Belajar SEO Yang Baik dan Mendapatkan Page Rank

|
Bismillahirrahmanirrahim.

14 Desember 2012.
Berawal dari iseng-iseng browsing di "Mbah Google" untuk mencari artikel tentang macam-macam "Surat Undangan" untuk sahabat saya, akhirnya saya menemukan sebuah Blog yang menyajikan banyak macam-macam contoh undangan yang dia (sahabat) perlukan. Dari sana kekaguman dan rasa penasaran saya pertama kali melihat sebuah Blog yang begitu lengkap artikelnya dan saya pun melanjutkan browsing setiap hari "hanya" mencari cara untuk  "Membuat Blog". Keinginan membuat sebuah Blog begitu kuat dalam diri saya, namun ketika bertemu dengan yang namanya SEO sayapun dijadikan Stess olehnya.

18 Desember 2012.
Setelah beberapa hari serius membaca dan mencatat artikel tentang cara membuat Blog yang baik, akhirnya saya mencoba memberanikan diri untuk membuat Blog yang keren. Horeee.... !!! hatiku riang gembira, saya merasa hebat saat itu. Ternyata saya ndak kalah dengan mereka, jika mereka bisa membuat kenapa saya tidak...??? Nafsu makan sayapun bangkit lagi, sekarang ndak 1 mangkok bakso, tapi 2 mangkok. Itu karena saking semangatnya saya ingin mempunyai sebuah Blog yang keren dan "Wah".

21 Desember 2012.
Alhasil .....Blog sayapun jadi tapi "Kerangkanya Saja" yang 100% asli bawaan dari Blogspot dan ndak ada apa-apanya. Tak satupun artikel yang yang saya tulis, ahh..gampang lah ... cuma ngetik saya jagonya. Saya ndak kuatir tentang artikel, kalau kehabisan materi kan bisa copy paste.... pasti beres. Saya Browsing lagi ... mata saya ndak kedip sama sekali ketika ada Blog yang salah satu artikelnya dikasih judul (kira-kira gini): " KEGAGALAN SEORANG BLOGGER PEMULA " saya panik, segelas air putih membasahi tenggorokan saya. Kenapa harus ada kegagalan di dunia Blogger..? 

22 Desember 2012
Tak sampai disitu, saya lanjutkan membaca artikel lainnya tentang Alexa, SEO, Script (saya lebih seneng nyebut kode), Page Rank, Backlink dll ...buanyaak pokoknya. Kok pakai ginian segala... apa pengaruhnya? Yang penting artikel saya nanti kan bisa dibaca sama pemirsa..?? (dalam hati saya). Saya terkejut ketika "Mengisi Buku Tamu" di Blog yang sering saya kunjungi  itu, karena ditolak dan harus memasukkan URL. Lah....URL saya apaan yah? Cara buatnya gimana? Hmm ..... Saya "pura-pura bego" menghadapi ini semua. Padahal saya "Hanya tidak tahu" saja, kan beda sama bego :D

23 Desember 2012
"Mas...nanti sore kesini. Penting, awas kalau ndak datang" itu sms saya kepada seorang kawan (kakak kelas) SMU di kampung. Kawanpun datang dan menanyakan keperluan saya. 
"Onok opo seh Ndah...kok rasane serius..?" tanya kawan saya
"Iki loh..aku gawe Blog .... keren ndak Mas..? jawab saya
"Hahahah ....... piye toh, iki dudu' Blog Ndah-ndah. Nek arep gawe Blog yo sing apik sisan, ojo nanggung ngono...parah kowe Ndah. Wes ora onok apa-apane..... modyar kono Ndah" kawan sayapun ngomel
"Lah...kuwi kan podo wae toh Mas... ???" sahut saya
"Iyo seh ..... ngendi wes, tak gawek ne. Tapi ojo lali "sandingane" pinta kawan saya
Sayapun pergi ke warung depan rumah membelikan sebungkus rokok dan buatin kopi untuk kawan saya. Saya duduk di sebelahnya yang asyik klak klik mouse, dan saya hanya bisa bengong melihat kawan saya yang sedang menyempurnakan Blog saya. Akhirnya sayapun di ajarin cara posting artikel, buat buku tamu, mengubah design, cara memasukkan kode di template dan semua tentang tekhnik membuat Blog.

29 Desember 2012
Tak hanya sampai disini perjuangan berat saya membuat Blog yang "Cantik" ini, masih ada perjuangan yang menurut saya sulit untuk mendapatkannya. Apa itu ...? sebetulnya ini sudah menjadi tradisi di dunia Blogging dan kawan-kawan pun pasti tahu. Itu loh..... "TUKERAN LINK". Menurut saya pribadi hal itu sangat sulit, kenapa..? Katanya SEO, tukeran link itu bisa membuat Blog kita bisa "Keren" bener ndak sih ? tapi sampai saat ini pun ada beberapa lamaran saya untuk tukeran link tidak pernah ada jawaban. Apa mereka "Sangat sibuk" yach ...heheheh :D atau Blog saya ini masih kurang keren kali yach :(

01 Januari 2013
Alhamdulillah..... Blog sayapun sudah jadi dan "Saya Resmikan" dengan ritual dan selamatan ala kadarnya. Meski hanya ada 2 artikel dan Buku Tamu. Saya nekat  berkunjung (Blogwalking) ke tetangga yang punya Blog. Sedikit basa basi dan "Ngemis" kepada blog yang saya kunjungi, saya berharap tuan rumah bersedia "Tukeran link" dengan saya. Syukur Alhamdulillah ..... banyak juga yang iba dengan "Rayuan Maut Saya" dan terbukti sudah lebih dari "40 Blog Elegant dan Profesional" terpampang di Blog List saya, tuh disebelah kanan. Mereka para jagoan, master Blogging dan bisa dihandalkan Ilmunya. (Ini jujur dan bukan rayuan lho..). 

31 Januari 2013
Sudah 1 bulan usia Blog ini, dan masih banyak yang perlu saya benahi. Banyak sekali kekurangan-kekurangan disana sini yang menjadikan Blog ini tidak "Dilirik" oleh para maestro Blogger, tapi ndak apa-apa lah, yang penting saat ini ada sahabat-sahabat terbaikku yang selalu menghibur saya lewat komentar dan buku tamu. Ini merupakan keikhlasan dari pengunjung Blog ini, semoga Allah membalas amal ibadah anda.  Untuk itu " Ajari saya Belajar SEO Yang Baik dan Mendapatkan Page Rank " 

** Hanya sebuah cerita dari catatan kecilku **
dan mohon maaf yang tidak bisa bahasa jawa, mungkin nantinya ada komentator yang "meng-translate" . heheh :)


Backlink here..

51 komentar:

  1. Pertamax....
    artikel mearik yang banyak memberi inspirasi
    semoga blog ini tetap menjadi prioritas google
    aku juga akan selalu tetap di sini, jika sudi..hehe
    terima kasih sudah berbagi

    BalasHapus
  2. Selamat pagi admin ceritanya sangat begitu menarik dari artikel ini. Ok sob siap membantu, oh,ia sekaligus menyampaikan bahwa link sobat sudah saya pasang.

    Salam Sukses, Terima kasih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mksh banyak ya mas,ok sy segera nempelin link mas jg :)

      Hapus
    2. trus saya ditempelin dimana?

      Hapus
    3. Sabar toh mas, gampang ntr aku tempelin. ini msh buat lem kanji biar lengket :))

      Hapus
  3. Every human being is loved by God the Father. No one need feel forgotten, for every name is written in the Lord's loving Heart.

    BalasHapus
  4. Toh yang penting artikelnya Ndah. Belajar desain sama seonya sambil jalan aja.hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apa ndak ada ketimpangan nantinya? mksd nya design blog dan seo itu apa bisa jln sendiri2 ? :-?

      Hapus
  5. asyik alur ceritanya,, hehehe
    tetap semangat sobat... blognya keren kok

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya deh..semangat. mksh ya mas :)

      Hapus
  6. Indah... menurut saya, yang terpenting adalah saat ini kamu sudah bisa membuat tulisan dg baik dan bisa menggiring sesorang untuk membaca, itu sudah merupakan seorang blogger yg bagus. Template, PR dan lainnya itu hanya pendamping.. bukan yg utama. Yg penting adalah tuisan kamu bisa bermanfaat bagi yg membacanya. Tetap semangat dan teruslah berkarya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ohh...gitu toh..? mksh ya mas (f)

      Hapus
  7. mbak.. mbak.. hubunganya antara nafsu bikin blog ama nafsu makan apa?
    #garuk-garuk kepala mikir

    tapi sungguh blognya bener-bener cantik. bahkan lebih cantik dari orangnya
    #mak plaaasss menghilang

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. Blas ndak ada hbungannya. biar seru aja yg baca. :d
      2. Huh ...ngece :((

      Hapus
    2. aku nggak ngece, jeng.. mung ngenyek

      #mak plass menghilang lagi

      Hapus
    3. hahah kakak shin-can, kok ngenyek sih oalah..

      #cling ikut ngilang.

      Hapus
    4. loh..kok shin chan sih...yg di pilem2 anak2 kuwi toh? pantesan luthu banget. :-d

      Hapus
    5. @tia chan : nampaknya kita seperguruan deh kok jurus kita sama.. jangan2 kmu itu adik kelasku yg dulu hilang digondol wewe gombel saat kita cangkruk di bawah pohon gayam ya?

      Hapus
  8. Ternyata seru juga yah mba indah perjalanan ngeblog nya.Saya belum bisa kasih saran masalah SEO karena blog masih baru.Saran saya jangan terlalu sering kunjungi blog master karena jadi ingin merubah template mulu seperti saya,hahahayyy :-d

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emang iya mas, pas blogwalking kadang "ngiler" lihat blog kawan2 blogger, keren2 semua. heheh mksh ya mas :)

      Hapus
  9. hah....baru sebulan?
    sudah bisa dibilang blogger sukses dong, liat followernya udah 77, kotak komentar udah bisa pake gambar (k) hehee..
    mamang ubi butuh setahun untuk bisa ke'gini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini aja klw dah ada trouble manggil temen kang, msh kurang bagus kyk nya deh blog ini. itu ubinya yg kurang bagus kang...hehehe :d

      Hapus
    2. saya malah butuh beberapa abad agar bisa begini

      Hapus
  10. Wow mbak indah, senyum2 anaa baca postingannya karena hampir sama dengan perjuangan anaa dulu. Dan kayakx mbak indah ni bakal jadi blogger sukses jk tetap gigih. Hanya sebulan tp banyak kemajuan.

    Anaa belum link back krn kbanyakan ol pakai hp. Nanti anaa dah update terbaru baru ol pakai PC anaa link back ya mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak ndak apa2 kok, terserah mbah aja kapan sempatnya. syukran :)

      Hapus
  11. penuh perjuangan ya membangun sebuah blog.. hehhee.. tapi yang terpenting tetap terus memberikan sesuatu yang bermanfaat bagi orang banyak.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maunya sih gitu ngasih sesuatu yg manfaat kyk mas andy, tp sy ndak ada modal dan skill yg mumpuni mas. :(

      Hapus
  12. Bermula dari iseng kemudian berkembang menjadi suka menulis.

    Suka membaca, tentu bisa menulis
    Bisa menulis satu kalimat
    Satu paragraf
    Satu blog post.

    Mesin pencari "lebih suka" bahasa inggris, bukan sok berbahasa inggris
    Tidak perlu kecil hati
    Usaha sahabatku
    Membuat beberapa traffic exchange terbaik "mempersilahkan" link berbahasa indonesia

    Kombinasi antara blog, blog walking, sosial media, traffic exchange, directory dan submit di beberapa mesin pencari mungkin bisa membantu.

    Satu tulisan per hari pun membantu
    Dengan begitu mesin pencari akan menampilkan blog terbarumu

    Semoga bermanfaat!
    :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. mksd kombinasi tarffic exchange itu apa yah? :-s

      Hapus
    2. Kombinasi antara menulis blog, blog walking, memberi komentar, share di sosial media, share di traffic exchange, daftarkan blog pada direktori dan beberapa mesin pencari. Untuk hal yang terakhir bisa dilakukan otomatis oleh sitemap yang mbak Indah punya.

      Hmmm, sepertinya malah mbak Indah sudah melakukannya.

      :)

      Hapus
  13. Awalnya iseng ya mba Indah..hiii..moga saja ga bosan untuk nulis artikel ya mba...hahahahyyyy

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah...sy merasa terhormat nih mas icah mau berkunjung dan memberikan komentar di blog saya...heheh. iya bener mas, malah skrg jd ketagihan nulis2 terus. :)

      Hapus
  14. ahahahah ngerti seo tha mbak??
    saya malah gak ngerti, seo itu untuk apa ?? maaaf soalnya saya nda ngrti.
    orang jawa juga tha. ^_^ .

    saya juga iseng-iseng aja, mangkanya di kasi blog judulnya iseng :D
    tapi emang bener bikin ketagihan :)
    saya juga ketagihan .hahaha. tapi semoga gak efek buruklah buat saya :D :D .salam kenal aja ya.. saya baru 5bulan di blog *lho :D .. semoga blog miztia panjang umur aamiin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lah piye toh? aku malah blas ora mudeng SEO2 an...iyah, semoga panjang umur. klw ndak salan blognya udah PR 2 yah? ajari tho

      Hapus
    2. sami mawon mbak.. saya juga rak mudeng seo :D
      aamiin. :D .
      saya juga gak ngerti jadi mau ngajarin apa mbak.

      Hapus
    3. iya miztia tuh mbah nya kalo soal ngeblog,,masih tua usia dia ngeblog

      Hapus
  15. kalo saya nggak kepikiran istilah teknis kayak gitu Mbak. bikin pusing aja. yang penting ekspresi saja, lalu nulis sakkarepnya saya, haha..

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener juga yach. ngapain jg dijadikan beban :D

      Hapus
    2. betul hahaha.. yg penting jadi blog bukan jadi bubur *eehh.

      Hapus
  16. .: nyaris sama ma ane, berawal dari PC baru saya kena virus, akhirnya memaksa ane belajar dari instal windows, ubuntu, sampai membuat website / blog, semuanya otodidak, temen ane cuma toko buku & Mas Google...^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah...hebat tuh, bisa segalanya. tp blognya isinya malah dagangan. piye toh? :>)

      Hapus
  17. Pengikut blog nya banyak nya....
    foolow blog ku donk...
    :)

    BalasHapus
  18. wih begitu berat ya mbak indah perjuangan nya, emanga nya kegiatan mbak indah apa klo boleh tau selain ngeblog,aku juga dulu gitu mbak,tadinya gara gara sering cari software komputer,akhirnya tertarik buat blog, belajar2 sampe sekarang,. sukses selalu ya buat mbak indah, semoga makin sukses sama blog nya

    BalasHapus
  19. kalo saya namanya kilas bail ngeblog, dari iseng-iseng di Yahoo answer, liat-liat kaskus, akhirnya terdampar di blog dengan waktu luang sedikit. Ga sempet kepikiran SEO-SEO an, tapi bisa juga nanti. Semua serba mungkin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sy masih belajar juga mas....yg penting udah usaha :)

      Hapus
  20. nice post.. mampir ikut nyimak..

    BalasHapus
  21. wah, informasi yag bagus nh,
    tapi saya suka males belajarnya.. kenapa yah..?? hehhe
    uda bawaan lahir kali yah.. :)

    BalasHapus
  22. artikelnya bagus mbak indah :D, kayaknya mbak ini gokil :p
    saking gokilnya, tengah malam gini aja visitor yang onlen 28 orang. oh my god, luar binasa. mampir diblog ane juga ya mbak :D <a href="http://www.tipstutorialkomputer.com>ini loh, ini loh</a>

    BalasHapus
  23. wah ceritanya memotivasi saya nih. ^_^

    BalasHapus

PERINGATAN !!!
1. Dilarang Nyepam Disini
2. Dilarang Pipis Disini
3. Dilarang Teriak Disini
4. Dilarang apalagi yah...?

Emoticon Centil Disini
:))
:((
:D
:(
=))
b-(
:)
:P
:-o
:*
:-s
[-(
@-)
=d>
b-)
:-?
:->
X-(

Top