Kunci Meraih Kesuksesan Dunia dan Akhirat

|
Assalamu'alaikum.

Kunci Meraih Kesuksesan Dunia dan Akhirat
Hal yang perlu kita sadari adalah hidup ini tidak selalu berjalan mulus. Suka duka silih berganti. Ada kemenangan, ada kekalahan, ada air mata yang tertumpah disaat kekalahan menerpa. Banyak diantara kita menyikapi dengan sikap yang berbeda dalam Meraih Kesuksesan Dunia dan Akhirat. Di saat mendapatkan kemenangan seakan itu adalah hasil kerja kita semata. Sehingga kita semua lupa diri siapa yang mencipta.

Di saat kalah merasakan diri terlalu bersalah. Sering saat kalah, kita tanpa sadar terjebak, lalu memandang kekalahan sebagai aib. Kita malu luar biasa kalau kalah. Bahkan, tidak jarang kita menuding orang lain sebagai penyebab kekalahan kita. Kita sering menyalah-nyalahkan berbagai pihak karena kita kalah.

Bagaimana sebaiknya kita memandang dan menyikapi kekalahan?
Kekalahan atau kegagalan bukanlah suatu kejahatan. Kita memang tidak menyukai kekalahan, tetapi boleh jadi kekalahan itu kelak justru membawa kebaikan buat kita. Dan, kita mungkin sangat menyukai kemenangan, kesuksesan, dan kekayaan, tetapi bisa jadi kemenangan itu justru berakibat buruk bagi kita di kemudian hari. Kepada Allah jualah hendaknya semua itu kita kembalikan. Hal tersebut tertuang dalam Al Quran yang artinya “Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedangkan kamu tidak mengetahui (QS al-Baqarah [2]: 216)”.
Disaat kekalahan melanda maka yang harus kita lakukan adalah menguatkan kembali tekad untuk melanjutkan perjuangan. Memahami kembali bahwa kita adalah orang-orang yang terpilih.

Disaat kemenangan berada dalam genggaman. Maka yang harus dilakukan adalah merendahkan diri di hadapan Ilahi. Bahwa kemenangan itu bukannya hasil dari jerih payah diri sendiri, tetapi anugrah dari Ilahi. Sesungguhnya kemenangan itu adalah ketenangan jiwa dan kekalahan itu adalah kerisauan hati. 

Kekalahan merupakan batu pijakan menuju kesuksesan di masa yang akan datang. Thomas Edison, penemu bola lampu, harus melalui 100 percobaan untuk akhirnya dapat menciptakan bola lampu tersebut. Pada suatu saat ada  seorang reporter bertanya padanya, “Bagaimana rasanya mengalami kegagalan sebanyak 100 kali?”. Lalu Edison menjawab “Saya tidak gagal 100 kali. Bola lampu tersebut ditemukan melalui 100 langkah”. 

Soichiro Honda  mengatakan, janganlah melihat keberhasilan dalam menggeluti bidang otomotif, tapi lihatlah kegagalan yang dialaminya. “Orang melihat kesuksesan saya hanya satu persen, tapi mereka tidak melihat 99% kegagalan saya”. Beliau memberikan petuah “ketika Anda mengalami kegagalan, teruslah bermimpi, mimpikanlah mimpi baru dan berusahalah mengubahnya jadi kenyataan. Siapapun Anda, dari manapun Anda, Anda dapat sukses jika tak pernah berhenti untuk percaya dan berusaha. Berhentilah putus asa, karena itu tak memperbaiki keadaan, mari mulai bermimpi dan mengubah nasib”.

Al Qur'an memberikan 3 Kunci Meraih Kesuksesan tanpa batas, dunia dan akhirat :

Kunci Meraih Meraih Kesuksesan pertama.
Di dalam Al Qur'an QS.35:29 yaitu: Yatlunal kitaballah. Membaca kitab atau membaca buku. Uraian ini bukanlah tafsir, tapi mengambil inspirasi ayat Al Qur'an. Sukses itu ada ilmunya. Kata Nabi Muhammad SAW, Jika ingin sukses di dunia milikilah ilmunya, jiia ingin sukses di akhirat juga punya ilmu. Jika anda ingin sukses dunia dan akhirat, juga ada ilmunya. mencari ilmu itu penting. Dan Gudangnya ilmu adalah buku. Hampir semua ilmu ada bukunya berikut pengertiannya. Kuncinya adalah membaca. Jadi jika ingin mengambil ilmu dari gudang ilmu maka anda harus membaca

Kunci Meraih Meraih Kesuksesan ke dua.
Di dalam Al Qur'an QS.35:29  yaitu: Mendirikan Sholat. Banyak orang yang kaya tidak pandai bersyukur, tidak sohlat. Kecerdasan spritualnya rendah. Manusia hanya merencanakan, Allah yang menentukan. Bekerja dan yakin Allah SWT pasti akan membantu. Ini adalah prinsip sukses orang beriman. Tawakkal Ilallah. Segala persoalan ada solusi spiritualnya. "Mintalah pertolongan dengan sabar dan sholat," kata Allah.  Jika anda bersyukur, maka Allah akan membuka pintu-pintu rejeki dari segala penjuru. Derpan- belakang, atas-bawah. Harta menjadi berkah, hati kembali tentram. Bahagia sudah pasti. Di dunia sukses, akhirat mendapat Rahmat Allah.

Kunci Meraih Meraih Kesuksesan ke Tiga.
Di dalam Al Qur'an QS.35 yaitu: bersedekah. Salah satu do'a yang mustajab adalah do'a orang-orang miskin. membahagiakan mereka, kita akan mendapat do'anya. Janji Allah sudah pasti. Allah SWT akan melipatgandakan harta orang-orang yang berinfak 10 kali lipat hingga 100 kali lipat. Sedekah bukannya mengurangi harta, justru menambah harta. sudah banyak bukti. Infak memperkaya anda bukan membuat miskin. Tidak ada dalam sejarah orang yang dermawan akhir hidupnya miskin. 

Dalam Meraih Kesuksesan Dunia dan Akhirat, hati seseorang harus bersandar dan bertawaqal kepada Allah, tidak takluk kepada bayang-bayang buruk dan tidak pula dikuasai oleh khayalan-khayalan buruk, sedang ia percaya penuh kepada Allah dan mendambakan karuniaNya, maka dengan itu segala kegelisahan dan kegundahan akan tertangkis, sejumlah penyakit luar maupun dalam akan hilang darinya, dan akan tercipta di hatinya kekuatan, kelapangan dan kegembiraan yang tak mungkin terungkapkan olah kata. 


*** Maaf artikelnya panjang, dengan membaca keseluruhan berarti anda ingin sukses.  InsyaAllah 


Backlink here..

126 komentar:

  1. wah waha kalah2 mamah dedeh mabk indh sekarang
    #piss mbak :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. sorry mbak kata2nya hancur gara2 nyari pertamax :)

      Hapus
    2. wah keren banget mba infonya, trimakasih banyak mba indah, sangat bermanfaat. smoga yg bca artikel mba indah ini bsa sukses dunia n akhirat. amin :)

      Hapus
    3. Adek-adek ngapain kumpul disini? :d

      Hapus
    4. Terimakasih informasinya :P

      Hapus
    5. m'ba bro so tuwir...
      treak yang keceng adik adik...huuuuuuuuu, sekali lagi...huuu

      Hapus
    6. pasukan Om-om pada ngumpul.. :-)

      Hapus
    7. koq ngumpul gak ngajak2 sih.. tuh kan saya jadi telat datang.. ;-(

      Hapus
    8. emang nggak di sms tadi ya sob?

      Hapus
    9. ikutang doonk ngumpul disini..

      Hapus
    10. ikutan bilang Huuuuuuuuuuuuuuuuuuu..... sekali lagi Huuuuuuu

      Hapus
  2. walaupun panjang dan terakhir ada kata kalau ingin sukses berarti anda membaca keseluruhan artikel,dan saya melihat kehalusan niat dan tekad mbak indah,halus sekali mbak,hehehehehehe.cocok

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha...law wong ora moco ngono. huh
      Apane sing halus mas ....hahha :d

      Hapus
    2. gayane gak menyadari nek mencari sesuap keyword,hehehe
      Sip mbak,mau nulis apapun blog ini akan page one,karena modal pr3 dan seo nya 93%.pokoke tunggal kelas ojo ngganggu,hahaha...

      Hapus
    3. Ahahaha.....ojo ngono toh :d
      Oke aku ndak arep ngganggu, sing penting sandingane cak :d

      Hapus
    4. koyok jaranan enek sandingane.. :-)

      Hapus
    5. aku gak mudeng... jelasin dong mas agus dan mba aguss... serius gak mudeng nih... :-s

      Hapus
    6. gini loh mas payzo, mas agus tuh ingin nembak keyword. trus dia minta ke saya utk tidak membuat judul dgn blog mas agus. cuma itu kok. :)

      Hapus
    7. lah ini kembarannya ..... sepertinya mau protes nih :d

      Hapus
    8. lagi pada ngomongin apa yoww.. :-?

      Hapus
    9. tambah bingung... :-?

      Hapus
  3. Rhanks mba,, ini sangat bermanfaat.. dan dibimbing oleh Al-Qur'an.. :)

    #text warna biru terlalu mencolok (bagi saya si) :d

    BalasHapus
    Balasan
    1. oh iyah..kirain saya ajah yg silau. :)) klw gini kan jelas...mana yg muda dan mana yg udah sepuh :-d

      Hapus
    2. Warna biru keren lho mas..

      Hapus
    3. tapi saya tidak terlalu suka dengan warna biru asli, kalau inikan enak dilihat.. soalnya text dengan warna terang tidak cocok dengan warna templatenya.. :d ehehehe
      #so tau.. :D

      Hapus
  4. Terimakasih atas pencerahannya mba indah ... :)

    BalasHapus
  5. Guru yang utama adalah Aqur'an krn semua jalan hidup manusia tertulis dalamnya (kunci dari semua kunci adalah Aqur'an). Keren mbak.. :)

    BalasHapus
  6. Semoga kita bisa melakukan semua kunci diatas.. dan menguncinya sampai ajal menjelang...

    BalasHapus
    Balasan
    1. amiiin, top sekali komenya

      Hapus
    2. Bung Zach : saya suka naruto aja drpd suparman.. hehehe
      Kang Agus : standart aja komennya sob... Kang Agus malah yang top dan seperti Jailangkung aja Kang.. dimana-mana muncul hihihi...

      Hapus
  7. Setelah membaca kunci diatas saatnya action mudahan kunci kesuksesan itu bisa kita raih tentunya :)

    BalasHapus
  8. Semoga saya bisa menerapkan apa yang di terangkan Mba Bro indah
    #mamadedehbaru

    BalasHapus
  9. terkesan dengan yang dibilang kang Honda...kamuuu luaaar biasaaa.

    tiga kunci utama meraih kesuksesannya tak simpen dalam hati untuk segera diamalkan, agar segera pula mencapai kesuksesan...cape ngga jadi orang sukses teh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. jadi sukses capek, gak jadi sukses capek.. jadi gimana nih.. (b)

      Hapus
    2. capek jadi sukses berarti pekerja keras

      Hapus
    3. orang yang capek belumtentu sukses heeheh

      Hapus
  10. postingan yg sangat menarik dan ilmunya sangat bermanfaat
    terima kasih banyak sudah berbagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas kunjungannya pak :)

      Hapus
    2. bener banget kawan,teman kita yang cantik ini selalu posting yang sangat bermanfaat untuk kita semua,,,setuju setuju,,,

      Hapus
  11. tuh kang , kalau ksni pasti d suguhin artikel yang bagus bangett

    terimakasih banyak ya mbaa indahh

    BalasHapus
    Balasan
    1. hiyah dong, temennya siapa dulu...coba?

      Hapus
    2. siapa dulu temen'nya..

      Hapus
    3. dulu temennya siapa ? :>)

      Hapus
  12. kata warna merah paling bawah itu, membuat saya balik lagi keatas nuntasin mbaca nya...huh @-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apa iya...? paling juga di close. :-d

      Hapus
    2. udah dituntasin kang baca'nya.. :d

      Hapus
  13. smg yg semua yg komen bs menerapkan/praktekkan isi artikel diatas.... *smile

    BalasHapus
    Balasan
    1. Akan di usahakan sob.

      Hehe

      Hapus
    2. harus diterapkan.. gak boleh ada kata tidak.. 8-)

      Hapus
  14. Emang ya tak jarang kita belajar dari kekalahan, ya walaupun terkadang kita sendiri menyalahkan orang lain penyebab kekalahan kita (termasuk aku). Tetapi ada kalanya kita menyadari bahwa sesudah kekalahan, kalau kita berusaha pasti ada kemenangan.

    Salam kenal

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal juga mas....butuh tanda tangan juga ndak :d

      Hapus
  15. Kalau mba indah sukses saya senang.. Tapi kalau gagal, saya jadi ga senang.Senang lagi kalau mba indah optimis untuk maju lagi supaya biasa dapat sukses beneran.. ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Insya Allah...doain ya mas :)
      saya hanya berusaha dgn ilmu yg saya peroleh dan biar Allah yg menentukan saya sukses apa tidak :)

      Hapus
  16. susah nggak ya mempraktekanya.. saya baca pelan-pelan dulu trus saya pahami.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saking pelannya, baca 1 alinea ajah ndak kuat. wkwkwkwk

      Hapus
    2. bukan dibaca tapi dieja satu2..

      Hapus
    3. maklum, dulu sekolah Paud gak lulus.. =))

      Hapus
    4. karena ini syarat makna jadi harus pelan2 bacanya

      Hapus
  17. memang kunci kesuksesan harus diperjuangkan dengan keras, sukses dunia maupun akhirat...
    dengan ikhtiar dan berdoa kepada Alloh agar diberi petunjuk dalam segala perjalanan kita ini,.
    makasih mba Indah :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aduhhh...baca komen nya mas didit hati saya kok adem yah?
      Besok kesini lagi dan komen lagi yah..tak siapin kopi panas. :d

      Hapus
    2. aduhhhh,..mana ni kopinya :))

      Hapus
  18. kalo dulu aku pernah buat artikel tentang ini mbak, jadi hidup itu aku ibaratkan dengan garis yang terbentuk membentuk kurva normal... hehe.. jangan tanya bentuknya seperti apa ya mbak :P

    BalasHapus
    Balasan
    1. bentuk'nya lonjong ya.. =))

      Hapus
    2. Ada2 ajah nih orang ber 2 :-s

      Hapus
  19. 3 Kunci Meraih Kesuksesan tanpa batas harus dan wajib untuk diterapkan.. intinya jangan ada kata gagal dalam kamus kehidupan, terus berusaha dan maju melangkah kedepan jangan melangkah kebelakang, ntar masuk got.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. melangkah kebelakang itu seperti apa? mundur ya.. :-?

      Hapus
  20. amin..udah tak baca semuanya, semoga kita semua bisa meraih sukses.. amin.

    intinya "jangan pernah menyerah" dan "jangan lupa sama yang di atas".

    sesukses apapun seseorang, kalau dia sampai lupa sama yang kuasa, kesuksesannya akan hancur...

    BalasHapus
    Balasan
    1. seperti gayus ya mas...hancur :d

      Hapus
  21. Salam super mba indah,sangat sederhana cara untuk menuju sukses, cukup 3 kategori,belajar,berusaha dan sedekah.
    Terima kasih sudah berbagi kawan :))

    BalasHapus
  22. apik bener ulasannya mba, tiap orang tentu mendamba kesuksesan dunia akhirat, bagaimana menyikapi suatu kesalahan dan belajar darinya & bagaimana menyikapi kesombongan atas kemenangan...
    kunci kesuksesan hidup sudah ada di AL-Quran, karena kesibukan kita jadi jarang membuka & mengkaji lebih dalam isi Al-Quran. Terima kasih untuk artikelnya mba, izin bookmark lagi ya mba.

    BalasHapus
  23. kalau gembok meraih sukses ada nggak?

    kebanyakan kunci, saya maunya gembok. :d

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada mas, syaratnya harus dibalang gemboknya dulu

      Hapus
  24. kalo borgol meraih sukses ada gak? Pengennya sih ngeborgol, biar sukses terus :D

    BalasHapus
  25. Sepakat sekali dengan artikel ini Klao boleh saya mengutarakan kepahaman saya, satu yang saya kurang setuju, gudang ilmu adalah buku dan kuncinya adalah membaca, setahu saya gudang ilmu adalah ibu kitab atau lafulmahfut yang ada di sidrotulmutaha, sedang buku dan membaca adalah satu bagian dari anak kunci, maaf aklo saya leliru. Dan Kunci Sukses Duni Akherat Adalah Dengan Menuntut Kebahagiyaan Akhirat Tanpa Melupakan Satu Bagian Kebahagiaan di Dunia, Karena lebanyakan manusia melakukan Kebalikannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah mksh mas koreksinya....

      Hapus
  26. thx banyak banget sis, smoga kita bisa jadi sukses dan selamat dunia akhirat...amiiiin
    numpang ngupi dulu sbentar ya.. (c)

    BalasHapus
  27. numpang (c) juga mbak,sambil baca artikelnya :d

    BalasHapus
  28. iya Mbak. kalah itu sangat biasa dan mendewasakan kita.
    saat kita gagal atau kalah, sebenarnya itu momentum untuk makin mendekatkan diri kepada-Nya. hanya sayangnya, jika udah lupa, tidak dekat lagi dia ke Allah.

    BalasHapus
  29. sangat setuju sama kunci meraih kesuksesan point 1-3, bermanfaat mbak bro

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas, mnrt saya jg begitu. bermanfaat banget :)

      Hapus
  30. selalu datang terakhir.. oia mbak, skedar koreksi yg pertama itu bkn yatslunal kitabullah tp yatluna kitaballah.. kalo mudaf mudaf ileh tdk blh diberi al.. dan mudaf mudaf ileh tsbt berkedudukan sbg maful yg dibaca nasab, alamatnya yaitu fathah jadi kitabAllahi, bukan kitabullahi.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah yg di tunggu2 akhirnya dateng,ya itu utk koreksi postingan saya. enaknya punya kawan pinter :d
      Mksh ya mBak koreksinya :))

      Hapus
    2. tapi kalau menurt saya yatslunal bner dh.. soalnya itu TA ta'nis.. jadi dibacanya sedikit ada s nya.. hehe :D
      maaf kalau so tau saya.. :>)

      Hapus
    3. itu bukan ta' ta'nis mas.. kalo dlm ilmu tajwid itu namanya huruf hams, jadi cara membacanya mendesis ada s nya.. dan kembali lg pd kaidah nahwunya, kalo kitab tdk digabungkan dgn Allah, maka boleh diberi al krn posisinya menjadi ma'rifat.. yatlun alkitab..

      sama2 mbak indah.. sy jg dapet byk dr postingan ini :))

      Hapus
    4. owhh.. thanks mba pnjelasannya.. maklum saya tajwid ga begitu ngerti, cuma bisa masangnya saja... :>)

      Hapus
    5. Pingin spt Mbak Uswah...belajar di Al Ahzar :))

      Hapus
  31. Sungguh Senin yg sibuk.

    Salam,

    BalasHapus
    Balasan
    1. ndak juga, saya nyantai kok :d

      Hapus
  32. {Di dalam Al Qur'an QS.35 yaitu: bersedekah. Salah satu do'a yang mustajab adalah do'a orang-orang miskin.}

    Ayatnya jelas sekali,namun masih banyak yang beranggapan bahwa sedekah itu hanya akan mengurangi harta yang mereka punya,Subhanalloh,sungguh keliru perbuatan mereka,,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. keliru banget, padahal bisnis sama Allah. Ndak bakalan rugi :)

      Hapus
  33. suka dnegan penjelasan di atas, banyak sabaran utnuk kita tempuhi, bertawakal sentiasa dan tingkatkan usaha

    BalasHapus
  34. Sugeng enjang mbak Yu indah :>)

    BalasHapus
  35. Wah betul betul kunci yang pas buat pegangan dunia akhirat

    BalasHapus
  36. setelah baca sampai selesai ternyata kalau mau sukses itu harus punya kunci sukses ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener mang,,,,spt mang yono. Kan udah sukses....share dong :d

      Hapus
    2. Bagaiman dengan montir bang Yono?, pasti kunci Inggris yg dicari...wkwkwkwk

      Hapus
  37. dalam hadist dijelaskan mbak ,carilah bekal duniamu seperti kamu hidup seribu tahun , dan carilah bekal matimu seperti kamu mati esok :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin berarti tidak usah ngoyo dalam mencari dunia, masih seribu tahun lagi, masih banyak waktu untuk mendapatkanya. dan harus Sungguh sungguh, cepat-cepat dan dapatkan sebanyak-banyaknya hari ini karena besok sudah tidak ada waktu lagi untuk mendapat bekal di akhirat melainkan memanfaatkan bekal. begitukah?

      Hapus
  38. Amin amin .
    Moga qt semua jd org-org yg sukses dunia akhirat y mba :D

    BalasHapus
  39. mana tadi komentarku kok hilang *clingak-clinguk*
    mbak Indahhh maaf lama nggak muncul saya lagi aktif di dunia nyata saya hehe..
    berbicara masalah kekalahan...saya percaya hal itu bukan berarti kekalahan yang sesungguhnya..bisa jadi itu kekalahan yang akan menunjjukkan pada kemenangan..hehe meski kolah-kalah dalam lomba biarin deh tetep aja ikut, nunggu sampai benar-benar menyerah driku mbak hohoho*

    BalasHapus
  40. di dunia edison sukses menciptakan bola lampu listrik
    berarti di akherat sekarang enak dia terang benderang...

    BalasHapus
  41. harus selaras antara dunia dan akhirat...sukses dunia juga sukses akhirat ..akan menjadi pribadi2 yang terkenang sepanjang masa....makasih artikelnya sip banget mbak indah

    BalasHapus
  42. Memang inilah yang banyak dicitakan orang yakni sukses didunia dan akhirat,semoga ini jadi bantuan untuk kunci membuka rahasia kesuksesan tersebut.

    BalasHapus
  43. owh gitu ya :) makasih banyak buat infonya :)

    BalasHapus

PERINGATAN !!!
1. Dilarang Nyepam Disini
2. Dilarang Pipis Disini
3. Dilarang Teriak Disini
4. Dilarang apalagi yah...?

Emoticon Centil Disini
:))
:((
:D
:(
=))
b-(
:)
:P
:-o
:*
:-s
[-(
@-)
=d>
b-)
:-?
:->
X-(

Top