Belajar SEO Yang Baik dan Mendapatkan Page Rank

| 51 komentar
Bismillahirrahmanirrahim.

14 Desember 2012.
Berawal dari iseng-iseng browsing di "Mbah Google" untuk mencari artikel tentang macam-macam "Surat Undangan" untuk sahabat saya, akhirnya saya menemukan sebuah Blog yang menyajikan banyak macam-macam contoh undangan yang dia (sahabat) perlukan. Dari sana kekaguman dan rasa penasaran saya pertama kali melihat sebuah Blog yang begitu lengkap artikelnya dan saya pun melanjutkan browsing setiap hari "hanya" mencari cara untuk  "Membuat Blog". Keinginan membuat sebuah Blog begitu kuat dalam diri saya, namun ketika bertemu dengan yang namanya SEO sayapun dijadikan Stess olehnya.

18 Desember 2012.
Setelah beberapa hari serius membaca dan mencatat artikel tentang cara membuat Blog yang baik, akhirnya saya mencoba memberanikan diri untuk membuat Blog yang keren. Horeee.... !!! hatiku riang gembira, saya merasa hebat saat itu. Ternyata saya ndak kalah dengan mereka, jika mereka bisa membuat kenapa saya tidak...??? Nafsu makan sayapun bangkit lagi, sekarang ndak 1 mangkok bakso, tapi 2 mangkok. Itu karena saking semangatnya saya ingin mempunyai sebuah Blog yang keren dan "Wah".

21 Desember 2012.
Alhasil .....Blog sayapun jadi tapi "Kerangkanya Saja" yang 100% asli bawaan dari Blogspot dan ndak ada apa-apanya. Tak satupun artikel yang yang saya tulis, ahh..gampang lah ... cuma ngetik saya jagonya. Saya ndak kuatir tentang artikel, kalau kehabisan materi kan bisa copy paste.... pasti beres. Saya Browsing lagi ... mata saya ndak kedip sama sekali ketika ada Blog yang salah satu artikelnya dikasih judul (kira-kira gini): " KEGAGALAN SEORANG BLOGGER PEMULA " saya panik, segelas air putih membasahi tenggorokan saya. Kenapa harus ada kegagalan di dunia Blogger..? 

22 Desember 2012
Tak sampai disitu, saya lanjutkan membaca artikel lainnya tentang Alexa, SEO, Script (saya lebih seneng nyebut kode), Page Rank, Backlink dll ...buanyaak pokoknya. Kok pakai ginian segala... apa pengaruhnya? Yang penting artikel saya nanti kan bisa dibaca sama pemirsa..?? (dalam hati saya). Saya terkejut ketika "Mengisi Buku Tamu" di Blog yang sering saya kunjungi  itu, karena ditolak dan harus memasukkan URL. Lah....URL saya apaan yah? Cara buatnya gimana? Hmm ..... Saya "pura-pura bego" menghadapi ini semua. Padahal saya "Hanya tidak tahu" saja, kan beda sama bego :D

23 Desember 2012
"Mas...nanti sore kesini. Penting, awas kalau ndak datang" itu sms saya kepada seorang kawan (kakak kelas) SMU di kampung. Kawanpun datang dan menanyakan keperluan saya. 
"Onok opo seh Ndah...kok rasane serius..?" tanya kawan saya
"Iki loh..aku gawe Blog .... keren ndak Mas..? jawab saya
"Hahahah ....... piye toh, iki dudu' Blog Ndah-ndah. Nek arep gawe Blog yo sing apik sisan, ojo nanggung ngono...parah kowe Ndah. Wes ora onok apa-apane..... modyar kono Ndah" kawan sayapun ngomel
"Lah...kuwi kan podo wae toh Mas... ???" sahut saya
"Iyo seh ..... ngendi wes, tak gawek ne. Tapi ojo lali "sandingane" pinta kawan saya
Sayapun pergi ke warung depan rumah membelikan sebungkus rokok dan buatin kopi untuk kawan saya. Saya duduk di sebelahnya yang asyik klak klik mouse, dan saya hanya bisa bengong melihat kawan saya yang sedang menyempurnakan Blog saya. Akhirnya sayapun di ajarin cara posting artikel, buat buku tamu, mengubah design, cara memasukkan kode di template dan semua tentang tekhnik membuat Blog.

29 Desember 2012
Tak hanya sampai disini perjuangan berat saya membuat Blog yang "Cantik" ini, masih ada perjuangan yang menurut saya sulit untuk mendapatkannya. Apa itu ...? sebetulnya ini sudah menjadi tradisi di dunia Blogging dan kawan-kawan pun pasti tahu. Itu loh..... "TUKERAN LINK". Menurut saya pribadi hal itu sangat sulit, kenapa..? Katanya SEO, tukeran link itu bisa membuat Blog kita bisa "Keren" bener ndak sih ? tapi sampai saat ini pun ada beberapa lamaran saya untuk tukeran link tidak pernah ada jawaban. Apa mereka "Sangat sibuk" yach ...heheheh :D atau Blog saya ini masih kurang keren kali yach :(

01 Januari 2013
Alhamdulillah..... Blog sayapun sudah jadi dan "Saya Resmikan" dengan ritual dan selamatan ala kadarnya. Meski hanya ada 2 artikel dan Buku Tamu. Saya nekat  berkunjung (Blogwalking) ke tetangga yang punya Blog. Sedikit basa basi dan "Ngemis" kepada blog yang saya kunjungi, saya berharap tuan rumah bersedia "Tukeran link" dengan saya. Syukur Alhamdulillah ..... banyak juga yang iba dengan "Rayuan Maut Saya" dan terbukti sudah lebih dari "40 Blog Elegant dan Profesional" terpampang di Blog List saya, tuh disebelah kanan. Mereka para jagoan, master Blogging dan bisa dihandalkan Ilmunya. (Ini jujur dan bukan rayuan lho..). 

31 Januari 2013
Sudah 1 bulan usia Blog ini, dan masih banyak yang perlu saya benahi. Banyak sekali kekurangan-kekurangan disana sini yang menjadikan Blog ini tidak "Dilirik" oleh para maestro Blogger, tapi ndak apa-apa lah, yang penting saat ini ada sahabat-sahabat terbaikku yang selalu menghibur saya lewat komentar dan buku tamu. Ini merupakan keikhlasan dari pengunjung Blog ini, semoga Allah membalas amal ibadah anda.  Untuk itu " Ajari saya Belajar SEO Yang Baik dan Mendapatkan Page Rank " 

** Hanya sebuah cerita dari catatan kecilku **
dan mohon maaf yang tidak bisa bahasa jawa, mungkin nantinya ada komentator yang "meng-translate" . heheh :)
Read More..

Kisah Pengantin Baru

| 35 komentar
Sepasang suami istri baru menikah, si suami ingin memberikan surprise pada istri yang cantik jelitanya, suatu hari si suami berkata kepada istrinya:

“Sayang, kita pergi yuk, tapi mata kamu harus ditutup yah…!”

“Kok harus ditutup sih mas…?” kata istrinya

“Yah, pokoknya ada sesuatu untukmu….. “

Merekapun berangkat dengan menggunakan taxi, begitu sampe di tempat yang dituju mereka turun, kemudian si suami mengajak istrinya masuk ke rumah baru yang dijadikan sebagai surprise untuk istrya, tapi si suami masih belum mengijinkan istrinya membuka tutup mata.

Ternyata si istri ingin buang angin, tapi karena masih malu sama suaminya si istri pura-pura minta tolong dibikinin minuman

“Mas, ambilin saya minum dong…!”

Suaminya kemudian pergi mengembil minuman, ketika suaminya pergi si istri buang angin “tuuuut..”

Pas si suami datang membawa minuman, ternyata si istri masih ingin buang angin, akhirnya dia bilang ke suaminya …

“Mas minumannya kurang manis, tambahin gula lagi yah….”

Si suami pergi lagi untuk menambahkan gula pada minuman istrinya, ketika suaminya pergi si istri kentut lagi “tuuuuuut… .”

Kemudian si suami datang lagi untuk memberikan minuman, tapi ternyata si istri masih ingin buang angin, akhirnya dengan berberat hati si istri minta ditambahkan gula lagi, saat si suami pergi istrinya kembali buang angin “Tuuuuut”

Akhirnya si istri merasa lega karena telah selesai dari keinginan buang anginnya. Ketika si suami tiba dan menyerahkan minuman, kemudian si suami membuka tutup mata si istrinya, si istri terkejut karena ternyata di rumah sudah banyak orang dan disampingnya ada mertuanya, sambil malu-malu si istri bertanya pada mertuanya, “Oh Bapak, sudah lama datang..?”

Kemudian sang mertua menjawab,

“Sudah, sejak kentutan pertama…”



Sumber
Read More..

Puisi Cinta Kerinduan Hati

| 8 komentar


KERINDUAN

Ku ambil huruf demi huruf yang berserakan 
kurangkai kata menjadi kalimat rindu disudut malam
yang menelantarkan jiwaku 
pada kerinduan panjang yang membelenggu

hatiku terasa keluh
kaku mengenang bayangmu yang begitu menyentuh
lewat alunan malam
ku sampaikan jerit kerinduan ini pada sang rembulan
kerlip indah kunang-kunang malam
membawaku jauh terbang pada kenangan silam

sayang, , ,
tidakkah kau tahu betapa rindunya aku
rindu akan hadirmu guna menemani hariku
jiwaku memudar oleh bayangmu 
yang menyatu dalam angan
betapa ingin ku labuhkan rindu ini
rindu akan cinta yang lama tiada nyata


*** by: Indah ***

Read More..

Hal Tersulit Yang Dilakukan Kaum Wanita

| 26 komentar
Bismillahirrahmanirrahim.


الحمد لله رب العالمين, والصلاة والسلام على أشرف المرسلين. أما بعد

Alhamdulillah, sebetulnya postingan kali ini saya khususkan untuk kaum wanita dan  renungan buat saya pribadi. Saya tertarik untuk membagikan artikel ini, mungkin dari pembaca akan mengambil hikmah di dalam artikel yang saya tulis disini. Ok, yuk kita langsung ke pokok permasalahan.


Hal yang paling ringan tetapi amat sulit dilakukan oleh kaum wanita adalah "DIAM". Sudah menjadi ciri khas wanita tua maupun muda, menggunjing adalah hal yang paling sering kita dengar ketika para wanita muda (ABG) berkumpul dalam sebuah diskusi, belajar kelompok atau kegiatan-kegiatan yang lain. Hal yang sama juga dilakukan para Ibu-ibu ketika arisan Dasa Wisma, Arisan PKK, Pengajian Ibu-ibu bahkan waktu belanja pun masih sempat-sempatnya ngomongin tetangga. 

Kalau ABG biasanya urusan cowok atau cewek yang merebut pacarnya. Tapi kalau Ibu-ibu lebih seru lagi, mulai dari panci yang di pinjem tetangga  sampai warga baru yang barusan "ngontrak" karena mempunyai anak yang lebih cantik. Alangkah mudahnya "Mulut" ini menjadikan pundi-pundi dosa, makanya tidak heran jika ada sebuah Hadits yang menerangkan jika kelak di Neraka penghuni paling banyak adalah wanita. 

Saya sendiri menyadari alangkah mudahnya mencari dosa hanya dengan bicara, bukan perbuatan yang saya lakukan. Bicara yang tidak bermanfaat sepatutnya dihilangkan jauh-jauh, karena pasti akan berdampak negatif untuk kita sendiri yang ujung-ujungnya mengarah ke Ghibah (menggunjing) dan Namimah (mengadu domba). Berhentilah dari kebiasaan-kebiasaan buruk tersebut, pergunakan "Mulut" kita untuk tujuan yang bermanfaat untuk orang lain. Alangkah hebatnya jika "mulut" kita pergunakan untuk membaca Al Qur'an, Bersholawat dan Berdzikir kepada Allah Swt, toh nantinya untuk bekal kita di Akhirat.

Dalam Al Qur'an Allah memberikan penjelasan :  “Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggunganjawabnya”. Al-Israa ayat 36. 

Wahai hamba Allah, jangan tergesa-gesa mencela seseorang karena dosanya. Siapa tahu Allah telah mengampuninya. Dan janganlah sekali-kali meremehkan dosa kita yang pernah kita lakukan betapun kecil dosa itu, siapa tahu Allah memberikan Azab kepada kita karenanya. 

Semoga bermanfaat :)
Read More..

Award Ke 4 di Januari 2013 dari Dede Thea ( Tentang Makanan )

| 21 komentar


Alhamdulillah, segala puji syukur hanya kepada Allah Swt. dimana saya mendapatkan " Award Persahabatan " dari mas Dede Tea admin dari Blog Tentang Makanan .  Award ini merupakan simbol persahabatan di dunia Blogger yang di persembahkan khusus oleh Mas Dede Thea. ( makasih yach mas :D )
Padahal masih kemarin saya  mendapatkan Shunshine Award dari mas Abdoel dan Mas DK Mulyana. Berarti di dalam bulan januari ini saya mendapatkan 4 Award sekaligus.

Terharu nih  .... 


Suatu kebanggan  luar biasa yang saya rasakan saat ini, karena dalam dunia Blogger saya betul-betul newbie apa lagi banyak kawan-kawan yang begitu antusias memberikan Award kepada saya. hayoo..sapa lagi nih yang mau ngasih Award kepada saya....hohoho. 

Saya sebetulnya masih bingung, ini award boleh di estafet / wariskan apa ndak yach? kalau pengumuman dari mas dede kok ndak ada. Jadi saya masih menunggu kabar dari sang pembuat award ini. heheh 




Read More..

Sunshine Award : Award Kedua dan Ketiga ku

| 66 komentar
Sunshine Award dari pengobatan gratis online

Sunshine Award dari DK Mulyana 

Bismillahirrahmanirrahim.


Ini adalah award yang ke dua kalinya saya peroleh dalam dunia blogging, dimana pertama kalinya saya mendapatkan liebster award dari sahabat pengobatan gratis online yang mana pengelolanya mas abdoel.  Nah kali ini ( award ke 2 ) saya juga berkesempatan menerima award lagi yakni sunshine award dari rizaluye Blog dimana maz rizal sebagai pengelola blog tersebut. Dan yang ketiga kalinya dari DK Mulyana pengelola Blog 
kabartechnology. Award ini merupakan bentuk tali silaturrahmi dalam dunia blogging, sekaligus di berikan kepada rekan-rekan blogger yang lain untuk merasakan kebersamaan dan kebahagiaan dalam berkomunikasi di dunia blogger.


Insya Allah dalam waktu dekat ini, estafet sunshine award ini akan saya teruskan kepada kawan-kawan blogger yang belum mendapatkan. Semoga tali silaturrahmi semakin mempertebal rasa setia kawan di dunia blogger. Di bawah merupakan pertanyaan untuk mendapatkan sunshine award. 

1. Warna Favorit >>pink dan biru

2. Hewan Favorit >>pus meong

3. Nomor Favorit >>1

4. Minuman Favorit >>es beras kencur :D

5. Facebook atau Twitter>>ndak suka dua2 nya.

6. Passion >>100% muslimah sejati

7. Dikasih or Ngasih hadiah >>dua2 nya

8. Aktivitas Tubuh Favorit >> 
-

9. Hari favorit dalam seminggu >>hari jum'at

10. Bunga favorit >>anggrek

dan inilah daftar penerima award yang saya apresiasikan kepada Sahabat-sahabat Blogger yang lain, semoga Award ini menjadikan tali persahabatan dan sekaligus mempererat tali silaturrahim di dunia bloger. 


http://indonesia2000.blogspot.com/
http://www.andydesain.com/

Mohon maaf bagi yang tidak kebagian award, Insya Allah pada kesempatan yang akan datang. 


Read More..

Kunci Meraih Sukses Dengan Basmalah

| 16 komentar
Bismillahirrahmanirrahim.

Kesempatan kali ini saya mencoba mengurai makna dari ayat pertama di Al Quran yakni Bismillahirrahmanirrahim. Ada dua pemahaman dimana kalimat tersebut termasuk ayat dan ada pula berpendapat bukan ayat, karena bukan termasuk salah satu surah di Al Qur'an. Tapi kali ini saya bukan mempermasalahkan keduanya, melainkan saya mencoba mengupas kandungannya. 

Dalam suatu hadits Nabi saw. Beliau bersabda, "Setiap kandungan dalam seluruh kitab-kitab Allah diturunkan, semuanya ada di dalam Al Quran. Dan seluruh kandungan Al Quran ada di datam Al Fatihah. Dan semua yang ada dalam Al Fatihah ada di dalam Bismillah hirrahmaan nirrahiim".

Mengucapkan Bismillah tidak sekedar mengucapkan kalimat "Dengan Nama Allah Yang Maha Pemurah dan Maha Penyanyang" mengucapkan bismillah berarti kita menyatakan berbuat sesuatu dengan nama Tuhan Yang Maha Esa. Oleh karena itu dalam sebuah hadits mengatakan : "Setiap perbuatan utama yang tidak dimulai dengan Bismillah bernilai cacat" lah trus cacatnya dimana ? cacatnya karena sewaktu kita hendak melakukan suatu pekerjaan utama, kita telah melupakan Tuhan. Kita lupa jika semua pekerjaan serta hasil dari suatu pekerjaan itu adalah Kehendak Tuhan, meskipun kita yang melakukannya. Kekuatan kita terbatas dan tidak mungkin kita beraktivitas tanpa Kehendak Tuhan.

Rasulullah saww bersabda, “Setiap pekerjaan yang baik, jika tidak dimulai dengan “Bismillah” (menyebut nama ALLAH) maka (pekerjaan tersebut) akan terputus (dari keberkahan ALLAH)”. Sungguh dahsyat jika kita memaknai hadits diatas, karena memang demikian yang pernah di ajarkan nabi Saw kepada ummatnya. 

Tidak heran jika kita sering mendengarkan anak-anak kecil yang masih duduk di Taman Kanak-Kanak  dan dengan nyaringnya anak-anak tersebut mengucapkan Bismillah begitu kegiatannya dimulai. Sebuah pendidikan yang sangat berharga untuk perkembangan Akhlak mereka, agar kelak mengetahui dan menyadari jika semua yang pernah dilakukan merupakan kehendak Tuhan.  Jika kita bisa melihat diri kita sendiri, kita akan mengetahui bahwa kekuatan yang ada pada diri kita adalah Anugrah dari Tuhan, manusia memang diberikan kehendak oleh Tuhan. Akan tetapi tanpa anugerah dari Tuhan maka kehendak tinggal kehendak, keinginan tingal keinginan dan tak akan pernah terwujud.


Maha suci Allah yang Dzatnya menjadi tempat bergantung manusia ketika terjadi bencana. Tak ada sesuatupun yang mampu mengganti posisi-NYA sebagai Pelindung dan Penolong makhluk, Allah senantiasa memudahkan jalan bagi manusia untuk mendapat ridha-NYA. Kunci kemudahan itu adalah Bismillah….

Dengan Bismillah setan tak mampu menggangu manusia. Dengan Bismillah api menjadi dingin dan menyelamatkan. Dengan Bismillah sungai tunduk tidak menenggelamkan. Dengan Bismillah tubuh menjadi kuat. Dengan Bismillah pula kunci syurga pula bisa didapatkan. Insya Allah humma minal Aminin ......

Semoga bermanfaat :)


Read More..

Mengenal Lebih Dekat Tentang Tuhan

| 18 komentar
Bismillahirrahmanirrahim.

"Tak kenal maka tak sayang" Pepatah ini sudah tidak asing lagi di telinga kita, nah kali ini saya mencoba dan merangkai pepatah tersebut tentang hubungan saya dengan Tuhan, karena apa? yah... karena saya ingin sekali lebih mesrah dan semakin jatuh cinta dengan Tuhan. Semakin saya mengenal Nya maka saya pun makin jatuh cinta. Namun sebelum mengenal lebih jauh, tentunya saya harus mengenal sifat-sifat Nya dulu. Tanpa mengenal sifat, asma (nama) dan af'al (perbutan Nya) maka saya akan terpeleset lebih jauh ke "Lembah Fatamorgana" alias "Lembah Bayang-Bayang"

Yang pertama saya yakini adalah jika Tuhan itu Ahad (satu), Maha Esa, Tidak Berawal dan Tidak Berakhir, tidak Ber anak dan juga tidak di per anak kan dengan kata lain itulah keimanan saya tentang Tuhan . Dalam mengenal Tuhan saya harus memilah-milah mana yang Praduga, Fakta, Fenomena dan Realitas.

1. Praduga. Artinya apapun semua yang kita anggap benar tanpa adanya pembuktian kebenarannya. Tuhan bukanlah hasil dari pikiran manusia, yang demikian itu adalah Tuhan hasil Imajinasi atau khayalan manusia.

2. Fakta. Sesuatu yang terjadi dapat dilihat dan bukan hasil khayalan, penuh kesadaran oleh orang yang melihat. Tetapi jika dilihat satu atau beberapa orang saja,  itu belum termasuk Fakta dan bisa mengelabuhi orang lain. Makanya fakta tidak cukup hanya dilihat, tetapi harus dibuktikan keberadaan Nya. Ketika fakta itu sebagai objek, maka itu bukan berarti Tuhan, dalam Al Qur'an : Tuhan tidak serupa dengan segala sesuatu.

3. Fenomena. Fenomena adalah objek presepsi, yaitu apa yang diamati. Fenomena adalah objek pengalaman inderawi, yaitu sesuatu yang tampak pada panca indera. Tetapi Tuhan bukanlah Fenomena atau penampakan. Apa lagi berkelamin dan memerlukan kebutuhan jasmani, dan Tuhan tidak seperti itu karena semua yang Fenomena pasti tidak Kekal dan Abadi.

4. Realitas. Realitas mencakup sesuatu apa adanya, dan tidak diketahui dengan cara pendekatan. Dalam bahasa Indonesia Realitas itu diterjemahkan menjadi "ke Nyata an" dan hal ini (realitas) pasti menyangkut sesuatu yang nyata. Lebih jelasnya Realitas adalah apa yang sejatinya memiliki keberadaanya sendiri. Dalam Islam The Absolute Reality, Al Haq atau realitas mutlak yang disebut "Tuhan Semesta Alam"

Jadi Tuhan adalah Realitas Absolut, yang tidak akan menampakkan diri Nya dalam ruang dan waktu. Namun kehadiran Nya hanya bisa dirasakan oleh manusia yang hatinya diam, tak bergejolak, bersih dan jernih. Mengapa ? karena Tuhan adalah Dzat yang tetap tak berubah, sedangkan manusia dan makhluk yang yang lain masih ketergantungan dengan yang lainnya. Tapi jangan khawatir, di dalam berkomunikasi dengan Tuhan kita bisa melalui Sholat dan Dzikir. 

Dan dari uraian di atas mengenal Tuhan bukanlah dengan meraba-raba dan menduga-duga, karena dengan jelas dalam Al Quran, Allah itu tidak seperti yang kita bayangkan, lebih lanjut silahkan kupas Surah Al Ikhlas. Saya kira itu catatan kecil saya dan semoga bermanfaat.

"Hanya Engkaulah yang kami sembah, dan hanya kepada Engkaulah kami meminta pertolongan." Al Fatihah : 5
Read More..

Apabila Tuhan Tersinggung Dengan Perbuatan Kita

| 31 komentar
Bismillahirrahmanirrahim.

Postingan kali ini terinspirasi dengan keadaan Kota Jakarta yang mana akhir-akhir ini dilanda banjir. Dari peristiwa banjir tersebut kita sebagai manusia adalah bagian dari alam itu sendiri. Sehingga apabila manusia menganggap dirinya di luar alam, maka yang terjadi bukan pemanfaatan alam bagi kesejahteraan manusia, tetapi eksploitasi alam dan parahnya hanya untuk kepentingan segelintir manusia saja. Nah .. kalau sudah begitu apa yang akan terjadi? Bencana ...!!!

Alam bisa diapakan saja,sedangkan kenyataannya manusia masih memerlukan alam dan tumbuh disana juga. Coba deh...kalau alam yang kita tempati ini kita rusak, maka kita semua ya rusak juga. Bener toh?
Mestinya kita ingat dan sadar, apabila semua yang lahir di alam ini, mbok ya tahu dirilah kita harus merawat dan melestarikan apa yang telah Tuhan berikan untuk kita. Intinya alam ini harus: Dijaga ..!!!

Padahal kalau kita jeli sih ada sinyal / isyarat yang di berikan kepada kita. Coba deh anda buka Al Qur'an, disana ada larangan dan perintah Allah Swt kepada hambaNya. Nah fokuskan pencarian anda di Al Qur'an tentang "Larangan yang pertama" dari Allah, berarti larangan tersebut ndak jauh dari surah-surah awal / pertama dalam lembaran Al Qur'an. Udah ketemu belum ?

Ok deh..."Larangan Pertama" Allah Swt berada di Surah Al Baqarah ayat 11 yang artinya: “ Dan bila dikatakan kepada mereka:’Janganlah kamu membuat kerusakan di muka bumi’. Nah..dari sini saya berpikir demikian.... Lah kenapa Larangan pertama kok justru tentang alam, kok bukan larangan yang lain. ...??? misalkan tentang haram dan halal. Hmm ..Allah Maha Tahu dan Maha Kuasa. Ternyata Allah ndak salah memberikan isyarat ini, malah tersinggung dengan perbuatan kita. Apakah kita masih meragukan isi dari Al Qur'an? Dalam ayat tersebut membuktinkan jika alam yang kita tempati sungguh-sungguh di perhatikan oleh Allah Swt dan sangat istimewa, lah kita sebagai hamba Nya kok malah merusak.

Saya perjelas lagi: “ Dan bila dikatakan kepada mereka:’Janganlah kamu membuat kerusakan di muka bumi’. Mereka menjawab:’Sesungguhnya kami orang-orang yang mengadakan perbaikan’.(11). Ingatlah, sesungguhnya mereka itulah orang-orang yang membuat kerusakan, tetapi mereka tidak sadar. (12). Apabila dikatakan kepada mereka:”Berimanlah kamu sebagaimana orang-orang lain telah beriman. Mereka menjawab:’Akan berimankah kami sebagaimana orang-orang bodoh itu telah beriman’. Ingatlah, sesungguhnya merekalah orang-orang yang bodoh, tetapi mereka tidak tahu”. (13). [Q.S.2/al-Baqarah: 11-13).

Lah wong kita buang sampah dan nebang pohon seenaknya, ya jangan salahkan Tuhan dong jika dikasi banjir... :D. Akibat dari kelalaian manusia akhirnya kita semua banyak mengalami kesulitan dalam hidup ini. Seharusnya kita sadar dengan semua bencana atau musibah yang sedang kita hadapi, maka dari itu alangkah bijaksananya apabila kita merubah pola lama kita dan menuju yang lebih baik untuk lingkungan kita masing-masing. Semoga catatan saya kali ini bermanfaat untuk kita semua.


Read More..

Akhi ku Sayang, Halalkan Cintaku

| 26 komentar

Akhi ku Sayang, Halalkan Cintaku

Duhai akhiku sayang
atas nama sang pemberi cinta
aku haturkan terima kasih 
karena kau telah memilihku

asal engkau tahu,,,
jika kau mencari seseorang yang cantik
memilihku bukanlah hal yang tepat
karena aku bukanlah wanita cantik 
tapi jika kau mencintaiku dengan tulus
kau akan melihatku yang tercantik bagimu

jika kau mencari seseorang yang kaya
maka memilihku adalah salah
karena aku adalah wanita yang tak punya apa-apa
tapi jika kau yakin dengan ketentuan_NYA
maka kitapun akan bahagia walau tanpa harta

jika kau mencari seseorang yang ta'at
maka memilihku bukanlah perkara yang tepat
karena aku bukanlah wanita shalehah yang sempurna keimanannya
tapi jika kau jadikanku kekasih halalmu
maka aku akan jadi shalehah bersamamu

menggenapkan agama bukanlah perkara yang mudah
maka mohonlah pada sang pembolak-balik hati
agar kau mempunyai alasan untuk memilihku
sehingga tidak ada kecewa setelah kau berlabu dalam cintaku

by: Indah


** Lembaran puisi yang selalu mengingatkan pada seseorang, semoga Allah selalu menjaga cinta kita. Amin


Read More..

Music Rock "Siapa Takut" ?

| 22 komentar
Bismillahirrahmanirrahim.

Terlahir dari keluarga yang sangat sederhana di sebuah kota kecil, saya mempunyai seorang kakak yang saat ini sudah bekerja. Dan alhamdulillah beberapa bulan yang lalu, saya juga di terima bekerja di sebuah sekolah Madrasah Tsanawiyah di kota saya untuk mengajar disana. Kalau keinginan sih ingin di Madrasah Aliyah, tapi saya coba belajar dan mencari pengalaman dari sini dulu. Oh iya, jadi ingat masa-masa sekolah dulu pas masih SMP sampai SMU, ketika itu di rumah saya hanya ada 1 unit komputer "jadul wal lemot bin error". Memang sih komputer itu di selalu jadikan rebutan diantara kami berdua, apalagi kalau pas liburan uhhh ....berantem terus.

Umur saya dengan kakak terpaut 4 tahun, ketika itu kami berdua masih sama-sama sekolah dan komputer adalah harta satu-satu nya yang bisa di jadikan mainan disaat libur sekolah. Sering banget kami dimarahi  orang tua gara-gara ndak ada yang mengalah. Pernah suatu hari saya sedang nonton televisi dan kakak main komputer, kebetulan meja komputer berdampingan dengan televisi. Yang bikin saya "jengkel wal mangkel"  kalau pas saya nonton televisi, trus dia muter lagu rock kenceeeng banget...haduuhhhh, pasti deh ujung-ujungnya berantem. Parahnya abis berantem kami berdua diomelin sama orang tua. 

Kalau mengingat masa-masa itu rasanya lucu tapi kadang jengkel juga sih, heeee. Nah dari situlah saya mengenal beberapa musik rock, makanya banyak teman-teman sekolah dulu yang mengira saya ndak tau apa-apa tentang musik rock. Telinga saya sudah ndak asing lagu dengan segala aliran musik rock dari yang rock klasic sampai rock progresif. Karena apa? lah wong tiap hari kakakku muterin lagi rock dan hardisk hampir full dengan Game dan Mp3. Mulai dari Heloween, G & R, Scorpion, Metallica bahkan Dream Theater pun saya sering dengerin musik-musik seperti itu. 

Pernah juga suatu saat saya mempunyai kekuatan besar dalam hati saya, yaitu ingin beli Komputer sendiri biar tenang dan ndak di ganggu oleh kakak. Ehhh ndak taunya pas dia bekerja justru dia yang membelikan saya laptop. Ahaayy ..... kakaku ternyata ndak seperti saya bayangkan, orangnya angkuh, cuek dan se enaknya sendiri tapi di balik itu sangat menyayangi adiknya yang cantik ini. Hihihihi ....dan sampai saat inipun laptop pemberian kakaku aku rawat baik-baik, namun anehnya saya juga "mengcopy" beberapa lagu rock koleksi nya. Entah karena saya yang "latah" atau memang saya menyukai lagu rock yach ? lantas kalau seperti ini siapa yang salah ? 

Ada beberapa lagu rock kesukaan saya, diantaranya :
  • Like an Angel ( for april ) : Yngwe Malmsteen
  • Master of Puppets, The Unforgiven dan Nothing Else Matters : Metallica
  • Glasgow Kiss dan The Ytse Jam : John Pettruci / Dream Theater
  • Forever And One : Helloween
  • November Rain dan Knockin' On Heaven's Door : Gun and Roses
  • Dunia Panggung Sandiwara dan Syair Kehidupan : God Bless

Saya jamin lagu di atas sangat istimewa, jika penasaran silahkan cari di google. Heheheee ... nah kawan-kawan jangan kira saya ndak suka lagu cadas alias "nge Rock", bagi saya apapun jenis musiknya yang penting telinga saya cocok dan ndak alergi, saya terima dan  pasti kepala saya manggut-manggut. :D 


Wassalam



Read More..

Lima Menit Menghormat Rasulullah Saw

| 28 komentar
Bismillahirrahmanirrahim. 

Alhamdulillah, segala puji syukur hanya kepada Allah Swt dimana pada kesempatan kali ini saya mengajak anda semuanya, khususnya bagi anda yang mengidolakan dan mencintai kanjeng Nabi Rasulullah Saw untuk meluangkan sedikit waktu ( 5 menit saja ) untuk bershalawat untuknya. Tinggalkan sejenak acara anda, yang lagi dengerin lagu rock, ndangdut koplo, atau yang lagi blogwalking serta yang cuma sekedar baca-baca disini, yuk kita menghormat Beliau. 

Sekedar mengingatkan saja, beberapa hari lagi kita ummat muslim menyambut maulid Nabi Muhammad Saw , untuk itulah saya kira moment ini sangat pas untuk mengingat jasa-jasanya. Sengaja saya unggah salah satu Shalawat favorit saya dari Youtube, yang mana unsur pesantrennya sangat kental. :D . Lalu jika ada yang menganggap ini bid'ah saya tidak mempersalahkan dan itu hak anda, dan disini saya meyakini keyakinan saya sendiri. Namun alangkah indahnya jika kita sama-sama menghormati keyakinan masing-masing. oke ? heeee

Seperti yang disabdakan oleh Nabi Muhammad Saw :
“Barang siapa yang senang, gembira, dan cinta kepada saya maka akan berkumpul bersama dengan saya masuk surga”.

Dalam sebuah hadits dikatakan :
“Barang siapa yang memulyakan / memperingati hari kelahiranku maka aku akan memberinya syafa’at pada hari kiamat. Dan barang siapa memberikan infaq satu dirham untuk memperingati kelahiranku, maka akan diberi pahala seperti memberikan infaq emas sebesar gunung fi sabilillah.

Sahabat Abu Bakar Ash-Shidiq berkata : 
“Barang siapa yang memberikan infaq satu dirham untuk memperingati kelahiran Nabi Saw : akan menjadi temanku masuk surga”.

Sahabat Umar Bin Khoththob berkata :
“Barang siapa yang memuliakan / memperingati kelahiran Nabi Saw, berarti telah menghidupkan Islam”.

Sahabat Ali Bin Abi Tholib berkata :
“Barang siapa yang memuliakan / memperingati kelahiran Nabi Saw, apabila pergi meninggalkan dunia pergi dengan membawa iman”.




Gimana menurut anda setelah ndengerin shalawatnya.... hati jadi adem toh? 
Saya berharap, setelah mendengarkan shalawat tadi, kita semua semakin cinta kepada "Kekasih Allah" yakni Baginda Rasulullah Saw. Allahumma Shalli'ala Muhammad............


Semoga bermanfaat 
Read More..

Tips Agar Setiap Do'a Kita Dikabulkan Allah Swt

| 28 komentar
Bismillahirrahmanirrahim.

Tips ini saya peroleh dari sebuah pengajian kecil di salah satu pesantren di kampung saya, dan kebetulan isi dari pengajian tersebut bercerita tentang keutamaan sebuah do'a. Dan saya berkeinginan apa yang pernah saya dengar saya bagikan lewat catatan kecilku ini. Singkatnya, kita ndak bisa berdo'a lantas besoknya keinginan kita terkabul. Pasti ada proses dan penilaian tersendiri bagi tiap-tiap manusia. Emanknya kita Waliyullah ....? lah wong bangun jam 1 malam aja susahnya minta ampun...hehehe  :D

Perlu juga diketahui bahwa ada doa yang dikabulkan Allah secara langsung, ada doa yang akan dikabulkan ketika di akhirat nanti, serta ada pula doa yang diganti dengan kebaikan atau rejeki yang lain. Tentu harus difahami bahwa Allah swt mengetahui apa sebenarnya yang terbaik bagi hamba-Nya. Allah akan mengabulkan doa hamba-Nya jika itu memang mendatangkan kemaslahatan dan bukan sekedar apa yang diinginkan oleh hamba-Nya.

Sebetulnya bisa sih setiap do'a atau permohonan kita kepada Allah pasti ( minimal di percepat lah :P ) di ijabah, tetapi kan ada "sesuatu" yang wajib di ketahui. Seperti apakah itu ?

1. Berdo'a di Baitullah. Tempat ini sangat istimewa bagi kita yang beragama Islam. Berdoa di tempat itu di anjurkan oleh Baginda Rasul seperti di dalam hadits nya : ”Multazam adalah tempat doa yang mustajab (terkabul), tidak seorang pun hamba Allah yang berdoa di tempat ini tanpa terkabul doanya.”.
Multazam adalah tempat di antara Pintu Kakbah dan Rukun Hajar Aswad. Secara harfiah Multazam bermakna tempat yang amat diperlukan. Tempat inilah yang dinyatakan oleh Rasulullah SAW sebagai tempat yang paling mustajabah untuk berdoa

2. Berdo'a di Masjid. Seperti kita ketahui masjid adalah rumah Allah, dan Setiap Muslim wajib menghormati dan memuliakan masjid karena kedudukannya sangat mulia disisi Allah Swt. Makanya dalam sebuah hadits menerangkan : “Apabila salah seorang daripada kamu masuk ke masjid, maka hendaklah dia melakukan rukuk (shalat) sebanyak dua rakaat sebelum dia duduk” (H.R. Bukhari-Muslim). Sesungguhnya shalat seseorang di dalam masjid dilebihkan dari shalat yang dilakukan di rumah  dengan 25 derajat atau 27 derajat begitu juga dengan kita berdo'a di dalamnya, karena sebuah do'a adalah ibadah.

3. Berdo'a di Sepertiga Malam.  Di antara doa yang mustajab (mudah diijabahi atau dikabulkan) adalah doa di sepertiga malam terakhir. Namun kita sering melalaikan hal ini karena waktu malam kita biasa diisi dengan tidur lelap. Cobalah kita bertekad kuat untuk mendapatkan waktu tersebut. Malamnya kita isi dengan shalat tahajjud dan memperbanyak do’a pada Allah atas setiap hajat kita.
Dari Jabir bin ‘Abdillah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Di malam hari terdapat suatu waktu yang tidaklah seorang muslim memanjatkan do’a pada Allah berkaitan dengan dunia dan akhiratnya bertepatan dengan waktu tersebut melainkan Allah akan memberikan apa yang ia minta. Hal ini berlaku setiap malamnya.” (HR. Muslim no. 757)

Mungkin ini dulu catatan saya kali ini tentang Tips Agar Setiap Do'a Kita Dikabulkan Allah Swt, semoga apa yang saya tulis disini menambah keimanan kita kepada Allah Swt. Amin

Semoga bermanfaat



Read More..

Asal Mula Yang Mengucapkan : Assalamu'alaikum

| 23 komentar
Bismillahirrahmaanirrahim. 

Alhamdulillah..... pada kesempatan kali ini saya mencoba lagi memberikan catatan kecilku yang sudah lama saya simpan. Lembaran demi lembaran semua catatan yang penah saya tulis di sebuah diary kecil , saya baca ulang ternyata terselip 3 lembar catatan saya tentang awal mula pengucapan Assalamu'alaikum.  Agama Islam sebagai agama samawi yang mempercayai adanya satu Tuhan yakni Allah Swt menganjurkan kita sebagai manusia beragama, mengucapkan salam kepada saudara muslim lainnya. 

Banyak sudah penjelasan di Google tentang manfaat, etika, pahala dan kewajiban kita mengucapkan salam kepada saudara muslim kita yang lain. Namun saya masih belum menemukan siapakah pertama kali yang mengucapkan salam di search engine Google, atau mungkin saya kurang teliti dalam browsing nya. Jika memang ndak ada berarti artikel ini "yang pertama kali di Google" hehehe..... mudah-mudahan ajah deh :D

Saya awali dengan kata "Pengucapan Salam" dalam arti yang mengucapkan, hal ini berarti lisan mengeluarkan kata yang berbunyi Assalamu'alaikum. "Assalamu'alaikum" merupakan salam dalam Bahasa Arab, dan digunakan oleh kultur Muslim. Salam ini adalah Sunnah Nabi Muhammad SAW, yang dapat merekatkan Ukhuwah Islamiyah umat Muslim di seluruh dunia. Untuk yang mengucapkan salam, hukumnya adalah Sunnah. Sedangkan bagi yang mendengarnya, wajib untuk menjawabnya. Berikut tanya jawab singkat saya dengan salah satu teman diskusi :

Apakah manusia yang mengucapkan..? 
Ya..betul. 

Lantas siapakah yang pertama kali mengucapkan, apakah Rasulullah ?
Bukan ... !!!

Lalu siapa?
Nabi Adam As donk.... masa ndak tau 

Suer deh ndak tau  ... di era nabi Adam kan ndak ada agama Islam? 
Loh, kamu tau ndak ketika Jibril pertama kali menjumpai Muhammad Saw di gua hira'

Ya tau sih ....
Nah.. waktu itu kan masih belum ada Islam, toh si Jibril udah ngucapin salam ke Muhammad Saw
Bener kan? Berarti sebelum ada Islam kan ?

Iya yah ...  trus ?
Salam ini juga digunakan oleh kultur Kristen di Timur Tengah yang mempunyai arti “kedamaian dan kesejahteraan” bagi yang mengucapkan salam dan penerima salam tersebut. Salam ini sama dengan salam shalom aleichem dalam bahasa Ibrani. Sedangkan Islam ada setelah nabi Musa As yang membawa ajaran Taurat dan Nabi Isa As lewat kitab sucinya Injil. 


Betul betul betul ... (sambil manggut-manggut)
Tetapi paham kan makna Assalamu'alaikum?

Apa yah.... (pura-pura bingung)
Gini loh :  Salam bukan sekedar ungkapan kasih-sayang, tetapi memberikan juga alasan dan logika kasih-sayang yang di wujudkan dalam bentuk doa pengharapan agar anda selamat dari segala macam duka-derita. 

Salam mengingatkan kita bahwa kita semua bergantung kepada Allah SWT. Tak satupun makhluk yang bisa mencelakai atau memberikan manfaat kepada siapapun juga tanpa perkenan Allah SWT.
Perhatikanlah bahwa ketika seseorang mengatakan kepada anda, "Aku berdoa semoga kamu sejahtera." Maka ia menyatakan dan berjanji bahwa anda aman dari tangan(perlakuan)-nya, lidah(lisan)-nya, dan ia akan menghormati hak hidup, kehormatan, dan harga-diri anda.

Menurut riwayat ketika Adam masih berada di Syurga sangat baik sekali kulitnya. Tidak seperti warna kulit kita sekarang ini. Karena setelah Adam diturunkan ke dunia, terjadilah perubahan warna kulitnya. Sebagai peringatan, yang masih tertinggal warnanya hanya pada kuku manusia. Hal ini kita biasa lihat meskipun orang kulitnya hitam, tapi warna kuku adalah sama, yakni putih kemerah-merahan.

Suatu keterangan bahwa Nabi Adam as dikenali dengan gelaran Abul-Basyar: (Bapa segala Manusia) dan Nabi Muhammad SAW pula dengan gelaran "Abul Ruh" atan "Abul Arwah" (Bapa segala roh).
Setelah kejadian Adam sempurna sebagai manusia, maka dialah merupakan jenis makhluk manusia yang pertama. Wajahnya cukup tampan, semua malaikat berasa kagum lihat Adam yang begitu menawan. Mereka sama sekali tidak menyangka bahwa makhluk yang asalnya dari tanah kini kelihatan indah dan menawan.

Kemudian Adam dipakaikan dengan pakaian kebesaran dari syurga dengan mahkota yang bermahkota intan 
berlian yang menambahkan lagi keagungannya sebagal seorang raja atau khalifah. Setelah itu Adam duduk di atas kursi keemasan yang bertahtah pemata sambil dikelilingi oleh para malaikat. Kemudian setelah Adam duduk di atas kursi itu, lalu dia di usung oleh empat orang malaikat serta diiringi oleh ribuan malaikat untuk diperkenalkan kepada penghuni di langit yang pertama sehingga ke langit yang ke tujuh sampailah ke syurga.

Menurut riwayat mengatakan Adam diarak oleh malaikat selama lebih kurang 100 tahun. Setelah itu barulah Adam dibawa ke syurga yaitu tempat Adam mula-mula dijadikan.
Kemudian datanglah Jibril membawa seekor kuda dari syurga yang berwarna hijau muda serta bersayap. Baunya sangat harum serta dapat berkata seperti manusia. Di belakang kuda itu terdapat tempat duduk. Jibril memegang tali pemacu, Mikail duduk di sebelah kanan Adam serta Israfil pula duduk di sebelah kiri beliau.

Diceritakan di mana saja Adam pergi dia selalu mengucapkan "Assalamualaikum" yang mana ia dijawab oleh setiap para malaikat dengan "Waa'alaikum salam." Dan yang terpenting begitu mulianya kata  "Assalamu'alaikum" bagi kita sebagai seorang muslim, oleh karena itu alangkah indahnya jika kita selalu bisa mendo'akan saudara muslim kita  lewat "Assalamu'alaikum".

Demikian catatan kecil saya kali ini, semoga bermanfaat.


Read More..

Nabi Muhammad saw

| Tidak ada komentar
Nabi Muhammad saw berasal dari kabilah Quraisy, tepatnya keturunan Hasyim. Ayah beliau adalah Abdullah bin Abdul Muthalib, cucu Hasyim. Ibunda beliau adalah Aminah binti Wahb yang berasal dari keturunan Bani Zuhrah, salah satu kabilah Quraisy.

Setelah menikah, Abdullah melakukan pepergian ke Syam. Ketika pulang dari pepergian itu, ia wafat di Madinah dan dikuburkan di kota itu juga.

Setelah beberapa bulan dari wafatnya sang ayah berlalu, Nabi pamungkas para nabi lahir di bulan Rabi’ul Awal, tahun 571 Masehi di Makkah, dan dengan kelahirannya itu, dunia menjadi terang-benderang. Sesuai dengan kebiasaan para bangsawan Makkah, ibundanya menyerahkan Muhammad kecil kepada Halimah Sa’diyah dari kabilah Bani Sa’d untuk disusui. Beliau tinggal di rumah Halimah selama empat tahun. Setelah itu, sang ibu mengambilnya kembali.

Dengan tujuan untuk berkunjung ke kerabat ayahnya di Madinah, sang ibunda membawanya pergi ke Madinah. Dalam perjalanan pulang ke Makkah, ibundanya wafat dan dikebumikan di Abwa`, sebuah daerah yang terletak antara Makkah dan Madinah. Setelah ibunda beliau wafat, secara bergantian, kakek dan paman beliau, Abdul Muthalib dan Abu Thalib memelihara beliau. Pada usia dua puluh lima tahun, beliau menikah dengan Khadijah yang waktu itu sudah berusia empat puluh tahun. Beliau menjalani hidup bersamanya selama dua puluh lima tahun hingga ia wafat pada usia enam puluh lima tahun.

Pada usia empat puluh tahun, beliau diutus menjadi nabi oleh Allah. Ia mewahyukan kepada beliau al-Quran yang seluruh manusia dan jin tidak mampu untuk menandinginya. Ia menamakan beliau sebagai pamungkas para nabi dan memujinya karena kemuliaan akhlaknya.

Beliau hidup di dunia ini selama enam puluh tiga tahun. Kita dapat mengklasifikasikan usia beliau yang penuh berkah ini dalam tiga klasifikasi besar:

1. Empat puluh tahun pertama hingga pengangkatan menjadi nabi.
2. Tiga puluh tahun masa kenabian hingga beliau hijrah ke Madinah.
3. Sepuluh tahun pasca hijrah hingga beliau wafat.

Menurut pendapat masyhur, beliau wafat pada hari Senin bulan Shafar 11 Hijriah di Madinah.
Bukti Kenabian Rasulullah saw

Secara global, kenabian seorang nabi dapat diketahui melalui tiga jalan:

1. Pengakuan sebagai nabi.
2. Kelayakan menjadi nabi.
3. Mukjizat.

Pengakuan Sebagai Nabi

Telah diketahui oleh setiap orang bahwa Rasulullah saw telah mengaku sebagai nabi di Makkah pada tahun 611 M., masa di mana syirik, penyembahan berhala dan api telah menguasai seluruh dunia. Hingga akhir usia, beliau selalu mengajak umat manusia untuk memeluk agama Islam, dan sangat banyak sekali di antara mereka yang mengikuti ajakan beliau itu.

Kelayakan Menjadi Nabi

Maksud asumsi di atas adalah seorang yang mengaku menjadi nabi harus memiliki akhlak dan seluruh etika yang terpuji, dari sisi kesempurnaan jiwa harus orang yang paling utama, tinggi dan sempurna, dan terbebaskan dari segala karakterisitik yang tidak terpuji. Semua itu telah dimiliki oleh Rasulullah saw. Musuh dan teman memuji beliau karena akhlaknya, memberitakan sifat-sifat sempurna dan kelakuan terpujinya dan membebaskannya dari setiap karakterisitik yang buruk.

Kesimpulannya, akhlak beliau yang mulia, tata krama beliau yang terpuji, perubahan dan revolusi yang beliau cetuskan di seanterao dunia, khususnya di Hijaz dan jazirah Arab, dan sabda-sabda beliau yang mulia berkenaan dengan tauhid, sifat-sifat Allah, hukum halal dan haram, serta nasihat-nasihat beliau telah membuktikan kelayakan beliau untuk menduduki kursi kenabian, dan setiap orang yang insaf tidak akan meragukan semua itu.
Mukjizat

Mukjizat dapat disimpulkan dalam lima hal:

1. Mukjizat akhlak.
2. Mukjizat ilmiah.
3. Mukjizat amaliah.
4. Mukjizat maknawiyah.
5. Mukjizat keturunan.

Mukjizat Akhlak

Sejak masa muda, Nabi Muhammad saw telah dikenal dengan kejujuran, amanat, kesabaran, ketegaran, dan kedermawanan. Dalam kesabaran dan kerendahan diri beliau tidak memiliki sekutu dan dalam kemanisan etika beliau tak tertandingi. “Sesungguhnya engkau berada di puncak akhlak yang agung.” Dalam memaafkan, beliau tak ada taranya. Ketika mendapatkan gangguan dan cemoohan masyarakatnya, beliau hanya berkataاَللّهُمَّ اغْفِرْ لِقَوْمِيْ فَإِنَّهُمْ لاَ يَعْلَمُوْنَ “Ya Allah, ampunilah kaumku, karena mereka tidak mengetahui.”Beliau selalu mengharapkan kebaikan seluruh umat manusia, penyayang dan belas-kasih terhadap mereka. “Ia belas-kasih dan pengasih terhadap Mukminin.”

Beliau tidak pernah menyembunyikan keceriaan wajah terhadap para sahabat dan selalu mencari berita tentang kondisi mereka. Beliau selalu memberikan tempat khusus kepada orang-orang baik di sisi beliau. Orang yang paling utama di sisi beliau adalah orang yang dikenal dengan kebajikanya terhadap Muslimin dan orang yang termulia adalah orang yang lebih bertindak toleran dan tolong-menolong terhadap umat Islam. Beliau tida pernah duduk dan bangun (dari duduk) kecuali dengan menyebut nama Allah dan mayoritasnya, beliau duduk menghadap ke arah Kiblat. Beliau tidak pernah menentukan tempat duduk khusus bagi dirinya. Beliau memperlakukan masyarakat sedemikian rupa sehingga mereka merasa dirinya adalah orang termulia di sisi beliau. Beliau tidak banyak berbiacara dan tidak pernah memotong pembicaraan seseorang kecuali ia berbicara kebatilan. Beliau tidak pernah mencela dan mencerca seseorang. Beliau tidak pernah mencari-cari kesalahan orang lain. Budi pelerti beliau yang menyeluruh telah meliputi seluruh umat manusia. Beliau selalu sabar menghadapi perangai buruk bangsa Arab dan orang-orang yang asing bagi beliau. Beliau selalu duduk di atas tanah dan duduk bersama orang-orang miskin serta makan bersama mereka. Dalam makan dan berpakaian, beliau tidak pernah melebihi rakyat biasa. Setiap berjumpa dengan seseorang, beliau selalu memulai mengucapkan salam dan berjabat tangan dengannya. Beliau tidak pernah mengizinkan siapa pun berdiri (untuk menghormati)nya. Beliau selalu menghormati orang-orang berilmu dan berakhlak mulia. Dibandingkan dengan yang lain, beliau lebih bijaksana, sabar, adil, berani dan pengasih. Beliau selalu menghormati orang-orang tua, menyayangi anak-anak kecil dan membantu orang-orang yang terlantar. Sebisa mungkin, beliau tidak pernah makan sendirian. Ketika beliau meninggal dunia, beliau tidak meninggalkan sekeping Dinar dan Dirham pun.

Keberanian beliau sangat terkenal sehingga Imam Ali as pernah berkata: “Ketika perang mulai memanas, kami berlindung kepada beliau.”

Rasa memaafkan beliau sangat besar. Ketika berhasil membebaskan Makkah, beliau memegang pintu Ka’bah seraya bersabda (kepada musyrikin Makkah): “Apa yang kalian katakan dan sangka sekarang?” Mereka menjawab: “Kami mengatakan dan menyangka kebaikan (terhadapmu). Engkau adalah seorang pemurah dan putra seorang pemurah. Engkau telah berhasil berkuasa terhadap kami. Engkau pasti mampu melakukan apa yang kau inginkan.” Mendengar pengakuan mereka ini, hati beliau tersentuh dan menangis. Ketika penduduk Makkah melihat kejadian itu, mereka pun turut menangis. Setelah itu beliau bersabda: “Aku mengatakan seperti apa yang pernah dikatakan oleh saudaraku Yusuf bahwa ‘Tiada cercaan bagi kalian pada hari ini. Allah akan mengampuni kalian, dan Ia adalah Lebih Pengasih dari para pengasih’.” (QS. Yusuf: 92) Beliau memaafkan seluruh kriminalitas dan kejahatan yang pernah mereka lakukan seraya mengucapkan sabda beliau yang spektakuler: “Pergilah! Kalian bebas.”

Mukjizat Ilmiah

Dengan merujuk kepada buku-buku yang memuat sabda, pidato dan nasihat-nasihat beliau secara panjang lebar, mukjizat ilmiah beliau ini dapat dipahami dengan jelas.
Mukjizat Amaliah

Dapat diakui bahwa seluruh perilaku beliau dari sejak lahir hingga wafat adalah sebuah mukjizat. Dengan sedikit merenungkan kondisi dan karakteristik masyarakat Hijaz, khususnya masyarakat kala itu, kemukjizatan seluruh perilaku beliau akan jelas bagi kita. Beliau bak sebuah bunga yang tumbuh di ladang duri. Beliau tidak hanya tidak terpengaruh oleh karakteristik duri-duri itu, bahkan beliau berhasil merubahnya. Beliau tidak hanya terpengaruh oleh kondisi kehidupan masyarakat kala itu, bahkan beliau berhasil mempengaruhi gaya hidup mereka.

Dalam kurun waktu dua puluh tiga tahun, beliau telah berhasil melakukan empat pekerjaan besar dan fundamental meskipun banyak aral melintang dan problema yang melilit. Masing-masing pekerjaan itu dalam kondisi normal semestinya memerlukan usaha bertahun-tahun untuk dapat tegak berdiri sepanjang masa. Keempat pekerjaan besar itu adalah sebagai berikut:

Pertama, berbeda dengan agama-agama yang sedang berlaku pada masa beliau, beliau mendirikan sebuah agama baru yang bersifat Ilahi. Beliau telah berhasil menciptakan banyak orang beriman kepada agama tersebut sehingga sampai sekarang pun pengaruh spiritual beliau masih kuat tertanam di dalam lubuk hati ratusan juta pengikutnya. Menjadikan seseorang taat adalah sebuah pekerjaan yang mudah. Akan tetapi, menundukkan hati masyarakat, itu pun sebuah masyarakat fanatis dan bodoh tanpa syarat dan menjadikan mereka taat dari lubuk hati bukanlah sebuah pekerjaan yang mudah.

Kedua, dari kabilah-kabilah berpecah-belah yang selalu saling bermusuhan dan memiliki hobi berperang, beliau berhasil sebuah umat yang satu dan menjalin persaudaraan, persamaan, kebebasan dan kesatun kalimat dalam arti yang sebenarnya di antara mereka. Setelah beberapa tahun berlalu, beliau berhasil membentuk sebuah umat yang bernama umat Muhammad saw. Hingga sekarang umat ini masih eksis dan terus bertambah.

Ketiga, di tengah-tengah kabilah yang berpecah-belah, masing-masing memiliki seorang pemimpin, biasa melakukan pekerjaan secara tersendiri dan tidak pernah memiliki sebuah pemerintahan yang terpusat itu, beliau berhasil membentuk sebuah pemerintahan yang berlandaskan kepada kebebasan dan kemerdekaan yang sempurna. Dari sisi kekuatan dan kemampuan, pemerintahan ini pernah menjadi satu-satunya pemerintahan mutlak di dunia setelah satu abad berlalu.

Beliau pernah menulis enam surat dalam satu hari kepada para raja penguasa masa itu dan mengajak mereka untuk memeluk Islam, raja-raja yang menganggap diri mereka berada di puncak kekuatan dan meremehkan kaum Arab.

Ketika surat beliau sampai ke tangan raja Iran dan melihat nama beliau disebutkan di atas namanya, ia marah seraya memerintahkan para suruhannya untuk pergi ke Madinah dan membawa Muhammad ke hadapannya.

Ya! Para raja itu berpikir bahwa bangsa Arab adalah sebuah bangsa yang tidak akan menunjukkan reaksi apa pun di hadapan pasukan kecil seperti bala tentara Habasyah. Bahkan, mereka akan lari tunggang-langgang meninggalkan Makkah dan kehidupan mereka, serta berlindung ke gunung-gunung. Mereka tidak dapat memahami bahwa bangsa Arab telah memiliki seorang pemimpin Ilahi dan mereka bukanlah bangsa Arab yang dulu lagi.

Keempat, dalam kurun waktu dua puluh tiga tahun, beliau telah menetapkan dan menunjukkan sederetan undang-undang yang mencakup seluruh kebutuhan umat manusia. Undang-undang ini akan tetap kekal hingga hari Kiamat, dan mempraktikkannya dapat mendatangkan kebahagiaan umat manusia. Undang-undang ini tidak akan pernah layu. “Kehalalan Muhammad adalah halal selamanya hingga hari Kiamat dan keharamannya adalah haram selamanya hingga hari Kiamat.”[1] Undang-undang ini akan selamanya hidup kekal. Di hauzah-hauzah ilmiah selalu dibahas dan didiskusikan oleh para fuqaha besar dalam sebuah obyek pembahasan fiqih, Furu’uddin dan kewajiban amaliah.
Mukjizat Ma’nawiyah

Mukjizat abadi beliau adalah al-Quran yang telah turun kepada beliau dalam kurun waktu dua puluh tiga tahun, dan dari sejak saat itu hingga sekarang selalu mendapatkan perhatian dan penelaahan dari berbagai segi oleh seluruh masyarakat dunia. Kitab ini berhasil membangkitkan rasa heran para ilmuan dan sepanjang masa masih memiliki kekokohan dan kedudukannya yang mulia. Kitab ini terselamatkan dari segala bentuk tahrif, pengurangan dan penambahan. Ratusan tafsir dan buku tentang hakikat arti dan kosa katanya telah ditulis. Allah telah menjamin keterjagaannya dalam firman-Nya:
إِنَّا نَحْنُ نَزَّلْنَا الذِّكْرَ وَ إِنَّا لَهُ لَحَافِظُوْنَ
“Kami-lah yang telah menurunkan al-Quran ini dan Kami pulalah yang akan menjaganya.”[2]
Mukjizat Keturunan

Salah satu mukjizat beliau yang lain adalah keturunan suci beliau yang terjaga dari dosa. Hanya kedudukan tinggi kenabianlah yang mampu menghaturkan putri-putri dan para imam ma’shum seperti ini kepada masyarakat. Seseorang yang sadar dengan memperhatikan ilmu, kehidupan, ucapan dan perilaku Ahlubait as akan mengakui bahwa setiap dari mereka, sebagaimana al-Quran, adalah dalil tersendiri atas kenabian Rasulullah saw. Seandainya tidak ada dalil lain untuk membuktikan kenabian Rasulullah saw kecuali keberadaan keturunan semacam itu, hal itu sudah mencukupi dan hujjah sudah sempurna. Pembahasan panjang-lebar tentang masalah ini tidak relevan untuk kesempatan pendek ini.

KARAKTER DAN KEUTAMAAN RASULLULLAH SAW

Salah satu karekter rasulullah saw yang paling menonjol adalah kemenangan tidak menjaga kan dia bangga hal ini bisa kita lihat diperang badar dan pembebasan kita makkah(fathu makkah) dan kekalahan tidak membuat dia putus asa dapat kita lihat pristiwa perang uhud bahkan dengan cekatan is mempersiapkan pasukan baru untuk menghadapi hamru”ul asad dan pengingkari perjanjian yang dilakukan kaum yahudi bani quraizah ,dan kewaspadaan beliau,selalu mengedek kekuatan musuh dengan teliti dan mempersiapkan segalanya.

Dia memperlakukan kaum dan pengikutnya dengan tujuan mempererat silaturrahmi dan selalu menamamkan rasa percaya diri dalam mereka is selalu mengasihi anak anak kecil dan mengayomi mereka.berbuat baik dengan fakir miskin dan terhadap hewan dia selalu menanamkan rasa kasih sayang dan melarang untuk menyakiti binatang
Salah satu contoh rasa prikemanusian rasul saw adalah ketika mengutus pasukan untuk berperang dengan musuh dia selalu berpesan tidak boleh menyerang kaum sipil,dia lebih memilih damai terhadap musuh dari pada berperang ketika berperang dia berpesan tidak boleh membunuh lanjut usia anak kecil perempuan dan mengniaya musuh yang sudah tidak berdaya
Ketika kaum quraisi minta suaka politik kepadanya ia tidak memberlakukan baikot ekonomi bahkan ia menyepakati import gandum dari yaman
Ia juga menyerukan realisasikan sebuah perdamaian dunia dan melarang peperanga kecuali hal yang darurat

D. USAHA RASUL SAW DALAM MEMBENTUK MASYARAKAT &BERPRIKEMANUSIAN

Kedatangan rasul adalah sebuah rahmat bagi manusia semuanya is tidak pernah membedakan seseorang pun baik itu kulit putih atau kulit hitam dan dari suku bangsa mana,karma semua manusia itu makan dari rizki allah yang diberikan allah
Rasul saw mengajak manusia untuk
1:meningkatkan harkat martabat manusia ia bersabda semua manusia berasil dari adam dan ia berasal dari tanah
2: mengajak damai sebelom perang
3: memaafkan sebelom membalas
4: mempermudah seseorang sebelom membalas perbuatan
dari uraian diatas dapat kita simpulkan bahwa peperangan yang dilaksanakan bertujuan untuk merealisasikan tujuan tujuan insani yang agung dan menuju kepada tatanan masyarakat yang berprikemanusian

ia telah membuktikan bahwa dirinya adalah sebuah rahmat bagi manusia dan alam semesta peristiwa itu bisa dilihat dari pembebasan kota makkah dangan segala kemenangan yang telah digapai saat itu ia tetap berbuat baik dengan musuh dan enggan untuk membalas dendam padahal ia dapat melaksanakan ia pernah memaafkan mereka dengan sabda”pergilah kalian karma kalian sekarang sudah bebas pada waktu perang dzatur riqa dia berasil menangkap pemimpin gauts bin al harits yang berusaha beberapa kali membunuh beliau akan tetapi tetap dimaafkan

rasul memperlakukan tawanan perang dengan baik ,ia telah membebaskan seorang tawanan perang dengan tangan dia sendiri disaat ia mendengar keluhan rasa sakit tangannya diikat.

RASUL SEBAGAI PANGLIMA PERANG

Kita bisa lihat keberasilan beliau dalam memenangkan peperangan dan menciptakan perdamaian dan mengujudkan manusia yang berakhlak dan memimpin pasukan dengan gagah berani

TATA KRAMA BERGAUL

Beliau tidak pernah sombong dalam pergaulan selalu tersenyum berbuat baik sesame manusia selalu menyenguk orang sakit tidak pernah memotong pembicaraan lawan tidak pernah mengangap dirinya mulia dari teman yang diajak bicara
Masih banyak lagi sipat2 rasul yang kita bisa dapat teladani.. mudah2an kita bisa dapat meniru akhlak rasulullah amin….

mudah mudahan kita berusaha untuk bisa menjadikan nabi muhammad sebagai huswatun hasanah dalam kehidupan kita amin


Sourch
Read More..
Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda
Top