BBM Memang Harus Naik

|
Assalamu'alaikum.

BBM Memang Harus Naik
Gambar: antaranews.com

Dalam sebuah pengajian Ibu-ibu dan remaja putri tadi malam, sempat saya mendengarkan "Bisik-bisik Tetangga" tentang hiruk pikuk Kenaikan BBM. Memang kenaikan BBM yang terjadi menimbulkan Pro dan Kontra masyarakat. Apalagi moment kenaikan BBM tersebut tidak tepat sama sekali, karena mendekati Tahun Ajaran Baru Sekolah, Bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri. Tapi BBM Memang Harus Naik ... !!!

Loh kok malah mendukung kebijakan Pemerintah? Memang harga BBM di Indonesia termasuk murah, bahkan paling murah Asia Tenggara. Saya rasa pemerintah tidak "Sembrono atau Asal-asalan" mengambil keputusan yang sangat sulit. Saya yakin dan berpikiran positif saja tentang kebijakan ini, pasti juga untuk kebaikan kita semua khususnya Negara yang sangat kita cintai ini.

Saya juga bukanlah salah satu orang kaya, bisa dibilang keluarga saya pas-pasan perekonomiannya. Saya hanya berpikir, setiap ada kenaikan BBM saya masih mampu membeli bahkan terkadang mengisi motor saya sampai Full. Makan setiap harinya juga masih di berikan kecukupan dan Alhamdulillah masih bisa menabung meski cuma sedikit rupiah yang saya masukkan kaleng biskuit. Bahkan orang Tua saya mampu menyekolahkan anaknya sampai tuntas. Mungkin anda bertanya-tanya, kenapa saya membuat judul yang terkesan "Aneh" itu? Ini yang menjadikan saya yakin dan mampu membeli meskipun harga BBM Rp.  10.000,- per liter.

Kepunyaan-Nya-lah perbendaharaan langit dan bumi; Dia melapangkan rezki bagi siapa yang dikehendaki-Nya dan menyempitkan(nya). Sesungguhnya Dia Maha Mengetahui segala sesuatu. (Asy Syuura : 12)

Nah..... saya meyakini dari ayat di atas akan Kemurahan dan Kasih Sayang Allah SWT kepada hambanya. Kita pasti mampu kok membeli BBM meskipun mahal harganya. Ndak usah terlalu mikirin BBM, mending mikirin keluarga (jika sudah nikah), mikirin pelajaran (yang sekolah) dan mikirin kerjaan untuk mereka yang bekerja. Udah deh ...ndak usah teriak-teriak di jalan, capek dan panas. :d Yang terpenting bagaimana kita mencari uang secara halal dan tentunya dengan berdo'a untuk memohon dilancarkan rizki nya. Kalau udah gitu, kita bisa mengisi kendaraan Full terus, enak kan?. :>)

Siapa tau, kebijakan pemerintah ini akan sukses dan bisa membangun negara kita serta sedikit mengurangi hutang negara. jika demikian toh anak cucu kita yang kelak menikmati upaya kita meskipun sedikit "ngomel" di dalam hati. Jadi BBM Memang Harus Naik, kalau tidak sekarang kapan Negara kita bisa makmur dan sejahtera seperti negara tetangga kita? Apa ndak kepingin seperti mereka... Hah? Jawab .... !!!

Wassalam.

94 komentar:

  1. betul mbak, masagk beli spd motor bagus tapi ndak bisa beli bensin :p hehehe

    met pagi mbak :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah ...tuh pinter. Malu kan beli motor harganya 12 juta trus beli bensin yg cuma 6500 ndak mampu.

      Pagi juga...sini sarapan sama lalapan gurami bakar :d

      Hapus
    2. hehehe :p

      wah pagi2 udah dapet gurami bakar dari mbak indah :D

      Hapus
    3. betul..betul..betul *ipin

      Hapus
    4. naik sepeda onthel saja lah saya...sekalian olah raga

      Hapus
    5. btul tuh kata mbak khusna,, mending kembali kejaman dulu aja naik sepeda onthel.. lebih irit dan bisa sehat.. 8-)

      Hapus
    6. Saya ikut aja .Naik jg boleh ...baik untuk q baik juga untuk yayang q xixi..

      Hapus
    7. saya bonceng aja deh kalo naek onthel :p

      Hapus
    8. waduh analogi yg salah tuh pak wahyu. beli sepeda motor gak ada hubungannya dg beli bensin. beli motor memang harus bagi yg butuh, tapi bensin dinaekkan harganya dan berdampak sistemik terhadap harga2 lain, yg juga berdampak terhadap orang yg gak punya motor ini juga salah. jadi kalo analoginya harga bensin dinaekin untuk yg punya motor saja boleh, tapi jangan membuat rakyat kecil kebanyakan, rakyat yg gak punya motor, yg tinggal di bawah kolong jembatan jadi terkena imbas dari kebijakan tidak populis ini. ini kebijakan akal2an.

      kata djoko kirmanto, kalo gak naekkan harga BBM berarti kita ikut zolim. karena banyak dana subsidi yg tidak teralihkan untuk rakyat. djoko kirmanto dan banyak pejabat lainnya seperti menunjuk hidung sendiri, bahkan pemerintah, bahwa bbm subsidi itu banyak dipakai oleh mereka. coba telisik sebarapa banyak pertamax yg dipakai oleh mereka, sampe sekarang tidak ada laporan yg jelas bagaiamana penjualan pertamax dan siapa selalu mengisi pertamax.

      malah di lapangan, di daerah saya sendiri sebagai contoh, premium bersubsidi lebih banyak dipakai oleh kendaraan mewah, kendaraan dinas, dan ber-cc besar. dan ini sudah jadi berita nasional. ini artinya, pemerintah telah menunjuk hidungnya sendiri, tenyata mereka gak sepenuhnya mau menggunakan pertamax yg tak bersubsidi. mestinya subsidi diperketat dengan aturan yg jelas dan ada atau telah dibuat. sampe sekarang aturan ttg pertamax/premium bersubsidi tidak ada, hanya melalui himbauan2, stiker2. tapi aturannya gak pernah dibuat. pantes kendaran mewah, dinas, dan ber-cc besar masih pake premium.

      pemerintah gak konsisten dg ucapannya. kalo ada yang pake premium di akhir2 bulan, cntoh PNS dg gaji 2-3juta per bulan, ini memang wajar. dan sudah sukur bisa isi pertamax sekali tiga kali di awal bulan. lah kalo mobil dinas, kendaraan mewah, kendaraan ber-cc besar milik pejabat/politisi yg pendapatannya di atas 20juta per bulan, napa gak ada sanksi-nya, napa dibiarin pake premium. kalo kata bang haji rhoma: sungguh ter - la - lu.

      Hapus
    9. Wah komen mas Rusydi bisa jadi satu postingan tuh hehehe...jika kita mau berpikir sejenak, kayaknya kenaikan BBM tidak harus dilakukan jika efek yg ditimbulkan tidaklah besar buat rakyat miskin, ikat pinggang tidak harus dikenakan kepada rakyat kecil saja, tetapi para pejabat dan pemimpin kita harus lebih kencengin ikat pinggangg, subsidi buat rakyat miskin adalah salah satu pembenaran utk bisa menaikkan hrg BBM. Saya bukan anti kenaikan hrg BBM, tetapi terlalu tergesa2 jika para pemimpin kita selalu membuat sentimen subsidi BBMlah yang membuat macet pembangunan, justru korupsi mereka yg diataslah yang membuat macet pembangunan... yah semoga ini bisa jadi pembelajaran buat kita semua terutama para pemimpin kita yg suka doyan korupsi, efeknya sangat besar terhadap rakyat banyak... astaghfirulloh...

      Hapus
  2. Betul banget ,mbak. Cuma waktunya aja yang kurang tepat kayaknya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. cepet banget atas ane....gagal deh pertyamax ;-(

      Hapus
    2. hahaha...kalau mas wahyu sih selalu mojok deket kompor, makanya dapat pertamax. ekekeke

      Hapus
    3. wkwkwk kurang ajar :D

      nggak tau kan kalo saya penjual pertamax eceran :p wkwkwkw

      Hapus
    4. ikut naik dong eceran pertamaxnya

      Hapus
    5. diecer pun langka di sini Mang...

      Hapus
    6. yg jadi permasalahan nya adalah waktu yang gak tepat

      Hapus
    7. waktu yg tepat ketika KKN dah ilang dr bumi ini, dan dana memang tidak mencukupi utk pembangunan, barulah kita bisa terima kenaikan BBM ini...

      Hapus
  3. Nyimak sambil sarapan ...
    Biasanya yang sensitif dg kenaikan BBM itu ibu-ibu, soale yang memanage keuangan .. he he

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya dong.... kan bisa2 makin tipis pakai bedaknya. keambil jatah beli bensin :d

      Hapus
    2. kalau begitu jangan pakai bedak.. pakai bensin aja olesin dimuka... :>)

      Hapus
    3. pake oli aja di olesin di muka :p

      Hapus
    4. lebih irit, bedakan tepung beras saja, atau tepung kanji...hehehe

      Hapus
    5. wah klo ibu2 pake bedak bensin, bapaknya nyiumnya gimana tuh.. wkwkwkw

      Hapus
  4. katanya mending berjemur saja di pantai, enak sambil minum es degan. bbm naikkk puchiiiing.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas...nih udah berjemur. Malah nambah hitam kulitku :d

      Hapus
  5. Pro kontra selalu terjadi memang harus naiklah perbaikin sistim dari hulu samai hilirlah, perbaiki dulu itu petrallah dsb. dsb. Namun bagi orang orang kayak aku ga sampei deh kesitu yang penting upaya mendapat rejeki sehinga berjalan hidup ini, Dulu Bensin Harga tiga ratus rupiah pernah mengalami dan jarang orang di kampungku yang mampu beli dan kini harga bensin lima ribu semua orang mampu membeli, jadi tak begitu risau dengan hal itu, bagi wong bodho koyo aku.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. lah ...kan sama dgn postingan saya mas. uhuk =))

      Hapus
  6. kalo bbm naik biasanya semua ikutan naik nih mbak ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener mbak ..... nih udah aku kurangi jatah beli bedak :d

      Hapus
  7. Menurut orang bodoh seperti aku ini, ini semua gara2 koruptor...dan kita semua yang menanggung akibatnya...ya salah satunya...BBM ini...mereka (para koruptor) sekarang tertawa-tawa di dalam hotel prodeo sambil mikirin trik korupsi selanjutnya setelah bebas. heueueue...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tepat sekali .... mestinya negara kita sudah makmur sejak dulu.

      Hapus
  8. BBM naik ga masalah,Meskipun harga 10rb/liter mesti dibeli,emng mau didorong motornya hahahha...tapi kasihan sama masyarakat,BBM naik masyarat miskin meningkat...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas..... yg bisa menikmati cuma segelintir orang yah?

      Hapus
  9. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  10. tadi malem sudah ditetapkan BBM sudah naik.. Ironisnya saya baca didetik menjelang kenaikannya tadi malem banyak mobil-mobil keluaran terbaru mengantri BBM premium bersubsidi ini..

    Kalo buat saya pribadi tidak masalah (karena gaji juga sudah ada perubahan) hahahaha...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eheheh ...Alhamdulillah, sudah sejahtera alias mapan perekonomiannya. :d

      Hapus
  11. Sebenarnya saya sebagai Mahasiswa tidak mendukung kebijakan pemerintah ini untuk menaikkan harga BBM. karena melihat realitas dan fakta yang ada, sebagian besar pengguna PREMIUM adalah masyrakat yang mampu. Padahalkan pemerintah menargetkan hanya masyarakat yang tidak mampu saja yg berhak mendapatkan bensin premium. Kalau di naikkan pasti ujung2x masyrakat yg tak mampu yg kena, harus menanggung segala resiko yg ditimbulkan. Masyrakat yg tdk menggunakan BBM juga terkena dampaknya. Jadi untungnya buat masyarakat tak mampu atas kebijakan ini APA????? APA???? tidak adakan, bahkan merugikan sekali.

    BalasHapus
    Balasan
    1. pendapatnya oke gan, ane setuju.. Tapi kalau boleh ane sarankan, jangan melihat suatu persoalan hanya dari 1 sisi saja, coba lihat dari 2 sisi yang berbeda. Dengan begitu kita bisa menemukan solusi tanpa perlu menyudutkan salah satu pihak.. Ane juga mahasiswa jadi sedikit banyak ane tau jalan dan pola fikir seorang mahasiswa. Maaf tidak bermaksud menggurui, cuma berbagi pandangan aja

      Hapus
    2. Kita sebagai masyarakat bawah, susah banget melawan orang2 yg di atas. Andai saja saya jadi presiden, pasti aku dengar suara mahasiswa :d

      Hapus
  12. kalau memang nggak mampu gunakan BBM, pake wechat, line dan kakao talk aja. Gratis
    :d

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ahahah .... apa lkagi HPnya pinjem tetangga sebelah. makin asoy :d

      Hapus
  13. naik BBM, mudah2an gaji kami juga dinaikin sama direksi yang terhormat, biar kebutuhan ndak sampe macat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ntar kita demo bareng2 kalau gaji ndak naik mas

      Hapus
  14. BBM naik otomatis semua kebutuhan pokok pasti naik, dan bagi yang bekerja GAJI juga harus naik (mestinya)..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya harus mas....klw gaji ndak naik kita para Blogger demo bareng2 di sentul. :d

      Hapus
  15. pemerintah mau apa aja ya kita terima.. pemerintah mau memukuli kita, ya kita terima, kita cuma orang bawah.. bahkan di sunnahkan berdo'a untuk kebaikkan pemerintah...
    Beban jadi pemerintah itu sangat berat.. jika baik maka pahalanya sangat besar, tetapi jika buruk, maka dosanyapun sangat besar... jadi nerimo aja lah..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener mas....percuma saja teriak2 demo di jalan. Kita kalah .... :-s

      Hapus
  16. BBM naik, rakyat miskin akan semakin berkurang bukan karena sejahtera, tapi MATI!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mudah2an yg miskin akan menjadi kaya, biar sama2 menikmati naiknya BBM =))

      Hapus
  17. Saya jadi sedih, bbm naik. yang tadinya Rp.10.000 dapat 2 liter sekarang jadi berkurang. huk...huk...huk...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kan masih cukup utk muter di alun2 Kang :d

      Hapus
  18. kalau menurut saya yang jadi permasalaha utama adalah koruptor :D ,,,,,, coba negari ini bersih dari koruptor jangankan naik mungkin BBM akan gratis :>)

    BalasHapus
    Balasan
    1. bukannya permasalahannya ada di jepang, cb kalau ndak ekspor motor. pasti byk yg naik sepeda onthel :D

      Hapus
  19. ndak apa apa naik juga bbm cuma segitu... harga rokok yang 2 kali lipat dari itu tetep di beli heheheh.... cuma jatah rokok dikurangi tadinya 2 bungkus jadi setengah bungkus eheheheheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah itu baru solusi yang bagus mang saat mengalami kenaikan BBM hehe...

      Hapus
  20. Wah kalo aku ngikut aja deh, mau bagaimana lagi mau ga mau ini tetap terjadi. Tapi semoga ongkos angkot ga ikut naik.
    Amin

    BalasHapus
  21. syukurlah kalo naik, brarti nilai raportnya bagus...


    -ngomongin apa sih ini?-

    BalasHapus
  22. Mudahan saja dengan naiknya BBM serta kebijakan ini dapat memperbaiki kesejahteraan rakyat.Seperti kita lihat penyaluran BLSM ( Bantuan Langsung Sementara Masyarakat).

    BalasHapus
  23. Sekedar solusi, mungkin hindarin menggunakan kendaraan terlalu sering, misal kalau jaraknya deket bisa jalan kaki atau naik sepeda selain menghemat BBM juga badan jadi sehat karena banyak gerak hehe...

    BalasHapus
  24. yang penting bukan harga rokok yang naik :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama tarif telpon dan sms ya mas ..

      Hapus
    2. tunggu saja mas Andez,nanti harga rokok juga akan ikutan naik loh hehe

      Hapus
  25. saatnya beralih ke energi alternatif =))

    BalasHapus
  26. sampai berapa pun naik harga BBM, saya tetap ngisi bensin dengan 5.000,- b-(

    BalasHapus
  27. Serba salah memang dalam mentikapi soal kenaikan bbm ini, kita semua tidak ingin sengsara atas kenaikan bbm, namun jika bbm tidak dinaikkan dampaknya juga akan lebih buruk lagi, uang pajak yang telah kita bayarkan tidak akan tersalurkan secara benar.. bisa2 uang itu akan habis hanya untuk bbm saja. Dan menurut saya masalah bbm ini tidak akan pernah dapat terselesaikan oleh siapapun presiden nya, jika sekarang msyarakat mengganggap SBY telah gagal dan mahasiswa menuntut SBY harus mundur, jangan salah.. jika presiden periode 2014-2019 nanti pasti juga akan mengalami hal sama seperti saat ini.. masyarakat atau mahasiswa akan menganggap bahwa pemerintah telah gagal.. dan itu akan terulang terus.
    Oleh karenanya kita harus lebih bijaksana dalam menyikapi masalah ini.. jangan terbawa oleh emosi.
    Disini saya mencoba untuk bersikap netral.. saya bukan orang yg pro atau kontra pada pemerintahan saat ini atapun partai politik yg mengatasnakan pembela rakyat miskin.

    BalasHapus
  28. naiknya harga BBM itu sudah keputusan pemerintah, saya sebagai rakyat harus menerima keputusan it..
    yang penting kita masih bisa beli pertamax.. ^_^

    BalasHapus
  29. Benar dengan apa yang disampaikan mbak Indah melalui postinganya,Indonesia masih termasuk murah dengan harga yang diberlalukan sekarang,jika dibandingkan dengan negara lain ada yang mencapai Rp14000 / liter,

    Yang terpenting kita percaya bahwa Alloh akan memberikan kecukupan untuk kita,melalui usaha dan upaya kita tentunya,

    Sudah berapa kali harga bensin naik??namun dengan segala kemurahanya Alloh tetap memberikan rizkinya,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kang kalau dijalanin pasti bisa kok, asal bisa ngirit pasti cukup iya kan kang?

      Hapus
  30. kalau saya sih setuju saja sob. pemerintah kan menaikan BBM untuk menyelamatkan keuangan negara.. keuangan negara bangkrut karena habis di kurupsi oleh orang orang rakus penghuni neraka itu.. hehehehe..

    BalasHapus
  31. hmm...kalo menurut saya sih lebih baik dibikin multitarif saja tuh premium nya jangan terlalu jauh jaraknya seperti harga premium-pertamax kemaren, daripada dikompensasi jd BLSM, belum tentu efektif dan tepat sasaran, ujung2nya rakyat tidak mampu juga yg jadi korbannya... :-?

    BalasHapus
  32. Walaupun BBm mau naik setinggi2nya...buat sya ga masalah soalnya saya kan ga punya motor :>)

    BalasHapus
  33. akibat bbm naek angkot yg 2000 jadi 3000 apalagi ang laen, #versi kontra

    BalasHapus
  34. yang penting walau BBM naik..semangat cari rejeki harus lebih menyala lagi...biar bisa dapat tambahan rejeki buat mengejar harga sembako yang sudah melambung tinggi :-)

    BalasHapus
  35. emangnya BBM naik kemana? bukannya yang naik tuh harganya.. hohoho

    walaupun harga bbm naik, yang penting bbm nggak langka.

    BalasHapus
  36. ya sudah lah, semua dah terjadi,.

    mantap bener artikel nya., :D

    BalasHapus
  37. Ngikut pemerintah aja mbak ...

    BalasHapus
  38. saran saya buat pemerintah, buat aturan ttg subsidi premium dan pertamax, jangan biarkan kendaraan dinas, ber-cc besar, mobil mewah, mobil pejabat daerah sampe pusat, pake premium. harus aturan yg jelas terhadap kendaraan tsb harus memakai pertamax, kayak di malaysia. di sana bisa tegas kok di sini melempem. jangan biarkan rakyat kecil, buruh, guru2 honor, buruh tani, jadi terkena imbasnya apalagi bagi yg gak punya kendaraan malah kena dampak. jadi rakyat termarjinalkan ini udah jatuh, tertimpa tangga pula.

    BalasHapus
  39. mudah"an rizki kita semua lancar
    amin

    BalasHapus
  40. sebenarnya sih walau harga bbm naik berikut kebutuhan pangan tak masalah mbak, asal penghasilan kita cukup.

    Dan banyak yang mengeluhkan penghasilannya sedikit dan nggak cukup, tapi andai saja mereka mau dekat dengan Allah, pasti akan dilimpahkan rizki,

    BalasHapus
  41. kalau bbm naik ..Semuanya ikut naik

    BalasHapus
  42. Bagi para pegawwai dan karyawan, inilah saatnya naik gaji, bagi pengusaha dan pemerintah inilah saat2 penting bagaimana bisa melewati kenaikan ini semua dengan imbas yang biaya operasional akan naik, tetapi produk sulit utk naik jika regulasi tidak segera diubah... pusing2 deh klo begini... moga bisa melewatinya dengan sabar dan ikhlas demi org banyak dan asap dapur tetep ngepul hehehe..

    BalasHapus
  43. Betul kata mimin, hanya salah waktu saja. :)

    BalasHapus
  44. Yang saya tahu sih sejak kepemimpinan SBY dari tahun 2003 sampai 2011 sudah tiga kali harga BBM dinaikkan. Mohon dikoreksi jika salah ya. Ini sudah jadi keputusan pemerintah ya sudah mau tidak mau ya rakyat memang berada dalam posisi kalah dan tidak punya tawar menawar.

    BalasHapus
  45. naiklah, gak apa2 gak ngaruh ke aku hehe paling2 ngaruhnya ke harga2 sembako dll

    BalasHapus
  46. Klo menurut saya sih BBM tidak boleh dinaikkan.
    karena ketika BBM merupakan salah satu hasil bumi yang masih ada di Bumi Indonesia serta menjadi hajat hidup orang banyak maka disinilah peran pemerintah dalam mengatur harga dan tidak boleh tergantung dengan Harga Minyak Dunia.
    Jadi baik itu miskin, maupun kaya pemerintah wajib untuk menjaminnya.
    Pernyataan pemerintah tentang Subsidi BBM yang salah sasaran menurut saya juga tidak tepat, karena memang yang menggunakan BBM bukanlah Orang Kurang mampu tapi memang yang mampu.
    Dan apakah orang yang mampu dalam hal finansial tidak perlu dijamin keberadaannya oleh Pemerintah.
    Toh pemerintah sendiri yang membuat peraturan sehingga konsumsi BBM menjadi sangat banyak.
    Misalnya dengan meringankan bunga kredit bermotor sehingga semakin banyaknya pengguna kendaraan yang menghabiskan BBM.
    Dan saya rasa ini memang sengaja dibuat oleh Pemerintah kita agar kita menjadi bangsa yang konsumtif.
    Dengan meningkatnya jumlah pembelian kendaraan setiap tahunnya juga sering dijadikan alasan pemerintah bahwa ekonomi kita sedang tumbuh.
    Ekonomi sedang tumbuh ko' dengan membeli produk asing. Jika kendaraan itu buatan anak bangsa sih saya setuju bisa dikatakan ekonomi kita tumbuh karena sudah mampu membuat kendaraan sendiri dan tidak tergantung produk asing.
    Klo mengenai dana BLSM untuk rakyat miskin yang disetujui setelah adanya APBNP 2013 saya juga tidak setuju. Apalagi pada APBNP 2013 terdapat pasal yang aneh mengenai dana bantuan untuk lumpur Lapindo yang harus ditanggung oleh pemerintah sebesar 115 Milyar.
    Kembali lagi tentang BLSM. Pemerintah seharusnya tidak perlu menunggu dilakukan perubahan pada APBNP 2013 jika ingin membantu rakyat kurang mampu. Karena pemerintah memang wajib melakukannya tanpa harus memindah-mindahkan subsidi terlebih dahulu.

    BalasHapus
  47. yg tidak setuju bbm naik
    coba anda ke papua..tanyakan berpa harga bmm disana... indonesia bkan pulau jawa aja boss...
    pantes mereka pingin merdeka.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya sudah dengar.
      katanya mencapai 100rb/liter.
      nah bayangkan saja jika harga sebelum dinaikkan saja bisa mencapai 100rb/ltr apalagi ketika dinaikkan mungkin lebih dari 120rb/ltr.
      dan menurut saya terjadinya harga yang cukup tnggi tersebut karena ketidakmampuan pemerintah dalam mendistribusikan BBM dengan benar.
      Serta pembangunan infrakstrur yang tidak becus.
      Seharusnya pembangunan di papua bisa lebih baik karena merupakan daerah otsus (otonomi khusus). Jadi terjadinya ketimpangan harga yang sangat tinggi seperti itu seharusnya tidak terjadi jika pemerintah daerah disana serius memikirkan rakyatnya.

      Hapus
    2. Eheheh ..mas Panjs berarti tidak membaca secara tuntas, mungkin hanya judul saja. Cb deh di baca pelan2 :d

      Hapus
  48. Mudah-mudahan rezekinya juga ikut naik, dan usahanya yang lebih harus giat :)

    BalasHapus
  49. wah bermanfaat banget qrtikel ini :)

    BalasHapus

PERINGATAN !!!
1. Dilarang Nyepam Disini
2. Dilarang Pipis Disini
3. Dilarang Teriak Disini
4. Dilarang apalagi yah...?

Emoticon Centil Disini
:))
:((
:D
:(
=))
b-(
:)
:P
:-o
:*
:-s
[-(
@-)
=d>
b-)
:-?
:->
X-(

Top