Pentingnya Menjalin Tali Silaturrahim

| 116 komentar
Bismillahirrahmanirrahim.

Gambar diatas saya ambil dari halaman tukar link di Blog ini

"Jangan Tinggalkan aku seorang diri .... " Sebuah kalimat yang menyedihkan yach ...heheheh. Tak apalah, kali ini saya ingin berbagi kegalauan yang pernah saya rasakan. Mungkin juga hal ini juga dirasakan oleh teman-teman semua, ketika pengunjung Blognya sepi pengunjung. Ini bukan masalah Optimasi SEO atau teknik SEO yang akan saya bahas, melainkan arti penting dalam menjalin tali silaturrahim sesama Blogger

Awalnya saya tertegun ketika salah satu pengunjung blog catatan kecilku ini memberikan komentarnya seperti gambar di atas. Ini sudah terjadi beberapa hari yang lalu, tapi saya baru kepikiran sekarang dan akhirnya saya jadikan postingan. Memang saya akui kebenaran dari komentar Mbak Anisa, karena ada beberapa sahabat yang pernah tuker link lantas tidak pernah lagi berkunjung ke Blog ini. Tapi kita jangan pernah bersu'udzan dulu, mungkin beliau-beliau lagi sibuk, pergi ke luar kota atau lagi sakit. Bener kan...? tapi ndak semua loh..hanya 1-2 orang saja. 

Kalau dalam pendidikan agama Islam silaturahim merupakan kunci pembuka rahmat dan pertolongan dari Allah, tali silaturrahim ya ndak harus berjabat tangan atau minta maaf. Tapi ada makna yang lebih hakiki yaitu lebih membuka keluasan hati. Hal ini sesuai dengan asal kata dari silaturahim itu sendiri, yaitu shilat atau washl, yang berarti menyambungkan atau menghimpun, dan ar-rahiim yang berarti kasih sayang. Tentang hal ini Rasulullah SAW bersabda, “Tahukah kalian tentang sesuatu yang paling cepat mendatangkan kebaikan ataupun keburukan? "Sesuatu yang paling cepat mendatangkan kebaikan adalah pahala orang yang berbuat kebaikan dan menghubungkan tali silaturahmi, sedangkan yang paling cepat mendatangkan keburukan ialah siksaan bagi orang yang berbuat jahat dan yang memutuskan tali persaudaraan" (HR. Ibnu Majah).

Salah satu dari tuntunan hidup sekaligus renungan kehidupan dalam agama Islam tersebut adalah silaturahmi. Bahkan lebih dari itu, silaturahmi merupakan salah satu ajaran akhlaq yang paling asasi di dalam Islam. Dalam konteks keseharian kita masyarakat Indonesia yang notabene sebagian besar penduduknya memeluk agama Islam, pelaksanaan praktek silaturahmi dapat dengan mudah kita jumpai. Misalkan pas lebaran datang, banyak warga perkotaan yang rela-rela antri naik kereta karena ingin pulang kampung untuk silaturrahim kepada seluruh keluarga di desanya. padahal kita tahu ndak sedikit biaya yang mereka keluarkan. Belum lagi masalah faktor kesehatan karena ke capek an dalam menempuh perjalanan.

Apa kita bisa hidup bahagia dan merasakan tenang jika didalam hati kita masih terdapat rasa kebencian dan rasa permusuhan. Saya membayangkan jika dalam rumah saya ada yang tidak mau saling sapa dan bermusuhan, pastilah seisi rumah juga akan merasakan ketidaknyamanan. Apakah seperti ini bisa dikategorikan sebagai keluarga harmonis

Nah begitu juga yang saya rasakan di dunia Blogger. Blog ini seperti rumah saya dan anda semua adalah saudara saya. Jika salah satu diantara kalian lama ndak berkunjung ke rumah saya, pasti saya bertanya-tanya ada apa gerangan yang terjadi. 

Apakah saya ada yang salah...?
Apakah anda sakit...? 
Apakah anda sibuk ...? 

Untuk itu mungkin karena khilaf saya dalam bentuk artikel, komentar atau kunjungan saya ke Blog anda ada yang kurang berkenan sudilah kiranya jika anda memaafkan saya. Silahkan kritik saya atau tegur saya lewat komentar atau buku tamu, saya sangat senang. Saya akan meminta maaf kepada anda dan justru andalah yang mendewasakan pola pikir saya dalam dunia Blogging khususnya dalam menjalin tali silaturrahim.

Mohon maaf jika kurang berkenan.
Wassalam


Read More..

Pendidikan : Apabila Uang Sudah Menjadi Tuhan

| 78 komentar
Bismillahirrahmanirrahim.


Siapa sih yang ndak mau uang? Sudah pasti semua orang yang masih "waras" membutuhkan yang namanya uang. Banyak di antara kita yang bekerja siang dan malam demi uang, bahkan anak kecilpun merengek - rengek minta uang untuk membeli jajanan. Kita tidak memungkiri bahwa kita membutuhkan uang untuk memenuhi kebutuhan hidup, namun bukan berarti kita lantas menjadikan semua hal menjadi sumber penghasilan uang tanpa melihat apakah hal itu dilarang Allah atau tidak. 

Banyak juga yang melakukan kezaliman kepada alam (merusak alam), menzalimi hak2 manusia lain, hanya untuk memuaskan keinginannya menyukseskan suatu proyek, yang ujung2nya juga uang. Ada juga orang yang tega mempermak sedemikian besar anggaran proyek pembangunan umum, agar banyak "saldo" yang masuk kantongnya. Ada juga yang tega memanfaatkan kekuasannya untuk "mengeruk" banyak uang dgn korupsi. Bahkan yang lebih parah ada orang tega membunuh orang tuanya, atau saudaranya, atau temannya, gara2 tidak dipenuhi keinginannya. Jadi, hati2lah dalam memikirkan masalah uang dan harta, karena bisa jadi itu menjadi hal yang kita ambisikan sampai mengalahkan ketaatan kita pada Allah.

Tanpa disadari atau tidak orang semacam itu bukan lagi takut dan taat kepada Allah, mereka lambat laun sudah menyembah dan taat kepada uang. Diantara penyebab tingginya tingkat kejahatan, seperti pencurian, perampokan, penipuan dan berbagai perbuatan kriminal yang merugikan masyarakat disebabkan karena tingginya tingkat pengangguran yang juga juga berujung pada tingginya tingkat kemiskinan. Kemiskinan yang tanpa disertai ketabahan dan kesabaran apalagi tanpa didasari oleh nilai-nilai keimanan dan moral yang baik, maka akan memunculkan orang-orang yang memilih jalan pintas dan menghalalkan segala cara dalam mencapai tujuan.

Diantara penyebab tingginya tingkat kejahatan, seperti pencurian, perampokan, penipuan dan berbagai perbuatan kriminal yang merugikan masyarakat disebabkan karena tingginya tingkat pengangguran yang juga juga berujung pada tingginya tingkat kemiskinan. Kemiskinan yang tanpa disertai ketabahan dan kesabaran apalagi tanpa didasari oleh nilai-nilai keimanan dan moral yang baik, maka akan memunculkan orang-orang yang memilih jalan pintas dan menghalalkan segala cara dalam mencapai tujuan.

 “Carilah kebahagiaan hidup di akhirat itu dengan apa-apa yang dikaruniakan Tuhan kepadamu dan jangan lupakan porsimu dari kehidupan dunia.” (QS. Al-Qashash: 77).

Apabila kebutuhan dan uang kita sudah tercukupi, apakah ini menjamin kita bahagia ? Tidak ...!!! Ada sebagian orang yang bergelimang harta dan memanfaatkan uang nya untuk menindas yang lemah. Hak dan kedamaian orang yang membutuhkan uang justru dibeli. Kita semua sudah pernah melihat penindasan kepada kaum yang lemah, seperti penindasan negara barat di timur tengah. Sebagai remaja Muslim alangkah indahnya jika kita memahami semua Hidayah yang Allah berikan kepada kita, bersyukur akan hidayah Nya merupakan benteng kita ketika kesulitan hidup sedang melanda kita.

Sebagai renungan kehidupan kita, janganlah kita menyalah gunakan uang sebagai alat untuk memperalat dan menindas kaum yang lemah, begitu pula janganlah kita mencari uang dengan jalan pintas. Uang bukanlah satu-satunya jaminan kita untuk hidup bahagia. Jangan sampai uang yang mengendalikan kita, yang akhirnya kita egois dan menyombongkan diri. Apalagi sampai memutuskan tali silaturrahmi terhadap saudara-saudara kita. ( Naudzubillah)

Selagi kita cukup, alangkah bijak jika kita membantu keluarga, saudara, sahabat dan anak yatim ( panti asuhan ) untuk bisa merasakan sedikit kebahagiaan. Toh di akhirat nanti merekalah yang meringankan / memudahkan ketika kita di hisab di yaumil qiyamah kelak. Amin.

Semoga bermanfaat
Read More..

Pendidikan Akhlak Untuk Si Buah Hati

| 60 komentar
Bismillahirrahmanirrahim.

Anaknya sapa nih ...? 

Anak merupakan belahan jiwa, semua orang tua pasti ingin putra putrinya mempunyai akhlak yang mulia. Ketika anak masih bayi sampai usia 5-6 tahun, masa-masa itu adalah periode yang sangat penting untuk pekembangan syaraf otak. maka tidaklah heran jika banyak orang tua ketika mempunyai balita sangat berhati-hati menjaga anaknya baik itu dari perawatan maupun memberikan makan.

Orang tua mana yang tidak ingin mempunyai anak yang cerdas dan berkelakuan baik? Jelas sekali, setiap orang tua pasti menginginkan hal seperti itu. Tapi yang menjadi pertanyaan kali ini adalah apakah setiap orang tua mempunyai bekal untuk mendidik buah hatinya menjadi anak yang mempunyai akhlak mulia? Kemudian apabila orang tua salah memberikan pendidikan kepada buah hatinya, jangan salahkan jika anak tersebut tumbuh liar dan tidak diinginkan.

Semua anak tidak bisa langsung disamakan dengan anak-anak yang lainnya, anak anda dengan teman bermainnya mempunyai karakter yang berbeda dan mempunyai ciri khas yang berbeda pula termasuk cara berpikir. Anak-anak tersebut jelas berbeda sifat dan karakternya bergantung dari pendidikan dari orang tuanya masing-masing. Tidak semua pendidikan yang diberikan kepada anak anda bisa di terapkan 100%, paling tidak anak menjadi mengerti dan menahan kebiasaan-kebiasaan jeleknya. 

Di dalam Islam pendidikan untuk anak balita sangat diperlukan, karena masa-masa itu merupakan benih yang akan membuahkan hasil yang kita inginkan. Memberikan pendidikan kepada anak pada masa itu lebih meresap dan menjadi dasar untuk perkembangan selanjutnya. Karena waktu itu anak anda pertama kali menerima  hal-hal yang bersifat positif atau  negatif tergantung anda memberikan pemahaman. Dengan demikian sangatlah penting unsur-unsur keislaman di tanamkan pada jiwa anak anda. 

Banyak sekali cara-cara memberikan contoh kepada buah hati anda guna membangun pondasi keislaman nya. Misalnya :

1.  Mengumandangkan Adzan di telinga kanan dan Iqomah pada telinga kiri ketika buah hati lahir, meskipun anak itu belum bisa mendengar tapi anak itu yang pertama kali dengarkan adalah kesaksian Islam dan kalimah kebesaran Allah.

2. Memberikan latihan ibadah seperti belajar sholat, membaca huruf hajaiyah, berdoa ketika tidur dan makan. Jika orang tua membiasakan hal ini kepada anak, maka jiwanya akan terlatih untuk selalu ingat kepada Tuhan ketika kelak dia tumbuh besar.

3. Memberikan contoh pada hal-hal yang bersifat haram dan halal. Hak ini sangat penting agar kelak sudah besar / dewasa, anak anda akan berhati-hati dalam memilih mana yang makanan / benda yang diridhai Tuhan.

4. Menanamkan sikap sopan santun dan menghormati kepada yang lebih tua. Mungkin hal ini paling sering terabaikan ketika mendidik anak. Jaman sekarang akhlak generasi muda  makin kritis dan banyak yang sudah berani kepada orang tuanya bahkan tidak mengakuinya. Salah satu faktor hal ini terjadi orang tua kurang ketat dalam memberika kedisiplinan. Banyak sekali anak remaja saat ini pergi tanpa izin dan permisi kepada orang tuanya, mungkin anak itu merasa sudah besar dan tidak perlu ijin / permisi kepada orang tuanya. 

Orang tua harus mempunyai konsep yang jelas dalam mendidik buah hatinya, jangan sampai anak menerima pemahaman dari orang lain khususnya ketika anak kita masih balita. Bimbinglah buah hati anda sesuai ajaran-ajaran yang ada di dalam agama Islam. Agar buah hati kita selamat aqidahnya, Benar ibadahnya, Kokoh akhlaqnya, Mempunyai kemampuan untuk mempunyai penghasilan, Jernih pemahamannya, Kuat jasmaninya, Dapat melawan hawa nafsunya sendiri, Teratur urusan-urusannya, Dapat menjaga waktu, Berguna bagi orang lain.

Semoga bermanfaat.

Read More..

Puisi Terbaruku : KISAH CINTAKU

| 85 komentar

Puisi Cinta Islam Terbaru 2013

KISAH CINTAKU

cinta terasa manis ketika baru dimulai
tapi akan lebih manis ketika
cinta itu tak pernah berakhir
itulah kata yang selalu membuatku bangga akan cinta,,,,
harapan meniti cinta sampai raga menutup mata

Namun,,,,,,,
kenyataan berkata lain
takdir tak mengijinkanku menikmati cinta sampai usia senja
karena kini Robb-ku telah memanggil kekasih hatiku
tak ada yang salah, dan tak patut menyalahkan
mungkin ini adalah yang terbaik buatku
agar aku mampu lebih menghargai cinta

cinta,,,,,
kini kau lenyap ditelan bumi
tapi bagiku kau terus hidup 
melambung di udara tuk menemaniku

asmara,,,,,
kini kau telah mematikan rasaku
tapi rasa ini akan tetap hidup untuk cinta pertamaku
biarlah aku mengalun tanpa cinta lagi
karena aku yakin akan cinta sejati
cinta yang bercerita tentang keikhlasan dua hati
 saling menunggu hingga Tuhan menyatukan kembali


By : Sayah Pribadi

Eit..eit ..... mau copas ..!!??  
Read More..

Pendidikan Remaja Muslim : Antara Hijab dan Kue Lemper

| 66 komentar
Bismillahirrahmanirrahim.

Terlahir dari keluarga yang sangat sederhana, seorang bocah kecil yang akan memasuki usia remaja meramaikan suasana yang ada di sekitarnya. Tapi keimut2an, kelincahan, cara komunikasi dan becandanya masih lengket dalam dirinya. Banyak kejadian-kejadian lucu dan aneh bahkan yang "seram" pun dia alami, namun dia adalah sosok wanita kecil yang mempunyai karakter kuat dan sulit dijumpai diantara teman-teman sebayanya.

Ketika memasuki sekolah lanjutan pertama, sikapnya berubah drastis. Dimana setiap pertanyaan-pertanyaan yang diajukan kepada Orang Tua dan Guru sekolahnya terlalu sulit untuk dijawab. Bahkan saudara-saudara nya geleng-geleng kepala ketika mendengar pertanyaan dari seorang anak kecil. Merasa putrinya memiliki kelebihan orang tua pun menitipkan ke salah satu pesantren yang tidak jauh dari rumahnya. 

Suatu ketika anak itu di panggil oleh Ayahnya, tapi namanya juga masih anak-anak panggilan dari ayahnya tidak dihiraukan. Baru ketika panggilan kedua dia beranjak dari tempat dia bermain, tapi sepertinya anak itu masih ogah untuk mendekati ayahnya.

Ayah : Ndaahhhh ... !!!
Ndah : iyaaaaaaaaa..... Apa sih yah ?
Ayah : sini duduk sebelah ayah, mulai tadi di panggil ndak ndengerin.
Ndah : Maaf yah, masih main game.
Ayah : Ayah mau bilang, kamu kan udah SMP.
Ndah : Trus ....emangnya kenapa sih yah ?

Nampaknya si ayah menyulut rokok nya, dan menghentikan pembicaraan. Persis di depan mereka berdua ada sebuah meja yang di atasnya ada segelas kopi dan kue Lemper. Tak lama kemudian mereka kembali melanjutkan pembicaraanya.

Ayah : Ndah ... coba kamu lihat anak-anak itu. Mereka semua pakai jilbab, kelihatan bersih dan cantik kan?
Ndah : sama aja kok yah. Yang penting mandi bersih dan ganti baju yang bersih.
Ayah : Iya ayah tau, tapi kalau kamu seperti mereka tambah kelihatan rapi dan cantik.
Ndah : Maksudnya ...?
Ayah : Gini nduk ... kalau kamu pakai jilbab seperti mereka pasti kamu tambah cantik.
Ndah : Ndak mau ah.... panas yah. Lagian saya masih kecil, ntar aja kalau dah gede.

Kemudian si Ayah minum kopi yang ada didepannya, lalu mengupas kue lemper kesukaan ayahnya. Tapi bukannya dimakan sama ayah, kue lemper itu dengan sengaja dijatuhkan ke lantai. Kemudian si ayah mengambil 1 buah kue lemper lagi dan kemudian di jatuhkannya lagi. Tapi kue yang kedua masih dengan daun pembungkusnya. Karena kagetnya si anak tadi protes kepada ayahnya.

Ndah : Kenapa sih yah....kue kok dibuat mainan
Ayah : Ndah ... coba kamu ambil salah 1 kue lemper itu terus kamu makan.
Ndah : Ayah ini aneh, kue habis di buang lah kok terus saya disuruh makan
Ayah : Ambil saja salah satu, terus kamu makan. 

Rupanya si anak itu mengambil kue lemper yang masih ada daun pembungkus dan memakannya sampai habis. Tapi dalam kepala anak itu masih bingung dengan sikap aneh sang ayah, setelah habis memakannya si anak itu kembali menanyakan sikap aneh ayahnya.

Ndah : Udah habis yah ....
Ayah : Bagus ....  kenapa kamu tadi memilih kue lemper yang masih ada daunnya ?
Ndah : Loh ... yang ada daunnya kan bersih yah. Yang kotor kan bagian luarnya saja.
Ayah : Sepertinya kamu sudah memahami sikap aneh ayahmu ini. Orang memakai jilbab tidak berbeda dengan kue lemper nduk. Islam tidak mengenal siap atau tidak siap memakai jilbab, karena berjilbab adalah ciri khas muslimah dan itu merupakan perintah langsung dari Allah. ‘Katakanlah kepada wanita yang beriman: “Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak dari padanya. dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung kedadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya kecuali kepada suami mereka, ….’ [Qs. an-Nûr : 31].

Banyak sekali manfaat yang didapat dari kita berjilbab, manfaatnya antara lain adalah terhindar dari godaan yang bisa menimbulkan syahwat apabila ada laki-laki yang melihat kita. Supaya kita bisa selamat dari gangguan dia dan bisa menjaga kehormatan suami apabila sudah memiliki suami. Bagi yang belum, sosok wanita sholehah sebenarnya banyak dicari, karena sosok wanita tersebut sangat langka kalau saya sendiri melihatnya, sungguh beruntung suami yang mendapatkan sosok wanita seperti itu. Nah itu sedikit manfaat dari memakai jilbab (berkerudung).

Dijaman sekarang berhijab sudah menjadi trend bagi kalangan anak muda, namun sangat disayangkan jika jika trend ini hanyalah sebagai kamuflase belaka. Banyak diantara mereka berhijab karena latah, meniru gaya dan penampilan seorang artis, berhijab karena kemauan sang pacar, berhijab karena diwajibkan pihak sekolah, berhijab karena desakan suami atau berhijab karena tuntutan pekerjaan. Disamping itu banyak pula anak gadis berjilbab, tetapi pergaulannya melebihi kaum jahiliyah. Banyak sekali pengguna jilbab yang melakukan perbuatan asusila, dan jilbab tersebut dijadikan topeng untuk mengelabuhi orang yang memandangnya. Agar orang lain menyebut dirinya seorang remaja muslimah, anak baik dan alim. Padahal dalam berjilbab mereka masih menunjukkan kemolekan tubuhnya.


Itulah beberapa pendidikan alasan yang kadang mendasari seorang wanita untuk memakai jilbab dan sebaik-baiknya mereka adalah orang yang ikhlas dalam memakainya karena Allah, para Ulama menyebutkan 2 (dua) syarat diterimanya amalan seorang hamba yang semuanya tersimpulkan atau terambil dari 2 kalimat syahadat yang berbunyi “ Asyhadu Alla Ilaaha Illallaah, Muhammadan Rosulullaah” yaitu ; Ikhlas, yang terambil dari syahadat yang pertama yaitu syahadat kapada Allah, Rosulullah Shollallahu Alaihi Wasallam juga bersabda dalam sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Umar bin Khattab :  "Sesungguhnya setiap amalan tergantung niatnya. dan setiap orang akan mendapatkan apa yang diniatkan." (HR Muslim dan Abu Daud)

Semoga bermanfaat
Read More..

Membentengi Remaja Dari Krisis Akhlak

| 92 komentar
Bismillahirrahmanirrahim.

Akhir-akhir ini setiap hari  media televisi menyiarkan beberapa pejabat yang sedang ditimpa masalah, mulai dari kasus narkoba sampai korupsi. Bahkan ada juga petinggi sebuah partai yang dijadikan tersangka kasus korupsi. Melihat perkembangan seperti ini wajah Indonesia tergambar dengan jelas betapa merosotnya akhlaknya sebagian ummat Islam. Kemerosotan moral juga terjadi terutama dikalangan remaja. Sementara pembendungannya masih berlarut-larut dan dengan konsep yang tidak jelas alias "lemot poll".

Sebagai publik figur yang (katanya) di anggap banyak orang sebagai "panutan" kok bisa-bisanya menipu rakyat kecil. Mereka ndak ada bedanya seperti "maling" yang suka sembunyi-sembunyi mengambil hak orang lain. Hanya saja ke"maling"an mereka sedikit rapi dan halus tapi hakikatnya sama. Rusaknya moral ini menurut saya tidak lepas dari beberapa upaya-upaya niat jahat yang berasal dari luar yang mana dengan sengaja menebarkan penyakit moral kepada semua elemen masyarakat khususnya para remaja. 

Parahnya lagi dengan kondisi yang seperti ini, aparat dan tokoh masyarakat seolah-olah enggan ndak mau ngurusi. Mereka malah membela dan memanfaatkan demi kepentingan pribadinya, akhirnya "maling" itu tidak tersentuh oleh hukum. Lebih hebat lagi vonis yang di jatuhkan sangat ringan ketimbang "maling yang sesungguhnya". Miris sekali ketika saya melihat pemberitaan seperti ini di layar televisi, dengan santainya "maling" tersebut memberikan keterangan yang seolah-olah tidak pernah terjadi.

Ya Allah .... betul-betul sudah akhir jaman, Banyak petinggi yang mukanya sudah tidak punya malu. Disamping itu banyak pula pemuda yang mengkonsumsi narkoba, prostitusi merajalela, skandal sex remaja sudah menjadi konsumsi di dunia maya. Banyak sekali para pemuka agama memberikan petuah-petuah dan siraman rohani setiap hari, tapi kenapa justru kemerosotan akhlak remaja makin tinggi ? Apakah ini gejala akan kiamat sudah dekat ? Mungkin juga....karena saya pernah membaca akhir jaman kondisinya memang seperti ini.

Allah SWT berfirman : "Sesungguhnya engkau (wahai Muhammad) berada pada akhlak yang agung ".(Q.S Al-Qolam :4) Rasulullah SAW sendiri bersabda : "Aku diutus untuk menyempurnakan Akhlak". Lebih dari itu beliau menempatkan muslim yang paling tinggi derajatnya adalah yang paling baik akhlaknya. "Sesempurna-sempurna iman seseorang mukmin adalah mereka yang paling bagus akhlaknya" (H.R Muslim)

Begitu pentingnya akhlak bagi generasi muda, sangat tepat jika kita kembali merenungi Ayat dan Hadits diatas.

"Suatu bangsa sangat ditentukan kualitas akhlak-nya, jika akhlak sudah rusak hancurlah bangsa tersebut." 

Sebetulnya kita masih berpeluang jika kita bersungguh-sungguh untuk membentengi generasi muda dari kemerosotan akhlak, yaitu dengan cara meramaikan masjid-masjid, membimbing putra-putri dalam pergaulan sehari-hari, memberikan rasa tanggung jawab untuk menunaikan sholat dan kegiatan keagamaan dan lain-lain. Insya Allah rumah tangga kita khususnya dan negara kita umumnya di jauhkan dari berbagai cobaan dan yang pasti Allah Swt akan memberikan Hidayah Nya kepada kita.

Insya Allah ....Wassalam.
Read More..

Wah....Saya Dapat Award Lagi !!! (Update Terbaru)

| 87 komentar
Bismillahirrahmanirrahim.

Assalamu'alaikum ... bulan ini saya betul-betul kebanjiran Award, padahal masih baru beberapa hari yang lalu saya juga mendapatkan Award Loading Speed 2013 dan Company Award. Kali ini award yang saya peroleh merupakan estafet dari Mas Dede pengelola Blog Tentang Makanan yang mana beliau mendapatkan  langsung dari pembuatnya yaitu Herman Bagus.  Sebagai tambahan hari ini saya juga menerima award dari M. Yusuf pengelola Blog YSVCYBER yakni "COMPANY Award" , dari Em Albar Pengelola Blog Albarnation , dari Mas Zaairul Haq Pengelola Blog Jagad Kawulo dan dari Mas Bram Pengelola Blog masBramz

Ini dia Award yang saya peroleh, warnanya hijau dengan nama " VERSATILE BLOGGER " . 



Dari Mas Dede 


Dari M Yusuf


Dari Em Albar


Dari Mas Zaairul Haq


Dari Mas Zaairul Haq


Dari Mas Bramz


Jelas ini merupakan kebanggaan tersendiri buat saya pribadi, karena Mas Dede, M Yusuf , Em Albar, Zaairul Haq dan Mas Bramz memberikan kepercayaan nya kepada saya di dunia Blogger. Dan seperti biasanya ada pertanyaan yang harus saya jawab sebagai penerima Award ini. Pertanyaannya adalah 7 sifat yang ada pada diri saya (penerima Award) yaitu :

1. Kurang percaya diri .. hehee
2. Suka becanda
3. Paling benci sama orang munafik
4. Paling ndak suka sama orang " Lebay "
5. Cari Ilmu sampai paham
6. Suka protes
7. Suka menolong .. (bukan melolong)

Tiada kata terindah yang patut saya ucapkan selain rasa terima kasih yang sebesar-besarnya, semoga persahabatan kita lebih erat. 

Wassalam

Read More..

Renungan Kehidupan : Hakikat Kesabaran

| 78 komentar
Bismillahirrahmanirrahim.

Alhamdulillah .... meski dengan sedikit waktu yang tersisa akibat kesibukan yang sudah saya kemukakan di postingan kemarin, (bisa baca disini) hari ini saya ingin berbagi tentang makna kesabaran. Hal ini saya rasakan setelah adanya peristiwa yang sangat menyayat hati, tapi ini bukan yang pertama buat saya karena saya sudah mengalami 2 kali kehilangan orang yang saya cinta. Dalam arti kehilangan yang sesungguhnya ( meninggal dunia ) dan kehilangan dalam arti harus jauh meninggalkan nya. Hal seperti ini yang selalu saya jadikan renungan hidup dikala saya menerima cobaan yang Allah berikan kepada saya.

Semua orang sudah "Pasti" akan kehilangan orang yang sangat dicintainya, entah itu jauh dari mereka bahkan kehilangan karena meninggal dunia. Banyak sekali  orang-orang yang mudah mengatakan sabar namun masih belum menemukan hakikat kesabaran yang sesungguhnya. Apabila orang yang masih belum melewati serangkaian peristiwa yang saya jabarkan tadi, maka arti sabar tersebut hanyalah bersifat sementara. Lain halnya dengan orang yang sudah mengalami serangkaian peristiwa yang pernah saya alami, maka arti sabar tersebut murni dari hati sanubari. Allah SWT berfirman : "Kami akan memberi balasan kepada orang-orang yang sabar." (An-Nahl: 96)

Ayat diatas sudah pasti saya gunakan sebagai renungan hidup saya, dan disini saya mengartikan jika sabar masih jauh dari sempurna jika masih belum menemukan hakikat keihlasan yang tinggi. Dalam renungan orang-orang yang "Khusyuk" sabar hanya sebagai jembatan yang kita lalui, tapi masih belum sampai pada ujung jembatan itu. Nah ...untuk melewati sebuah jembatan tersebut banyak sekali rintangan yang akan di hadapi dan kita "harus" melewati jika ingin sampai ketujuan. Apabila kita sampai ketujuan maka Ikhlas sudah di depan mata. Lantas apa rintangannya..? banyak sekali rintangannya, dan salah satunya adalah "sabar".

Seseorang tidak akan bisa menemukan Keihklasan tanpa ada Kesabaran. Orang yang mempunyai Keihlasan bisa dipastikan sudah bisa bersabar.  "Kesabaran dalam Al-Quran ada tiga jenis, yaitu kesabaran untuk menunaikan kewajiban-kewajiban kerana Allah  SWT dan ia mempunyai 300 derajat, kesabaran untuk tidak melanggar larangan-larangan Allah  SWT dan ia mempunyai 600 derajat, dan kesabaran dalam menghadapi musibah pada kali pertama dan ia mempunyai 900 derajat.".

Tidaklah mudah untuk mencapai tingkatan seperti itu, namun saya berharap khususnya saya pribadi untuk saya jadikan motivasi sehari-hari. Apapun yang Allah berikan pada diriku, saya akan "Insya Allah" siap untuk menghadapinya. Jangan lupa bukannya Allah benci sama kita, justru dengan di berikan cobaan Allah makin dekat dengan kita sesuai dengan janji Nya di dalam surah An Nahl : 96 seperti yang saya tulis di atas.

Semoga bermanfaat. 

** Tak lupa saya ucapkan terima kasih atas bantuan Doa dari kawan-kawan semua, semoga doa anda menjadikan amal jariyah. Amin

Read More..

Mohon Bantuan Doa Sahabat

| 74 komentar
Assalamu'alaikum ..... beberapa hari ini pikiran saya sangat kalut, adapun penyebabnya adalah saya terlalu banyak memikirkan saudara saya yang sedang sakit. Beberapa hari belakangan ini saya harus bolak balik ke rumah sakit mengantarkan untuk periksa. Entah sudah  beberapa kalinya saudara saya melakukan tes darah dan Röntgen, saya sangat cemas menunggu hasilnya. Pertama saya kira hanya sakit perut biasa, dan semua orang di rumah pun mempunyai pikiran yang sama denganku.

Hasil uji laboratorium menyimpulkan jika di dalam perut saudara saya terdapat tumor, entah itu ganas atau tidak karena masih menungu tes darah lagi. Begitu mendengar hal ini saya shock banget, saudaraku yang paling aku sayangi, aku cintai.... tiba-tiba kedapatan tumor di tubuhnya. Saat ini saya dan semua keluargaku di tuntut kesabaran untuk menghadapi cobaan ini, saya ndak boleh cengeng dan saya harus kuat menghadapi ini semua. Tapi saya ndak bisa bohong, hati saya merasakan sakit yang luar biasa karena saya sangat mencintai saudara saya.

Ahhh ....ndak taulah, saya harus berbuat apa? Tidak banyak yang bisa saya lakukan. Saya hanya bisa memberikan kepercayaan dan motivasi kepadanya jika dia bisa sembuh total, dan bisa melakukan kegiatan sehari-hari. Aku hanya mampu berdoa jika ini sebagai cobaan yang Allah berikan, pasti akan sembuh jika saya meminta Permohonan kepada Nya. 

Insya Allah beberapa hari lagi saudaraku akan menjalani operasi pengangkatan tumornya, untuk itu saya sangat berharap kepada sahabat-sahabatku semua dengan  ikhlas membantu saya untuk bantuan do'a nya. Saya yakin salah satu doa dari sahabat-sahabatku disini akan diijabah oleh Allah Swt. Semoga cobaan yang sedang saya hadapi akan cepat selesai dan di berikan kesembuhan kepada saudara saya. 
Amin.

** Mohon maaf jika beberapa hari kedepan saya kurang fokus di dunia Blogging terutama Blogwalking di Blog sahabat-sahabatku semua.

Read More..

Award Loading Speed Blog 2013 dan Company Award (Update)

| 112 komentar

Bismillahirrahmanirrahim.

Alhamdulillah .... Hari ini Blog Catatan Kecilku kembali mendapatkan Award lagi, rasanya tak bosan-bosannya kawan-kawan  begitu ikhlas memberikan sebuah penghargaan kepada saya. Ini merupakan kebahagiaan tersendiri buat saya, kerena dengan pemberian Award ini saya masih dipercaya menjadi seorang sahabat di dunia Blogging. 

Adapun penghargaan Award yang saya terima hari ini dari sahabat Ucok Napitue pengelola Blog what-shares.blogspot.comMas Cahyo selaku pengelola Blog Info UsahaMarneskliker   dan Rizal Uye pengelola Blog Musik Uye. Yah...jadi 4 Award sekaligus yang saya terima hari ini...Fenomena apakah ini? hehehe

Yang pertama adalah Award Loading Speed Blog 2013.

" Inilah Award Loading Speed Blog 2013 yang saya berikan dan mendapat peringkat blog dengan kategori top loading speed blog 2013 yang tidak lebih dari 7.50 detik dengan menggunakan internet dirumah dan disesuaikan dengan tools.pingdom.com " begitulah komentar dari Mas Ucok dalam keterangannya. Ternyata Blog Catatan Kecilku ini ada di urutan ke 4 ( 1.50 detik ) dari 22 penerima Award dari Beliau. 
Pokoknya Whuusssss .... kenceng banget !!! 
"Hebat bukan ..? Bukaannn !!!"

 Nah inilah Award yang saya terima :


Award Loading Speed Blog 2013 dari Mas Ucok


Lalu Award yang ke dua adalah Company Award.

Wah dari namanya saja keren ...Award ini merupakan rasa syukur Mas Cahyo atas kembalinya Blog kepada sang pemilik. Dalam sambutannya beliau mengatakan " saya berterimakasih kepada Tuhan YME tentunya dan juga kepada Mbah Google dimana blog yang saya kelola kemaren beserta Account Admin sempat mengalami broken (disable) tidak lupa Info ucapkan beribu trimakasih kepada sobat blogger semua yang selama ini senantiasa memberi support berupa kritk serta saran yang dapat dijadikan motivasi kepada saya tentunya " itulah sedikit cuplikan yang beliau utarakan ketika berpidato di atas panggung, dan penontonpun yang hadir memberikan bertepuk tangan.

Memang bukan suatu kebetulan atau iseng semata, karena Blog tersebut merupakan Blog bisnis jamur yang dikelola oleh Mas Cahyo beserta  staf nya, oleh karena itu sangat wajar jika beliau berbagi kebahagiaan kepada sahabat Blogger lainnya.

Nah ini dia hadiahnya :


"COMPANY AWARD" dari Mas Cahyo


"COMPANY AWARD" dari MarnesClicker


"COMPANY AWARD" dari Rizal Uye



Kepada Mas Ucok, Mas Cahyo, Mas Marnes saya ucapkan banyak-banyak Terima kasih, semoga persahabatan kita makin erat. Amin.

Dan sayapun akan membagikan "Company Award" kepada sahabat-sahabat yang begitu banyak memberikan supportnya selama ini. Antara lain :


*** Kepada Bapak-bapak  penerima Award silahkan dibungkus Awardnya, dan saya ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas supportnya selama ini. Untuk yang masih belum mendapatkan Insya Allah di waktu yang akan datang.


** Sekedar himbauan ( ndak maksa ) kayaknya bagus loh kalau dibuatin postingan, coba deh ... 


Terima kasih

Read More..

Scan Virus Blog Secara Online

| 110 komentar
Bismillahirrahmanirrahim.

Assalamu'alaikum kawan .....mumpung masih pikiran fresh dan seperti biasanya sebelum oprek-oprek Blog harus melaksanakan  kewajiban Blogwalking dan komen-komen di Blog sahabat, akhirnya mata saya tertegun di Blog sahabat kita yaitu Pendawa Lima. Disana saya sempat kaget dan ngeri ketika saya membaca artikel yang masih "anget". Artikel yang dimuat dalam Blognya cukup membuat saya berdebar-debar. Baru kali ini saya membaca postingan sangat serius....heuheuheu.

Dimana blog Pendawa Lima memuat postingan yang sangat berguna buat saya yang masih newbie yaitu tentang cara mencegah Blog kita aman dari virus. Sempat saya ndak percaya pada atikel ini, setelah saya baca akhirnya saya mengerti. Saya hanya berpikir kok bisa sebuah Blog ada virusnya? ndak taulah saya sendiri juga heran kenapa sebuah Blog "kerasukan" virus, dan ini sangat mempengaruhi traffik blog kita (sok tau saya).

Akhirnya sayapun galau, jangan-jangan Blog saya yang "genit" ada virusnya nih (pikirku). Lantas saya iseng-iseng browsing cara scan virus blog secara online, karena di komputer saya hanya ada 1 anti virus dan saya yakin ini tidak menjamin akan kebersihan blog saya dari virus. Alhamdulillah ternyata Blog Catatan Kecil ku aman dari virus, hasil scan dari 2 website menunjukkan Blog Catatan Kecil ku statusnya : CLEAN 

Oh iya  jika ada kawan-kawan yang belum tau  ini saya kasih alamatnya :

http://www.avgthreatlabs.com
http://www.urlvoid.com

Dan inilah hasil otopsi dari 2 rumah sakit ketika saya check up kesehatan Blog saya :




Semoga bermanfaat catatan kecil ini.


Read More..

Puisi Sufi ku : Cintaku dalam Cinta MU

| 54 komentar
Puisi Cinta Islam Terbaru

Cintaku dalam Cinta MU


Kuterdiam dalam keheningan jiwa
Rindu mendera dalam kefanaan
Setelah Sukma mengekang cinta
Kini kuberlabuh dalam kebimbangan

Ya Ilahi Rabbi
Sandarkan aku dalam Ruh sucimu
Ingin kuterbang jauh dalam semesta MU
Bukalah pintu Agung Kebesaran MU

Dalam kalbu menembus cakrawala 
Melambai pelan dalam lautan Cinta Nya
Ku mencoba melalui gerbang Asmaul Husna
Kini tampak pelangi Maujud dari NYA

Ya Ilahi Rabbi
Sibaklah tabir penutup Kalbuku
Kubersimpuh dalam penantian MU
Cintailah aku sebagaimana para Nabi-Nabi MU


Aku ingin mengenal MU
Bukan kurnia atau tangan pemurah-Mu
Apabila seluruh dunia Kau berikan padaku
Tak berharga dibanding melihat wajah-Mu


By: Indah

**Dilarang keras meng copy, menyalin, memperbanyak, mencontek dan lain sebagainya. 
Dijamin 100% Haram .... !!!


Read More..

Puisiku: Terbangun Dari Tidur Panjangku

| 79 komentar

Puisi Cinta Islam Terbaru

Terbangun Dari Tidur Panjangku

Ku lewati hari dengan menutup mata tak bergerak
kurasakan detakku kembali tersambung
detak berlalu bersama detik memakan waktu
aku hanya diam terbujur kaku
membiarkan semua berlalu tanpa ku tahu

hari ini , , ,
 ku buka mata dari perjalanan tidur panjangku
riuh tangis menyambutku,
dekap hangat memelukku
dan lantunan asma Allah berkumandang
memanjatkan syukur atas Rahmat-NYA

sementara, , ,
aku hanya mampu diam
tak tahu apa yang telah terjadi
yang kuingat, , ,
aku terbangun dari tidur panjangku

ya Allah, , ,
sungguh teramat besar karunia-MU terhadapku
dengan air mata ini kupanjatkan syukur
karena KAU masih mengijinkanku 
tuk menikmati keindahan dunia

aku sadar Ya Robb, , ,
aku ini hamba-MU yang dzo'if berlumur dosa
tapi KAU tak pernah menghabiskan Kasih Sayang Mu
dan juga Rahmat-MU terhadapku

Ya Allah, , ,
hari ini kembali kubuka mataku
setelah tidur panjang yang tak pernah aku tahu
sebenarnya, , , aku takut ya Robb
takut akan waktu yang siap menjemputku
sementara aku belum mempunyai bekal apapun 
untuk berjumpa dengan-MU


By : ADMIN

** Dilarang keras Copy Paste Puisi ini, Ntar Tak laporin ke Pak RT ...!!!
Read More..

Lagu Jadul VS Lagu Masa Kini

| 51 komentar
Bismillahirrahmanirrahim.

Perkembangan musik di Indonesia sangatlah pesat dan juga beragam, dari mulai musik dangdut, rock, pop, jazz, keroncong, melayu hingga ke musik indie. Saat ini salah satu perkembangan musik indonesia layak untuk di banggakan, karena musik indonesia juga mampu menjadi tuan rumah di negeri seperti negara-negara lainnya. Bila berpuluh tahun yang lalu masayarakat indonesia lebih tertarik mendengarkan musik dari manca negara, namun saat ini masyarakat indonesia cenderung lebih tertarik mendengarkan musik- musik dari negeri sendiri. Bahkan sudah ada beberapa musisi yang mampu membuat karyanya yang dikonsumsi bukan hanya orang indonesia tetapi juga banyak dari negara tetangga kita yang ikut mengkonsumsinya.

Tapi sayang perkembangan musik ini masih ada yang mengganjal dihati saya, karena apa? Yah dari beberapa musik yang beredar di tanah air ada beberapa musik yang tidak ada unsur pendidikannya sama sekali dan berdampak pada pendidikan akhlak generasi muda. Ok lah  jika itu dianggap sebagai hiburan, tapi apa ya pantas dinyanyikan oleh anak-anak yang dibawah umur ?. Lebih parah lagi syair lagu  yang bersifat "aneh-aneh"  justru digemari oleh anak-anak  dibawah umur. Bisa saja anak-anak mempunya pemahaman lain tentang syair lagu itu.

Coba kita baca pelan-pelan potongan dari lagu tersebut :


Jamane jamane jaman edan

Wong tuwo rabi perawan
Prawane yen bengi nangis wae
Amargo wedi karo manuke
Manuke manuke cucak rowo,
Cucak rowo dowo buntute
Buntute sing akeh wulune,
Yen digoyang ser-ser aduh enake


Saya yakin anda pasti mengenal lagu itu, beberapa tahun yang lalu lagu ini sempat populer. Dan dikampung saya, anak-anak kecil sudah hafal betul dengan lagu ini. Lalu kita coba bandingkan dengan syair lagu ini :

Jarum jarum setan menghujam urat nadi
Wajahmu memucat darah membeku lagi
Kini kuterpaksa namun kutak kuasa
Dirimu terancam dalam bahaya

Jarum jarum setan bisa mencabut nyawa
Bila kau coba berhenti memakainya
Tanpa kau sadari tanpa engkau rasakan
kau bunuh dirimu secara perlahan 

Kedua lagu diatas sangat jauh perbedaanya, justru yang di anggap jadul itulah yang menurut saya mempunyai makna pendidikan untuk anak-anak generasi muda. Bukannya saya menjelek-jelekkan lagu yang pertama, cuma saya kurang "sreg" dengan syair dan maknanya. Saya ndak bisa membayangkan, kalau kelak saya punya anak terus nyanyi lagu yang pertama....hadeehhhhh. Untuk itu cukuplah pertimbangan saya ini sebagai renungan untuk belajar memahami arti hidup itu sendiri.

Bagus untuk kita tapi belum tentu bagus untuk anak cucu kita.

Semoga bermanfaat

Read More..
Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda
Top