Keistimewaan Berpuasa di Bulan Ramadhan

|
Assalamu'alaikum.

يَاأَيُّهَاالَّذِينَآمَنُواْكُتِبَ عَلَيْكُمُالصِّيَامُكَمَاكُتِبَعَلَى الَّذِينَمِنقَبْلِكُمْلَعَلَّكُمْتَتَّقُونَ

Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa. (QS. 2:183)

rasa-stroberi.blogspot.com

Salah satu kewajiban ummat Islam adalah melaksanakan perintah Allah SWT yaitu puasa di Bulan Ramadhan. Bulan ini merupakan bulan yang sangat istimewa untuk ummat Islam. Bulan Ramadhan mempunyai keistimewaan tersendiri dibandingkan dengan bulan-bulan lainnya, di antaranya Keistimewaan Bulan Ramadhan :

1. Diturunkannya Kitab Suci Al Qur'an
2. Dibukanya pintu-pintu surga
3. Diampuninya Dosa-dosa di bulan itu
4. Semua pahala dilipatgandakan
5. Datangnya Lailatul Qadar
6. I'tikaf dibulan Ramadhan
7. Salah satu penyebab masuk surga 
8. Bulan Ibadah dan Amal Kebaikan
9. Di Ijabah semua doa-doa

Makna ayat di atas menjelaskan, Menurut Tafsir Imam At-Tabari dalam ayat ini seolah-olah Allah SWT berfirman: “Hai sekalian orang-orang yang beriman kepada Allah dan Rasul-Nya, membenarkan dan mengakui kedua-Nya diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu dari kalangan ahli kitab.” yaitu pada hari-hari di Bulan Ramadhan. Karena sesungguhnya orang-orang setelah Nabi Ibrahim AS diperintahkan untuk mengikuti Nabi Ibrahim AS. 

Demikian itu karena Allah SWT telah menjadikan Nabi Ibrahim AS sebagai pemimpin manusia dan agamanya adalah agama yang lurus lagi selamat. Maka Rasulullah SAW diperintahkan untuk mengikutinya seperti yang diperintahkan kepada para Nabi sebelumnya (sesudah Nabi Ibrahim AS). Adapun penyerupaan antara Puasa Umat Islam dengan Puasa mereka (umat-umat sebelumnya) terletak pada waktu pelaksanaannya, yaitu Bulan Ramadhan. Karena umat sebelum,nya diwajibkan Puasa pada Bulan Ramadhan sebagaimana Umat Islam, umat Muhammad SAW. Sedangkan maksud penggalan ayat “… agar kamu bertakwa,” yaitu agar kita menjauhi hal-hal apa saja yang dapat membatalkan Puasa kita, yaitu bisa berupa makan, minum, dan berhubungan seksual ketika berpuasa.

Allah SWT sebaik-baik Dzat yang dimintai pertolongan untuk melindungi kita semua dari hal-hal yang mendatangkan kemarahan-Nya. Semoga Allah menerima puasa dan shalat kita semua, memperbaiki pemimpin kaum musimin, menolong agama-Nya. Semoga Allah memberikan taufik kepada kita semua untuk dapat memahami agama ini dan tetap menapak di jalannya. Berhukum dan berlandaskan kepadanya dalam setiap keadaan. Sesungguhnya Allah maha kuasa atas segala sesuatu. Shalawat dan salam semoga senantiasa tercurah kepada Nabi Muhammad SAW, hamba dan rasul-Nya, beserta keluarga, para sahabatnya dan setiap orang yang menempuh jalannya hingga hari kiamat.

Wassalam.

96 komentar:

  1. semoga ibadah ramadhan esok diterima dan memberi berkah buat kita semua... tolong saling maaf memaafkan kita sesama blogger sebelum memasuki hari pertama ramadhan. nol nol, ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. banyak kata dan perbuatan yang tak berkenan di hati sahaat semuanya, saya mohon maaf...semoga Ramadhan nanti kita dikaruniai hati yang bersih...

      Hapus
    2. saya pun demikian..mohon di bukakan pintu mav nya..ya
      buat kesalahan n khilaf.. :)

      Hapus
    3. demikian pun saya, mohon dibukakan pintu maap yang selebar lebarnya y

      Hapus
    4. saya juga demikian.. :))

      Hapus
    5. saya juga minta maaf ya

      Hapus
    6. pintunya lewat mana kak?

      Hapus
    7. mamang juga minta maaf yo

      Hapus
    8. apalagi saya...maafin saya ya!!

      Hapus
    9. loh...ko' ngga ada yang maafin permintaan maaf saya seh?!... ;-(
      m'baaaa....maafin dong..!!

      Hapus
    10. Mang Ubi: iyah iyah ....maaf saya ndsempat balas komen mang. Waktu saya utk ngeblog skrg berkurang ;(

      Hapus
    11. yang penting bisa silaturahmi dah cukup kok mbak

      Hapus
  2. Bismillah...semoga hati, nafsu dan angan-angan kita juga ikut berpuasa. Aamiin

    BalasHapus
  3. apalagi pas malam lailatul qadarnya mbak paling di tunggu .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener, tapi kl buat adik2 kecil yg mereka tunggu hari raya idul fitrinya, coz mereka pake baju baru dan dapat angpau juga hehe

      Hapus
    2. saya mau angpaunya mas

      Hapus
    3. ak gak pernah dapet th malem ;-(

      Hapus
  4. semoga kita senantiasa di berikan kekuatan lahir dan bathin untuk menjalankan nya :)

    BalasHapus
  5. tidak terasa ya, puasa akan tiba.. seminggu lagi kita puasa... (h)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya nih, eh itu apa gambar Mbak Indah, Mas KS yang di dlm postingan?

      Hapus
  6. Mari saling bersalaman dan bermaafan.. biar puasa kita menjadi lebih afdol...

    BalasHapus
  7. semoga kita bisa meraih semua keistimewaan tersebut selama berpuasa dalam ramadhan ...salam :-)

    BalasHapus
  8. Ternyata makna dan inti dari berpuasa banyak ya mbak dijelaskan disini. :)

    BalasHapus
  9. Sungguh sangat istimewa sekali bulan Ramadhan dan bersyukur banget kita semua msh dikasih kesempatan jumpa lg dengan bulan penuh ampunan itu ya mbak :)
    Terima kasih atas tulisannya bagus.
    Salam kenal.

    BalasHapus
  10. Mudah-mudahan dibulan ramadhan bisa lebih sabar dan tahan godaan amin

    BalasHapus
  11. nice post mbak,
    Seminggu lagi kita akan melaksanakan ibadah Puasa,untuk itu saya mohon ma'af khususnya kepada mbak Indah,umumnya kepada temen-temen blogger semua,semoga ibadah kita semua diterima Alloh swt,Amiin

    BalasHapus
  12. terima kasih infonya...salam kenal

    BalasHapus
  13. Harus tahan Hawa Napsu ...

    BalasHapus
  14. subhanallah... semoga kita semua yang beragama islam, bisa bertemu dan menjalankan bulan suci ramadhan ya, insya allah aamiinn.. dan semoga indonesia dapat kembali menjadi di segani, dan kembali menjadi macan asia.

    BalasHapus
  15. ternyata banyak juga keistimewaannya..Thanks infonya mbak

    BalasHapus
  16. Hmmm, semoga berkah melimpah.Amin

    BalasHapus
  17. Marhaban Ya Ramadhan.. bentar lagi kita akan memasuki bulan suci Ramadhan, pada kesempatan kali ini saya ingin meminta maaf yang sebesar2nya jika ada kesalahan saya yang disengaja maupun tidak disengaja.. pokok'nya harus dimaafin ya.. hehehe.. :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas......pokoknya harus di terima permintaan maaf saya

      Hapus
  18. wah bentar lagi puasa ya, mohon maaf lahir batin ya semua ,,,gak lupa sama adminya mohon maaf lahir batin juga,,lebaran kerumah ya :d

    BalasHapus
  19. sebelumnya mohon maaf lahir batin ya mba, semoga kita semua masih diizinkan menemui bulan suci Ramadhan, Amiin.
    sangat disayangkan bila kita tak memanfaatkan bulan suci Ramadhan sebaik-baiknya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama2 mas....saya jg minta maaf jika ada tutur kata yg kurang berkenan

      Hapus
  20. wah sebentar lagi puasa ya mas... wah sudah nggak sabar nih menyambut bulan penuh berkah.. semoga puasa kali ini lebih baik dari puasa sebelumnya.. tidak banyak yang bolong lagi hehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maz nady bolong knpa? hehehe
      moga lancar aja dalam berpuasa ni

      Hapus
  21. wah ngak terasa ya sebentar lagi puasa...

    BalasHapus
  22. semoga Allah memberi kita kesempatan memulakan dan mengakhiri Ramadhan Aamiin

    BalasHapus
  23. semoga kita selalu diberikan kesempatan, kesehatan ...aamiin

    BalasHapus
  24. Maafin saya jga ya,,,, baik yg di sengaja maupun tidak,
    semoga kita lancar,,, bsa mningkatkan amal kita
    amin

    BalasHapus
  25. Saya Minta Doanya supaya sukses Puasa Di Tahun ini ..amin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama2 mas...mudah2an kita diberikan kesabaran dlm menjalankan puasanya

      Hapus
    2. aamiin
      mari saling mendoakan

      Hapus
  26. Selamat datang ,Bulan yang penuh berkah!

    BalasHapus


  27. PUASA .... Mang Yono
    es jeruk es campur diminum siang siang
    (batal batal)
    ayam goreng nasi padang siang siang nyam nyam
    (batal batal)
    marah marah gosipin orang siang siangjuga harus menahan nafsu syahwat
    tidak makan soto babat nasi padang siang siang juga jus tomat
    (batal batal)
    Kadang otak suka kumat liat aurat bisa gawat di jewer Pas Ustad
    disuruh taubat waktunya belum tepat padahal ini umur udah 45

    Mohon maaf dari mang yono ya mbak Indah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama2 mang..saya juga mohon maaf apabila terdapat tutur kata yg kurang berkenan :)

      Hapus
  28. asyik... klo bulan ramadhan di tempatku rame banget. hehehehe
    bgadang smpe subuh trus kliling bngunin orng.

    sahur sahur sahur :)

    BalasHapus
  29. saya juga minta maaf ya mba.. klo kata2 saya sok keminter... tapi yg saya harapkan kita bisa saling sharing dengan pembahasan ilmiyah.. tidak ada keinginan lain selain untuk menjaga diri dan saudara teman dari tipu daya musuh manusia yang nyata...

    BalasHapus
  30. Alhamdulillah, bulan Ramadhan telah tiba..
    Semoga amal ibadah kita diterima dan dosa2 kita diampuni Allah Ta'ala..

    BalasHapus
  31. Bulan Ramadan Bulan kebahagiaan untuk Kita semua Segera Tiba Semoga bener benar Kita bisa Memnanfaatkannya. Bulan Penuh Ijabah Bulan Penuh Berkah Dimana di bulan itu Syaithon Di belengu, Pintu syurga Dibuka lebar lebar Pintu neraka ditutup rapat rapat..

    BalasHapus
  32. Semoga puasa tahun ini lancar-lancar saja nantinya. Amien

    BalasHapus
  33. ga sabar pengen cepet2 bulan puasa :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. dan pengen cepet - cepet lebaran ya mas :d

      Hapus
  34. marhaban ya Ramadhan, mudah mudahan diberikan kesehatan ya, biar lebih maksimal. aamiin...

    BalasHapus
  35. Selamat datang Bulan Ramadhan....

    BalasHapus
  36. Allahumma baariklanaa fi rojaba wa sya'ban wa ballignaa romadhooon,
    romadhon yang saya rindukan segera datang, yuk kita sambut dengan amal yang baik

    BalasHapus
  37. Insya Allah akan dimulai Ramadhannya, dan kita akan menjadi pesertanya.
    Maafkan saya ya Mbak kalo banyak khilaf. pasti disengaja itu.
    lain kali nggak lagi-lagi deh. kosong-kosong ya..

    BalasHapus
  38. maaf lahir batin mbak indah..

    baru sempat bw pula, (o) .. .

    BalasHapus
  39. mumupung masih bisa nulis nih, saya ucapkan selamat bulan Ramadhan :)

    BalasHapus
  40. buat yang masih punya hutang...masih ada waktu buat NYAURRrrr..

    BalasHapus
  41. semoga puasa kali ini nggak bolong2 ...hehehe :-s

    BalasHapus
  42. Marhaban yaa Ramadhan...
    Mari berlomba-lomba dalam mencari pahala di bulan suci ini...
    :))

    BalasHapus
  43. Bulan suci akan hadir untuk beberapa hari kedepan, mudah2n kita selalu mendapat perlindungnnya dan selalu sehat untuk menjalankannya.. amiinn.. :)

    BalasHapus
  44. jadi gak sabar mba nunggu bulan puasa

    BalasHapus
  45. mohon maaf lahir batin..smg puasa kita semua mendapat ridho Alloh swt...amiin..

    BalasHapus

PERINGATAN !!!
1. Dilarang Nyepam Disini
2. Dilarang Pipis Disini
3. Dilarang Teriak Disini
4. Dilarang apalagi yah...?

Emoticon Centil Disini
:))
:((
:D
:(
=))
b-(
:)
:P
:-o
:*
:-s
[-(
@-)
=d>
b-)
:-?
:->
X-(

Top