Investasi Dunia dan Akhirat

|
Assalamu'alaikum.

Investasi Dunia dan Akhirat
Semua orang pasti menginginkan kesuksesan, dengan kesuksesan tersebut maka kebahagiaan bisa dinikmati. Sebagian orang mungkin tidak pernah merasakan kesuksesan, dan sebagian lagi menikmati hasil jerih payahnya setelah sekian lama melakukan usaha yang sudah dirintis. Sebetulnya semua orang bisa merasakan kesuksesan dan melakukan investasi untuk mencari keuntungan, baik di dunia ataupun di akhirat.

INVESTASI DUNIA.
Banyak orang-orang yang sudah menginvestasikan modalnya dalam beberapa macam. Antara lain: 
Investasi tanah dan emas - diharapkan dengan bertambahnya populasi dan penggunaan tanah; harga tanah dan emas akan meningkat di masa depan.
Investasi pendidikan - dengan bertambahnya pengetahuan dan keahlian, diharapkan pencarian kerja dan pendapatan lebih besar.
Investasi saham - diharapkan perusahaan mendapatkan keuntungan dari hasil kerja atau penelitian.
Investasi mata uang asing - diharapkan investor akan mendapatkan keuntungan dari menguatnya nilai tukar mata uang asing terhadap mata uang lokal

INVESTASI AKHIRAT.
Membantu pembangunan Masjid dan Mushollah. Berharap jika kelak kita sudah meninggal, maka kita masih mendapatkan pahala dari orang-orang yang melakukan Ibadah di dalamnya.
Membantu Anak Yatim Piatu. Doa anak yatim di ijabah sama Allah SWT, dan doa anak yatim ini salah satu Doa paling ampuh.
Jihad Fiisabilillah. Pengertiah jihad disini saya lebih suka memaknai dengan Jihad melawan kemungkaran.
Sedekah. Dengan bersedekah kita akan memperoleh keuntungan ganda. Allah SWT akan melipat gandakan pahala kita, baik rizqi di dunia dan pahala yang akan kita nikmati di akhirat kelak.
Mendoakan saudara muslim kita. Sudah banyak hadits yang menerangkan keuntungan mendoakan saudara kita.

RESIKO INVESTASI DUNIA.
Selain dapat menambah penghasilan seseorang, investasi juga membawa risiko keuangan jika investasi tersebut gagal. Kegagalan investasi disebabkan oleh banyak hal, diantaranya adalah faktor keamanan (baik dari bencana alam atau diakibatkan faktor manusia), atau ketertiban hukum.

RESIKO INVESTASI AKHIRAT.
Dalam pandangan Islam tidak ada keterangan satupun yang menyebutkan ada kerugian jika berinvestasi di akhirat, baik dari Al Qur'an, Hadist Nabi dan Fatwa Ulama. Bahkan Allah SWT berjanji akan melipat gandakan investasi kita di akhirat. :)

Jika kamu menampakkan sedekah(mu), maka itu adalah baik sekali. Dan jika kamu menyembunyikannya dan kamu berikan kepada orang-orang fakir, maka menyembunyikan itu lebih baik bagimu. Dan Allah akan menghapuskan dari kamu sebagian kesalahan-kesalahanmu; dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan. [Al Baqarah:271]

Silahkan raih impian anda, jangan pernah ragu akan kemampuan anda. Ingat .... jika anda berhasil berinvestasi di dunia, maka jangan pernah melupakan investasi akhirat juga. Akhirnya mudah-mudahan kita semua bisa ber Investasi Dunia dan Akhirat. Aamiiiin

75 komentar:

  1. Kalau saya investasi dunia 25% sisanya yang 75% untuk akhirat :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Keren Panjenengan bro... umumnya kebalikan dari Investasi Anda itu, itu setahu saya...

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    3. komentar ini telah disetujui oleh Admin.

      Hapus
    4. komentar saya di gondol kucing

      Hapus
    5. Saya ikut mas Abed saja lah ... :)

      Hapus
  2. Betul mba, mendingan investasi akhirat diuatamakan daripada investasi dunia minimal 25% dunia dan 75% akhirat seperti komentarnya infosaja diatas

    BalasHapus
    Balasan
    1. ndak terlalu dikit tuh 25% :))

      Hapus
  3. Valas termasuk juga yah, ati2 pada yah yg ikutan...,

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya ndak paham valas :d

      Hapus
    2. valas itu termasuk makanan jenis apa ya.. :-?

      Hapus
    3. ajari saya kang ratno,

      Hapus
  4. saya kira saya merasa bekum ada apa-apanya baik di dunia apalgi di akhirat mbak, wallahu'alam.

    BalasHapus
  5. wach tyernyata akhirast jugaada ya investasinya :d

    BalasHapus
  6. wah keren nih mba artikelnya.
    lebih bagus investasi di akhirat mba buat jangka pabjang :)

    BalasHapus
  7. wah mantap, biarlah aku ikut untuk investasi akhirat saja..hehe, semoga sukses

    BalasHapus
  8. sebisa mungkin 100 : 100 ya mbak indah

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1nya langsung di kali 1000 dan dibagi lagi 1000 mas ... :D

      Hapus
    2. kalau 100% trus buat makan keluarga apa donk.. :-?

      Hapus
    3. saya rasa Rosul mengajarkan yang wajar wajar saja, asal keluarga tercukupi dulu kok,

      Hapus
  9. Trims infonya mbak...bermanfaat banget :)

    BalasHapus
  10. lebih keren investasi keduanya sama besar..100 100 persen..hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. yg terpenting ikhlas utk mewujudkan :D

      Hapus
    2. 100:100 %..??

      nggak salah nih...!!

      Hapus
    3. salah banget mas KS, jangan keblinger dong,

      Hapus
  11. mamang pilih dua duanya saja dah

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan mang.....harus seimbang

      Hapus
    2. kalau nggak imbang tar miring loh... :))

      Hapus
  12. termasuk menyisihkan 2,5% dari gaji untuk zakat...

    BalasHapus
    Balasan
    1. yups....salah satu diantaranya mbak :)

      Hapus
    2. kalau ini baru bener 2.5% bukan 100%...

      Hapus
    3. nah ini juga saya setuju sama mas KS, ini ndak keblinger

      Hapus
  13. saya investasi dua2 nya mba, karena hidup itu harus balance antara di dunia dan akhirat, jd tdk semata2 memikirkan dunia saja atau akhirat saja...

    BalasHapus
    Balasan
    1. memang spt itu yg harus kt dilakukan :)

      Hapus
  14. Perasaan udah koment disini deh.,kok tada ada ya ? harus investasi lagi dong.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha...kok bisa ilang sih mas?

      Hapus
  15. Sedekah, Ilmu yang bermanfaat, Anak yang sholeh, adalah investasi dunia akhirat. Biarpun investasi didunia pas2an atau malah belum berinvest, yang terpenting adalah invest akhirat harus diperbanyak. betul nggak Mbak Indah..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sejatinya urusan akhiran harus lbh besar dr urusan akhirat. krn Allah sudah mencukupi kebutuhan utk hambaNya

      Hapus
  16. kita harus seimbang dalam investasi karena antara dunia dan akhirat saling erat kaitannya .. kalau gak seimbang susah kayaknya

    BalasHapus
    Balasan
    1. termasuk menyayangi istri loh :d

      Hapus
  17. Alhmadulillah, semoga bisa menjadi motivasi diri dan sangat bermanfaat.. :d
    Btw, semoga menjadi ladang amal yg terus panen :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amiiin.....adem banget komennya :)

      Hapus
  18. sebenarnya, investasi di akhirat saja cukup, nt dunia akan ngikut... :)

    BalasHapus
  19. Sedekah di depan, rejeki menyusul. Alhamdulillah sudah bisa merasakan walupun belum sesuai dengan apa yang diinginkan. hehe

    BalasHapus
  20. seandainya ane bisa berinvestasi untuk dunia dan akhirat dengan porsi yang seimbang, pasti terasa nyaman kali ya hidup ini.
    tapi kalu investasi dunia kagak dam investasi akhirat juga minim banget...jadi serem deh hidup juga ;-(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayak film hantu ajah pakai serem segala :))

      Hapus
  21. investasi dunia hanya untuk sesaat, investasi akhirat untuk selamanya.. thanks infonya mba..

    BalasHapus
  22. iyah yah mba, dengan berinvestasi di dunia .
    jangan melupakan investasi untuk akhirat juga,
    intinya menurut aku lebih di seimbangkan saja..
    agar bisa sukses dan bahagia dunia akhirat .
    amin ..

    BalasHapus
  23. menyisakan 2.5% dari pendapatan/gaji kita untuk amal..

    *setau saya gitu.. :d

    BalasHapus
    Balasan
    1. abis sarapan pasti diminum obatnya nih :d

      Hapus
  24. setau saya sih menyisakan 2.5 % untuk zakat mal jika nisob nya sudah memenuhi, kalau gaji 2.5 juta insya Allah belum memenuhi nisob zakat mal, tapi kalau ikhlas memberi itu lebih baik, asal jangan 100 % di zakatkan itu keblinger

    BalasHapus
  25. lebih menjanjikan investasi di akhirat mbak :D

    BalasHapus
  26. teori emang mudah mbak.. jalaninya juga harus ikhlas kan :D

    ikhlas dan tulus itu berat loh .

    BalasHapus
    Balasan
    1. namanya jg belajar....emang berat klw ndak belajar kapan bisanya :d

      Hapus
  27. Investasi sendiri maknanya baik yaitu untuk bekal di masa depan, tapi juga harus seimbang antara investasi di dunia dan akhirat... makasih tipsnya mbak Indah :)

    BalasHapus
  28. Paling baik tuh investasi akhirat..karena hanya kita sendiri yang akan mendapatkan keuntungannya kelak

    BalasHapus
  29. intinya keduanya harus seimbang , antara dunia dan akherat, tapi akheratlah yang prioritas, ibarat namam padi pasti tumbuh rumput, tapi kalo rumput di tanam dirak mungkin tumbuh padi :)

    BalasHapus
  30. menjadi blogger juga itu investasi untuk akhirat lho. soalnya berbagi ilmu juga pahala bukan?

    ...hehehehe :)

    BalasHapus
  31. ijin nyimak aja ya mbak..

    salam silaturahmi :)

    BalasHapus
  32. ulasan yang bermanfaat mbak

    BalasHapus
  33. dua2 nya...memang saling berkaitan...ya mbak...

    sebab kalo ndak salahkan ...kemiskinan mendekatkan. diri sama ke kufuran
    Dan kalo ndak salah juga utk menunaikan rukun islam ke 5 juga pun butuh investasi... :)

    BalasHapus
  34. entah mana yang paling, tapi sepertinya kalo investasi akhirat semakin banyak maka semakin baik pula ya mbak buat bekal di akhirat :D

    BalasHapus
  35. wah keren blognya ni, ramai sekali, di tunggu kunjungan baliknya semoga berkenan...

    BalasHapus
  36. Setuju Infestasi dunia bsa untung bisa rugi, untungpun seringkali hakekatnya malah rugi
    Infestasi AKHIRAT InsyaAllah tidak ada ruginya melainkan keuntungan berlipat ganda bakal Kita dapatkan

    BalasHapus
  37. terima kasih mbak telah mengingatkan :)
    rasanya dulu saya perbah follow blog mbak tapi kok ngilang ya... ?? aneh
    :-?
    nanti deng tak follow lagi

    BalasHapus
  38. tetapi bagaimana mungkin akan melakukan investasi ahirat berupa pembangunan masjid, sementara disekitar kita masih banyak orang yang masih membutuhkan uluran tangan, daripada sekedar beramal untuk pembuatan masjig, yang di dalamnya belum tentu banyak mau beribadah, karena masih terjebak dalam kubangan kemiskinan dan kemelaratan

    BalasHapus

PERINGATAN !!!
1. Dilarang Nyepam Disini
2. Dilarang Pipis Disini
3. Dilarang Teriak Disini
4. Dilarang apalagi yah...?

Emoticon Centil Disini
:))
:((
:D
:(
=))
b-(
:)
:P
:-o
:*
:-s
[-(
@-)
=d>
b-)
:-?
:->
X-(

Top