Pentingnya Pendidikan Akhlak Remaja Islam

|
Pendidikan di sekolah saat ini bertujuan membangun generasi muda unggul dan berprestasi. Sudah sering kita  membaca di media prestasi - prestasi yang di torehkan oleh para remaja, bahkan anak didiknya sudah mampu berbicara di dunia internasional. Rasa bangga pasti dirasakan oleh sang jawara, apa lagi sang pembimbing dalam hal ini Guru didik yang sudah bersusah payah menggembleng anak didiknya agar apa yang beliau impikan tercapai.

Dalam dunia pendidikan Ilmu pengetahuan rasanya tidak ada habis-habisnya dan rasanya harus di pahami oleh murid, bahkan tidak jarang sekolah mengadakan les atau jam mata pelajaran tambahan. Biasanya ini di khususkan pada mereka yang akan menghadapi UNAS. Namun sayang sekian persen Ilmu agama jarang di prioritaskan, padahal Agama sangat rentan dengan perkembangan siswa. Apa yang terjadi jika siswa pintar / pandai namun tidak mempunya moral bagus ? Apakah bangga orang tuanya jika anaknya berprestasi namun dia terjerumus narkoba dan pergaulan sex bebas? Sudah banyak kan pelajar yang terjerumus sex bebas di saat ini?


Dalam  bahasa  Indonesia  kata pendidikan  merupakan  kata  jadian  yang berasal dari kata didik yang diberi awalan pe-  dan  akhiran  -an  yang  berarti  proses pengubahan  sikap  dan  tatalaku  seseorang
dalam  usaha  mendewasakan  manusia. Pendidikan  merupakan  proses  mengubah keadaan  anak  didik  dengan  berbagai  cara untuk mempersiapkan masa depan yang baik baginya.
Dalam bahasa Arab kata tarbiyah mempunyai pengertian yang lebih luas dan lebih cocok dipakai untuk kata pendidikan dalam bahasa Indonesia, karena terasa lebih luas  cakupannya  yakni  bukan  sekedar  memberikan  ilmu  pengetahuan  dan membina  akhlak  tetapi  mencakup  segala aspek  pembinaan  kepribadian  anak  didik secara  utuh.  Menurut  Abdur  Rahman  alBani pendidikan memiliki 4 unsur yaitu :

1. Menjaga dan memelihara fitrah anak menjelang dewasa (baligh)
2. Mengembangkan  seluruh potensi
3. Mengarah  seluruh  fitrah  dan potensi menuju kesempurnaan
4. Melaksanakannya  secara bertahap


Dari  pendapat  tersebut  dapat disimpulkan bahwa yang dimaksud dengan pendidikan dalam hal ini ialah pendidikan Islam meliputi unsur-unsur memelihara dan mengembangkan  potensi  atau  fitrah  anak didik  secara  bertahap  sesuai  dengan perkembangannya. Menurut Abdullah Yasin, Islam  mengutamakan  4  jenis  pendidikan sebagai berikut :

1. Pendidikan Jasmani
2. Pendidikan Akal
3. Pendidikan Akhlak
4. Pendidikan Kerohanian

Berdasarkan  pendapat  yang dikemukakan  di  atas,  maka  pendidikan akhlak  merupakan  salah  satu  bagian pendidikan  dalam  Islam  yang  sangat diperlukan agar anak memiliki akhlak yang baik. Akhlak yang baik dari seorang anak akan  melahirkan  generasi  yang  baik  pula, yaitu generasi muda atau remaja yang taat kepada Allah, berbakti kepada orang tua dan memperhatikan  hak-hak  bagi  saudara muslim yang lain.

Semoga bermanfaat



Backlink here..

2 komentar:

  1. Artikel dengan pemikiran yg bagus tentang pendidikan akhlak remaj, sob. Inti pendidikan itu memang proses perubahan sikap, tingkah laku, dan keterampilan. Share bermanfaat.

    BalasHapus
  2. keren :)
    harap kunjungan baliknya ya

    BalasHapus

PERINGATAN !!!
1. Dilarang Nyepam Disini
2. Dilarang Pipis Disini
3. Dilarang Teriak Disini
4. Dilarang apalagi yah...?

Emoticon Centil Disini
:))
:((
:D
:(
=))
b-(
:)
:P
:-o
:*
:-s
[-(
@-)
=d>
b-)
:-?
:->
X-(

Top