. boleh ikut pasukan serbu :-P

      Hapus
    3. ah ane nggak ikut ah.. bobok aja di rumah cukup diceritain aja deh ma bli KS

      Hapus
    4. saya juga ikut jejak mas budi enak tidur aja,

      Hapus
    5. saya kirim videonya aja..

      Hapus
  6. Mbak Indah, congrats yahhhhhh...

    Jgn lupa kuenya... (h)

    BalasHapus
  7. Yang penting adalah cinta dan kasih sayang adalah kunci akad nikahnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener mas....pasti udah berkeluarga nih :d

      Hapus
    2. Belum Mbak,tapi tahu dari pengalaman dari berbagai teman :d

      Hapus
  8. mbak indah kapan ni mau akad nikah? ayo cepet2 nanti nysel lho :D

    BalasHapus
  9. Woww Mo nikah Bulan ini yaaaa....
    Ni kan Bulan Mei
    Pastine Maybe no
    Maybe Yesh

    BalasHapus
    Balasan
    1. sapa yg mau nikah sih...hehehe :d

      Hapus
    2. eh sumpe loo ga mau nikah..?
      ati ati ucapan itu doa lho... :D :D :D

      Hapus
    3. kan emang blm waktunya mas :d

      Hapus
  10. mba indah mau nyusul yaah ? keliataann :)) . ayo mba buruaaan :)

    BalasHapus
  11. tak tunggu undagane mba' hehe =p~ =p~

    BalasHapus
  12. Dari cara memilih nama yg baik buat bayi sekarang akan nikah, jangan2 mbak Indah udh mau merid, ditunggu undangannya ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. selanjutnya kisah malam pertama loh...tungguin ajah :d

      Hapus
    2. Bakal seruh nantinya

      Hapus
  13. syukur deh, kalu dah tetap tanggalnya, ditunggu undangannya ya sis :)

    BalasHapus
  14. Wah aku masih jomblo nih, tapi aku percaya kepada Allah karena jodoh ada di tangan-Nya

    BalasHapus
  15. wah kalo ini saya belum cukup umur :D

    BalasHapus
  16. saya jg diundang ya.. :d
    #emangAdaApa

    BalasHapus
    Balasan
    1. ndak tau mas, pada ribut semua

      Hapus
  17. jadi inget dua tahun lalu...

    (Umy Noofa)

    BalasHapus
  18. 3 Kata yang ditunggu² Oleh setiap wanita...!
    BUKAN
    I LOVE YUO
    atau
    I MISS YOU

    TETAPI
    Aku Terima Nikahnya...!

    BalasHapus
    Balasan
    1. duh ..... mana tahan. hahahah

      Hapus
    2. hahahaha.. gak ku..ku.. :)

      Hapus
    3. Harusnya diterusin tuh kang... Aku Terima Nikahnya..siapa tahu setelahnya nyebut nama tetangga sebelah tao siapa ..kan kacian tuh yang diminta hihihi... jgn lp mas kawinnya juga nentuin diterima apa tidaknya lho kang,...

      Hapus
    4. mas budi mulai mengingat2 tuh, awas lho ya ada tetangganya yang abegeh nanti disambet juga, hehehehe

      Hapus
  19. mmmmmmmm.....
    masih muda saya unutk menjalani ini ahhaa :>)
    kayanya mba indah udah pengen buru" nihh.. :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. tinggal nunggu waktu ajah mas, doain yah? :d

      Hapus
    2. Ntar kawin jangan lupa ngundang saya ya.. :))

      Hapus
    3. udah kebelet...diujung tanduk

      Hapus
    4. Siip lah saya doain tenang aje.. (o)

      Hapus
  20. Pemilik blok ini kira2 kapan ya.. :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. mengheningkan cipta...mulai!!
      #mendo'akan adminnya agar segera melepas predikat jomblo nya

      Hapus
    2. cara melepasnya gimana Kang? apa seperti melepas sandal kah... :))

      Hapus
    3. Tuh bakal penghulunya dah mengheningkan cipta.. tanya penghulunya aja kang hehehe

      Hapus
    4. cara melepasnya ngeden dulu kayak mau ngengek

      Hapus
  21. ahad nikah adalah janji suci antara pasangan demi menuju rida ilahi.Ibadah,Amanah Allah SWT dan sosial biologis.

    BalasHapus
  22. jangan lupa ngundang saya y

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak indah, pak dhe ini cocok buat serah terima lho

      Hapus
    2. Tenang ajah mang, ntr klw udah masang tenda aku miss call.
      Mbak nia, klw utk serah terima butuh org yg berbadan tegap dan cakep, biar ndak malu sama tamu. :d

      Hapus
    3. berarti saya cocok donk jadi serah terimanya... =))

      Hapus
    4. cocok bangt bli.. kang ubi yg jd penghulunya... aku mah jadi pendampingnya aja jg gpp kok... hihihihi...

      Hapus
    5. hayo mas budi semakin kebawah semakin kumat nih..kalau saya sih preman dapur ajalah , mayan bisa nyicip makanannya

      Hapus
    6. hehehe... jadi malu nih ma kang agus...

      Hapus
  23. akad nikah sama akad kaki beda ya..??

    BalasHapus
  24. Akad nikah, menjalin ikatan cinta kasih sayang dalam ibadah & tuntuan hidup berkeluarga. semoga yg belum pernah mengalaminya segera mengalaminya, dan seterusnya dijadikan oleh-Nya keluarga yang Sakinah, Mawaddah dan Warahmah.
    Amiin.

    BalasHapus
  25. terima kasih atas penjelasannya mbak :D btw mau nkah sama sapa nih :p

    BalasHapus
  26. pernikahan itu seperti pelajaran ipa
    karena cinta itu tentang chemistry sedangkan bercinta tentang biologis yang membutuhkan kontak fisika...

    BalasHapus
    Balasan
    1. jahhh...malah pakai pelajaran sekolah

      Hapus
    2. eh aku kan masih abegeh
      anak sekolah gitu cuy... :p

      Hapus
  27. mba baru abis akad nikah ya?jangan lupa undangan resepsi nya yah... (o)

    BalasHapus
  28. Sah??
    Saahhh...
    Alhamdulillah.... :d

    BalasHapus
    Balasan
    1. saksi dan hadirin belum ditanya mas (c)

      Hapus
  29. Wah! Mbak Indah habis akad nikah toh?
    Alhamdulullah...kok ga ada acara makan2nya nih? :)

    BalasHapus
  30. Wah......ketinggalan...nasi prasmanannya nih..
    Selamot ya :)

    BalasHapus
  31. selamat ya buat mbak indah yang mau nikahan... jangan lupa bingkisannya :-s

    BalasHapus
    Balasan
    1. tenang ajah mang, ntar ada award kok :d

      Hapus
  32. dari pada nafsu tidak tertularkan mbak , malahan berbuat maksiat diluar nikah lebih baik nikah :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. nikah cerai nikah cerai gitu.. kwwkkw :>)

      Hapus
    2. nah ini ada santrinya eyang subur :>)

      Hapus
  33. Sakinah, Mawaddah dan Warahmah.
    Merupakan tujuan utama dalam berkeluarga,untuk mbak Indah semoga rumahtangganya menjadi yang Sakinah, Mawaddah dan Warahmah.

    BalasHapus
  34. saya jadi ingat suatu hari di bulan november 1999. indah banget tuh hari itu. pokoknya pengin ngulang aja rasanya.

    BalasHapus
  35. Kalo tau begini enakan menikah, mungkin pas tamat smu dulu saya minta segera untuk dinikahin.. heheh.. sekedar motivasi buat mba indah agar terus semangat untuk menikah sesegera mungkin :D

    BalasHapus

PERINGATAN !!!
1. Dilarang Nyepam Disini
2. Dilarang Pipis Disini
3. Dilarang Teriak Disini
4. Dilarang apalagi yah...?

Emoticon Centil Disini
:))
:((
:D
:(
=))
b-(
:)
:P
:-o
:*
:-s
[-(
@-)
=d>
b-)
:-?
:->
X-(

Top