PANGKAT KOPRAL GAJI JENDRAL

|
Bismillahirrahmanirrahim.

Tidak bisa saya pungkiri dalam awal-awal bulan pertama bekerja mencari "duit" adalah hal yang sangat menyenangkan. Bagaimana tidak...jika selama ini saya ketergantungan kepada orang tua untuk beli kebutuhan saya sehari-hari, tapi sekarang tidak lagi setelah saya mendapatkan pekerjaan. Emang sih...masih ada beberapa kebutuhan yang "masih" mengandalkan orang tua, kalau semua kebutuhan belanja pakai uang saya pasti tidak cukup untuk membeli semua kebutuhan tersebut. Maklum "upah" saya sangat sedikit sekali, tapi saya merasakan senang luar biasa dan sangat beryukur kepada Tuhan.

Di dalam melaksanakan pekerjaan sehari-hari, saya termasuk banyak "nganggur" nya ketimbang kerja. Kebosanan mulai timbul jika tidak ada pekerjaan yang saya lakukan, bahkan sering kali merasakan ngantuk yang tidak bisa ditahan. Akhirnya saya iseng-iseng "ngintip" "Blog saya" dan browsing sekedar membaca tutorial tentang blogging. Tapi jika ada Pak Bos masuk ruangan cepet-cepet saya close. hehehe.... Saya sangat 'sungkan" kepada Pak Bos karena beliaulah yang menawarkan pekerjaan yang saya tekuni beberapa bulan ini. 

Hari demi hari saya lewati tanpa ada masalah dalam kehidupan dan pekerjaan, semua wajar-wajar saja dan bisa dibilang sangat lancar. Namun beberapa hari ini saya mulai gelisah dengan hasil dari pekerjaan saya yaitu "Upah". Bukannya saya menuntut minta upah yang besar, tetapi rasanya ndak pantes kalau saya mendapatkan upah "segitu". Mungkin banyak yang setuju dengan kalimat ini : PANGKAT KOPRAL GAJI JENDRAL. Setuju kan ? heheheh 

Gini lho .... saya bingung dengan "upah" yang saya terima setiap awal bulannya, bukannya upahnya kurang loh..? Saya kan mendapatkan upah 100 persen, jika ada potongan koperasi itu kan hasil dari perbuatan saya sendiri karena saya "nge BON". Coba jika saya ndak Nge BON kan saya menerima upah 100 persen. Jadi intinya : 100% Gaji yang saya terima di setiap awal bulan.

Lalu selama saya bekerja dalam 1 hari kan ndak 100 persen, lah wong banyak nganggurnya. Toh meski sesibuk-sibuknya ndak bakalan bisa kerja 100 persen. Bener tho? Apa lagi kalau pas Pak Bos rapat di luar kota, bisa-bisa anak buahnya "keluyuran", ada yang tiduran di mushalla, dan ada yang "Ngerumpi" heheheh. Oke lah... jika saya "paksa" setiap hari kerja..kerja..kerja pasti tidak akan sanggup 100 persen, pasti di hari-hari berikutnya nyantai dan nyantai lagi. Jadi intinya : dalam 1 bulan penuh saya hanya sanggup melaksanakan pekerjaan 75%, dan itu udah dalam kategori "Pegawai Teladan"

Kurang lebih rinciannya sebagai berikut : 
1. Saya menerima upah sebulan  = 100 %
2. Saya bekerja sebulan                =  75  %

Jadi ada selisih kelebihan gaji 25 % yang saya terima.

Pertanyaan saya : 
1. Upah yang 25 % dari mana yach? 
2. Apakah pantas saya menerima yang 25 % itu ?
3. Apakah bisa di kategorikan "halal" yang 25 % itu ?

Nah renungan saya seperti itu, jujur akhir-akhir ini saya bingung menghadapi permasalahan ini. Makanya saya posting disini, "mungkin" ada kawan-kawan yang bisa memberikan pencerahan yang nantinya di tulis di kolom komentar. Dengan sangat saya membutuhkan jawaban uneg-uneg dari mas-mas atau mbak-mbak..... Terima kasih sebelumnya .... 


Wassalam



Backlink here..

17 komentar:

  1. Balasan
    1. begini lho, kita 'nganggur' kan ukan mau kita. kita nganggur kan karena memang pekerjaan belum ada.. beda jika kita 'nganggur' karena mau kita, itu yg salah. Tp jika sampeyan masih merasa bersalah, ya jika lagi 'nganggur' sampeyan bantu aja pekerjaan teman2 yg lain. Atau klo sama2 'nganggur' ya sampeyan ngepel atau ngelap-ngelap jendela atau meja seluruh kanor aja :d

      Hapus
    2. Gini loh mas Budy, kerjaan saya cuma dikit dibandingkan dgn yg lain. Gaji saya dgn yg lainnya sama,apa lg sy msh baru. Sy jg sering ngebantuin teman2, tp klw tiap hari ntr mrk malah ke enakan dong..!! kalau ngelap2 meja sama jendela ntr aq minta bantuan ke mas budy yach. :-d

      Hapus
    3. ya sudah klo masih merasa bersalah dpt gaji gede, bilang aja ke pak bos minta disunat aja gajinya jadi 50% ato transfer aja ke aku. ntar aku kirimin nomer rekeningku deh :-d

      Hapus
  2. Waduh baru ada orang yang begini, biasanya mah riang gembira sukaria...hehehehehe.... Jempol mbak Indah, but saya rasa Halal karena kalau disimak bukan menganggurkan diri kann..???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh gitu yach, ok mksh mas sambil nunggu pendapat yg lain. heheh, mksh banget yach? :)

      Hapus
  3. hadir di sore hari mba sembari baca artikel terbaru yg menarik,,,mf br smbuh jd br bs OL sukses selalu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Loh..abis sakit toh? skrg udah baikan ? moga cepet sembuh dan beraktifitas ya mas?

      Hapus
  4. Mbak Indah idealis sekali. pertahankan itu sampe titik keringat terakhir dan titik usia yang terakhir. menghitung saat kerja dan saat tidak (yang Mbak Indah bilang 25%) tentu bukan angka yang yang nyata bukan? hanya feeling bukan? sama dengan saya, saya pun mengalami suasana hati yang sedemikian itu. cara menyelesaikannya? zakat dan shadaqah. itu cara membersihkan harta kita, sebesar atau sekecil apapun.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh gitu tho mas, bener jg yach ? yg 25% itu hanya perkiraan,yg pasti antara gaji dan kerja tdk imbang. mksh Ilmunya ya mas, udah sedikit lega nih..heheh :)

      Hapus
  5. Hahaha,kasusnya sama dengan yang saya alami setiap hari,tapi ngangurnya kita pada jam kerja,bukan berarti kita gak perlu di bayar,,,karena kita di bayar untuk nganggur sambil berfikir rencana kedepan tentang pekerjaan itu sendiri,biasanya selagi kita nganggur ideu atau inspirasi suka timbul,nah ini yang namanya nganggur pada jam kerja,coba deh bedakan,nganggur di rumah sama nganggur ditempat kerja,kalau di kantor walaupun nganggur tapi tidak bebas,karena mersa terikat dengan pekerjaan,coba kalau nganggur dirumah ??? eeehhh jadi panjang lebar,,,permisi ach mau malam mingguan dulu kakakakak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu beda mas,klw mas dede nganggur tp berfikir kedepannya mencari resep2 baru. lah klw saya? nganggur binti bengong mas. :))

      Hapus
  6. Wah saya gak bisa jawab...
    semua memang tergantung Iman

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ndak apa2 mas,itu si mas zach udah ngasih pencerahan. Mmg ujung2nya semua tergantung ke imanan diri kt masings kan? mksh kunjungannya ya mas :)

      Hapus
  7. Rezeki sudah ada yg ngatur... jika kita mendapatkan rejeki yang diterima dari hasil kerja kita [misal dalam bentuk gaji] itu lah rejeki yang diberikan Tuhan pada kita [biarpun kita merasa bekerja tidak 100%, karema itu bukan kemauan kita]. Rejeki itu bisa datang dari mana saja dan kapan saja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sip dah...sy paham. yg penting kerja kita sdh maksimal dan berhak mendapatkan dari usaha kita. Wah ..makin terbuka nih pengetahuan saya berkat teman2 semua. mksh ya mas :)

      Hapus
  8. Menurut saya gak da yg salah koq, dan betul kata teman kita zachflazz, kalo mbak merasa gaji jendral ya sedekah kan saja yg 25% itu...kan perasaan itu datang gara2 gaji gak sebanding dgn pekerjaan. Insyaallah dgn sedekah 'perasaan' itu akan teratasi dan hilang dari fikiran nya.

    BalasHapus

PERINGATAN !!!
1. Dilarang Nyepam Disini
2. Dilarang Pipis Disini
3. Dilarang Teriak Disini
4. Dilarang apalagi yah...?

Emoticon Centil Disini
:))
:((
:D
:(
=))
b-(
:)
:P
:-o
:*
:-s
[-(
@-)
=d>
b-)
:-?
:->
X-(

Top