Bacaan Sholat 5 Waktu (Fardhu) Lengkap

|
Assalamu'alaikum.

Bacaan Sholat 5 Waktu (Fardhu) Lengkap

Sebetulnya artikel ini Bacaan Sholat 5 Waktu (Fardhu) Lengkap sudah umum, bahkan sudah banyak yang mengetahuinya dan melaksakan sholat fardhu 5 waktu. Namun tak apalah....mungkin ada orang yang kebetulan mampir dan mengambil hikmah di dalamnya. Tujuan saya tidak lain sebagai syiar Islam dan mudah-mudahan tercatat sebagai amal Ibadah dan akan saya nikmati di akhirat kelak. Aamiiin  :d

NIAT SHOLAT FARDHU ( SHOLAT WAJIB 5 WAKTU ).

1. Shalat Subuh
اُصَلِّى فَرْضَ الصّبْحِ رَكْعَتَينِ مُسْتَقْبِلَ الِقبْلَةِ اَدَاءً ِلله تعالى

2. Shalat Dzuhur
اصلّى فرض الظّهراربع ركعات مستقبل القبلة اداءلله تعالى

3. Shalat Ashar
اصلّى فرض العصراربع ركعات مستقبل القبلة اداءلله تعالى

4. Shalat Maghrib
اصلّى فرض المغرب ثلاث ركعات مستقبل القبلة اداءلله تعالى

5. Shalat Isya'
اصلّى فرض العشاءاربع ركعات مستقبل القبلة اداءلله تعالى

BACAAN IFTITAH.
كَبِيرًا وَالْحَمْدُ لِلَّهِ كَثِيرا وَسُبْحَانَ اللَّهِ بُكْرَةً وَأَصِيْلاً
إنِي وَجَّهْتُ وَجْهِيَ لِلَّذِى فَطَرَ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضَ حَنِيْفًا مُسْلِمًا وَمَا أَنَا مِنَ اْلمُشْرِكِين
إِنَّ صَلاَتِيْ وَنُسُكِيْ وَمَحْيَايَ وَمَمَاتِيْ لِلَّهِ رَبِّ اْلعَالَمِينَ
لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَبِذَلِكَ أُمِرْتُ وَأَنَا مِنَ اْلمُسْلِمِينَ

BACAAN AL FATIHAH

 بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمـَنِ الرَّحِيمِ
الْحَمْدُ للّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ #
الرَّحْمـنِ الرَّحِيمِ #
مَـالِكِ يَوْمِ الدِّينِ #
إِيَّاك نَعْبُدُ وإِيَّاكَ نَسْتَعِينُ #
اهدِنَــــا الصِّرَاطَ المُستَقِيمَ #
صِرَاطَ الَّذِينَ أَنعَمتَ عَلَيهِمْ غَيرِ المَغضُوبِ عَلَيهِمْ وَلاَ الضَّالِّينَ #

BACAAN SURAH PENDEK
قُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ
اللَّهُ الصَّمَدُ
لَمْ يَلِدْ وَلَمْ يُولَدْ

وَلَمْ يَكُن لَّهُ كُفُوًا أَحَدٌ

BACAAN RUKU'
سُبْحَانَ رَبِّيَ الْعَظِيمِ وَبِحَمْدِهِ
BACAAN SETELAH RUKU'
رَبّنا لَكَ الحَمْدَ مِلْءُ السَمَوَاتِ وَمِلْءُ الأرْضِ وَمِلْءُ مَا شِئْتَ ِمنْ شَيءٍ بَعْدُ

BACAAN SUJUD
سُبْحَانَ رَبِّيَ الْأَعْلَى وَبِحَمْدِهِ
BACAAN DUDUK DIANTARA DUA SUJUD
رَبِّ اغْفِرْ لِي، وَارْحَمْنِي، وَاجْبُرْنِي، وَارْفَعْنِي، وَاهْدِنِي، وَعَافِنِي، وَارْزُقْنِي

BACAAN DOA TASYAHHUD (TAHIYAT) AWAL 

التَّحِيَّاتُ ألمُبَاركاتُ الصَّلَوَاتُ َالطَّيِّبَاتُ ِلِلَّهِ السَّلَامُ عَلَيْكَ أَيُّهَا النَّبِيُّ وَرَحْمَةُ اللَّهِ وَبَرَكَاتُهُ السَّلا مُ عَلَيْنَا وَعَلَى عِبَادِ اللَّهِ الصَّالحينَ ِ أَشْهَدُ أَنْ لا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ محَمَّدًا رَسُولُُ الله اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سيدنا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سيدنا مُحَمَّدٍ

BACAAN DOA TASYAHHUD (TAHIYAT) AKHIR

التَّحِيَّاتُ ألمباركات الصَّلَوَاتُ َالطَّيِّبَاتُ لِلَّهِ السَّلَامُ عَلَيْكَ أَيُّهَا النَّبِيُّ وَرَحْةُ اللَّهِ وَبَرَكَاتُهُ السَّلَامُ عَلَيْنَا وَعَلَى عِبَادِ اللَّهِ الصَّالِحِينَ ِ أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا رَسُولُُ الله اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سيدنا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سيدنا مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى سيدنا إبْرَاهِيم وعَلَي آلِ سَيدنا إِبْرَاهِيمَ و بَارِِكْ عَلَى سيدنا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سيدنا مُحَمَّدٍ كَمَا بَارَكْتَ عَلَى سيدنا إبراهيم و علي آلِ سيدناإِبْرَاهِيمَ في العالمين إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ 
الَلهُمّ إنّي أعوذُبِكَ مِن عَذَابِ القَبرِ وَمِنْ عَذَابِ النارِ وِمْن عَذَاِب 

الِفتْنَةِ المَسِيحِ الدَجّال
يَا مُقَلّبَ القُلُوب ثَبِّتْ قَلْبي عَليَ دِيْنِك

TERAKHIR SALAM

“Tidaklah seorang muslim didatangi shalat fardlu, lalu dia membaguskan wudlunya dan khusyu’nya dan shalatnya, melainkan itu menjadi penebus dosa-dosanya terdahulu, selama dia tidak melakukan dosa besar. Dan itu (berlaku) pada sepanjang zaman.” (HR. Muslim )

Mudah-mudahan Bacaan Sholat 5 Waktu (Fardhu) Lengkap ini akan membantu  mereka yang berkeinginan untuk belajar Sholat dan semoga Sholat kita di terima oleh Allah SWT. Aamiiin


Backlink here..

75 komentar:

  1. Wah, ternyata banyak perbedaan yah mbak ... tapi intinya tetap sama :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener mas..saya jg pernah membaca bacaan sholat yg lain. Justru itulah kenapa Allah memberikan perbedaan, tapi bukannya utk saling menyalahkan tapi untuk saling menghargai :)

      Hapus
    2. Setuju :))
      Btw, gambarnya dong biar lebih lengkap. hehe

      Hapus
    3. tengkurep sambil nyimak

      Hapus
    4. Perbedaan itulah rahmah.

      Hapus
  2. Alhamdulillah sejuk rasanya mbak di paringi bacaan sholat lengkap

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ah ini postingan dah umum mas...bisa dibilang ndak keren. tp mnrt saya ini penting bahkan utama :d

      Hapus
    2. bilang nggak keren tapi bilang utama.. :-?

      Hapus
    3. jas bukak iket blangkon, sama saja sami mawon

      Hapus
    4. bokonge mbah mi dientop tawon alias miwon sami mawon,

      Hapus
  3. niat sholat di dalam hati.

    menyebarkan ilmu yang bermanfaat kan termasuk bersodaqah mbak indah, insha ALLOH akan dicatat sebagai amal baik, bukankah kebaikan sebesar biji sawi pun akan dibalas oleh-Nya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aaminnn....mudah2an mbak kita selalu mendapatkan limpahan rahmat dan hidayahNya

      Hapus
  4. alhamdulillah bisa lebih tahu lagi sob, meskipun saya sudah hapal, tapi terima kasih sudah berbagi ilmu. sudah sholat isya belum,..saya baru mau nih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Loh..loh loh...bukannkan pahala orang sholat lebih besar ketika melaksanakan seusai adzan berkumandang mas? . Hayoooo

      Hapus
    2. kan Kang Zig tinggal di waktu indonesia bagian barat sekali. hehe

      Hapus
    3. Oalah ...maaf Kang Zig, kirain sama spt saya di indonesia barat. :>)

      Hapus
    4. saya donk di indonesia tenggah

      Hapus
    5. Apalagi sy tinggalnya di Indonesia bagian pinggir

      Hapus
    6. saya indonesia bagian depan..

      Hapus
  5. waduh langsung mendadak bingung nih aku mba buat pembukaan komentator.. intinya sangat bermanfaat, sangat praktis buat pembelajaran shalat fardhu :)

    BalasHapus
  6. Sangat bermanfaat banget bagi yg mau belajar shalat.
    *Ijin save haditsnya miss Indah.

    BalasHapus
  7. Sempurnakan wudhu dengan Sholat Shunat dua rekaad Sukur wudhu..

    BalasHapus
    Balasan
    1. maksudnya yang shalat sunnah setelah kita wudhu kan Mas? syukrul wudhu bukan?

      Hapus
    2. Yups Itu yang di maksudna..

      Hapus
  8. Apa yang kamu tulis ini mudah-mudahan bisa berguna bagi yang lagi belajar atau mencari info tentang bacaan sholat 5 waktu.

    BalasHapus
  9. Baguslah untuk mengingatkan lagi, kalo mungkin saya khilaf,, :>)

    BalasHapus
  10. Terima kasih Mbak sudah memberikan manfaat yang besar ini Mbak :)

    BalasHapus
  11. Subhanallah...makasih banyak ilmunya, mbak. Jarang lho yang posting seperti dan sekaligus buat pengingat kita untuk sholat...trims ya :)

    BalasHapus
  12. memang klasik. dan biasa, familiar sudah.
    cuma iklim kesejukan yang dibawa postingan Mbak Indah ini yang mahal harganya. semoga Mbak Indah dan keluarga selalu dalam naungan ridha-Nya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiiiin. Begitu juga dgn keluarga pak dhe :)

      Hapus
    2. dengan saya dimana.. :-?

      Hapus
  13. kalau di atas insyaallah sama dengan yang saya amalkan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. maksd saya doa2 di atas tidak jauh beda dengan doa shalat sy sehari2

      Hapus
  14. alhamdulillah sudah saya hafalkan , terima kasih mbak sudah berbagi :)

    BalasHapus
  15. semoga bermanfaat bagi mereka yang membutuhkan

    BalasHapus
  16. assalamu'alaikum Kak indah :)

    ni arikel bagus sangat kak,,
    cocok sanagt buat yang new biew ni,,
    dan bahan ulangan buat kita ,, heheh
    salam silaturrahmi kak indah :)

    BalasHapus
  17. semoga bermanfaat mbak :)

    BalasHapus
  18. Alhamduililah, makasih banyak mba Indah artikelnya sangat bermanfaat untuk umat manusia terutama kaum muslimin yang baru belajar mendirikan shalat 5 waktu

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku jg masih belajar jg kok mas :D

      Hapus
  19. sangat bermanfaat bagi yang belajar solata atau yang bacaan solatnya masih belum fasih.

    BalasHapus
  20. makasih kak,,,,,
    sangat bermanfaat buat kita smua

    BalasHapus
  21. yang jelas artikel ini sangat bermanfaat dan berbobot..

    saya suka sekali kalau Admin bikin artikel seperti ini daripada bikin artikel tentang tutorial.. :d

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahah..,,aslinya aku ndak punya bahan bikin artikel mas :D

      Hapus
  22. Lengkap ya? Bikin sejuk hati bacanya, pas buat orang yg ga pernah sholat (bukan aku mba)

    Hehe

    BalasHapus
  23. sebarkanlah kebaikan walaupun cman lewat tulisan. Mantaap mbak indah...lanjutkan.

    BalasHapus
  24. Artikelnya sangat bermanfaat sekali buat saya mbak,,soalnya saya belum merasa bisa sholat yang benar..

    Salam silaturahmi :)

    BalasHapus
  25. izin print ya mbak, pesenan anak mamang

    BalasHapus
  26. Terima kasih Mbak Indah, ini artikelnya izin simpan ya Mbak..

    BalasHapus
  27. ijin simpen,,, sangat bermanffat neh,,ijin share juga ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan mas, tp lebih bijak lagi jika mendapatkan yg paling benar cara sholatnya. sy cuma share bacaan yg saya yakini

      Hapus
    2. buat tambahan referensi mbk, tak doakan bnyak anak2 kecil yang mampir kesini trus baca ini

      Hapus
  28. apakah saya harus posting juga tentang sholat yang benar..?? maaf mba saya gak brani mengkritik di sini...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan Mas dengan senang hati.

      Hapus
    2. saya takut nanti gak bisa liat senyuman mba indah lagi... nanti ya saya posting... tapi tetap tersenyum dan jauhi fanatisme.. ok! :>)
      Soalnya mba indah adalah orang yang paling saya kagumi dalam ketaatannya... swerr...
      pokoknya kita saling share dan berbagi aja ya.. klo saya salah.. silahkan di tegur, jika perlu di jewer aja... ;((

      Hapus
    3. Ahahah.... sy ndak fanatik pada 1 aliran. Apapun yg mnrt akal dan dalil benar ya saya ambil. :d
      Asal bukan syi'ah ajah...klw itu betul2 saya jauhi :>)

      Hapus
  29. mbak indah nih sungguh luar biasa,, semoga dengan membagikan bacaan sholat 5 waktu ini mbak indah mendapatkan pahala yang berlipat2..
    sangat lengkap, simpel dan jelas.. hehehe...

    BalasHapus
  30. wah thanks banget ya mbah indah :D nambah2 ilmu :) semoga berkah..

    BalasHapus

PERINGATAN !!!
1. Dilarang Nyepam Disini
2. Dilarang Pipis Disini
3. Dilarang Teriak Disini
4. Dilarang apalagi yah...?

Emoticon Centil Disini
:))
:((
:D
:(
=))
b-(
:)
:P
:-o
:*
:-s
[-(
@-)
=d>
b-)
:-?
:->
X-(

Top