Kunci Meraih Sukses Dengan Basmalah

|
Bismillahirrahmanirrahim.

Kesempatan kali ini saya mencoba mengurai makna dari ayat pertama di Al Quran yakni Bismillahirrahmanirrahim. Ada dua pemahaman dimana kalimat tersebut termasuk ayat dan ada pula berpendapat bukan ayat, karena bukan termasuk salah satu surah di Al Qur'an. Tapi kali ini saya bukan mempermasalahkan keduanya, melainkan saya mencoba mengupas kandungannya. 

Dalam suatu hadits Nabi saw. Beliau bersabda, "Setiap kandungan dalam seluruh kitab-kitab Allah diturunkan, semuanya ada di dalam Al Quran. Dan seluruh kandungan Al Quran ada di datam Al Fatihah. Dan semua yang ada dalam Al Fatihah ada di dalam Bismillah hirrahmaan nirrahiim".

Mengucapkan Bismillah tidak sekedar mengucapkan kalimat "Dengan Nama Allah Yang Maha Pemurah dan Maha Penyanyang" mengucapkan bismillah berarti kita menyatakan berbuat sesuatu dengan nama Tuhan Yang Maha Esa. Oleh karena itu dalam sebuah hadits mengatakan : "Setiap perbuatan utama yang tidak dimulai dengan Bismillah bernilai cacat" lah trus cacatnya dimana ? cacatnya karena sewaktu kita hendak melakukan suatu pekerjaan utama, kita telah melupakan Tuhan. Kita lupa jika semua pekerjaan serta hasil dari suatu pekerjaan itu adalah Kehendak Tuhan, meskipun kita yang melakukannya. Kekuatan kita terbatas dan tidak mungkin kita beraktivitas tanpa Kehendak Tuhan.

Rasulullah saww bersabda, “Setiap pekerjaan yang baik, jika tidak dimulai dengan “Bismillah” (menyebut nama ALLAH) maka (pekerjaan tersebut) akan terputus (dari keberkahan ALLAH)”. Sungguh dahsyat jika kita memaknai hadits diatas, karena memang demikian yang pernah di ajarkan nabi Saw kepada ummatnya. 

Tidak heran jika kita sering mendengarkan anak-anak kecil yang masih duduk di Taman Kanak-Kanak  dan dengan nyaringnya anak-anak tersebut mengucapkan Bismillah begitu kegiatannya dimulai. Sebuah pendidikan yang sangat berharga untuk perkembangan Akhlak mereka, agar kelak mengetahui dan menyadari jika semua yang pernah dilakukan merupakan kehendak Tuhan.  Jika kita bisa melihat diri kita sendiri, kita akan mengetahui bahwa kekuatan yang ada pada diri kita adalah Anugrah dari Tuhan, manusia memang diberikan kehendak oleh Tuhan. Akan tetapi tanpa anugerah dari Tuhan maka kehendak tinggal kehendak, keinginan tingal keinginan dan tak akan pernah terwujud.


Maha suci Allah yang Dzatnya menjadi tempat bergantung manusia ketika terjadi bencana. Tak ada sesuatupun yang mampu mengganti posisi-NYA sebagai Pelindung dan Penolong makhluk, Allah senantiasa memudahkan jalan bagi manusia untuk mendapat ridha-NYA. Kunci kemudahan itu adalah Bismillah….

Dengan Bismillah setan tak mampu menggangu manusia. Dengan Bismillah api menjadi dingin dan menyelamatkan. Dengan Bismillah sungai tunduk tidak menenggelamkan. Dengan Bismillah tubuh menjadi kuat. Dengan Bismillah pula kunci syurga pula bisa didapatkan. Insya Allah humma minal Aminin ......

Semoga bermanfaat :)




Backlink here..

16 komentar:

  1. postingan yang bermutu kawan, saya suka sekali dengan postingan yang berbobot ini, bermanfaat dan bisa dijadikan tuntunan
    terima kasih sudah berbagi

    BalasHapus
  2. Aamiin ya robbal'alamin
    mari kita tingkatkan lagi amal ibadah kita dengan bacaan basmalah sebelum melakukan setiap aktifitas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduh ...jadi grogi nih klw mas reo koment. Takut ada yg salah postingan sy :((

      Hapus
    2. kalau grogi baca basmalah 3 x dan jangan tatap kaca mata itemnya...bahaya..b-

      kalau soal basmalahnya, ikut kang reo azh, abisnya emang harus dibiasain begitu kan.

      liat deh di follower ada gambar petani manggul pacul..(h)

      Hapus
    3. Jadi ndak boleh liat kaca mata itemnya yach? mksh pencerahannya mas :d mksh supportnya mas :)

      Hapus
  3. Bismillahirrahmanirrahim (hehe baca basmalah dulu sebelum komen)
    Blogger sejati ya kaya mba Indah ini(ngak seperti saya hehe), Hebat mba.Sukses selalu

    BalasHapus
    Balasan
    1. ndak juga kok mas, sy juga masih belajar sama mas-mas yg lain. mksh kunjungannya yach :)

      Hapus
  4. .: ane nyimak Bu Ustadz...^_^

    BalasHapus
  5. bismillah.. subhanallah artikel yang bagus dan bermanfaat.. lanjutkan sob.. :)

    BalasHapus
  6. Diawali dengan basmallah dan diakhiri dengan hamdallah.

    Got it!

    Thanks!

    BalasHapus
  7. ALLAH yang maha membolak balikkan hati manusia. Dengan Bismillah hati q yang galau menjadi tentram. =))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin, mudah2an galau nya hilang. wah ternyata bisa galau jg mas hendrik :>)

      Hapus
  8. Bagus infonya, terima kasih banyak

    BalasHapus

PERINGATAN !!!
1. Dilarang Nyepam Disini
2. Dilarang Pipis Disini
3. Dilarang Teriak Disini
4. Dilarang apalagi yah...?

Emoticon Centil Disini
:))
:((
:D
:(
=))
b-(
:)
:P
:-o
:*
:-s
[-(
@-)
=d>
b-)
:-?
:->
X-(

Top