Kewajiban Menuntut Ilmu Pengetahuan Tentang Islam

|
Assalamu'alaikum.

اللَّهُالَّذِيخَلَقَسَبْعَسَمَاوَاتٍوَمِنَالْأَرْضِمِثْلَهُنَّيَتَنَزَّلُالْأَمْرُبَيْنَهُنَّلِتَعْلَمُواأَنَّاللَّهَعَلَ

ى كُلِّشَيْءٍقَدِيرٌ وَأَنَّاللَّهَقَدْأَحَاطَبِكُلِّ شَيْءٍعِلْمًا

Allah-lah yang menciptakan tujuh langit dan seperti itu pula bumi. Perintah Allah berlaku padanya, agar kamu mengetahui bahwasanya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu, dan sesungguhnya Allah ilmu-Nya benar-benar meliputi segala sesuatu. [Surah ath Thalaq : 12]

Kewajiban Menuntut Ilmu Pengetahuan Tentang Islam
iand49.blogspot.com

Cukuplah ayat di atas sebagai dalil tentang Kewajiban Menuntut Ilmu Pengetahuan Tentang Islam dan wajib untuk menuntutnya, terutama ilmu tauhid. Perlu kita ketahui bersama, bahwa wajib mendahulukan ilmu atas ibadah. Hal ini berdasarkan dua alasan :

1. Agar Ibadah Kita Shahih dan Selamat.
2. Karena ilmu yang bermanfaat akan membuahkan rasa gentar dan takut kepada Allah SWT dalam kalbu kita.

Keduanya akan membuahkan ketaatan dan mencegah kemaksiatan dengan pertolongan dan taufik Allah SWT. Dibalik semua itu tidak ada tujuan lain hanya untuk beribadah kepada Nya. 
Kewajiban yang paling utama agar kita mengetahui, siapa yang harus disembah. Kalau udah gitu lalu kita menyembahnya, lah bagaimana mungkin kita bisa menyembahnya sesuatu yang ndak kita ketahui nama-nama indah Allah SWT dan Sifat-sifat Nya..... bener toh? 
Lah..kalau kita ndak tau dan ndak punya ilmunya, bagaimana kita bisa yakin ..... bener lagi toh?
Nah .....kalau kita mendapatkan ilmu pengetahuan tentang Islam, kan kita bisa tau kita harus begini dan begitu. Kemudian kita bisa mudah membedakan mana yang harus di dahulukan dan mana yang bisa di tunda ibadah kita dalam keseharian kita. Makanya sekarang banyak yang salah kaprah.....sunnahnya di dahulukan tapi wajibnya belakangan. Aneh kan .....? 

Apakah kita beribadah cuma bermodalkan "Yakin" ajah, tapi ndak tau ilmunya..... ? itu dah basi  Brow.....

Yuk ....mulai sekarang kita pelan-pelan belajar sedikit demi sedikit apa sih itu Islam ?. Dan bagaimana sih kita harus menjalankan kewajiban saya sebagai ummat Islam dengan benar.....???

Mudah-mudahan Allah SWT senantiasa memberikan ilmu bermanfaat kepada kita, agar kita selalu taat dan melaksanakan kewajiban sebagai muslim dengan benar. Dan menjadikan kita sebagai hamba yang khusnul khatimah. Aamiiin

Wassalam

46 komentar:

  1. insha ALLOH dengan ilmu, jalan kita menjadi mudah karena petunjukNya

    BalasHapus
    Balasan
    1. lha jebul saya pertamax to...

      Hapus
    2. jadi ingat sebuah artikel tentang Grand Design, Stephen Hawking yang seorang ilmuwan yang dikaruniai otak yang katanya super cerdas nggak mengakui adanya Tuhan, katanya syurga hanya isapan jempol semata...
      bukankah setiap benda yang ada di dunia ini pasti ada penciptanya, bila kursi dihasilkan oleh tukang kayu...trus siapa yang bikin dunia dan jagad raya bila bukan suatu Dzat Yang Maha Cerdas, Maha Hebat, Maha Keren dan Maha Mengetahui Segala-galanya?
      semoga Mbah Stephen Hawking dilimpahkan hidayah dan mampu melahirkan pemikiran baru yang bermanfaat

      Hapus
    3. saya udah sering debat soal gitu mbak di forum2 lintas agama....emang gitu klw org terlalu menuhankan akalnya.
      contoh saja darwing ...toh teorinya sekarang ndak laku

      Hapus
    4. gak hy steven hawking, pendahulunya einstein pun mengakui bahwa ada kekuatan yg maha besar setiap di muka bumi, di setiap energi. tapi kalo gak ngucap syahadat, gak bernilai keyakinan mereka yg ahli2 fisika itu

      Hapus
    5. yang jebul pertamax sambil bawa (c)

      Hapus
    6. beberapa minggu terakhir, setiap baca komentar KK saya selalu sependapat dengan beliau...toss dan peluk ah @-) :p

      Hapus
    7. oooo sido diuncali panci karo ayahe zaki lho kang cilembu....

      Hapus
    8. maaf, ada yg nyariin saya?

      *td ada yg nyebut "ayahe Zaki" 8-)

      Hapus
  2. kalau menurut saya pribadi semua hal-hal tentangislam wajib diamalkan karena menurut salah satu buku yang saya baca islam adalah jalan kebenaran yang di ridhoi allah hehehehe maaf jadi ceramah nie mbak admin cuman memberikan pendapat saja kok.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. emang betul mas, saya jg sependapat, namun orang yg mengamalkan itu kan harus punya ilmu dulu, biar ndak salah

      Hapus
    2. betul .... betul, dan semua sudah betul

      Hapus
  3. setuju banget mbk...... kalau aku sendiri tambah yakin dengan kebenaran ajaran islam ya setelah mengetahui ilmu pengetahuan + islam ....
    setelah lihat mozaik islam di tr*ns tv contohya .. banyak banget pengajaran islam yang didapat jadi bisa dikatakan islam bukan agama tahayul tapi agama yang sejalan dengan ilmu pengetahuan dan jangan takut kalau kita belajar banyak ilmu kita jauh dari islam malah dengan semakin banyak wawasan maka insya allah keyakinan akan islam akan semakin kuat ... karena ilmu pengetahuan sejalan dengan islam...

    BalasHapus
    Balasan
    1. al quran kan petunjuk hidup mas....dari san dah jelas. dan al quran sudah menampung semua hal yg ada di langit dan bumi.

      Hapus
  4. sy juga mau belajar ilmu islam, walau sebatas membaca buku ulama2 dan kumpulan hadits... karena ini fardu 'ain setiap muslim ya

    BalasHapus
  5. Balasan
    1. di indonesia juga banyak kok kalo kita jeli mencari

      Hapus
  6. Balasan
    1. ooo nglamak mbak ,uncali sandal mbak, hehehe

      Hapus
  7. Ilmu adalah seperti tangga, semakin banyak ilmu kita dapat semakin tinggi kita naik, jika sudah di atas lihatlah ke bawah banyak hal-hal yang dulu tidak pernah terlihat dari bawah sekarang dengan mudah kita dapat melihatnya bahkan jauh lebih luas daripada yang kita pikirkan :)

    BalasHapus
  8. Blog walking sebelum bobo ke blog mbah Indah yang sarat artikel bagus :)
    Sukses terus ya, mbak cheer

    BalasHapus
  9. mencari ilmu sedikit demi sedikit tentunya, seperti masukan air dari ember ke botol, kalau langsung byur kan tewas tuh botolnya, hihi malah jualan botol (c) =p~

    BalasHapus
    Balasan
    1. botol kecap apa botol saos Mang?

      Hapus
    2. tapi pepatah mang yono ada bener nya tuh,kita kan mencarai ilmu sedikit demi sedikit

      Hapus
  10. Bener sekali mbak, ilmu pengetahuan akan menjadi perisai agar kita tidak mudah tersesat. Sebenarnya semua yang ada dibumi dan dilangit sudah dituangkan secara complete dalam Al-Qur'an, kita tinggal mendalaminya saja.. Tapi saya jadi miris dengan orang-orang islam sekarang, terutama dikampung saya. Punya ilmu tapi pura-pura bodoh, ilmu disembunyikan. Ada orang yang bodoh tapi berlagak pintar, ajaran salah dibenerin oleh orang lain dia malah marah-marah. Duhh

    BalasHapus
  11. waalaikum salam....
    sip dech mbak. menuntut ilmu itu memang penting... itulah bedanya orang dulu dengan orang sekarang.. kalau orang dulu tak banyak harta. tapi tau ilmunya.. makanya walaupun hidupnya sederhana, namuh penuh dengan ketentraman (adem ayem).

    kalau orang sekarang, banyak harta tapi tak mengerti ilmunya.. walapun berkelimang harta tapi hidupnya tak tenang...

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah ...komennya seperti anggota dewan. :d

      Hapus
    2. nah komen nya mas nady kena banget tuh, kalo gak mensyukuri mau harta sebanyak apapun gak akan pernah puas

      Hapus
  12. Ya setuju mbak, ilmu dulu baru amalkan, sehingga kita akan senantiasa ingat dari mana ilmu itu berasal...Allah SWT.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang ini saya setuju selamat menjalankan ibadah puasa mas....

      Hapus
  13. Ilmu itu sangat penting agar kita bisa menjadi orang yang bermanfaat dan dihargai

    BalasHapus
  14. allah menjadikan manusia sebagai khalifah dibumi, untuk menjadi khalifah tentunya kita harus mempunyai banyak ilmu

    BalasHapus
  15. saya suka banget dengan kalimat ini, soalnya pas banget dengan hati saya :
    2. Karena ilmu yang bermanfaat akan membuahkan rasa gentar dan takut kepada Allah SWT dalam kalbu kita.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sukur deh klw mamang suka....padahal tadinya aku paksain harus suka.
      Ehh ...ternyata sadar duluan....hahahahh

      Hapus
  16. ibadah nek ora ngerti ilmu ne mesti rusak, nek wes rusak yo ora sah,
    maling wae ono ilmune je, mosok maling kok nggowo senter, kuwi maling gak berilmu

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah..mas agus ketinggalan jaman. maling saiki wes ora gelem gowo senter....malah nggowo genset sak lampu halogen. keren kan...?

      Hapus
  17. kalo menurut pendapat saya, ilmu itu pending loh,apalagi islam sudah mengatur doa doa untuk kehidupan sehari hari, tanpa ilmu orang genius pun kadang bisa salah dalam mengartikan sebuah pendapat

    BalasHapus
  18. makasih mbah indah buat ilmunya :)

    BalasHapus
  19. nitip link za... trims... Refrensi Ilmu Islam lengkap

    http://game4edu.blogspot.com/2013/07/paket-cd-ikhwanul-muslim.html

    BalasHapus
  20. setujuuu, kita memang harus mempelajari islam secara kaffah. :)

    BalasHapus

PERINGATAN !!!
1. Dilarang Nyepam Disini
2. Dilarang Pipis Disini
3. Dilarang Teriak Disini
4. Dilarang apalagi yah...?

Emoticon Centil Disini
:))
:((
:D
:(
=))
b-(
:)
:P
:-o
:*
:-s
[-(
@-)
=d>
b-)
:-?
:->
X-(

Top