Tips Agar Setiap Do'a Kita Dikabulkan Allah Swt

|
Bismillahirrahmanirrahim.

Tips ini saya peroleh dari sebuah pengajian kecil di salah satu pesantren di kampung saya, dan kebetulan isi dari pengajian tersebut bercerita tentang keutamaan sebuah do'a. Dan saya berkeinginan apa yang pernah saya dengar saya bagikan lewat catatan kecilku ini. Singkatnya, kita ndak bisa berdo'a lantas besoknya keinginan kita terkabul. Pasti ada proses dan penilaian tersendiri bagi tiap-tiap manusia. Emanknya kita Waliyullah ....? lah wong bangun jam 1 malam aja susahnya minta ampun...hehehe  :D

Perlu juga diketahui bahwa ada doa yang dikabulkan Allah secara langsung, ada doa yang akan dikabulkan ketika di akhirat nanti, serta ada pula doa yang diganti dengan kebaikan atau rejeki yang lain. Tentu harus difahami bahwa Allah swt mengetahui apa sebenarnya yang terbaik bagi hamba-Nya. Allah akan mengabulkan doa hamba-Nya jika itu memang mendatangkan kemaslahatan dan bukan sekedar apa yang diinginkan oleh hamba-Nya.

Sebetulnya bisa sih setiap do'a atau permohonan kita kepada Allah pasti ( minimal di percepat lah :P ) di ijabah, tetapi kan ada "sesuatu" yang wajib di ketahui. Seperti apakah itu ?

1. Berdo'a di Baitullah. Tempat ini sangat istimewa bagi kita yang beragama Islam. Berdoa di tempat itu di anjurkan oleh Baginda Rasul seperti di dalam hadits nya : ”Multazam adalah tempat doa yang mustajab (terkabul), tidak seorang pun hamba Allah yang berdoa di tempat ini tanpa terkabul doanya.”.
Multazam adalah tempat di antara Pintu Kakbah dan Rukun Hajar Aswad. Secara harfiah Multazam bermakna tempat yang amat diperlukan. Tempat inilah yang dinyatakan oleh Rasulullah SAW sebagai tempat yang paling mustajabah untuk berdoa

2. Berdo'a di Masjid. Seperti kita ketahui masjid adalah rumah Allah, dan Setiap Muslim wajib menghormati dan memuliakan masjid karena kedudukannya sangat mulia disisi Allah Swt. Makanya dalam sebuah hadits menerangkan : “Apabila salah seorang daripada kamu masuk ke masjid, maka hendaklah dia melakukan rukuk (shalat) sebanyak dua rakaat sebelum dia duduk” (H.R. Bukhari-Muslim). Sesungguhnya shalat seseorang di dalam masjid dilebihkan dari shalat yang dilakukan di rumah  dengan 25 derajat atau 27 derajat begitu juga dengan kita berdo'a di dalamnya, karena sebuah do'a adalah ibadah.

3. Berdo'a di Sepertiga Malam.  Di antara doa yang mustajab (mudah diijabahi atau dikabulkan) adalah doa di sepertiga malam terakhir. Namun kita sering melalaikan hal ini karena waktu malam kita biasa diisi dengan tidur lelap. Cobalah kita bertekad kuat untuk mendapatkan waktu tersebut. Malamnya kita isi dengan shalat tahajjud dan memperbanyak do’a pada Allah atas setiap hajat kita.
Dari Jabir bin ‘Abdillah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Di malam hari terdapat suatu waktu yang tidaklah seorang muslim memanjatkan do’a pada Allah berkaitan dengan dunia dan akhiratnya bertepatan dengan waktu tersebut melainkan Allah akan memberikan apa yang ia minta. Hal ini berlaku setiap malamnya.” (HR. Muslim no. 757)

Mungkin ini dulu catatan saya kali ini tentang Tips Agar Setiap Do'a Kita Dikabulkan Allah Swt, semoga apa yang saya tulis disini menambah keimanan kita kepada Allah Swt. Amin

Semoga bermanfaat





Backlink here..

28 komentar:

  1. .: amin, mudah2an kita termasuk golongan orang2 yg do'a-nya dikabulkan...^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin. mksh supportnya ya mas \o/

      Hapus
  2. Assalamu'alaykum... Mbak indah jadi tukar link? link mbak aku pasang dblogku ya mbak :) syukron ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikumsalam. Mksh yach mbak,segera saya pasang linknya mbak vita. syukran ^_^

      Hapus
  3. assalamualaiku.. semoga doa-doa yang kita panjatkan kehadirat Allah SWT itu bisa terkabulkan.. :) bagus banget ka artikelnya. \o/

    BalasHapus
  4. ..ya iya........makaci cemua......dan sukses...
    artikel yang mantap deh.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mksh yach,sukses jg buat anda.

      Hapus
  5. akan saya coba praktekin, smoga bs terkabul.amiin
    makasih ya..
    salam
    :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. pasti terkabul mas,andai tidak di kabulkan di dunia,akan di berikan di akhirat kelak. Amin :D

      Hapus
  6. Awalnya tidak mudah untuk bangun di sepertiga malam atau bangun saat shubuh tiba, apalagi membuatnya menjadi suatu kebiasaan, perlu usaha yang keras, harus diniatkan dan dipaksakan. Namun jika sudah menjadi suatu kebiasaan, maka semuanya tidak ada masalah, tidak ada rasa malas, rasa pegal, tau rasa ngantuk meski tidurnya jg larut malam. Semoga bermanfaat artikel saya yang pendek ini. xixixixi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Heee...awas yah,hmmm makanya posting kyk punyaku. jgn inggris mulu ah,bikin gemetan. :p

      Hapus
  7. @ Indah Ihirrr, ntar lak dipanggil Pak ustad kalau posting kayak p1 :rolled:

    BalasHapus
    Balasan
    1. piye toh,tak bilangin yah, selama saya keliliing pesantren jarang2 ada kyai ceramah pakai bhs inggris. nah mas dirman kan cas cis cus, tinggal memperdalam hadits,tafsir dan kitab kuning. apa perlu tak buatin polling disini ? pasti byk yg OK . :guitarist:

      Hapus
  8. kunjungan pagi sambil ijin nyimak posting yg bermanfaat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pagi jg mas, mksh kunjungannya :-d

      Hapus
  9. ijin nyimak mba supaya semua do'a bs di kobul,,,mksh infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin, Monggo ....silahkan mas cahyo.

      Hapus
  10. @ Indah Saia dulu ngaji kitab kuning berkali2, i'lal khatam 3x, shorof 4x, nahwu entah berapa kali, pi gak bisa2 jg tu Ndah membaca kitab kuning. Entah mungkin krn kurang niat tau gimana yah ... 7:(

    BalasHapus
    Balasan
    1. dipaksain jg ndak akan maksimal mas,aku ndiri klw inggeris malah adem panas. \o/

      Hapus
  11. dengan doa yg tulus moga doa qta bisa d kabulkan allah.....
    amiiinn...

    BalasHapus
  12. berdoalah yang bener biar dikabulin hehe

    BalasHapus
  13. Semoga yg mbaca bisa terkabulkan do'a dan hajatnya...

    BalasHapus
  14. Langsung ke Masjid, dan berdoa supaya blognya Mbak Indah cepet sukses... :d

    BalasHapus
  15. matur ksuwon ah mba indah,artikel nki brmanfaat snget,

    BalasHapus
  16. Aaammiinn , ketahuilah doa orang yang bersungguh2 Insya Allah akan dikabulkan cepat atau lambat . Dan mudah2n kita salah seorang dari itu . Aaammiinn .

    BalasHapus

PERINGATAN !!!
1. Dilarang Nyepam Disini
2. Dilarang Pipis Disini
3. Dilarang Teriak Disini
4. Dilarang apalagi yah...?

Emoticon Centil Disini
:))
:((
:D
:(
=))
b-(
:)
:P
:-o
:*
:-s
[-(
@-)
=d>
b-)
:-?
:->
X-(

Top